Cara Minum Pil KB untuk Mencegah Kehamilan


Cara Minum Pil KB untuk Mencegah Kehamilan
Cara Minum Pil KB untuk Mencegah Kehamilan

Banyak sekali cara untuk wanita Indonesia untuk mencegah kehamilan. Pil KB merupakan salah satu alat kontrasepsi yang aman digunakan untuk mencegah kehamilan. Setiap keluarga mempunyai alasan tertentu mengapa menggunakan pil kb untuk mencegah kehamilan.

Yang pertama adalah karena keluarga tersebut sudah memiliki jumlah anak yang banyak, ingin menerapkan sistem keluarga berencana (cukup dua anak saja), atau mungkin belum siap jika mempunyai anak. Karena menambah anak, itu berarti menambah tanggungan biaya rumah tangga.

Selain Pil KB, ada beberapa alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, seperti kondom, KB suntik, KB Kalender, dan memasang iud. Akan tetapi, yang sekarang akan dibahas adalah cara minum Pil Kb untuk mencegah kehamilan.

Cara minum Pil KB sangat mudah, yang pertama adalah Anda harus minum pil KB setiap hari dan pada waktu yang sama. Contohnya jika kita terbiasa minum Pil KB tiap pukul sembilan malam, maka Anda harus terus meminum pil tersebut pada pukul sembilan malam dst. 

Untuk wanita yang mudah lupa, akan sulit untuk meminum pil ini. Karena diwajibkan meminumnya setiap hari. Salah satu cara agar tidak lupa adalah dengan memasang alarm untuk meminum pil kb tersebut.

Cara Minum Pil KB untuk Mencegah Kehamilan
Dalam 1 stripsnya terdiri dari 28 tablet : 7 tablet ukuran sedang warna putih, dan 21 tablet ukuran kecil berwarna kuning.

Dalam satu stripsnya berjumlah 28 tablet, yang terdiri dari dua warna Pil KB. Ada Pil KB yang berwarna putih dan ada juga Pil KB yang berwarna kuning.  Dua pil tersebut mempunyai kegunaan yang berbeda. Untuk Pil KB yang berwana kuning, harus diminum ketika anda sedang tidak menstruasi, dan untuk Pil KB yang berwarna putih, darisitulah anda meminum Pil KB tersebut sesuai dengan hari anda pertama menstruasi.


Cara Minum Pil KB untuk Mencegah Kehamilan
Mulai meminum Pil KB ketika menstruasi di bagian warna kuning yang bertulisan SEN - SEL - RAB - KAM JUM - SAB - MIN (pemakaian Pil KB mengikuti arah yang tertera)

Pada pil kb tersebut akan ada caption seperti ini : Mulailah di bagian warna kuning sesuai hari pertama menstruasi. Maka, kita wajib meminum pil tersebut ketika hari ke-1 menstruasi di bagian yang warna kuning.

Sebagai contoh : Bulan November ini mendapati menstruasi pada hari Senin, Tanggal 28 November 2016. Pada saat itu, saya akan meminum pil kb yang berwarna putih yang ada tulisan SEN di paling atas.

Karena hari pertama menstruasi jatuh pada hari Senin, 28 November 2016, maka mulai minum dari tulisan SEN - SEL - dst.

Jadi untuk pemula yang ingin menggunakan Pil KB, harap menggunakan Pil KB pertama ketika menstruasi agar tidak bingung meminumnya di kemudian hari. Dan jika kita tidak minum  pil kb karena lupa tidak pasang alarm atau ketiduran, atau kita sedang pergi keluar dan lupa tidak membawa Pil Kb, maka  minumlah pil tersebut besoknya langsung 2 pil di waktu yang sama.

Sebagai contoh saya lupa meminum Pil KB kemarin pada hari Kamis tanggal 11 November 2016. Karena saya lupa, jadi saya minum langsung pada hari Jumat Tgl 12 November 2016 dua pil sekaligus bertulisan KAM - JUM (Kamis dan Jumat) pada pukul sembilan malam.

