Benarkah Investasi Properti Saat Ini Semakin Menurun? Manakah Investasi Terbaik Saat Ini? - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Senin, 03 Desember 2018

Benarkah Investasi Properti Saat Ini Semakin Menurun? Manakah Investasi Terbaik Saat Ini?

Benarkah Investasi Properti Saat Ini Semakin Menurun? Manakah Investasi Terbaik Saat Ini?

Di tahun 2018 ini, banyak orang yang memiliki uang akan berbondong-bondong untuk membeli hunian rumah maupun apartement untuk dijadikan investasi masa depan. Banyak sekali yang menduga bisnis properti rumah merupakan bisnis terbaik saat ini. Akan tetapi banyak juga yang berpikir bahwa bisnis apartement saat ini merupakan bisnis investasi properti terbaik di perekonomian sekarang. Lantas, benarkah investasi properti saat ini semakin menurun? Dan manakah investasi terbaik di jaman milenial ini?

Semakin banyaknya developer yang membangun apartemen di beberapa pusat kota, pastinya akan memperbanyak ketersediaan apartemen, dari mulai apartemen dengan tipe studio yang menawarkan harga jual yang lebih murah ketimbang membeli rumah. Ada juga apartemen dengan tipe mewah yang menawarkan view terbaik dengan design interior yang semakin indah dan pastinya harganya jauh lebih mahal.

Semakin banyaknya ketersediaan apartemen saat ini, membuat semakin banyak orang berbondong-bondong untuk berinvestasi apartemen. Namun, ketersediaan properti saat ini yang semakin banyak, berbanding terbalik dengan keinginan customer dan kemampuan customer untuk menyewa bahkan membeli apartemen tersebut, sehingga harga jual semakin menurun dan apartemen pun banyak yang tidak laku.

Tidak jauh berbeda dengan investasi rumah yang semakin hari semakin banyak developer yang membangun rumah di berbagai pusat kota bahkan di pinggiran kota dengan harga yang semakin murah. Namun, tampaknya bisnis properti rumah lebih menguntungkan ketimbang bisnis apartement.

Karena, menyewa rumah saat ini tentunya lebih murah jika dibandingkan dengan menyewa apartemen yang harganya lumayan tinggi dengan banyaknya iuran perawatan yang cukup banyak. Menyewa rumah pun biasanya sangat terjangkau, dan Anda sebagai pebisnis properti rumah tentunya tidak akan sepi dengan peminat, karena yang menyewa rumah Anda tentunya akan banyak karena harganya yang cukup terjangkau. Anda pun tidak perlu susah payah jika investasi rumah Anda tidak laku, Anda tidak perlu membayar iuran apapun.

Berbeda dengan apartemen, jika apartemen Anda tidak laku, selain Anda belum balik modal karena apartemen belum laku terjual atau belum laku untuk disewa, Anda tetap harus membayar kewajiban untuk membayarkan iuran perbulannya. Belum juga balik modal, Anda harus membayar bulanannya, dan tentunya waktu tidak akan mungkin mundur dan Anda akan terus membayar sampai apartemen laku terjual.

Namun, enaknya bisnis apartemen, Anda bisa memilih apartemen yang jaraknya paling dekat dengan tempat bekerja, sehingga tidak banyak waktu yang terbuang dijalan dan Anda pun tetap segar ketika sampai ditempat kerja.

Banyak sekali customer yang sedikit kewalahan jika menyewa bahkan membeli apartemen karena banyak sekali iuran yang harus dibayarkan, seperti iuran keamanannya, listriknya, dsb sehingga orang akan berpikir dua kali untuk menyewa apartemen. Efeknya adalah pemilik apartemen akan sulit balik modal, mengingat tidak seimbangnya antara ketersediaan apartemen dengan kemampuan orang untuk menempati apartemen dengan perekonomian saat ini.

Jadi, manakah investasi terbaik saat ini? Sebenarnya, semua investasi tentunya akan mengalami risk atau resiko yang berbeda. Tinggal kembali pada Anda, manakah investasi yang memiliki resiko terendah dan sesuai dengan keinginan Anda. Jika saya ingin memilih, alangkah lebih baik adalah bisnis yang sesuai dengan tingkat kemampuan Anda. Semoga bermanfaat bagi Anda yang bingung untuk berinvestasi properti untuk masa depan Anda bersama keluarga.



2 komentar:

  1. Saya hanya baca aja teh tapi nggak pernah bermimpi punya apartment,...ternyata biaya plus2nya juga mahal ya

    BalasHapus
  2. Bener beb logis juga nih, semoga investasi kita berkah ya beb aamiin

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..