Lebih Menguntungkan Mana? Menjadi Youtuber atau Menjadi Seorang Blogger? - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Jumat, 28 Desember 2018

Lebih Menguntungkan Mana? Menjadi Youtuber atau Menjadi Seorang Blogger?

Lebih Menguntungkan Mana? Menjadi Youtuber atau Menjadi Seorang Blogger?

Jika berbicara mengenai pekerjaan menjadi youtuber dan juga menjadi blogger tentunya keduanya sangat mengasyikan. Terlebih lagi jika Anda menyukai keduanya, tentunya akan sangat menguntungkan. Selain mendapatkan popularitas dalam berkarya membuat konten menarik atau artikel, biasanya blogger atau youtuber pun bisa mendapatkan keuntungan dari hanya membuat video atau artikel.

Sebenarnya, jika diteliti lagi lebih dalam lagi, keduanya tentunya menguntungkan. Namun, jika ditanya lebih menguntungkan mana, pastinya kembali lagi pada Anda sendiri. Mana diantara keduanya yang lebih Anda sukai.

Terkadang, rumput tetangga lebih hijau daripada rumput sendiri. Blogger melihat youtuber dengan sejuta konten menarik tentunya akan lebih banyak viewers dan tentunya jumlah klik akan semakin banyak dan juga semakin banyak pula uang yang didapat. Begitupula dengan youtuber yang melirik blogger cuma bikin artikel aja ga perlu repot2 editing video sudah banyak dapat duit hanya dengan menulis saja.

Sebenarnya, keduanya pun menguntungkan. Namun, menguntungkan tidaknya kembali lagi kepada passion Anda. Manakah diantara keduanya yang paling Anda sukai. Karena segala sesuatu yang dipaksakan akan berakhir stuck atau terhenti ditengah jalan.

Seperti contohnya Anda seorang blogger mendapati keuntungan menulis yang tidak seberapa, kemudian Anda melirik peluang menjadi youtuber. Namun bikin video aja sudah tidak minat, editing video saja belum dapat ilmunya. Lalu dengan tergesa-gesa membuat konten, namun Anda tidak menyukai passion tersebut. Pada akhirnya youtuber tidak jalan, blogger pun tidak jalan.

Intinya adalah, apa yang Anda sukai, maka akan menemukan jalan menuju kesuksesan. Jika Anda lebih menyukai menulis, mengedit template, berkutat dengan html, alangkah lebih baik perdalam apa yang Anda sukai, yakni menjadi seorang blogger. Bukan berarti Anda senang menulis, namun karena tahu penghasilan menjadi youtuber lebih besar, Anda memaksakan diri membuat konten atau video dengan hati yang setengah-setengah. Pada akhirnya Anda bingung sendiri, pusing sendiri, stress sendiri memikirkan hal tersebut.

Biarkan semuanya let it flow sesuai dengan keinginan hati Anda. Lakukan apa yang Anda sukai. Karena nantinya kedua pekerjaan tersebut akan menemukan jalannya sendiri.

Kembali lagi, apa passion Anda. Kenali passion Anda lebih dalam. Jika Anda lebih gemar mengaca di depan cermin, gemar rame-rame di depan kamera, senang edit-edit video. Maka tekuni apa yang Anda sukai, yakni jadilah seorang youtuber.

Memang, kedua pekerjaan tersebut saat ini sangat menjanjikan. Dan keduanya pun mempunyai kekurangan dan kelebihan sendiri. Seperti jika Anda menjadi seorang youtuber, wajah Anda harus selalu oke, penampilan juga oke, bahkan waktu pun banyak terbuang karena harus selalu ON didepan kamera dengan berbagai perangkat lain yang mendukung dalam pembuatan konten video.

Sedangkan menjadi seorang blogger, Anda cukup duduk manis didepan laptop, mau seberantakan apapun muka Anda, tidak akan terlihat. Mau cuma pake kolor saja sambil menulis pun tetap akan bisa jadi artikel, karena blogger tak perlu wajah cantik atau manis dalam menulis artikel. Cukup otak yang cerdas dengan wawasan yang tinggi dan kelihaian dalam menulis artikel bisa menjadi seorang blogger.

Kembali lagi, semuanya tergantung dengan kesukaan Anda dan juga waktu yang diperlukan. Jika menjadi seorang blogger 1 tulisan saja bisa dikerjakan hanya dalam waktu 1 hingga 2 jam saja. Namun menjadi seorang youtuber layaknya menjadi seorang pekerja. Butuh waktu yang cukup full time untuk mendapatkan konten yang menarik. Bahkan bisa menghabiskan waktu semalaman untuk editing video yang tidak mudah. Namun, semuanya akan terbayar dengan apa yang Anda akan dapatkan kelak.

Jadi, manakah yang akan Anda pilih? Menjadi blogger atau menjadi seorang youtuber?

23 komentar:

  1. Jujur lebih seneng jadi blogger karena rempong cin bikin video anak lari2 tapi 2019 karena tuntutan brand ceileh, ekeu harus pede bikin video juga beb, semangattt

    BalasHapus
  2. Whoaaaaa ..., sedih rasanya kalau ingat channel youtubeku, kak.
    Baru saja kurintis, belum ada 2 bulan subcriberku sudah 1300 ..., mendadak channelku ngga bisa subcribe balik permintaan banyak orang.
    Aplikasi sampai kuinstall ulang tetap saja ngga bisa untuk subcribe balik.
    Entah kenapa bisa begitu.

