Tips dan Cara Mendapatkan Kacamata Gratis Menggunakan BPJS, Beneran Gratis! - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Kamis, 22 Februari 2018

Tips dan Cara Mendapatkan Kacamata Gratis Menggunakan BPJS, Beneran Gratis!

Tips dan Cara Mendapatkan Kacamata Gratis Menggunakan BPJS, Beneran Gratis!

Halo good people, semakin hari rasanya semakin banyak kebutuhan yang tidak terduga, dari mulai makanan, kebutuhan sekunder, bahkan kebutuhan tersier. Berbicara mengenai kebutuhan sekunder, banyak sekali kebutuhan sekunder yang kadang kita lupakan, salah satunya adalah alat bantu penglihatan mata, yakni kacamata.

Mungkin untuk sebagian orang yang diberikan kesehatan pada matanya, tidak ada masalah untuk mengeluarkan dana membeli kacamata, karena hal itu tidak dibutuhkan sama sekali. Namun bagaimana jika Anda memiliki riwayat minus atau plus dan tidak dapat melihat dengan baik? Tentunya Anda pun harus menyiapkan dana untuk membeli kacamata yang tidak semurah jaman dulu.

Dengan adanya bpjs, semua orang cukup terbantu dengan adanya klaim gratis kacamata untuk pengguna BPJS. Dan jika Anda memiliki mata minus, tidak ada salahnya kan untuk memanfaatkan kacamata gratis dari pemerintah ini?

Untuk sebagian orang yang mempunyai dana lebih, pastinya memilih untuk membeli kacamata langsung tanpa ribet proses meminta rujukan pada faskes 1, rumah sakit rujukan, sampai tahap ketiga adalah menuju optik yang bekerja sama dengan bpjs, tentunya hal tersebut tidak mudah prosesnya. Butuh beberapa hari menyelesaikannya.

Namun, jika Anda ingin mencoba membuktikan bahwa kacamata tersebut benar-benar gratis, tidak ada salahnya mencoba untuk mendapatkan kacaata gratis menggunakan BPJS. Dan beneran gratis, lho!

Ingin tahu cara mendapatkan dan klaim kacamata gratis menggunakan bpjs? Simak cara dan tips dibawah ini ya!

1. Pastikan Anda mempunyai kartu BPJS Kesehatan yang dibayar secara rutin setiap bulannya, dan pastikan juga Anda memiliki BPJS yang memiliki alamat faskes pertama sesuai dengan domisili Anda. Jika kartu BPJS Anda masih domisili tempat lain, ada baiknya Anda melakukan penggantian faskes sesuai domisili saat ini disini.

2. Anda cukup bergegas untuk pergi ke faskes tingkat pertama yang sesuai dengan yang ada di kartu BPJS, kemudian Anda bilang kepada petugas bahwa Anda ingin klaim kacamata baru.

3. Anda akan disuruh menunggu untuk antri ke dokter umum dan setelah di dokter umum faskes pertama, Anda akan diberikan rujukan kepada Rumah Sakit terdekat yang memiliki dokter specialis mata untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai kondisi mata Anda (minus atau plus atau silindris atau semuanya).

4. Setelah mendapatkan surat rujukan asli dari faskes tingkat pertama, lalu yang Anda lakukan adalah fotokopi langsung surat rujukan tersebut sebanyak 2x serta siapkan juga fotokopi KTP (2 buah), fotokopi kartu BPJS (2 buah), dan fotokopi KK (2 buah, bila diminta).

5. Setelah itu, Anda keesokan harinya bergegas untuk pergi ke rumah sakit yang disarankan oleh faskes tingkat pertama dengan menyerahkan persyaratan sesuai dengan point 4. Lalu tunggu hingga Anda mendapatkan nomor antrian untuk dokter specialis mata.

Baca Juga :  Cara Membayar Iuran BPJS Kesehatan Keluarga atau Individu Melalui Mandiri Mobile Online Banking

6. Setelah mendapatkan antrian dokter specialis mata, Anda akan diperiksa mengenai kondisi mata (apakah plus, ataukah minus, ataukah minus dengan silindris). Kemudian Anda jangan lupa juga untuk bilang bahwa Anda ingin memiliki kacamata baru, sehingga Anda akan diberikan lampiran mengenai minus Anda, dan setelah itu Anda juga akan mendapatkan surat rekomendasi untuk ke optik yang biasanya didapatkan di bagian kasir atau lobby RS.

7. Setelah mendapatkan surat rekomendasi minus dan juga surat rekomendasi untuk optik yang bekerjasama dengan BPJS, Anda bisa memilih sendiri optik yang bekerjasama dengan BPJS, namun biasanya karyawan rumah sakit akan memberikan rekomendasi optik yang cukup recommended untuk Anda lakukan klaim.

8. Bergegaslah Anda pergi menuju optik terdekat yang dapat diklaim menggunakan BPJS, dan akan ada beberapa pilihan harga yang sesuai dengan kelas Anda melakukan pembayaran BPJS. Jika Anda mengambil kelas 1, maka Anda akan diberikan kebebasan untuk memilih lensa dan kacamata senilai 300 ribu rupiah tanpa ada tambahan sama sekali.

