Bunda, Ini Dia Buah dan Sayuran Murah yang Ampuh Meningkatkan Produksi Asi - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Kamis, 29 November 2018

Bunda, Ini Dia Buah dan Sayuran Murah yang Ampuh Meningkatkan Produksi Asi

Ini Dia Buah dan Sayuran Murah yang Ampuh Meningkatkan Produksi Asi

Banyak ibu muda yang baru melahirkan mengalami kendala dalam menyusui bayinya. Salah satunya adalah produksi asi yang sangat menurun bahkan asi tidak keluar. Sebenarnya, dengan menyusui bayi secara terus-menerus, otomatis akan meningkatkan produksi asi.

Namun, hal tersebut nyatanya tidak akan berpengaruh jika kita tidak tahu apa saja buah dan sayuran yang dapat menunjang produksi asi agar terus meningkat. Saya awalnya tidak percaya bahwa apa yang saya makan akan berpengaruh pada produksi asi.

Dan nyatanya, apapun yang dikonsumsi oleh ibu akan berpengaruh pada produksi asi. Contohnya saja, saya pernah dalam satu hari tidak terlalu banyak mengkonsumsi air yang seharusnya dikonsumsi minimal 2 liter setiap harinya dan juga tidak mengkonsumsi buah dan sayuran. Lalu, karena saya sangat sedikit minum dan makan karena awalnya berniat ingin diet, ujung-ujungnya asi saya jadi sedikit yang menyebabkan bayi rewel dan sering menangis karena belum kenyang dan asi saya sedikit.

Darisitu saya belajar, bahwa memang benar ada buah dan sayuran yang ampuh meningkatkan produksi asi ibu menyusui, walaupun pada kenyataanya terkadang asi booster setiap ibu menyusui tentunya berbeda.

Seperti teman saya yang merasa, setelah dia meminum susu coklat, asinya sangat lancar tanpa perlu dibantu oleh susu formula. Setelah berbulan-bulan mengalami hal ini, saya bisa menyimpulkan beberapa buah dan sayuran yang ampuh meningkatkan produksi asi sbb :

1. Buah Pepaya

Buah pepaya, selain harganya sangat murah, juga rasanya sangat enak. Biasanya, saya mengkonsumsi pepaya ini ditambah dengan perasan jeruk nipis sehingga rasanya manis juga asem dan rasanya semakin enak.

Pepaya ampuh untuk melancarkan metabolisme tubuh dan melancarkan pencernaan busui. Sehingga biasanya bayi akan terhindar dari konstipasi alias sembelit. Biasanya, jika bayi saya sudah beberapa hari tidak BAB, saya langsung makan pepaya dengan jumlah yang banyak dan melakukan pijat di area perut.

Baca Juga : Normalkah Bayi Tidak BAB Hingga Seminggu Lamanya?

Setelah itu, beberapa saat kemudian, bayi akan BAB. Pepaya pun tidak hanya berfungsi untuk melancarkan bab pada bayi, akan tetapi pepaya selain harganya murah, sangat berpengaruh pada lancarnya asi kita.

Saya sangat merasakan perbedaanya ketika saya makan pepaya dengan tidak makan pepaya. Ketika makan pepaya, payudara terasa terisi asi penuh dan bayi pun anteng dan tidak rewel. Bahkan, saking banyaknya biasanya saya pun pumping asi untuk persediaan baby C.

Orangtua dulu bilang, daun pepaya pun sangat ampuh untuk melancarkan produksi asi seperti daun katuk. Biasaya orang tua jaman dulu merebus daun pepaya sebagai lalapan dengan sambal. Namun, karena saya kurang suka dengan rasanya yang pait, saya lebih prefer ke buah pepayanya saja untuk meningkatkan produksi asi.

2. Sayur Bayam

Sayur bayam merupakan sayur yang kaya akan manfaat. Banyak sekali ibu menyusui yang menjadikan sayur bayam sebagai asi booster setiap harinya. Saya pun merasakan hal yang sama ketika sering  makan sayur bayam. Dengan sering memakan bayam, asi terasa lebih kental dan juga meningkat produksinya.

Terbukti jika saya makan sayur bayam, biasanya bayi mudah kenyang karena asinya banyak dan tidak pernah rewel karena kebutuhan menyusuinya tercukupi. Dan itu sangat memudahkan ibu menyusui dalam merawat bayinya. Bayi sehat, ibu nya pun sehat.

Selain itu, bayam memiliki kandungan kalsium, vitamin A dan C yang sangat banyak, sehingga kebutuhan gizi bayi selalu terpenuhi dan berat badan bayi pun cenderung naik setiap bulannya.

Bayam selain memiliki kandungan kalsium dan vitamin yang banyak, harganya pun murah. Anda bisa memasaknya dengan campuran jagung agar rasanya lebih enak. Bayam terbukti sangat bermanfaat untuk  pemeliharaan mata dan kulit bayi, sehingga mata bayi cenderung terlihat segar dan sehat, kulitnya pun bersih sempurna.

Vitamin C pada bayam pun terbukti ampuh mencegah bayi terkena infeksi. Dan bayam pun memiliki kandungan zat besi yang tinggi untuk bayi, sehingga bayi akan selalu sehat dan asinya tercukupi. Sehingga hal tersebut akan membuat mood bayi semakin baik setiap harinya, jauh dari kata rewel dan menangis, karena kebutuhan asi nya terpenuhi.

Sebenarnya, banyak sekali buah dan sayuran murah yang ampuh meningkatkan produksi asi selain buah dan sayuran yang saya tulis diatas, seperti daun katuk, daun pepaya, aprikot, wortel dsb. Namun, yang sangat berpengaruh pada produksi asi dan harganya murah dan semua orang suka memakannya, yakni bayam dan juga pepaya.

Semoga bermanfaat ya bagi Anda yang sedang menyusui bayinya. Yuk tingkatkan produksi asi agar bayi Anda selalu bahagia dan juga sehat!

Artikel Terkait :

2 komentar:

  1. mama sha sering nyediain pepaya di rumah, dulu malah punya pohonnya. Pepaya mah murah meriah kaya manfaat ya teh :)

    Kalo bayam kadang meski di sayur bumbunya tetep hambar, kaya ke serep gitu wkwk

    BalasHapus
  2. Dulu waktu kecil pernah teh nanam pohon pepaya sampai bosan makannya,.. tapi baru tau skrg ternyata makan buah ini bisa miningkatkan asi..jadi opsinya semakin banyak

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..