    Sekarang sudah hampir 3 minggu channelku kubiarin tanpa kukunjungi lagi saking kesalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo kak, tetap semangat buat ngevlog..

      Hapus
    2. Semangat ngevlognya masih kendur kayak tali jemuran kena hujan terus terusan, kak Qudsi :(

      Kesel soalnya kenapa bisa begitu, kak.

      Hapus
  3. untungkan Mana? Youtuber atau Blogger?

    Kalau pertanyaan ini di tujukan ke saya ya...Blogger dong....Teh.

    semua kembali ke realitas yang ada.

    BalasHapus
  4. kalau saya dua-duanya bu meski ya sama keduanya nggak berhasil wk wwk

    BalasHapus
  5. Merasa tersentuh sayanya, menggeluti blogger memang mengasyikkan, tapi begitu melihat temen2 sukses jadi youtuber, saya pengen ikutan jadi youtuber juga. Tapi karena ilmunya blm ada jadinya betul seperti yang teh Vika bilang, nge-youtube-nya jadi setengah-setengah, hehe..

    BalasHapus
  6. "Intinya adalah, apa yang Anda sukai, maka akan menemukan jalan menuju kesuksesan."

    Ini Meong setujuuuu!

    Meong pilih jadi blogger aja lah. Kalo jadi Yucuber nanti takutnya fans Meong makin banyak. WAKAKAKAAKAKAKA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuuuakakaakakakakaa ...
      Takut jari jemarinya pegal linu lalu keriting gegara ..., sibuk melayani permintaan para tanda tangan fans yuaaaaaa ...

      Hapus
  7. Sebelum kenal blog, sebenarnya saya ini hobi banget ngedit video loh. Terutama video-video liburan ke kampung. Karena tempo hari saya punya handycam. Tapi sayang sekarang sudah rusak.

    Semenjak kenal blog, saya gak sempat ngedit-ngedit video, apalagi saya juga kerja, makin terlupakan aje deh. Jadi saya masih nyaman nulis di blog dulu deh. Kalo youtube sambil berjalan aja hehehe

    BalasHapus
  8. jadi blogger aja dulu kalo aku kak
    blom pede ngomong depan kamera :D

    BalasHapus
  9. mantap mbak, terkandung motivasi di setiap tulisannya, bener banget kalo dibandingin gak bakal ada akhir, daripada liat rumput tetangga, mendingan ikuti fassion sendiri.

    BalasHapus
  10. Cantiknya sih "passion" dua-duanya ya mbak, biar bisa saling support... Saya pribadi sih nge-blogger aja...;)

    BalasHapus
  11. Aku kayaknya fokus di blogger aja wkwkkwkw

    Walaupun denger denger jadi youtuber lebih banyak dolarnya, tapi kalau nggak enjoy ngelakuinnya buat apa ya kan wkwkkw

    BalasHapus
  12. Belum tau sih soalnya selama ini untungnya belum kelihatan hihi

    BalasHapus
  13. dua2 nya menguntungkan.. tapi aku lebih pilih blogger. gak jago editing video soalnya. trus jd youtuber juga lebih ribet kan, peralatan tempur nya lebih banyak. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi perlu waktu dan kerja keras juga kak,,,,kalo saya mau jadi youtuber teh males uploadnya kalau videonya berukuran besar hhhe

      Hapus
  14. aku masih pengen jadi blogger. Nanti klo aku jadi youtuber boleh colabs kan mba> :D

    BalasHapus
  15. Saya sih pilih blogger, terbukti bertahun-tahun belum bosan ngoceh di blog. Walaupun tanpa penghasilan, hehehe. Lagipula belum pede di depan kamera, konten youtube buat dokumentasi pekerjaan saja termasuk untuk mendukung blog juga.
    Tapi, memang sih, rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau dan membuat kita semakin stress kalau tidak sadar potensi diri, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf nimbrung di komentarnya kak Qudsi karena ... teringat aku ngevlog review kiriman Pokak dari kak Qudsi di youtube.

      Gegara itu, videoku dikomentari oleh kang Nata, katanya aku mirip pedagang obat lagi nawarin dagangannya ...
      Oh My God ...
      Wuuuakakakkaakaka :D !!!

      Pengin kujitak deh kang Nata itu .. hahahahaha

      Hapus
    2. kata2 tanpa penghasilan sangat mengiris hati :(

      Hapus
  16. Kepikiran juga pengen bikin channel sendiri. tapi sadar blog aja gak maksimal apalagi harus nambah kerjaan dengan jadi yutuber

    BalasHapus
  17. mwahahaha... aq pilih jd blogger aja yak... bisa ngetik di mana aja, abis bangun tidur pun ok hahaha. klo jadi vlogger keknya aq kudu dandan dulu n nyiapin printilan kamera & lighting ala2 hehe.. btw happy new year 2019 mommy

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..