5 Alasan Menggunakan Baja untuk Rangka Rumah - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Selasa, 12 Desember 2017

5 Alasan Menggunakan Baja untuk Rangka Rumah

Bagi Anda yang akan membangun sebuah rumah atau hunian lain, tentunya Anda memikirkan hingga ke konstruksi dan bentuk bangunan yang akan dibangun. Salah satu hal yang dipertimbangkan adalah dengan material apa menggunakan rangka untuk rumah Anda.

source urbanindo
Menggunakan baja ringan untuk kerangka atap misalnya, kini sudah mulai banyak dilirik orang dibandingkan dengan menggunakan rangka kayu untuk atapnya. Rangka baja diklaim lebih mudah dipasang dan juga lebih awet daripada rangka kayu.

Itu untuk atap. Lalu bagaimana dengan rangka bangunan rumah? Banyak orang yang masih belum menggunakan baja sebagai material pilihannya. Masyarakat kebanyakan masih mengikuti cara konvensional yaitu dengan menggunakan beton sebagai rangkanya. 

Lihat saja contohnya banyak rumah dijual di Jakarta, Jakarta, dan kota lain yang masih menggunakan beton sebagai rangkanya.

Memang, rangka baja memiliki beberapa kekurangan. Walau begitu, rangka baja juga memiliki beberapa keunggulan. Berikut adalah keunggulan rangka baja untuk rumah Anda.

Kuat

Jika bicara mengenai kekuatan, baja tidak perlu lagi ditanya kekuatannya. Baja sangatlah cocok untuk konstruksi bangunan apalagi rumah. hanya saja, kekuatan ini memang ada kekurangan dan kelebihannya bila dibandingkan dengan rangka beton yang masih digunakan oleh banyak orang.  

Karena itu, pilihannya tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan dan juga fungsi dari setiap orang yang membangunnya.

Irit

Dengan menggunakan baja sebagai rangka rumah, tentunya akan menekan angka biaya produksi rumah. Misalnya saja, untuk mengecor beton, Anda akan perlu mengeluarkan biaya untuk membeli papan penahan dan pencetak beton. Namun untuk pemasangan baja, hal tersebut tak diperlukan sehingga dananya dapat dialihkan ke pos lainnya.

Cepat

Membangun dengan rangka baja menjadikan prosesnya lebih cepat daripada beton. Karena nantinya dengan beton, proses pembangunan rumah masih harus menunggu Keng. Sementara dengan beton, anda hanya tinggal membeli lalu pasang.

Awet

Baja yang digunakan untuk membangun rumah akan lebih awet. Misalnya saja, dengan menggunakan baja untuk rangka atap, anda tidak perlu khawatir dengan ketahanannya. Sementara dengan rangka kayu, akan ada faktor yang merusak seperti cuaca dan juga serangga atau rayap di samping kelembaban yang dapat merusak.

Investasi

Bangunan dengan rangka beton yang akan dibongkar akan menyisakan puing-puing. Sementara bangunan dengan rangka baja yang akan dibongkar, akan dapat menyisakan beton yang masih dapat digunakan untuk membangun bangunan lain. Maka dari itu, bangunan yang akan dijual setelah 30 tahun dapat dihargai lebih mahal daripada bangunan berangka beton.

5 komentar:

  1. Nice tips sis, semoga nanti kebeli rumah unik dari rangka baja biar mantep ya

    BalasHapus
  2. Irit juga ya mba pake baja tapi juga kuat

    BalasHapus
  3. Kuat dan awet itu hal yang utama. Pembuatan rumah memang harus bener2 di perhatikan, terlebih dari rangkanya. Karena rumah bakal jadi tempat tinggal yang lama..

    Tapi saat ini sudah banyak yang menggunakan baja juga ya, Teh. Terlebih bangunan2 seperti sekolah gitu..

    BalasHapus
  4. Keren ini bisa jadi refrensi saya membangun homestay...nice terimakasih

    BalasHapus
  5. masih jarang kalo di daerah rumah sha yang pake baja model gini

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..