Tips Buat Anda yang Ingin Liburan di Tanjung Puting, Asik Lho! - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Rabu, 07 Februari 2018

Tips Buat Anda yang Ingin Liburan di Tanjung Puting, Asik Lho!

Source: travel.kompas.com

Kebanyakan traveller akan memilih pergi liburan ke tempat-tempat populer seperti pantai, gunung, atau kota-kota wisata lainnya seperti Bandung atau Yogyakarta. Destinasi-destinasi tersebut memang sangat menarik untuk dikunjungi, karena ada banyak hal seru dan berkesan yang bisa di lakukan di sana.

Namun sesekali, tidak ada salahnya mencoba liburan ke destinasi wisata yang tidak biasa seperti hutan belantara yang masih sangat liar.

photo taken by pontinesia
Sebagai negara yang termasuk dalam jajaran paru-paru dunia, tentu ada banyak rimba yang bisa Anda kunjungi. Namun untuk kebutuhan wisata, cobalah datang ke Taman Nasional Tanjung Puting di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Di hutan rimba yang satu ini, Anda benar-benar bisa merasakan sensasi liburan di dalamnya hutan belantara. Hewan-hewan liar pun sangat mudah ditemukan di sini. Salah satunya adalah Orang Utan.

photo taken by pontinesia
Tak hanya hidup liar, primata endemik Nusantara yang satu ini sengaja dibuatkan tempat konservasi di Tanjung Puting untuk menjaga tingkat populasinya. Kawasan konservasi ini pun jadi magnet wisata yang berhasil menarik perhatian banyak orang.

Menariknya, pengunjung yang ingin berwisata di Tanjung Puting tak perlu repot melakukan tracking ke dalam hutan selama berhari-hari. Di sana, sudah tersedia kapal tradisional klotok yang bisa dipesan untuk mengantarkan para wisatawan menyusuri kedalaman hutan Tanjung Puting melalui sungai Sekonyer selama 3 hari 2 malam.

So, apakah Anda saat ini tertarik mencoba wisata anti mainstream ke tengah hutan Kalimantan ini? Kalau tertarik, yuk buat rencana liburan ke Tanjung Puting dari sekarang. Tapi sebelum ke sana, yuk simak beberapa tips liburan di Tanjung Puting berikut ini agar terasa lebih menyenangkan.

Bawa Lotion Anti Nyamuk

Meskipun sudah menjadi kawasan konservasi dan destinasi wisata, Tanjung Puting tetaplah hutan belantara yang dihuni hewan-hewan berbahaya, termasuk sekawanan serangga seperti nyamuk. Dengan demikian, pastikan seluruh kulitmu selalu terlindungi oleh lotion anti nyamuk agar terhindar dari gigitan serangga penghisap darah ini.


Jangan Memasukan Anggota Tubuh ke Dalam Sungai

Saat menyusuri sungai Sekonyer menggunakan kapal klotok, jangan pernah sekali pun memasukan anggota tubuhmu sedikit pun ke dalam sungai. Meskipun airnya jernih, kehidupan yang ada di dasar sungai sangat sulit terlihat dari permukaan. Maka dari itu, ada banyak bahaya tak terlihat yang mungkin menanti di dalam sungai, seperti buaya dan yang lainnya.

Pakai Outfit yang Tepat

Pakaian yang dikenakan saat memasuki kawasan Tanjungi Puting harus benar-benar mampu menunjang kegiatan alam. Di antaranya adalah celana kargo panjang untuk menghindari gigitan serangga, lintah, hingga ular, dan juga pakaian berbahai dry fit saat siang hari karena udara di sana cukup lembab, serta jaket tebal saat malam karena suhunya cukup dingin.

Lalu, jangan lupa membawa jas hujan, meskipun langit sedang tidak mendung karena cuaca di alam terbuka cukup sulit ditebak. Dengan membawa jas hujan, Anda tetap bisa melakukan aktifitas di luar kapal saat hujan tiba.

