Ayo, Cek Tagihan BPJS Kesehatan Anda Sekarang Juga! - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Sabtu, 05 Mei 2018

Ayo, Cek Tagihan BPJS Kesehatan Anda Sekarang Juga!

Bila Anda sudah menjadi anggota BPJS Kesehatan, yang perlu Anda ketahui kini adalah cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan Anda. Jangan khawatir ya good people, kini cek tagihan BPJS Kesehatan semudah menjentikkan jari Anda. Dunia online membuat segalanya mudah, sehingga mengecek atau membayar tagihan apa pun, termasuk tagihan BPJS tidak harus diurus di kantor BPJS atau di bank, cukup dengan gawai (gadget) saja.

Sekilas tentang tagihan program JKN dari BPJS Kesehatan berikut ini
Cek tagihan bpjs kesehatan – mjoni.com
Sebelum membahas bagaimana cara cek tagihan BPJS Kesehatan, harus Anda ketahui sekilas tentang tagihan iuran wajib program JKN dari BPJS Kesehatan. Nominal tagihan yang harus dibayarkan anggota JKN per bulannya didasarkan pada kelas yang dipilih anggota saat pendaftaran. Iuran bulanan ini disebut premi pada asuransi kesehatan lainnya.

Anggota kelas 1 diharuskan membayar Rp80.000 per bulan untuk satu orang. Bagi anggota kelas 2, iuran adalah sebesar Rp51.000 dan Rp25.500 saja untuk nominal iuran anggota kelas 3. Tagihan JKN ini harus dibayarkan tiap bulannya paling lambat pada tanggal 10.

Meskipun tidak ada denda yang ditentukan untuk tagihan yang tertunggak atau terlambat dibayarkan, sebaiknya tagihan tetap dibayar tepat waktu, agar Anda sekeluarga dapat menikmati manfaat JKN ini kapan saja dibutuhkan.

Lalu, bagaimana caranya cek tagihan BPJS Kesehatan secara online?
 Cek tagihan bpjs kesehatan – flickr.com
Mengikuti perkembangan zaman di era teknologi serba canggih ini, Anda hanya harus membuka gadget Anda untuk dapat cek tagihan BPJS Kesehatan Anda. Lalu, bagaimana caranya? Ikuti tips berikut ini ya!

1. Kunjungi Situs Resmi BPJS Kesehatan

Caranya adalah buka browser di komputer desktop atau laptop Anda, lalu klik situs resmi BPJS Kesehatan dan pilih menu “Cek Iuran”. Kemudian, Anda harus mengisi data pengguna, seperti nomor kartu, nomor validasi (captcha), dan tanggal lahir.

Setelah data Anda lengkapi, klik pilihan “Cek”. Lalu, di layar akan muncul rincian tagihan yang harus Anda bayar. Bila Anda belum terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan, kunjungi juga situs resminya untuk mengetahui persyaratan dan prosedur pendaftaran menjadi anggota.

2. Unduh dan Pasang Aplikasi JKN Mobile pada Gadget Anda

Anda bisa mengunduh dan memasang aplikasi khusus BPJS Kesehatan di ponsel pintar atau tablet Anda. Tersedia secara cuma-cuma di Google Play Store atau Apple App Store, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengakses informasi mengenai keanggotaan BPJS Kesehatan.

Sebelum memilih menu “Cek Tagihan”, pastikan Anda telah terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan sekaligus pengguna aplikasi JKN. Masuklah ke akun Anda dan pilih menu “Premi”, lalu tampilan layar akan menunjukkan rincian total tagihan iuran BPJS Kesehatan Anda.

3. Kunjungi Situs Penyedia Pembayaran Tagihan

Dewasa ini, sudah tak terhitung jumlah situs penyedia layanan pembayaran tagihan iuran BPJS Kesehatan, namun tidak semuanya dapat diandalkan. Pilihlah situs penyedia pembayaran tagihan dengan bijaksana, kemudian kunjungi  situs tersebut, dan masukkan data keanggotaan Anda untuk dapat cek tagihan BPJS Kesehatan. Umumnya, data yang diminta adalah nomor VA (Virtual Account) dan jumlah bulan tagihan yang ingin Anda bayar.

