Apakah Perlu Menggunakan Pagar di Area Perumahan Cluster? - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Kamis, 03 Mei 2018

Apakah Perlu Menggunakan Pagar di Area Perumahan Cluster?

Apakah Perlu Menggunakan Pagar di Area Perumahan Cluster?

Ketika Anda akan memutuskan untuk membeli rumah, pastinya akan sangat memperhatikan dari segi biaya, jarak dari rumah ke tempat kerja, fasilitas yang ada di dalamnya, akses kendaraan umum, strategis dengan pusat kota atau tidak, bahkan mempertimbangkan dari segi keamanan atau securitynya.

Jika Anda akan membeli rumah, tentunya Anda menginginkan perumahan yang mempunyai keamanan dan security yang baik, sehingga dengan demikian, Anda merasa lebih aman tinggal di rumah bersama keluarga.

Perumahan cluster adalah perumahan atau kompleks rumah yang dibangun di tengah kota yang yang terdiri dari beberapa bangunan bahkan ratusan bangunan yang memiliki design dan struktur yang hampir sama antara bangunan satu dengan bangunan lainnya. Walaupun begitu, perumahan cluster biasanya memiliki beberapa kelompok bagian lagi yang mempunyai luas tanah dan luas bangunan yang berbeda-beda dan pastinya berpengaruh dengan harga yang ditawarkan.

Sebagian besar orang akan memilih untuk tinggal di perumahan cluster yang notabene lebih aman karena mempunyai one gate system dan juga ada security 24 jam yang mengawasi area perumahan cluster. Namun, walaupun demikian, apakah perlu menggunakan pagar di area perumahan cluster?

Menggunakan Pagar Sangat Perlu Jika....

Walaupun memiliki tarif yang cukup mahal untuk membeli perumahan cluster, namun tidak menjamin juga keamanan 24 jam bebas dari maling. Ada beberapa teman saya yang tinggal di area perumahan cluster, namun tetap rawan adanya maling.

Padahal, perumahan tersebut cenderung tertutup, bahkan ada security yang menjaga cluster itu 24 jam lamanya. Dengan kejadian demikian, warga sekitar kompleks perumahan cluster yang tahu akan kejadian tersebut, mulai membangun pagar di rumah masing-masing karena sempat ada yang mengalami hal yang tidak diinginkan, yakni kemalingan.

Walaupun Anda mungkin tahu bahwa perumahan cluster tidak memerlukan adanya pagar di setiap rumahnya. Karena salah satu rumah membangun pagar, akhirnya semua rumah pun membangun pagar di perumahan cluster karena ketakutan adanya ancaman maling dari area perumahannya.

Menggunakan Pagar Tidak Perlu Jika....

Menggunakan pagar di area perumahan cluster sebenarnya tidak perlu jika Anda dan warga merasa hal tersebut tidak perlu dilakukan. Contohnya Bapak A baru pindahan ke Cluster Sindang Reret yang berada di wilayah BSD.

Kemudian sebagai warga baru pastinya bertanya pada warga sekitar, apa perlu menggunakan pagar di area perumahan clusternya ataukah tidak perlu? Biasanya, warga yang sudah lama tinggal di area cluster akan mengetahui keadaan dan kondisi area perumahannya, apakah cukup aman atau tidak.

Jika jawaban para warga sekitar berkata bahwa "Cluster Sindang Reret ini aman pak, selama saya tinggal 3 tahun, saya tidak pernah mendengar ada yang kehilangan barang, bahkan motor dan sepeda saya saja sering disimpan diluar tanpa pagar, aman-aman saja kok pak!"

Dengan respon yang meyakinkan dari satu orang, tentunya Anda juga harus bertanya pada tetangga lain minimal 3-4 orang apakah area perumahan Anda benar-benar aman, apakah security di perumahan amanah, dsb. Jika pertimbangan warga sekitar membuat Anda yakin aman, maka tidak perlu Anda mengeluarkan budget untuk pagar karena sejatinya rumah cluster itu tidak perlu menggunakan pagar.