Patuhi Aturan dan Selalu jaga Sikap

Selama di kawasan konservasi, terdapat beberapa aturan yang benar-benar harus Anda ikuti. Aturan ini tidak hanya terkait dengan upaya pelesatarian flora dan fauna yang ada di sana saja, tapi juga terkait dengan keselamatan para wisatawan.

Bawa Botol Minum Sendiri

Saat masuk ke dalam hutan, sebaiknya Anda bawa botol minum sendiri yang sudah diisi penuh di dalam kapal. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan gelas atau botol minuman plastik sekali pakai yang berpotensi mengotori kawasan Tanjung Puting.

Minta ABK Membawa Air Bersih Tambahan

Sebenarnya, para ABK kapal Klotok yang membawa para pengunjung masuk ke dalam hutan Tanjung Puting sudah menyediakan air bersih untuk minum dan mencuci dalam jumlah yang banyak. Tapi terkadang, air yang tersedia tidak dapat mencukupi kebutuhan air bersih selama petualangan karena beberapa hal.

Jika hal ini sampai terjadi, tentu sangat repot karena tidak mudah menemukan air bersih yang terjamin kualitasnya di sana. Maka dari itu, mintalah air bersih tambahan kepada para ABK sebelum masuk ke dalam hutan meskipun dengan biaya tambahan. Sebelum menyusuri sungai Sekonyer menggunakan kapal klotok, mintalah kepada ABK agar membawa air minum yang lebih banyak dari seharusnya.

Jadi, masih tertarik mencoba wisata berkesan di Taman Nasional Tanjung Puting? Kalau begitu, ayo rencanakan liburan ke Tanjung Puting dari sekarang. Untuk sampai di sana dengan harga yang sangat terjangkau, Anda bisa memesan tiket Sriwijaya dan beberapa maskapai murah lainnya ke Pangkalan Bun terlebih dahulu.

Anda bisa memesan tiket Sriwijaya dan beberapa maskapai penerbangan lain di reservasi.com untuk mendapatkan promo menarik ke Pangkalan Bun. Selain itu, kamu juga bisa memesan penginapan murah di reservasi.com.

Dengan melakukan pemesanan tiket Sriwijaya atau maskapai lainnya dan penginapan murah di reservasi.com, Anda berkesempatan untuk mendapatkan tiket traveling ke berbagai daerah di dalam dan luar negeri dengan penawaran harga terbaik. Tertarik untuk mencobanya?

10 komentar:

  1. wah makasih tipsnya ,,, nanti dicoba dech tipsnya kalo maen ke Tanjung Puting

    BalasHapus
  2. Beb kalo gak salah Mama aku pernah berkunjung kesini lho😀😁

    BalasHapus
  3. saran tambahan bawa baterei hape cadangan, siapa tahu baterai hape jadi habis gara2 kebanyakan selfie.

    Primata di Tanjung Puting harus didukung pelestariannya, karena hewan itu langka.

    BalasHapus
  4. Sepertinya seru untuk yang punya jiwa petualang berkunjung kesini untuk sekedar liburan dan merefresh otak dari penatnya pekerjaan sehari hari :D

    BalasHapus
  5. Duh kapan yah main ke situ

    Cuti mana cuti.....


    *liat tanggalan*

    BalasHapus
  6. Aku belum pernah ke sini, banyak yang bilang memang bagus temoatnya. Thanks for sharing mbak

    BalasHapus
  7. Sbnrnya aku pgn banget melihat simpanse ini dr dekat. Pengen ngerasain gendong. Tp kalo baca jalan menuju sananya berat, dan mendengar kata ular, lintah pacet, lgs jiper mba :p. Secara aku takut banget ama binatang melata itu

    BalasHapus
  8. Wajib dicoba nih mba kayaknya asik dan seru, tak lupa harus mematuhi tips tips nya supaya aman dan nyaman :D

    BalasHapus
  9. Bawa juga power bank dan mifi biar bisa bikin status di tengah hutan. hehehe

    BalasHapus
  10. Wah...kapan yah saya bisa travelling ke Kalimantan? Mudah-mudahan ada cukup rezeki dan umur untuk main kesana nanti. Barangkali mba Vika mau ngajakin saya? Hehehehe...ngarep dot com.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..