Kini Anda juga dapat cek tagihan BPJS di website Traveloka, salah satu situs penyedia layanan pembayaran tagihan termurah dan tepercaya. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk dapat melihat tagihan iuran BPJS Kesehatan Anda secara online baik di situs resmi maupun aplikasi mobile Traveloka :

1. Kunjungi situs resmi penyedia layanan pembayaran tagihan ini atau aplikasi mobile-nya di gadget Anda. Perlu diingat juga bahwa aplikasi tersebut harus sudah diperbarui ke versi aplikasi terbaru, yaitu versi 2.19 agar Anda dapat mengakses layanan ini dengan mudah.

2. Pastikan Anda sudah memiliki akun penyedia layanan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan ini agar dapat melihat tagihan terakhir iuran BPJS Kesehatan Anda. Klik menu “Bill Payment” atau “Bayar Tagihan”, lalu pilih “BPJS Kesehatan”. Setelah berhasil masuk, ketik nomor VA Anda dan total bulan tagihan yang ingin Anda lihat dan/atau bayar. Seketika, muncullah informasi yang Anda butuhkan di layar.
Cek tagihan bpjs kesehatan – shutterstock.com

Keunggulan Cek Tagihan BPJS Kesehatan dengan Bantuan Situs Penyedia Layanan Pembayaran Tagihan

Seperti telah dibahas sebelumnya, dengan bantuan situs penyedia layanan pembayaran tagihan tepercaya seperti Traveloka, Anda dapat dengan mudah mengetahui jumlah tagihan iuran BPJS Kesehatan Anda. Keunggulan dari fitur ini adalah sebagai berikut :

1. Akses dalam sekejap dan informasi yang didapat lengkap.

2. Membuat Anda selalu membayar tagihan dengan lancar dan tepat waktu.

3. Memberi Anda kenyamanan dalam bertransaksi pembayaran tagihan dengan beragamnya pilihan metode pembayaran, yakni dengan cara transfer menggunakan kartu debit, kartu kredit, transaksi perbankan via internet, ATM, maupun transaksi di minimarket terkemuka di Indonesia.

Bagaimana? Praktis sekali, bukan? Kalau begitu, ayo segera cek tagihan BPJS Kesehatan Anda dan nikmati berbagai manfaatnya.

Artikel Terkait :


8 komentar:

  1. Wah Traveloka makin canggih aja nih ya, untung udah install❤️tfs mbaa

    BalasHapus
  2. Sekarang sudah banyak kemudaha-kemudahan ya, BPJS ini sangat penting, kita semua ingin sehat. Buat yang belum punya BPJS ayo buat karena kalau nunggu sakit buatnya tidak bisa langsung digunakan
    kalau sudah buat jangan lupa tagihannya di bayar caranya seperti yang dituliskan si Ratu Tips kita nih 😀🙏🏻

    BalasHapus
  3. Pake traveloka jadi lebih mudah ya mba, sampai buat bayar BPJS saja udah bisa :D

    BalasHapus
  4. O,sekarang bayar tagihan BPJS bisa via Traveloka,kak ...
    Selama ini aku bayar via toko retail.

    Thanks infonya,kak Vika.

    BalasHapus
  5. Ayoooo....siapa takut cek, hehehe.....

    Sebaiknya jng telat bayar...krn dari pengalaman Dendanya cukup membuat kaget jika pasien tawat inap. :)

    BalasHapus
  6. sebelum tanggal0 harus dibayar biar tidak kena denda
    biasanya saya langsung cek di tetangga yang melayani pembayaran bpjs

    BalasHapus
  7. Membayar tagihan lancar dan tepat waktu. Mau unduh aplikasinya dulu ah.

    BalasHapus
  8. bulan kemaren ada promo teh, sha bayar bpjs langsung 3 bulan. amaaan gak perlu mikirin tagihan hehe :)

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..