Namun, jika Anda mengikuti BPJS kelas 2, Anda hanya diberikan klaim kacamata gratis dengan harga 200 ribu rupiah (sudah termasuk frame dan lensa). Dan yang terakhir, jika Anda mengikuti BPJS kelas 3, Anda hanya akan mendapatkan klaim gratis senilai 100 ribu rupiah saja (frame dan lensa).

Untuk Anda yang mengikuti kelas 3 ataupun kelas 2, jangan khawatir. Karena biasanya, setiap optik yang bekerjasama dengan bpjs tenunya sudah mempersiapkan pilihan frame dan kacamata yang sesuai dengan kelas-kelasnya. Jadi Anda tidak perlu menambah lagi uang untuk mendapatkan kacamata tersebut walaupun Anda mengambil kelas 3.

Namun, jika Anda mempunyai rezeki untuk mengambil kacamata yang lebih baik, Anda cukup menambahkan saja dari total yang sudah diklaim oleh BPJS.

Contohnya saja jika saya mengambil kacamata Dior yang mempunyai harga 1 juta, dan saya memiliki BPJS kelas 1, maka saya cukup menambahkan kurangnya saja, yakni 1 juta dikurang 300 ribu rupiah (untuk kelas 1), maka saya cukup bayar  700 ribu saja.

Namun, jika Anda merasa sangat nyaman dan ingin memiliki kacamata sesuai dengan klaimnya, Anda bisa memilih frame yang sesuai dengan kesukaan Anda.

Dan tidak lupa juga bahwa jika Anda ingin mengklaim kacamata gratis dari BPJS, Anda dapat mengklaim dan mendapatkan kacamata gatis dari BPJS ini hanya 2 tahun sekali. So, jika Anda ingin suatu hari mengganti kacamata lagi, tunggu hingga 2 tahun dan Anda bisa ajukan kembali kacamata baru dan gratis menggunakan BPJS. Tertarik mencobanya? Semoga bermanfaat yaa!

Artikel Terkait :

18 komentar:

  1. Waah, postingan ini menginspirasi saya, Mbak. Saya kok merasa mata saya sedikit bermasalah, jangan-jangan minus. Makasih banyak ya, Mbak...

    BalasHapus
  2. yang butuh kacamata gratis penting banget neh tipsnya, manfaatkan bpjs yg dimiliki, sayang klo gak dimanfaatkan

    BalasHapus
  3. wah keren ya beli kacamata bisa dapat diskon menggunakan BPJS, mau saya coba deh

    BalasHapus
  4. Wah baru tahu mba, ternyata BPJS juga bisa dapet gratisan kacamata ya, boleh juga nih di coba buat yang min, hehe

    BalasHapus
  5. Wah seriusan nih mbak? hahha baru tau ternyata BPJS bisa buat claim kacamata juga.
    Lumayan banget ya, walaupun beda kelas beda jumlah yg di klaim juga hihihi.

    Puji Tuhan mataku masih sehat sih hahahha, tp aku udh prnh pake BPJS buat operasi gigi geraham bungsu mbak, lumayan banget, klo bayar sendiri kan jutaan hhahaha,
    BPJS emang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin ya mbak.

    BalasHapus
  6. Baru tau bisa dapet kacamata gratis dari BPJS,padahal saya orang kesehatan tapi nggak tau hahahah #kudet
    Makasih informasinya, lumayan soalnya suka banyak yang cerita baik itu keluarga,tetangga atau bahkan pasien yang kacamatanya udah nggak cocok,,,nice share...

    BalasHapus
  7. apa kabar teh...semoga teh baik baik saja....

    BalasHapus
  8. kaca mata geratis tis tis tanpa membeli ? kok bisa gimana ceritanya...
    saya baru tahu neng , bahwa peserta BPJS sekarang bisa mengajukan klaim atas kondisi kesehatanya dengan fasilitas kesehatan,....ini bisa di beritahukan sama janda sebelah rumah katanya mau beli kacamata plus minus

    BalasHapus
  9. Saya belum ada BPJS kesehatan adanya BPJS tenaga kerja
    saya jg mau ganti kaca mata ni
    minus makin nambah aja

    BalasHapus
  10. masa gratis sih, pasti ada persyaratannya nih

    BalasHapus
  11. wahhh gak bisa terus terusan yaa,, sampe 2 tahun sekali lama banget...

    BalasHapus
  12. budget nya minim yah,,, untuk ada perusahaan yang bisa klaim kacamata max 75% dari Gaji hihihi

    BalasHapus
  13. wahhhhhh.... yg gratis ini yg saya suka, ayooo teman2 gabung kesini , ada info kacamata gratissss!!

    kacamata untuk nyelam ke sungai gratis juga ngk mbak ? :)

    BalasHapus
  14. Sangat di rekomendasikan, mba, bagi pengguna kacamata, makasih infonya mba.

    BalasHapus
  15. Btw ada jangka waktunya ga mbak,misalnya bulan ini claim,bulan depan claim,bulan depan nya lagi claim, wah saya bisa jadi kolektor kacamata nih hhehe

    BalasHapus
  16. Jadi yang gratis harus BPJS kelas satu yaa, hahaha. Aku kira semua :v.

    BalasHapus
  17. Saya dulu mau ikut progam kacamata gratis ini, tapi jatohnya masih bayar karena kelas dua, hehe.

    BalasHapus
  18. Baru tahu kalau bisa dapat kacamata gratis, hehe. Makasih infonya Mbak.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..