Tips dan Cara Menghilangkan Karang Gigi - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Senin, 21 Agustus 2017

Tips dan Cara Menghilangkan Karang Gigi

Merawat kesehatan gigi memang sangat penting untuk kita rawat. Selain karena kebersihan adalah sebagian dari iman, merawat kesehatan gigi sejak dini merupakan tips yang ampuh untuk mengurangi berbagai permasalahan gigi.

Contohnya seperti bau mulut, gigi berlubang, dan gigi yang sudah hancur yang menyebabkan gigi tersebut harus dicabut. Jika gigi kita sudah tidak bisa diperbaiki ataupun ditambal, solusi terakhir adalah mencabut gigi dan hal tersebut sangatlah menyakitkan.

Selain terasa sakit, mencabut gigi pun memakan biaya yang lumayan besar. So, mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu berikut saya rincikan beberapa tips agar kita dapat menghilangkan karang gigi dengan cepat dan mudah.

source pixabay

1. Rajin Sikat Gigi Minimal 2 kali Sehari

Menyikat gigi dua kali sehari setelah makan dan sebelum tidur merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Cara menggosok gigi yang baik adalah dengan cara menggosok bagian gigi dari atas ke bawah, bukan dari kanan ke kiri. Banyak yang tidak menyadari cara menggosok gigi yang benar.

Kesalahan dalam menggosok gigi merupakan hal yang wajar dilakukan oleh kita. Akan tetapi alangkah lebih baik menggosok gigi yang benar adalah dari atas kebawah (vertikal) bukan horizontal.

2. Hindari Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Gula

Jika Anda penyuka makanan manis, alangkah lebih baik hindari dan kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung gula berlebihan. Contohnya makan permen, makan coklat, mengemil makanan yang berbentuk candy akan mempengaruhi kualitas gigi, karena gula tersebut bisa saja menempel di sela-sela gigi yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi.

Saran terbaik jika sudah terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, lebih baik setelah memakan permen dan dirasa sisa permen menempel pada gigi, jangan menunda untuk menyikat gigi dan jangan lupa berkumur menggunakan obat kumur.

3. Gunakan Obat Kumur

Obat kumur selain berfungsi untuk menyegarkan mulut, juga berfungsi untuk mencegah bau mulut. Selain itu juga, obat kumur dapat mencegah penumpukan sisa sisa makanan agar tidak bersarang di celah-celah antar gigi.

4. Gunakan Baking Soda untuk Membersihan Karang Gigi.

Jika hal tersebut sudah dilakukan dan karang gigi sudah terlanjur bersarang di gigi dan sulit untuk dibersihkan, langkah selanjutnya lakukan scaling gigi untuk membersihkan karang gigi hingga ke bagian dalam yang sulit dijangkau oleh kita.

Karang gigi biasanya akan menyebar di bagian gigi yang jarang dipakai untuk mengunyah makanan. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Karena secara tidak langsung Anda akan memprioritaskan menyikat gigi pada bagian yang biasa digunakan untuk mengunyah. Dan bagian yang tidak dipakai untuk mengunyah makanan sering kita hiraukan. Padahal jika kita telusuri, bagian gigi manapun tetap dibersihkan. Dan jangan sampai ada yang terlewat.

Saya menyadari ketika enam bulan yang lalu berangkat ke dokter gigi dan dokter pun bilang pada saya seperti ini "Vika sering mengunyah memakai gigi bagian kanan ya?". Kemudian saya refleks menjawab pertanyaan Sang dokter. "Iya betul dok, bagian kanan paling banyak karang gigi ya, dok?".

Terus dokter melanjutkan, "Malah bagian kiri lho yang cukup banyak karang gigi, dan bagian kanan malah bersih sekali tidak ada karang gigi. Karena biasanya bagian gigi yang jarang dipakailah yang akan muncul karang gigi. Katanya begitu.

Banyak contoh kasus pasien yang terbiasa mengunyah pada bagian kanan gigi, akan mendapati karang gigi yang banyak pada bagian kiri yang jarang dipakai untuk mengunyah makanan.

***

Scaling adalah salah satu cara ampuh untuk menghilangkan karang gigi. Ada pertanyaan lain yang sering saya temukan, bagaimana jika kita biarkan saja karang gigi nanti juga hilang sendiri? 

Karang gigi yang dibiarkan bersarang dalam waktu yang relatif lama pada gigi selain akan menimbulkan bau mulut, juga membuat penampilan gigi menjadi tidak bersih. Gigi akan banyak flek hitam dan biasanya gusi terlihat membengkak dan berwarna merah. Dan itu tandanya gigi Anda tidak sehat dan tidak bersih.

Apalagi jika Anda seorang perokok yang tidak dapat menjaga kebersihan gigi akan mendapati karang gigi dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut akan membuat Anda tidak nyaman dan tidak percaya diri.

Scaling untuk saat ini adalah perawatan ampuh untuk menghilangkan karang gigi jika dengan cara alami sudah tidak berpengaruh pada gigi Anda. Perawatan scaling untuk gigi atas biasanya sekitaran 200 ribu rupiah dan jika anda perawatan gigi atas bawah akan memakan biaya yang lumayan tinggi.

Oleh karena itu sebagai manusia kita cukup merawat apa yang sudah Tuhan ciptakan untuk kita, karena jika sudah tidak bisa dihilangkan, uang pun akan habis untuk membiayai perawatan gigi kita.

Sekian artikel tentang Cara Menghilangkan Karang Gigi, semoga Anda bisa merawat gigi Anda dengan baik dan benar, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Terimakasih sudah berkunjung di website ini semoga bermanfaat.


Artikel Terkait :

5 komentar:

  1. saya kadang suka lupa gosok gigi, mana makan yg manis manis mlu T_T

    BalasHapus
  2. Thx sis udah ngingetin, belum scaling lagi nih hoho

    BalasHapus
  3. Kumur-kumur pakai mouthwash lumayan sih, suka ada yang copot sendiri. Tapi butuh waktu lama, jadi emang harus scalling rutin:)

    BalasHapus
  4. Ternyata karang gigi itu muncul di bagian gigi yang jarang dipakai. Baru tahu juga. Kebetulan gigi geraham kiri bolong satu, jadinya lebih banyak pakai geraham kanan. Kalau gitu rajin sikat yang kiri juga deh.

    BalasHapus
  5. Kmrn aku tambal gigi mba..sama drg nya sekalian dibersihkan karang giginya..pke alat itu, kayak mesin amplas..hi..hi, nggak ngerti istilahnya apa. Cuma ngilu aja, tp setelah itu nyaman.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..