Menikmati Semarak Festival Bunga Tomohon yang Mendunia - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Selasa, 18 September 2018

Menikmati Semarak Festival Bunga Tomohon yang Mendunia

Festival Bunga Tomohon pertama kali digelar pada tahun 2006. Festival ini bertujuan untuk mengenalkan seni, budaya, dan pariwisata Tomohon di kancah nasional serta internasional. Festival Bunga Tomohon terbilang cukup sukses, terbukti dengan berpartisipasinya negara-negara lain di dalam festival tersebut.

Tomohon sendiri memang dikenal sebagai kota penghasil bunga. Lokasinya yang berada di bawah kaki dua gunung, membuat udara yang dimiliki sejuk dan segar serta cocok dijadikan sebagai tempat budi daya bunga dan berbagai jenis tanaman lainnya.

Pada saat berjalan-jalan ke Manado, tidak ada salahnya juga untuk singgah sejenak ke Kota Tomohon yang hanya berjarak sekitar 25 Km saja atau sama dengan satu jam perjalanan. Selain berpartisipasi dalam kemeriahan festival bunga, wisatawan juga dapat menjelajah ke berbagai tempat wisata menarik lainnya yang ada di Manado, Tomohon, dan sekitarnya.

Apa saja yang membuat Festival Bunga Tomohon begitu menarik dan menjadi list wisata wajib? Berikut ini adalah alasannya. Setelah itu jangan lupa untuk mengecek harga tiket promo dari Airy untuk mendapatkan harga tiket pesawat terbaik saat mengunjungi kota yang satu ini ya!

Melihat Langsung Bunga Krisan Tomohon yang Terkenal

Menikmati Semarak Festival Bunga Tomohon yang Mendunia
Source : kompas
Bunga krisan memang sudah menjadi flora khas dari Tomohon yang telah dibudidayakan sejak zaman kolonial dulu. Bunga ini tentu saja menjadi primadona utama dalam setiap gelaran Festival Bunga Tomohon.
Bunga krisan dari Tomohon ini juga telah diakui sebagai salah satu bunga krisan terbaik di dunia dari sisi kualitas. Krisan yang menjadi primadona tersebut adalah bunga krisan putih dan kuning. Dalam bahasa setempat, bunga krisan putih dan kuning memiliki nama Kulo dan Riri.

Saat ini, total ada delapan varietas bunga krisan, selain Kulo dan Riri, yang dikembangkan di Tomohon. Delapan varietas tersebut telah diperkenalkan pada Festival Bunga Tomohon 2015 lalu.

Parade Bunga-Bunga dari Berbagai Negara

Di dunia internasional, festival tahunan ini dikenal dengan nama TIFF atau Tomohon International Flower Festival.  Festival ini tidak kalah populer dengan festival serupa yang digelar di Pasadena. 

Total wisatawan yang datang dalam periode waktu 2016-2017 mencapai 39.000 orang. Sejak menjadi acara internasional pada 2015 lalu, jumlah wisatwan yang datang, terutama dari mancanegara terus meningkat.

Source : kabartravel
Tahun ini, negara-negara besar seperti Jepang, Republik Ceko, dan Georgia ikut menyemarakkan festival kebanggan warga Tomohon ini. Parade kendaraan berhias bunga-bunga cantik dan harum khas mancangera menghiasi jalanan Kota Tomohon hingga 10 Km panjangnya.

Selain parade mobil hias, ada pula parade busana dengan tema bunga dari berbagai daerah di Indonesia juga dari negara-negara peserta festival. Festival tahun ini juga semakin meriah dengan hadirnya Pangeran dan Putri Georgia beserta duta besar negara-negara lainnya.

Menikmati Acara Pendukung Lainnya yang Tidak Kalah Menarik

Menikmati Semarak Festival Bunga Tomohon yang Mendunia
Source : okezone
Selain parade bunga dan busana yang menjadi acara utama, terdapat pula acara Tourism, Trade, Investment and Floriculture Expo, serta pagelaran budaya nusantara. Rangkaian kegiatan Festival Bunga Tomohon ini dilaksanakan di Jalan Protokol Kota Tomohon dan Panggung Pameran Stadion Babe Palar Tomohon.
Untuk parade bunga dan parade busana sendiri dilaksanakan pada 8 Agustus 2018 lalu, sedangkan untuk side event juga telah dilaksanakan pada tanggal 7-12 Agustus 2018.

Tidak perlu berkecil hati karena tertinggal event spektakuler ini. Tahun 2019 mendatang, Festival Bunga Tomohon juga kembali digelar, tentunya dengan konsep, tema, dan kegiatan yang lebih seru dan menarik. Agar tidak ketinggalan acara seru ini, sebaiknya pesan tiket pesawat ke Manado jauh-jauh hari. Jangan lupa, pesan juga akomodasi terbaik untuk kenyamanan beristirahat selama liburan. Selamat mencoba!

10 komentar:

  1. Ternyata bunga Krisan yang terkenal itu dan jadi daya tarik di banyak taman2 bunga ternyata flora khas Tomohon. Baru tau nih..

    Wow! Asyik kalo bisa nonton Tomohon International Flower Festival secara langsung.

    BalasHapus
  2. rame rame, banyak objek bagus untuk difoto dipestival itu ya mbak

    BalasHapus
  3. Keren 👍
    Beberapa negara ikut peran serta jadi peserta festival bunga di Tomohon ?
    Wah itu berarti udah kaliber International, kak ...

    Semoga kelak kita-kita kesampaian nonton langsung festivalnya, ya

    BalasHapus
  4. Pernah 15 tahun saya di sana mba. Emg keren bunga2nya

    BalasHapus
  5. Aku lemah banget kalau ngliat festival bungan gini mam, suka banget sm keindahan bunga.

    BalasHapus
  6. Festival ini memang selalu dinanti, tapi kesananya butuh budget banyak kak.. Coba di traktir kesana, hahaha

    BalasHapus
  7. Wahhhh
    Cantik banget desain dan dekorasinyaa


    Pantes terkenal dimana-mana ya mbak

    BalasHapus
  8. pasti seru banget kalo bisa mengikuti gelaran Festival Bunga Tomohon

    BalasHapus
  9. Dari dulu selalu penasaran sama festival Tomohon.

    BalasHapus
  10. Wah keren, sebagai orang manado asli turut bangga ratu tips buat artikel tentang tomohon international flower festival. Upps jadi curhat....

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..