Hamil Atau Hanya Premenstruasi? Kenali Gejala Awal Kehamilan - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Rabu, 07 November 2018

Hamil Atau Hanya Premenstruasi? Kenali Gejala Awal Kehamilan

Hamil Atau Hanya Premenstruasi? Kenali Gejala Awal Kehamilan

Memiliki buah hati merupakan moment yang sangat dtunggu-tunggu oleh hampir semua perempuan  di seluruh dunia. Adanya gejala awal kehamilan (preganancy symptoms) menunjukkan bahwa impian yang lama dinantikan tersebut akan menjadi nyata.

Bagi pasangan muda, gejala awal kehamilan cukup membingungkan karena tidak jauh berbeda dengan gejala-gejala premenstruasi (premenstruasi syndrome). Kurangnya pengetahuan tentang hal ini dapat menyebabkan terjadinya beberapa kasus keguguran (miscarriage).

Di satu sisi, bagi pasangan yang sangat mengharapkan kehadiran buah hati, kemiripan gejala antara awal kehamilan dan menstruasi justru membuat stress karena terkadang seorang perempuan merasa dirinya hamil tetapi hasil test pack tidak mendukung (negative).

Hampir Sama Dengan Tanda Premenstruasi

Gejala awal kehamilan dan premenstruasi memang hampir sama seperti nyeri payudara, perdarahan, dan kram perut. Gejala premenstruasi umumnya terjadi satu minggu sebelum mestruasi terjadi, sedangkan gejala awal kehamilan berlangsung lebih lama. Berikut adalah tanda-tanda spesifik awal kehamilan yang umumnya dialami oleh calon bunda meskipun beberapa diantaranya mengalami pengalaman yang berbeda.

1. Telat Menstruasi

Telat menstruasi adalah tanda paling umum yang menandakan Anda telah hamil. Namun, kadang kala untuk wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur, telat menstruasi menjadi sedikit membuat Anda bimbang. Cara terbaik adalah, segera lakukan tes kehamilan.Semakin cepat Anda mengetahui Anda hamil, maka semakin cepat pula Anda mendapatkan perawatan yang tepat.

2. Nyeri Payudara

Payudara akan terasa lebih lembut atau nyeri ketika disentuh dan menjadi semakin sensitif. Hal ini dikarenakan terjadinya peningkatan jumlah progesteron dalam darah. Nyeri payudara akibat gejala premenstruasi umumnya terpusat pada jaringan payudara pada sisi luar, sedangkan pada gejala kehamilan lebih sensitif di area putting dan areola semakin menghitam.

3. Perdarahan

Terjadi perdarahan ringan (bercak) yang disebut sebagai tanda Hartman. Gejala ini biasanya terjadi pada hari ke 10-14 dari masa subur atau ovulasi. Hal ini menunjukkan telah terjadi implantasi (penempelan) embrio ke dinding rahim atau uterus.

4. Kram Perut

Kram perut biasa terjadi di perut bagian bawah atau punggung belakang. Kram ini dapat berlangsung lama bahkan sampai mendekati trimester kedua.

5. Sembelit

Perubahan hormone yang saat ini sedang terjadi dalam tubuh Anda dapat memperlambat kerja sistem pencernaan. Hal inilah yang kemudian menyebabkan Anda susah buang air besar dan jadwal BAB Anda menjadi kacau.

6. Mual

Gejala ini biasa disebut sebagai morning sickness dan umumnya terjadi di awal trimester pertama. Meskipun disebut morning sickness tetapi gejala ini tidak selalu muncul di pagi hari. Pengalaman mual ini sangat bervariatif antara satu perempuan dengan perempuan lainnya,. Ada yang mengalaminya hanya di pagi hari, di malam  hari, atau bahkan sepanjang hari.

Konsultasikan Secara Medis Untuk Memastikan Kehamilan Anda

Gejala awal kehamilan diatas umumnya dirasakan oleh sebagian besar perempuan, meskipun beberapa diantaranya tidak menyadari atau justru tidak mengalaminya. Satu hal yang dapat memastikan anda hamil atau tidak adalah melakukan konsultasi medis dengan dokter kandungan.

Petugas medis akan melakukan serangkaian pemeriksaan seperti tes urine, sample darah, dan pemeriksaan dengan meggunakan alat ultrasonografi atau yang biasa disebut USG. Pemeriksaan yang telah dilakukan tadi akan memberikan informasi kepada sang bunda apakah dirinya sedang mengandung atau tidak, usia kehamilan yang sedang dijalani, dan normal tidaknya kondisi janin yang dikandung oleh bunda.

2 komentar:

  1. Wahh thank you buat sharingnya ya mami, sbg calon penganten harus rajin2 baca kaya gini nih hihi

    BalasHapus
  2. Trus Adegan Suka makan rujaknya, kapan terjadinya mbak...? jd penasaran hihihi... :)

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..