Ini Dia Dampak Negatif Nonton Film Horor untuk Kesehatan Jiwa Anda - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Rabu, 17 Oktober 2018

Ini Dia Dampak Negatif Nonton Film Horor untuk Kesehatan Jiwa Anda

Ini Dia Dampak Negatif Nonton Film Horor untuk Kesehatan Jiwa Anda

Menonton film horor merupakan suatu tantangan tersendiri bagi sebagian orang, mengingat jika Anda menonton film horor, selain bikin bulu kuduk merinding, juga membuat jantung semakin deg-degan dengan suara yang mencekam dan gambar yang menegangkan.

Banyak sekali teman saya yang menyukai film horor, tapi tidak dengan saya. Banyak juga teman-teman yang tidak merasakan dampak negatif dari nonton film horor, sedangkan saya sering bermimpi buruk setelah nonton film horor.

Saya pun tidak tau hal tersebut mengapa terjadi, apakah karena pengaruh alam bawah sadar atau pengaruh sehabis nonton film horor. Dan menurut saya, menonton film horor lebih banyak negatifnya dibandingkan positifnya.

Bahkan, banyak yang terinspirasi melakukan hal jahat setelah menonton film horor. Nah, maka dari itu, untuk Anda pecinta horor bahkan ingin menjadi pecinta film horor, alangkah lebih baik baca dulu dampak negatif nonton film horor untuk kesehatan jiwa, seperti yang diulas dibawah ini.

1. Sering Mengalami Mimpi Buruk dan Sulit Tidur

Saya masih ingat ketika jaman smp dulu, lagi rame-ramenya nonton dunia lain di salah satu stasiun tv swasta. Dan saya pun ikutan nonton film horor pada saat itu.

Pada akhirnya, setelah menonton film horor, saya jadi sulit tidur, bahkan dimana tidur pun pasti saya bermimpi buruk. Setelah saya baca-baca di beberapa artikel, mimpi buruk terjadi karena efek takut dan seram yang terbawa dalam mimpi, sehingga mimpi pun sering terbawa-bawa dan mengganggu kesehatan jiwa kita yang menontonnya.

Selain mimpi buruk, saya pun sering jadi sulit tidur karena kadang terbayang-bayang hantu didalam film. Dan terkadang terasa ada yang mengikuti ketika jalan dan sebagainya. Padahal hal tersebut tidak terjadi, dan yang sebenarnya terjadi adalah efek dari nonton film horor, jadi tidak berani kemana-mana sendirian.

2. Sering Mengalami Ketakutan Berlebihan

Pernah suatu hari saya ingin bercerita pada teman seperjuangan saya, sebut saja Mawar, bahwa wc saya akan segera direnovasi. Karena teman saya Mawar itu penyuka film horor yang apapun dalam hidupnya dikaitkan dalam mistis.

Belum juga saya cerita sepenuhnya mengenai wc, tiba-tiba saja Mawar dengan spontan bilang "Kenapa vik WC lu? Ada hantunya yaa? Atau ada kejadian mistis apa?" Padahal, saya ingin cerita bagaimana memperindah toilet agar terlihat lebih indah. Namun, pandangannya berbeda dan langsung tertuju pada Halu.

Dari situ terlihat bahwa, dengan seringnya nonton film horor, dampak negatifnya adalah ketakutan yang berlebihan dan berpikiran negatif ke arah mistis. Dan tentunya hal tersebut mengganggu kesehatan jiwa dan psikolog orang yang sering nonton film halu.

3. Mudah Terkejut dan Mudah Panik

Sering nonton film horor, selain membuat jantung deg-degan karena adegan horor yang begitu menakutkan, pastinya membuat si penonton mudah takut dan terkejut.

Bahkan, teman saya yang penyuka film horor, yang segala aktivitasnya dikaitkan dengan horor, menjadi mudah panik jika menemukan hal-hal aneh. Contohnya saja dia lupa menaruh remote, lalu dia bilang wah kemana remote saya, jangan-jangan ada yang nyembunyiin "dalam tanda kutip".

Padahal, dia hanya lupa menyimpan remote tv nya saja, namun pikirannya sudah melayang entah kemana.

4. Meniru Adegan Film Horor

Untuk Anda seorang ibu atau seorang ayah bagi anak-anaknya, saya sarankan untuk Anda jangan pernah memperkenalkan film horor untuk anak, apalagi anak tersebut masih dibawah 17 tahun. Karena, selain membuat anak mempunyai pribadi yang penakut, bahkan jika jatuhnya pada anak yang berkebutuhan khusus, bisa saja hal tersebut ditiru.

Seperti yang Anda tahu kemarin di berita mengenai pembunuhan karyawati bank yang ditusuk hingga 28 tusukan, dan sudah ditetapkan tersangkanya. Dan 1 hari sebelum kematian beliau, korban bersama sang anak yang mohon maaf berkebutuhan khusus menonton film The Nun (film horor).

