Penyebab Timbulnya Jerawat dan Cara Mengatasinya - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Senin, 05 Desember 2016

Penyebab Timbulnya Jerawat dan Cara Mengatasinya

Hasil zooming pada wajah yang berjerawat

Banyak wanita yang mengeluh mengapa bisa timbul jerawat pada kulitnya. Jerawat memang datang dan pergi sesuka hati. Kadang kita tidak bisa membayangkan bagaimana jerawat tersebut bisa muncul pada wajah kita dan bagaimana cara mengatasinya.

Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang banyak diderita oleh kaum hawa. Laki-laki pun sering mengalami jerawat, akan tetapi hal tersebut jarang terjadi. Timbulnya jerawat membuat sebagian wanita menjadi tidak percaya diri pada penampilannya. Setidaknya, kita harus sedikit tahu, mengapa dan apa yang menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah kita.

Ini dia ulasan yang akan saya bahas mengenai penyebab timbulnya Jerawat :

1. Jarang Mencuci Muka 
Kebiasaan manusia jika sudah kelelahan akan langsung merebahkan badannya ke tempat tidur, dan lupa pada kewajibannya yakni mencuci muka. Mencuci muka wajib hukumnya, mengingat kita selama berjam-jam diluar ruangan dan pastinya banyak debu yang menempel pada wajah. Membersihan wajah tidak cukup hanya dengan menggunakan air. Alangkah lebih baik cucilah wajah kita menggunakan sabun yang cocok di kulit  wajah kamu.

2.  Mempunyai Rambut yang Kotor dan Berminyak
Jika kita jarang mencuci rambut dan mempunyai rambut yang panjang atau poni yang panjang, itu akan berakibat pada dahi yang banyak bermunculan jerawat. Jenis jerawat yang akan timbul adalah jerawat kecil. Jika jerawat tersebut sudah muncul, itu menandakan kita harus menjaga kebersihan rambut. Jika rambut kita kotor dan berminyak , otomatis minyak dan kotoran pada rambut akan ikut serta membuat wajah kita menjadi kotor dan akhirnya timbulah jerawat.

3. Sering Bergonta-ganti Kosmetik
Sebagaimana fitrah manusia, kita sering merasa tidak puas atas apa yang sudah kita dapatkan. Memiliki wajah yang 80% baik, maka sebagian wanita ingin mengganti kosmetik agar memiliki wajah yang sangat cantik (100%). Dan ternyata impact dari mengganti kosmetik malah berakibat wajah menjadi breakout dengan munculnya jerawat yang besar-besar. Dan akhirnya, siapa yang dirugikan? Diri kita sendiri, bukan oranglain. Oleh karena itu, jika kita sudah merasa cocok menggunakan suatu produk, syukurilah dan jangan tergoda dengan berbagai macam merek yang belum tentu cocok di kulit wajahmu.

4. Faktor Hormon
Kebanyakan dari wanita abg yang baru mengalami masa menstruasi akan mengalami muka yang berjerawat. Hal itu biasa terjadi karena hormon sedang tidak stabil dan menumpuknya darah kotor. Contoh lainnya adalah perubahan hormon  pada wanita yang mengkonsumsi pil kb berdampak pada munculnya bintik bintik hitam atau jerawat.

5. Faktor Keturunan
Banyak wanita yang mempunyai riwayat berjerawat karena faktor keturunan. Contohnya jika kamu mempunyai masalah pada jerawat dalam rentang waktu relatif lama (1 hingga 3 tahun), maka biasanya disebabkan faktor genetik dari ibunya, atau dari bapaknya, atau bisa jadi dari neneknya yang mempunyai riwayat penyakit yang sama.

6. Faktor Makanan
Sering makan ice cream, makanan berminyak, makanan pedas, coklat dll itu secara tidak langsung akan menimbulkan jerawat. Sebenarnya jika kita menerapkan pola makan sehat, setidaknya jerawat akan bisa diatasi.

Dari sekian banyak penyebab timbulnya jerawat, saya akan kasih beberapa solusi agar kita terhindar dari munculnya jerawat :

1. Konsumsi air putih minimal dua liter per-hari.
2. Konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C dan sayur-sayuran.
3. Hindari mengkonsumsi makanan yang berminyak.
4. Hindari dan kurangi mengkonsumsi makanan yang pedas.
5. Hindari mengkonsumsi coklat dan ice cream berlebihan.
6. Rajinlah mencuci wajah pagi dan malam menggunakan sabun yang cocok di wajah kamu.
7. Biasakan olahraga minimal satu minggu sekali untuk melancarkan peredaran darah.
8. Mencuci rambut yang rajin minimal dua hari sekali, dan terus menjaga kebersihan rambut.
9. Jika sudah cocok pada satu kosmetik, hindari mengganti-ganti kosmetik, karena akan menyebabkan wajah menjadi breakout.

Sekian ulasan mengenai penyebab timbulnya jerawat dan cara mengatasinya, nantikan artikel berikutnya. Jika ada yang ingin menambahkan atau bertanya silahkan isi pada kolom komentar. Terimakasih :)

Artikel Terkait :
Tips Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat secara Alami
Review Ovale Facial Mask Bedak Dingin Whitening Ekstrak Mutiara & Teh Hijau
Tips Memilih Warna Foundation dan Warna Bedak yang Cocok di Wajahmu
Tips Agar Makeup Tahan Lama di Wajahmu 

7 komentar:

  1. Iya nih, jerawat saya susah banget hilang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba mas biasakan cuci muka pake sabun pagi sebelum kerja, dan cuci muka setelah pulang kerja mas. Atau dicoba cuci muka pakai air anget mas. Jangan lp minum air yang banyak. Dan jangan dibiasakan dipegang pegang, dibiarkan hilang alami itu lebih baik, untuk mencegah adanya bekas jerawat
      Semoga bermanfaat

      Hapus
  2. Kalo obat herbal ada ga mbak untuk mengatasi jerawat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau obat herbal sih banyak ya mbak.. Contohnya pake jeruk nipis, atau untuk simplenya setelah cuci muka, dibiasakan pakai penyegar sari ketimun mbak.. Fungsinya selain menutup pori pori wajah juga berfungsi agar jerawat cepat kering.. Dan jangan lp jangan banyak dipegang pegang y mbak..

      Semoga bermanfaat

      Hapus
    2. Dulu saya juga sempat mbak ikut ikutan pake vitacid gara gara ganti ganti produk kosmetik, dan ternyata malah membuat kulit semakin sensitif. Dan pernah juga pake yang alami juga sepertinya agak sulit hilang. Mbak coba pake penyegar sama pembersih ya,dicoba yang ringan dlu, jika memang agak sulit hilang, nti saya kasih masukan lebih untuk perawatan lbh optimal.

      Terimakasih

      Hapus
  3. Alhamdulillah, gak pernah berjerawat. Kulit saya kering sih. Tapi sebelnya, kalo gak dirawat, bisa keliatan cepet tua. Gampang keriput.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah kalau begitu ya mbak, saya ikut seneng, soalnya banyak sekali yang mengeluh timbulnya jerawat..
      Kalau mbak mempunyai kulit kering saran saya ya mbak :
      1. Minum air putih yang banyak
      2. Perbanyak makan buah yang sedikt mengandung lemak. Contoh alpukat
      3. Mbak biasakan setelah mencuci muka, menggunakan pembersih dan penyegar mawar itu ya mbak, itu lumayan efektif melembabkan kulit.Insyaalh kulit tidak akan terlalu kering

      Semoga bermanfaat :)

      Hapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..