Kesimpulan dari tulisan diatas bahwa, perlu tidaknya menggunakan pagar di area perumahan cluster kembali lagi pada kondisi perumahan tersebut, apakah aman atau tidak, apakah terbuka untuk umum atau tidak, apakah penjagany amanah atau tidak, bahkan tetangganya amanah atau tidak, itu semua kembali lagi pada keyakinan masing-masing.

Jika dirasa aman, maka tidak perlu menggunakan pagar untuk area perumahan cluster. Karena Anda tahu sendiri, membuat pagar bukan tentang harga 1 juta atau 2 juta saja, namun keselamatan dan nyawa yang ada di rumah Anda yang perlu Anda jaga. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait :

13 komentar:

  1. Kalo aku kesampaian beli rumah, rumah type cluster seperti ini yang kuinginkan.
    Ngga ada pagar pembatas.

    Tapi benar kata kak Vika juga kalo rawan, lebih baik diberi tambahan pagar.

    BalasHapus
  2. Kalau menurut saya sich Perlu Mbak, biar kalau ada orang asing, misalnya bule, ketahuan dech kalau masuk kearea privasi kita. :)

    BalasHapus
  3. sepakat mb, memang tergantung situasi komplek, apalagi klo cluster

    BalasHapus
  4. Kalau menurut saya menggunakan atau tidak itu sesuai kebutuhan ya, Teh. Intinya jikalau butuh yang pasang begitu juga kalau tidak. Yang jelas keamanan tetap diutamakan.

    BalasHapus
  5. Jadi tergantung situasi dan kondisi ya mba :D

    BalasHapus
  6. sangat perlu jawabnya untuk melindungi diri dan rumah kita dari intaian orang yang tidak bertanggung jawab seperti pengemis yang terkadang nyelonong masuk saja tanpa permisi

    Belum lagi untuk menghindari, minimalkan agar pak perampok tidak atau kesulitan untuk menyatroni rumah kita.

    Tak pandang apa yang ada di dalam rumah, namun sebaiknya memang harus diberi pagar betis agar aman terkendali

    BalasHapus
  7. mungkin tetap perlu ya bu meski perumahannya aman karena untuk menghalangi orang langsung masuk ke rumah kita

    BalasHapus
  8. Oh gitu ya mba, semoga tempat tinggal kita selalu aman nyaman dan berkah ga aamiin tfs ❤️

    BalasHapus
  9. Kalau keamanan lingkungan bekerja dengan baik selama 24 jam sehari (ada petugas keamanan yang paten), maka rumah cluster tidak perlu dipagar. Hanya saja jendela dan pintu sebaiknya dilapisi dengan besi agar aman saat ditinggal bepergian.

    BalasHapus
  10. Perlu banget mrnmenu saya mah teteh.. Selain buat keamanan, bisa juga buat menambah keindahan rumah 🏠.. Gitu aza… menurut saya mah..

    BalasHapus
  11. jadi kembali melihat kondisi lingkungannya ya,
    Kalau Ummi tinggalnya di kampung, alhamdulillah kalau salah satu tetangga sedang tidak ada di rumah saling jaga, bahkan tradisi yang sudah biasa saling titp rumah menjaga sampai menghidupkan dan mematikan lampu pada pergantian hari, memang tidak ada scurity/satpam perumahan, meskipun disebut komplek perumahan
    Aman alhamdulillah

    BalasHapus
  12. kalo onegate system dan ada security emang gak perlu kayaknya mbak kalo kita berbicara masalah keamanan, tapi kalo berbicara tentang hal lainnya misalnya keindahan dan lain-lain mungkin lain lagi, good post deh

    BalasHapus
  13. mantap nih. dapat ilmu baru..
    sering2 bikin artikel tentang properti mbak vika.. hihi

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..