Tips dan Cara Mengkonsumsi Pil KB untuk Mencegah Kehamilan - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Jumat, 02 Desember 2016

Tips dan Cara Mengkonsumsi Pil KB untuk Mencegah Kehamilan


Alat Kontrasepsi Pil KB

Banyak sekali cara untuk wanita Indonesia mengatasi kehamilan. Pil KB merupakan salah satu alat kontrasepsi yang aman digunakan untuk mencegah kehamilan. Setiap keluarga mempunyai alasan tertentu mengapa menggunakan alat kontrasepsi. 

Yang pertama adalah karena keluarga tersebut sudah memiliki jumlah anak yang banyak, ingin menerapkan sistem keluarga berencana (cukup dua anak saja), atau mungkin belum siap jika mempunyai anak. Karena menambah anak, itu berarti menambah tanggungan biaya rumah tangga.

Selain Pil KB, ada beberapa alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, seperti kondom, KB suntik, KB Kalender, dan memasang iud. Akan tetapi, yang sekarang akan dibahas adalah mengenai tips dan cara mengkonsumsi Pil KB. 

Cara mengkonsumsi Pil KB sangat mudah, yang pertama adalah kita harus meminum pil tersebut setiap hari dan pada waktu yang sama. Contohnya jika kita terbiasa meminum Pil Kb tiap pukul sembilan malam, maka kita harus terus meminum pil tersebut pada pukul sembilan malam dst. Untuk wanita yang mudah lupa, akan sulit untuk meminum pil ini, karena diwajibkan meminumnya setiap hari. Salah satu cara agar tidak lupa adalah dengan memasang alarm untuk meminum pil tersebut.

Dalam 1 stripsnya terdiri dari 28 tablet : 7 tablet ukuran sedang warna putih, dan 21 tablet ukuran kecil berwarna kuning.

Dalam satu stripsnya berjumlah 28 tablet, yang terdiri dari dua warna Pil KB. Ada Pil KB yang berwarna putih dan ada juga Pil KB yang berwarna kuning.  Dua pil tersebut mempunyai kegunaan yang berbeda. Untuk Pil KB yang berwana kuning, harus diminum ketika anda sedang tidak menstruasi, dan untuk Pil KB yang berwarna putih, darisitulah anda meminum Pil KB tersebut sesuai dengan hari anda pertama menstruasi.


Mulai meminum Pil KB ketika menstruasi di bagian warna kuning yang bertulisan SEN - SEL - RAB - KAM JUM - SAB - MIN (pemakaian Pil KB mengikuti arah yang tertera)

Pada pil kb tersebut akan ada caption seperti ini : Mulailah di bagian warna kuning sesuai hari pertama menstruasi. Maka, kita wajib meminum pil tersebut ketika hari ke-1 menstruasi di bagian yang warna kuning.

Sebagai contoh : Bulan November ini mendapati menstruasi pada hari Senin, Tanggal 28 November 2016. Pada saat itu, saya akan meminum pil kb yang berwarna putih yang ada tulisan SEN di paling atas.

Karena hari pertama menstruasi jatuh pada hari Senin, 28 November 2016, maka mulai minum dari tulisan SEN - SEL - dst.

Jadi untuk pemula yang ingin menggunakan Pil KB, harap menggunakan Pil Kb pertama ketika menstruasi agar tidak bingung meminumnya di kemudian hari. Dan jika kita tidak minum  pil kb karena lupa tidak pasang alarm atau ketiduran, atau kita sedang pergi keluar dan lupa tidak membawa Pil Kb, maka  minumlah pil tersebut besoknya langsung 2 pil di waktu yang sama.

Sebagai contoh saya lupa meminum Pil KB kemarin pada hari Kamis tanggal 11 November 2016. Karena saya lupa, jadi saya minum langsung pada hari Jumat Tgl 12 November 2016 dua pil sekaligus bertulisan KAM - JUM (Kamis dan Jumat) pada pukul sembilan malam.

Perbedaan Pil KB Putih (sebanyak 7 buah pil) dan Pil KB Kuning (sebanyak 21 pil)
Untuk pil kb yang berwarna putih, itu isinya adalah plasebo (tepung) yang tidak ada kegunaanya, akan tetapi itu harus tetap diminum agar kita tidak lupa dalam mengkonsumsi Pil KB. Biasanya pil  putih diminum ketika kita sedang menstruasi dan pil kuning digunakan ketika kita sedang tidak menstruasi.
 
Keuntungan Mengkonsumsi  Pil KB 

1. Pemakaian praktis, hanya cukup meminum pil tersebut tiap hari
2. Harga yang relatif terjangkau, yakni Rp.6000.-/ 28 tablet pil KB untuk satu bulannya (harga bulan Desember 2016)
3. Tidak mengganggu ketika berhubungan (tidak seperti alat kontrasepsi kondom)
4. Untuk yang mempunyai badan kurus, mengkonsumsi pil kb berdampak menaikan berat badan
5. Tidak membuat rahim kering, jika konsumsi pil kb dilepas, wanita cenderung tetap subur


Dampak Negatif Mengkonsumsi Pil KB

1. Untuk yang kurang cocok menggunakan Pil KB, biasanya akan timbul jerawat, atau timbul bintik-bintik hitam di wajah.
2. Harus mempunyai cadangan Pil KB, karena menggunakan Pil KB tidak boleh terlewat satu haripun, karena jika kelupaan meminumnya, akan terjadi kehamilan.
3. Untuk yang pertama kali menggunakan Pil KB, biasanya akan mengalami pusing atau mual.

Saran dari saya agar mengkonsumsi pil KB tidak terlewat adalah :
1. Membiasakan diri untuk meminum pil kb tersebut pada waktu yang sama. Lebih baik malam sebelum tidur.
2. Menyimpan Pil KB di tas, atau didompet jadi ketika kita sedang berada diluar kita tetap bisa mengkonsumsi pil tersebut.
3. Jika alarm berbunyi, langsung seketika itu juga meminum pil tersebut, karena jika dinanti-nanti, akan kebablasan dan lupa meminum pil-nya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..