Seberapa Pentingkah Paklaring atau Surat Keterangan Kerja untuk Masa Depan Anda? - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Selasa, 02 Mei 2017

Seberapa Pentingkah Paklaring atau Surat Keterangan Kerja untuk Masa Depan Anda?



Sudah naluriah seorang manusia ingin mendapatkan yang terbaik dalam hidupnya. Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan, ditambah dengan gaji yang sesuai membuat banyak orang akan betah bekerja dan enggan untuk pindah ke perusahaan lain.


Namun, seiring berkembangnya waktu dan zaman membuat orang merasa kurang puas dan merasa layak mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Dan akhirnya mereka resign untuk mencari pekerjaan yang sesuai dari segi gaji, jabatan, dan lingkungan.

Menjalin silaturahmi dengan perusahaan sebelumnya adalah salah satu kunci sukses mendapatkan sertifikat kerja atau biasa kita sebut paklaring. Karena paklaring sangat membantu bagi kita untuk mendapatkan pekerjaan dan itu artinya, kita sudah diakui oleh perusahaan tersebut telah bekerja dengan sebaik-baiknya.


Dengan adanya paklaring, maka perusahaan lebih yakin pada kita karena ada bukti nyata bahwa Anda pernah bekerja di perusahaan tersebut, tidak hanya cuap-cuap saja.


Seberapa pentingkan Paklaring dalam Dunia Kerja saat ini?? Berikut akan saya rincikan dalam point dibawah ini :


Surat Keterangan Kerja Mempermudah Anda untuk Mendapatkan Pekerjaan Lagi

Kata siapa tanpa paklaring Anda diterima di perusahaan baru? Sebenarnya, ada beberapa perusahaan yang mengharuskan Anda mempunyai paklaring di perusahaan sebelumnya. Dan ada juga perusahan besar yang mengharuskan Anda untuk menyertakan bukti paklaring dari tempat bekerja dulu.

Setidaknya, Anda harus bekerja sebaik mungkin di perusahaan apapun dan dimanapun, agar track record Anda selama bekerja akan selalu baik. Dan perusahaan baru akan mempercayai Anda untuk bekerja di perusahaannya.


Surat Keterangan Kerja adalah Salah Satu Syarat Pencairan Jamsostek atau BPJSTK

Jika Anda pernah bekerja di salah satu perusahaan dan Anda membayar tiap bulan jamsostek atau yang biasa kita sebut bpjstk, dan akhirnya Anda keluar bekerja atau pensiun, surat keterangan kerja merupakan salah satu persyaratan dari bpjs untuk disertakan dalam pencairan bpjstk uang pensiun Anda.

Anda bayangkan jika Anda tidak dapat menjalin hubungan baik dengan perusahaan sebelumnya, kemudian Anda membutuhkan uang dan mengharuskan Anda untuk mencairkan jamsostek. 

Dan Akhirnya uang pensiun Anda tidak bisa dicairkan karena Anda tidak dapat melampirkan surat keterangan kerja asli dan fotokopiannya.

Untuk mencairkan bpjstk harus melampirkan surat keterangan bekerja di beberapa perusahan tempat Anda bekerja sebelumnya.


Sangat disayangkan jika Anda menganggap hal ini tidak penting, mengingat surat keterangan kerja untuk saat ini adalah salah satu syarat mencairkan dana pensiun Anda.

Maka dari itu, sebisa mungkin Anda harus menjalin hubungan baik agar Anda dipermudah untuk mendapatkan surat keterangan kerja. Dengan begitu, Anda akan tetap bisa mencairkan dana pensiun suatu saat nanti.


Surat Keterangan Kerja bisa Menjadi Syarat Mutlak untuk Diperlihatkan Pada Perusahaan Baru

Minimal, Anda harus bekerja selama 1 tahun untuk mendapatkan paklaring dari perusahaan. Karena biasanya, paklaring memang dikeluarkan untuk yang bekerja lebih dari 1 tahun lamanya.

Jarang saya temukan orang yang bekerja hanya 3 bulan atau enam bulan dan ia mendapatkan surat keterangan kerja.

Jadi, agar Anda mendapatkan paklaring, minimal bekerjalah dengan baik selama kurang lebih satu tahun atau lebih dan jalinlah hubungan yang baik dengan rekan kerja terdahulu agar jika kita membutuhkan sesuatu, mereka tidak akan mempersulit Anda.


Surat Keterangan Kerja Menambah Nilai Anda

Dengan adanya paklaring dengan masa jabatan yang lumayan tinggi dan masa kerja yang lama, akan menambah nilai (value) Anda.

Otomatis, perusahaan akan lebih mempercayai seseorang yang sudah mempunyai pengalaman dengan ditambahkannya surat keterangan kerja.

Tidak semua hrd akan percaya begitu saja dengan pembicaraan Anda lewat interview atau test, karena bisa saja ia membutuhkan bukti konkrit yakni sertifikat asli yang diperlihatkan langsung kepada hrd maupun pimpinan Anda.

Namun, jika Anda dapat meyakinkan dalam segi pembicaraan dan Anda memang sangat menguasai ilmu tersebut, banyak juga hrd yang tidak meminta paklaring, karena sudah cukup untuk mengetahui dari segi pembicaraan Anda ketika interview berlangsung.


Surat Keterangan Kerja Menandakan bahwa Anda Diakui oleh Perusahaan

Dengan adanya surat keterangan kerja, artinya Anda telah diakui oleh perusahaan bahwa Anda sudah bekerja dengan baik dan loyalitas dalam bekerja. Dan buatlah koneksi yang baik antar perusahan lama dengan yang baru, karena menjalin hubungan baik berarti Anda sudah membuka peluang rezeki bagi orang lain, dan juga Anda tentunya.

Semoga dengan tulisan ini akan sedikit memberikan masukan bahwa paklaring sangat berpengaruh untuk masa depan Anda. So, jalinlah hubungan baik dengan semua perusahaan tempat Anda bekerja, dengan begitu semua akan dipermudah dan Anda tidak akan sulit untuk mencairkan uang pensiun suatu saat nanti.

Semoga bermanfaat :) 


Artikel Terkait :

  1. Apa Perbedaan antara TLO dan All Risk, Manakah Asuransi yang Menguntungkan untuk Anda?
  2. Apakah Anda Jiwa Pekerja ataukah Jiwa Pengusaha ?
  3. Bagaimana Cara Mengatur Gaji Agar Cukup untuk Satu Bulan Kedepan?
  4. Beberapa Alasan Mengapa Karyawan Terbaik Resign dari Tempat ia Bekerja
  5. Beberapa Alasan Mengapa Orang Lain Membenci Anda
  6. Cara Mendidik Anak Agar Tumbuh Menjadi Pribadi yang Mandiri dan Pekerja Keras
  7. Disewakan / Dikontrakan "Rumah Baru" PERMATA BOGOR RESIDENCE - New !!

4 komentar:

  1. Aku baru tahu loh beb soal ini, makasih ya semoga ilmu dan pengalamannya bermanfaat!

    BalasHapus
  2. btul sekali ya, itu sangat perlu agar perusahaan lain bisa melihat kualitas kita

    BalasHapus
  3. bagus artikelnya thanks infonya juga ka ini aku mau reccomend tentang HOSTEL MURAH DI BANDUNG COCOK UNTUK BACKPACKER

    BalasHapus
  4. Kalo kepentingan yang berhubungan dengan surat keterangan kerja yang pernah saya alami adalah saat pencairan jamsostek mbak

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..