Tips Mengamankan Website Anda dari Pencurian Data dan Copy Paste - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Selasa, 02 Oktober 2018

Tips Mengamankan Website Anda dari Pencurian Data dan Copy Paste

Tips Mengamankan Website Anda dari Pencurian Data dan Copy Paste

Dengan semakin maraknya teknologi yang berkembang saat ini, banyak sekali yang beralih profesi menjadi seorang blogger maupun seorang vlogger yang memiliki penghasilan yang tinggi dan tak kalah dengan gaji karyawan sebuah perusahaan.

Dengan pekerjaan baru tersebut, membuat banyak orang semakin ingin mempelajari dunia internet yang mau tidak mau harus dipelajari secara otodidak.

Misalnya saja seorang blogger, pastinya seorang blogger tidak hanya pintar dalam mengolah tulisan saja, akan tetapi seorang blogger pun harus bisa, mampu, dan mengerti bagaimana membuat tampilan websitenya semakin cantik, apik, dan juga aman.

Berbicara mengenai keamanan website seorang blogger, pastinya semua tulisan yang sudah terpublish di internet akan menjadi konsumsi khalayak ramai. Bahkan, banyak juga penulis lain yang tega meng-copy paste hasil karya orang lain, sehingga tulisan seorang blogger pun di-hack secara keseluruhan yang menyebabkan si empunya website merasa dirugikan.

Hal tersebut banyak terjadi, termasuk terjadi pada teman saya yang benar-benar di hack situs blognya, padahal SEO nya sudah bagus, dan penghasilan adsense-nya sudah besar.

Dengan adanya kejadian tersebut, bagaimana sih tips mengamankan website Anda dari pencurian data dan copy paste artikel yang susah payah Anda buat? Berikut tips yang cukup ampuh agar website Anda terhindar dari hacker dan orang yang tidak bertanggung jawab, sebagai berikut ini :

1. Menggunakan SSL Agar Website Anda Aman dari Copy Paste

Mungkin banyak orang yang bertanya, apa sih yang dimaksud dengan SSL? Dan apa fungsinya? SSL adalah sebuah protokol keamanan yang digunakan hampir di seluruh transaksi internet. Biasanya, SSL ini digunakan untuk transaksi yang memiliki sensitifitas yang tinggi, seperti penggunaan Internet Banking, Paypal, yang rawan di hacker.

Selain itu juga, SSL yang memiliki singkatan dari Secure Socket Layer ini memilki keamanan untuk melindungi seluruh transaksi, dengan teknologi enkripsi data yang canggih.

Dengan adanya SSL ini, website Anda aman dari pencurian data, baik data artikel di blog Anda, maupun data-data penting lainnya, seperti login password, html code, dan sebagainya.

Dengan menginstall SSL murah di http://www.hostinger.co.id/beli-ssl, akan ada perubahan pada tampilan di kolom alamat situs, yakni adanya gembok hijau di kolom alamat situs Anda yang menandakan webs

ite Anda sudah aman dan sudah menggunakan SSL untuk menghindari copy paste data.

2. Menggunakan HTTPS agar Data Terenkripsi dengan Canggih

Sebenarnya, http maupun https memiliki pengertian yang sama, namun bedanya adalah https memiliki secure alias keamanan yang lebih tinggi. Artinya adalah S yang ada di HTTPS tersebut menandakan bahwa adanya secure/keamanan pada website Anda.

Dengan demikian, HTTPS memiliki koneksi yang aman dengan adanya SSL, sedangkan HTTP tidak ada enkripsi alias tanpa SSL. Dengan adanya HTTPS, ia akan mengenkripsi perjalanan data diantara server dan klien, sehingga meminimalisir adanya pencurian data dan copy paste data.

SSL ini sangat berfungsi mengamankan data tidak hanya untuk seorang blogger saja, namun semua website dengan berbagai pekerjaan dan fungsi yang beragam, seperti toko online, dan facebook pun menggunakan HTTPS yang artinya ia menggunakan alias menginstall SSL untuk keamanan datanya. Jika ingin mengetahui situs tersebut menggunakan SSL atau tidak, cukup Anda ketik situs tersebut, lalu copy paste atau lihat saja, apakah yang muncul http atau https. Lihatlah contoh situs facebook berikut ini yang sudah menggunakan SSL (menggunakan secure https).

Tips Mengamankan Website Anda dari Pencurian Data dan Copy Paste

Tips Mengamankan Website Anda dari Pencurian Data dan Copy Paste


Dengan menggunakan SSL, selain website terhindar dari pencurian data atau cyber crime, menggunakan SSL pun menaikan peringkat SEO. Dengan demikian, dengan naiknya SEO suatu website, maka pengunjung harian pun akan semakin bertambah dan memberikan efek pada penghasilan adsense yang semakin besar. Sekali berinvestasi menggunakan SSL, keuntungannya seumur hidup, karena data Anda akan terjamin keamanannya! Semoga bermanfaat ya!

4 komentar:

  1. Yg namanya pencuri dimana-mana ada ya,
    termasuk pencuri artikel. Jadi bloggerpun harus terus upgrade tehnologi jg ya biar ga bisa kebobol maling.

    BalasHapus
  2. Sejak 2015 hingga sekarang walaupun jarang ngeblog dan artikel pun baru 50-an.
    Tapi ketika aku masukin alamat url di pencarian google, ada banyak blog/website yg bikin artikel dr blog saya mbak.. ada yg dr jurnal, kompasiana (writer member) dan blog2 lain. Walaupun ngenyantumin alamat sumber alias blog saya, tapi link nya mati.. sedih mbak hihi..


    Btw makasih infonya mbak, ini akan sangat membantu, juga menyindir mereka2 yg malas bikin artikel supaya jadi content writer yang mandiri..

    BalasHapus
  3. Untung udah pindah https walau pv sempat jeblog heheh

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..