Perbedaan Pil KB Putih (sebanyak 7 buah pil) dan Pil KB Kuning (sebanyak 21 pil)

Untuk pil kb yang berwarna putih, itu isinya adalah plasebo (tepung) yang tidak ada kegunaanya, akan tetapi itu harus tetap diminum agar kita tidak lupa dalam mengkonsumsi Pil KB. Biasanya pil  putih diminum ketika kita sedang menstruasi dan pil kuning digunakan ketika kita sedang tidak menstruasi.

Keuntungan Mengkonsumsi  Pil KB 

1. Pemakaian praktis, hanya cukup meminum pil tersebut tiap hari
2. Harga yang relatif terjangkau, yakni Rp.6000.-/ 28 tablet pil KB untuk satu bulannya (harga bulan Desember 2016)
3. Tidak mengganggu ketika berhubungan (tidak seperti alat kontrasepsi kondom)
4. Untuk yang mempunyai badan kurus, mengkonsumsi pil kb berdampak menaikan berat badan
5. Tidak membuat rahim kering, jika konsumsi pil kb dilepas, wanita cenderung tetap subur

Dampak Negatif Mengkonsumsi Pil KB

1. Untuk yang kurang cocok menggunakan Pil KB, biasanya akan timbul jerawat, atau timbul bintik-bintik hitam di wajah.
2. Harus mempunyai cadangan Pil KB, karena menggunakan Pil KB tidak boleh terlewat satu haripun, karena jika kelupaan meminumnya, akan terjadi kehamilan.
3. Untuk yang pertama kali menggunakan Pil KB, biasanya akan mengalami pusing atau mual.

Saran dari saya agar mengkonsumsi pil KB tidak terlewat adalah :
1. Membiasakan diri untuk meminum pil kb tersebut pada waktu yang sama. Lebih baik malam sebelum tidur.
2. Menyimpan Pil KB di tas, atau didompet jadi ketika kita sedang berada diluar kita tetap bisa mengkonsumsi pil tersebut.
3. Jika alarm berbunyi, langsung seketika itu juga meminum pil tersebut, karena jika dinanti-nanti, akan kebablasan dan lupa meminum pil-nya.

Sekian artikel mengenai cara minum pil kb untuk mencegah kehamilan. Namun, untuk ibu menyusui tidak perlu cemas, karena menyusui akan menjadi kb alami tanpa harus minum pil kb. Semoga bermanfaat



Berlangganan update artikel terbaru via email:

8 Komentar untuk "Cara Minum Pil KB untuk Mencegah Kehamilan"

  1. Kalo misalnya haid nya hari sabtu, nanti pas yv hari senin tetap d lanjutkan di yg wrna kuning ? Atau tetap melanjutkan Sesuai panah? Mohon penjelasannya,trims

    BalasHapus
  2. baru sadar, pil kb itu murah ya haha

    BalasHapus
  3. Saya mau haid tapi saya bingung harus minum pil yang warna apa

    BalasHapus
  4. saya mau bertnya bulan lalu tanggal haid saya tanggal 24 dan bulan inii belum haid haid juga harus minum pil warna apa dan berapa biji dan harus sesuaii hrii atauu bagaimna

    BalasHapus
  5. Saya baru pertama mnggunakan kb pil....
    Tolong di bantu cara minumnya

    BalasHapus
  6. Saya suntik 3 bulan...saya tdk pernah dapat haid....
    Saya baru ganti ke kb pil....
    Tolong dibantu cara minumnya

    BalasHapus
  7. Datang bulan saya g teratur...sekarang saya g datang bulan udah 3bulan...terakhir haid bulan April sampe sekarang di blm datang bulan lgi.biar lancar datang bulan gima y tolong bantu dong om gimana cara y biar teratur datang bulan y🙏🙏

    BalasHapus
  8. Penjelasannya kok masih susah saya cerna ya. Padahal ini mau minum, tp belum paham juga hehe..

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel