Manakah Investasi yang Menguntungkan Saat ini? Investasi Perumahan atau Kos-Kosan? - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Selasa, 04 Desember 2018

Manakah Investasi yang Menguntungkan Saat ini? Investasi Perumahan atau Kos-Kosan?

Manakah Investasi yang Menguntungkan Saat ini? Investasi Perumahan atau Kos-Kosan?

Banyak orang yang berlomba-lomba berinvestasi untuk masa depannya, mulai dari investasi emas, investasi bitcoin, dan masih banyak lagi tipe investasi yang sedang ramai saat ini. Namun, kita pun harus tetap menilik, manakah investasi yang benar-benar aman dan menguntungkan untuk masa depan kita dan harga tiap tahunnya cenderung naik.

Investasi emas misalnya, kita akan mendapatkan keuntungan jika harga emas naik tiap tahunnya. Namun jika emas sedang turun, maka Anda akan rugi. Namun, berbeda dengan investasi perumahan atau kos-kosan yang mana setiap tahunnya mengalami kenaikan. Akan tetapi, tidak semua investasi tersebut menguntungkan, karena semuanya kembali pada letak investasi tersebut, apakah strategis atau tidak.

Banyak orang yang bertanya, sebenarnya investasi apa sih yang paling menguntungkan diantara dua pilihan berikut ini, apakah investasi rumah atau investasi kos-kosan alias petakan?

Sebenarnya, jika Anda memiliki uang lebih, sah-sah saja jika uang tersebut Anda gunakan untuk investasi perumahan maupun kos-kosan. Yang membedakan adalah, kita harus bisa membaca wilayah dan letak rumah atau kontrakan tersebut. Bagaimana akses jalannya, apakah dekat dengan pusat kota, dekat dengan kampus, atau dekat dengan tempat wisata. Karena semua sangat berpengaruh pada nilai jual rumah atau kontrakan tersebut.

Jika dibandingkan manakah investasi yang lebih menguntungkan antara keduanya, sepertinya yang lebih menguntungkan saat ini adalah investasi kos-kosan. Mengapa demikian? Alasannya sangat sederhana, yakni dari segi harga. Setiap orang pastinya menginginkan tempat tinggal dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang yang mahal. Kosan yang cenderung memiliki luasan yang lebih kecil, tentu memiliki harga sewa yang lebih murah tiap bulannya sehingga orang yang menginginkan untuk tinggal di kosan pun akan banyak.

Kemudian, kosan bisa ditempati oleh anak kuliahan hingga yang sudah menikah. Sedangkan rumah biasanya memiliki harga yang tinggi dan cenderung pembayarannya harus setiap tahun, sehingga orang biasanya tidak mempunyai budget besar untuk melakukan pembayaran selama 1 tahun.

Untuk rumah pun biasanya akan ditempati oleh orang yang sudah menikah, sedangkan anak kuliahan biasanya tidak mau menyewa rumah sehingga segment pasarnya jauh lebih banyak kosan ketimbang rumah. Untuk rumah yang lokasinya jauh dari jalanan, atau bisa dibilang perumahan yang terlalu dalam akan sulit untuk dijual kembali. 

Mengapa demikian? Karena selain tidak strategis, biasanya rumah yang terlalu dalam akan sulit untuk orang survey dan orang akan malas karena terlalu jauh dan lebih memilih kosan walau jalannya sangat kecil namun dekat ke jalan raya.

Jadi, jika Anda pebisnis investasi properti, manakah yang akan Anda bangun dan pilih? Investasi rumah atau kosan? Semoga bermanfaat ya!

6 komentar:

  1. tetep aja teh, kontrakan dan kos2an juga harus di rawat agar harganya naik. Dan perawatan rumah tuh gak murah, belom kalo bocor, rusak, ini itu. Belum lagi kalo yg ngekos kabur malem2 gak bayar hahaha

    semua ada plus minus nya :)

    BalasHapus
  2. Saya pribadi sih, kayaknya lebih ke kost-kostan. Apalagi kalau daerahnya deket-deket kampus. Beuh, pasti penuh deh. yakin :D

    BalasHapus
  3. Kalo punya tanah dekat kampus, menurut saya bikin kos2an merupakan solusi terbaik, ...dan di dpnnya bikin warung makan

    BalasHapus
  4. Kosan kyanya deh mba lebih wow krna selalu ngalir wkwk, kalau perumahan harus nunggu beberapa lama baru terasa uangny kcuali dijdikan kontrakan hehe

    BalasHapus
  5. Kalau aku pilih inves kosan mami, maklum anak kos hihihi, aku pgn bgt punya byk kosan besok hahaha

    BalasHapus
  6. Pengen banget bisa invest kos-kosan, kalo dihitung2 bener juga mbak banyak untungnya dari nyewain rumah, buktinya banyak rumah yang disulap jadi kos-kosan

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..