Yang ditakutkan adalah, sang anak menirukan tindakan pada film tersebut, apalagi pada anak yang belum tau apakah hal tersebut benar atau tidak. Karena menonton film horor sedikit banyak dapat merubah perilaku seseorang.

Sebenarnya masih banyak lagi dampak negatif dari menonton film horor, namun yang umumnya sudah saya tuliskan diatas. Semoga bisa membantu Anda yang sedang mendidik anak untuk tidak diperkenalkan pada film horor yang akan mengganggu kesehatan jiwanya.

18 komentar:

  1. saya sering lihat film horor mba..saya sering mimpi buruk yang menyeramkan mba

    BalasHapus
  2. Tapi justru saya senang dengan film horor, yang saat itu di tvri dengan judul firday. Hampir tidak pernah ketinggalan. Mungkin karena memang dasarnya saya suka dengan film horor atau film hantu.

    BalasHapus
  3. Wih banyak dampak nya ya baru tau lho yg terakhir itu, saya suka tapi borangan, nonton jurnal risa aja suka parno kwkwkw tfs busui, siapa ya yg waktu itu saranin friend request? 😂😂

    BalasHapus
  4. Saya udh lama sekali teh nggak lihat film horror. Ingetnya kalo film horor Indonesia, yg jadi kuntilanak bedaknya tebel banget hehehe...

    BalasHapus
  5. Nah, maka dari itu mba aku pribadi gasuka liat film horor dan kalau ada temen ngajak nonton film-film yang berbau horor, hmm NO NO NO..
    Masi banyak genre lain yg ga beresiko wkk

    BalasHapus
  6. Nomor satu sepertinya aku banet ituu. Suka jadi parno gak jelas juga

    BalasHapus
  7. Jujur aja saya termasuk pecinta film horor nih mba. Setia ke bioskop past nontonnya horor, karena menurut saya dengan suasaa studio yang gelap itu sangat mendukung untuk nonton film horor, jadi makin terasa seramnya. Alhamdulillah saya belum ngerasain efek negatif dari kebiasaan nonton film horor, tapi saya pernah kalo mimpi soal hantu gitu. Cerita sedikit ya, saya bingung saya ini lumayan sering mimpiin hantu tapi di setiap mimpi itu entah kenapa saya selalu nantangin hantu tersebut. Saya bingung kenapa hehehe.

    BalasHapus
  8. Kalaus saya malah aneh, gak takut sma hal-hal horor dan gak takut mau ke manapun saat malam. Tapi kalau nonton film horor takut wkwkw. Aneh baget kan wkwkw

    BalasHapus
  9. Dulu seneng film horor, efeknya ya sering takut sendiri liat adegan di film. Sekarang mulai jarang atau mungkin gak pernah lagi nonton film horor. Hehe.. Udah gak mood juga nonton begituan/

    BalasHapus
  10. Film horor memang ada sisi negatifnya, namun herannya masih saja banyak yang suka nonton filmya, padahal bikin ngk kuat ke WC sendirian. :)

    BalasHapus
  11. HAHAHAHA, KEBENERAN
    Emang parah efeknya

    Makanya aku anti, banget, nonton horror

    Tapi setelah bertahun-tahun akhirnya kedapetan dong, nonton Pengabdi Setan, itu juga gara gara terjebak temen -____-

    Walhasil seminggu itu saya ngga berani keluar malam sendirian wkwkwkkw

    BalasHapus
  12. Gua lebih suka film komedi ketimbang horor karena gua lebih suka lelucon dari pada hantu, kecuali hantunya bisa melucu, gua suka juga ckck

    BalasHapus
  13. Kalau saya sih sering mimpi buruk atau jadi ketakutan kalo sendiri mb

    BalasHapus
  14. kalo di rumah efeknya tidak mau sednirina. lihat cermin di kamar mandi jadi takut. kamar gelap teriak. :D

    BalasHapus
  15. terakhir k bioskop nnton The Nun... wkwkwk.. alhasil mau ke wc aja jd parno (pdhl wc d mall)

    BalasHapus
  16. Mami aku ini pecinta film horor loh, aku paling suka horor dr semua genre film. Nonton film sendirian aja aku sering. Puji Tuhan aku ga pernah ngalamin hal2 di atas mami.

    BalasHapus
  17. Dampak paling kerasa setelah nonton film horor ya takut ke WC sih kak wkwkwk
    Sebenarnya kalau cuma horor biasa yang sebar jumpscare doang, kayaknya ga terlalu masalah ya. Yang masalah itu kalo film horornya yang model Thriller.

    Duh, itu kebayangnya bisa sampai berminggu-minggu :(

    BalasHapus
  18. Hahaha,, padahal suka bangat nonton flim horor.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..