Tips dan Cara Menghindari Petir Menyambar Tubuh Ketika Hujan Tiba - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Jumat, 07 Desember 2018

Tips dan Cara Menghindari Petir Menyambar Tubuh Ketika Hujan Tiba

Tips dan Cara Menghindari Petir Menyambar Tubuh Ketika Hujan Tiba

Di bulan Desember ini, saya mendapati curah hujan di kota hujan ini sangat tinggi. Bahkan, hampir setiap hari hujan mengguyur kota Bogor ini. Belum genap 4 bulan saya tinggal di Bogor, memang di Bogor hujannya bisa dibilang sering dan cukup besar, terlihat dari hujan disertai angin kencang hingga pepohonan pun bergoyang, bahkan petir yang sering terjadi disini.

Akibat petir yang sering terjadi, sering sekali rumah saya terjadi konsleting listrik karena petir ini. Lampu sering berkedap kedip hingga mati lampu merupakan pengalaman baru selama saya tinggal di Bogor. Terkadang, saya pun kasian pada bayi yang sering kaget karena petir yang teramat keras suaranya dan menakutkan.

Maka dari itu, perlu pelajaran lebih untuk dapat menghindari sambaran petir ketika hujan tiba, karena hari ini pun di berita, Bogor mengalami hujan besar sehingga menelan korban jiwa karena tersambar petir. Yuk Bunda kita pelajari bagaimana cara menghindari tersambar petir ketika hujan tiba!

1. Berdiam diri di Rumah dan Dekati Bayi Anda

Ketika hujan tiba, disertai dengan suara petir yang menyambar keras, pastinya kita sebagai orang dewasa pun kaget dibuatnya. Apalagi bayi yang masih kecil, butuh perlindungan khusus dari Bunda.

Cara aman agar bayi tidak kaget dan menangis ketika petir menyambar adalah dekati bahkan kalau bisa gendong dan peluk bayi sambil tutupi telinganya menggunakan tangan Anda. Hal ini mencegah bayi agar tidak kaget mendengar suara petir yang menggelegar dan ia merasa aman dan nyaman berada di dekat Ibunya.

Jika Anda sedang diluar pun, lebih baik ketika hujan tiba, segera masuk kedalam rumah atau mobil atau gedung, karena biasanya petir akan menyambar seseorang yang berada di lapangan luas, seperti sawah, perkebunan dsb. Maka dari itu, banyak sekali kejadian petani yang sedang disawah meninggal tersambar petir, karena energi yang sangat tinggi pada petir biasanya akan dilepaskan di area luas seperti sawah.

2. Berjongkok Serendah Mungkin dan Hindari Berlindung Dibawah Pohon

Jika Anda sedang diluar ruangan, jangan sekal-kali berlindung dibawah pohon yang tinggi, karena biasanya pohon tinggi merupakan sasaran empuk petir untuk melepaskan energinya. Selain itu, jika Anda berlindung dibawah pohon, siapa sangka pohon tersebut akan kuat bahkan bisa saja jatuh dan menimpa tubuh Anda.

Untuk menghindari petir, selain berjongkok serendah mungkin, alangkah lebih baik menutup telinga dan mengambil jarak dengan oranglain. Dan hindari juga berjalan-jalan ketika hujan besar dengan kaki telanjang alias tidak memakai sendal, karena berpotensi Anda akan terkena sambaran petir yang bisa mengganggu sistem saraf dan sistem pendengaran Anda.

3. Cabut Listrik dari Kabel Utama atau Saklar Utama

Jika Anda telah melihat hujan begitu besar dan menggoncangkan pohon-pohon besar, Anda perlu lebih waspada, karena biasanya hujan besar disertai petir yang besar akan menyebabkan lampu berkedap kedip dan ujungnya akan terjadi konsleting listrik. Untuk menghindari konsleting listrik, cabut listrik, matikan lampu-lampu, ac, dan semua yang menyambung ke saklar utama atau kalau bisa langsung matikan saklar listrik utama, sehingga tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Biasanya, mati listrik yang diakibatkan hujan besar akan berlangsung lama. Oleh karena itu, mempunyai lampu emergency di musim hujan merupakan suatu keharusan agar mempunyai cadangan ketika listrik mati atau konsleting karena hujan dan petir yang besar.

Masih banyak lagi cara untuk menghindari petir, dan jika Anda sedang berenang pun, sebaiknya cepat naik dan keringkan badan ketika hujan tiba. Karena petir akan menyambar tubuh yang sedang berada dalam air. Semoga bermanfaat ya.

10 komentar:

  1. momviiiiikk.. huhuhuuu ya alloh denger kabar angin puting beliung d bogor, smg baik2 aja klrga d sana yaa!

    BalasHapus
  2. Bogor memang terkenal dengan sebutan Kota Hujan dan memang curah hujannya sangat tinggi. Tips menghindari petir ini sangat penting untuk diketahui terutama bagi warga yang tinggal di dataran rendah, ada baiknya menghindari keluar rumah saat hujan tiba.

    BalasHapus
  3. Di Bogor curah hujannya tinggi ya, jadi banyak anak kecil nyewain payung ya teh?

    Ternyata kalo ada petir diluar kita jangan berteduh di bawah pohon tinggi ya, ....taunya malah berteduh hihihi

    BalasHapus
  4. Nahhh bener banget tuh, jangan sekali kali berlindung dibawah pohon kalau lagi hujan ataupun ada petir sekiranya.. dan Kalau dirumah, sebisanya juga cabut semua listrik yang masih mencolok.. soalnya pernah banget pengalaman petirnya merambat gitu masuk kedalam rumah dan menyambar handphone saya yang lagi di cash, kaget banget didepan mata kepala sendiri petirnya merambat dan nyerang handphone ku... rusak deh handphone ku ga bisa dipake lagi

    BalasHapus
  5. ini perlu sekali dipelajari apalagi buat menghindari petir apalagi buat petani yang sering dliuar

    BalasHapus
  6. HAHA, waktu baca judul di poin nomor satu gue pikir bayi punya kekuatan super buat ngindarin kita dari petir. Ternyata biar bayinya gak kaget toh :v.

    Haduh ga bisa bayangin kalo kena sambar petir. Amit amitttt.

    Bermanfaat sekali postingan ini. Thank u yak! :D

    BalasHapus
  7. dulu tetangga sha ada yg meninggal ke sambar petir teh. serem banget :(

    BalasHapus
  8. Beberapa tahun sempat tinggal di Bogor membuat aku hafal betul intensitas hujan sangat tinggi.
    Di musim kemarau saja tau2 bisa turun hujan. Sebenarnya cukup merepotkan juga karena rumah pun perlu perawatan ekstra.

    Infonya sangat penting.
    Bagus,kak 👍

    BalasHapus
  9. Emang beb pas ke. BOGOR petirnya gede banget kayak suara drum

    BalasHapus
  10. Yang seru itu di daerah Depok, agak dekat ke Ciputat, di sana ada namanya Pondok Petir, nah di sana terkenal petirnya #keren #serem

    Petir itu memang menakutkan, karena ya fatal ketika benar2 tersambar. Memang lebih baik kalau lagi petiran, berlindung dibalik rumah saja, di bawah pohon juga rawan lho.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..