Cara Membayar Iuran BPJS Kesehatan Keluarga atau Individu Melalui Mandiri Mobile Online Banking - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Minggu, 16 Juli 2017

Cara Membayar Iuran BPJS Kesehatan Keluarga atau Individu Melalui Mandiri Mobile Online Banking


Cara Membayar Iuran BPJS Kesehatan Keluarga atau Individu Melalui Mobile Online Banking


Hampir seluruh masyarakat Indonesia menggunakan asuransi kesehatan BPJS yang diadakan oleh pemerintah ini. Dengan adanya kartu BPJS Kesehatan, semua masyarakat dapat melakukan cek kesehatan dan berobat memakai asuransi ini.

BPJS Kesehatan untuk pegawai biasanya akan langsung dibayarkan oleh bagian sdm dan selanjutnya akan dipotong langsung dari gaji pegawai. Namun, bagaimana prosedur pembayaran BPJS kesehatan individu atau keluarga yang tidak dapat diurus oleh perusahaan?

Caranya gampang kok, seiring berjalannya waktu dan jaman yang semakin maju, semua pembayaran sangat dimudahkan oleh adanya sistem online. Terlebih pengguna kartu atm mandiri, saat ini Anda tidak perlu membayar iuran BPJS melalui ATM. Akan tetapi cukup download aplikasi mandiri online banking di handphone Anda.

Caranya adalah sebagai berikut :

1. Install aplikasi mandiri online banking/ mandiri mobile banking, untuk saat ini ada dua tipe aplikasi yang ada di mandiri, yakni mandiri mobile banking dan mandiri online yang terbaru. Dan yang saya install saat ini di iphone adalah mandiri online.




2. Setelah didownload, maka Anda tinggal masukan username dan password. Jika Anda belum mendaftar untuk mandiri online banking, silahkan langsung datang ke customer service bank mandiri dan bilang ingin mengaktifkan mandiri online banking dengan membawa ktp, buku tabungan, dan kartu atm mandiri.

3. Jika Anda sudah dapat masuk ke aplikasi mandiri online, lalu masuk ke Beranda - Pembayaran - Buat Pembayaran Baru.

4. Kemudian akan ada pilihan pembayaran yang akan dibayar, seperti internet, telekomunikasi dll. Lalu Anda pilih Asuransi (bergambar simbol payung) dan kemudian klik.



5. Lalu Anda pilih penyedia Jasanya, dan pilih BPJS Kesehatan Keluarga.



6. Kemudian masukan nomor VA atau biasa disebut nomor virtual account yang didapat ketika Anda sudah mendaftar pada cabang BPJS Kesehatan untuk membayar secara individu atau perorangan.



Dan setelah itu masukan deskripsinya, lalu klik Lanjut.

7. Kemudian akan muncul konfirmasi pembayaran asuransi bpjs, yang mana akan tercantum penyedia jasa, nama pembayaran, nomor va atau virtual account dan jumlah bulan yang dibayar. Jika hanya membayar per bulan masukan jumlah bayar 1. Lalu klik konfirmasi.



8. Nanti akan ada konfirmasi pembayaran lagi dengan biaya yang tercantum sesuai dengan kelas masing-masing. Untuk kelas satu cukup membayar 80k saja.




9. Kemudian klik konfirmasi dan nantinya Anda akan disuruh untuk memasukan kembali MPIN Anda. Dan setelah itu keluarlah bukti transaksi yang dapat Anda cetak sewaktu-waktu sebagai bukti bahwa Anda sudah melakukan pembayaran melalui mobile banking.




Bagaimana cara yang sudah dipaparkan diatas? Cukup mudah bukan? Jadi jika ada aplikasi yang dapat mempermudah Anda melakukan pembayaran, mengapa harus dipersulit? Hehe.

Semoga bermanfaat ya untuk Anda yang masih kebingungan melakukan pembayaran BPJS melalui mobile banking. Semoga Anda menyukainya.






2 komentar:

  1. sha juga kalo bayar bpjs sk pk mandiri internet. lebih praktis tinggal buka hp :)

    BalasHapus
  2. Kebetulan saya sedang mencari, ini malah lebih lengkap, trimakasih mba

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..