Tips dan Resep Membuat Ceker Kuah Mercon Pedas yang Enak dan Sederhana - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Selasa, 27 November 2018

Tips dan Resep Membuat Ceker Kuah Mercon Pedas yang Enak dan Sederhana

Tips dan Resep Membuat Ceker Kuah Mercon Pedas yang Enak dan Sederhana

Membuat sajian ceker dirumah memang sangat jarang diminati oleh ibu-ibu dirumah, karena selain membuatnya sulit, biasanya Ibu-ibu di rumah sudah malas duluan untuk membersihkan ceker dan harus memotongi kukunya yang cukup memakan waktu yang lama dan juga melelahkan.

Saya awalnya menyukai ceker karena seringnya mencoba makan seblak ceker yang rasanya sangat enak. Bahkan satu minggu yang lalu saya menemukan ceker mercon di Bogor yang rasanya sangat enak, pedas dan harganya cukup murah, hanya 10 ribu saja (berisi 5 potong ceker).

Tips dan Resep Membuat Ceker Kuah Mercon Pedas yang Enak dan Sederhana

Berhubung saya pengen mencoba memasak ceker mercon pedas yang enak dan sederhana, akhirnya saya mencoba membuat ceker kuah mercon pedas yang enak dan sederhana ini. Dengan bahan-bahan yang seadanya, alhamdulilah sajian ceker kuah mercon pedas pun bisa saya santap dan jadi 10 porsi lho! Penasaran ingin mengetahui bahan dan cara membuatnya? Yuk tongkrongin terus artikel ini sampai selesai ya!

Bahan-Bahan

1 kg ceker yang bersih

Bumbu Halus

3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
5 buah cabe merah besar
15 sd 20 buah cabe rawit merah/orange
1/2 buah tomat merah

Bumbu Tambahan

3 buah daun salam
1 sereh
1/2 buah jeruk nipis
potongan daun bawang secukupnya

Cara Membuat

1. Bersihkan 1 kg ceker yang sudah dipotongi kuku dan dikupas kulitnya. Cara mudah memotong kuku ceker dengan cepat adalah dengan menggunakan gunting yang bersih. Awali dengan memotong jari ceker paling panjang, kemudian jari ceker yang agak panjang sekaligus 2 jari, lalu memotong kuku ceker paling pendek. 1 kg ceker biasanya berisi 40 sd 45 buah ceker.

2. Setelah dipotong bersih, cuci bersih hingga airnya benar-benar bersih dan tidak bau amis. Siapkan daun salam, sereh, dan setengah potng jeruk nipis. Lalu masukan semuanya kedalam presto dan tambahkan air hingga ceker terendam air. Tambahkan garam sedikit. Presto sampai 10 sd 15 menit. Matikan,

3. Siapkan ulekan, masukan garam dan gula sedikit, lalu rebus terlebih dahulu cabe-cabeannya. Hal ini dilakukan agar cabe mudah untuk digerus. Lalu, masukan cabe yang sudah direbus, tomat, bawang merah dan bawang putih. Uleg hingga sedikit halus.

4. Siapkan wajan bersih, masukan minyak hingga panas. Lalu masukan bumbu yang telah diuleg bersama dengan salam. Tunggu hingga wangi, lalu masukan 1 gelas air atau sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda ingin ceker berkuah, bisa ditambahkan atau dikurangi.

5. Setelah dimasukan air hingga mendidih, lanjut masukan ceker yang sudah empuk (air rebusannya wajib dibuang). Lalu test rasa, masukan bawang daun dan matikan kompor. Ceker kuah mercon pedas yang enak dan sederhana pun sudah selesai dibuat dan bisa dimakan untuk 5 orang!

Bagaimana cara membuat ceker kuah mercon pedas yang enak dan sederhana? Cukup mudah, bukan, Jika cara membuatnya mudah, Anda bisa dipraktekan dirumah untuk orang tersayang. Semoga bermanfaat ya!

Artikel Terkait :

4 komentar:

  1. jd ngacay uy... ka emutan pernah makan ceker midun yg cabang dipati ukur wkwkkw

    BalasHapus
  2. duhhh ngileer. jagoo masaakk nihhh mamita hihi

    BalasHapus
  3. sha mah gatau kenapa, gak di kasih suka sama ceker teh. Udah berulang kali nyoba tetep ga bisa makannya! hahaha suka kabitaa liat orang2 makan ceker kaya yang nikmat banget

    BalasHapus
  4. Liat ini keingetan ada ceker di freezer, tapi klo cabenya banyak gakuat beb hahha

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..