Tips dan Resep Membuat Sambal Dabu Dabu yang Bikin Menohok dan Ketagihan! - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Jumat, 15 Desember 2017

Tips dan Resep Membuat Sambal Dabu Dabu yang Bikin Menohok dan Ketagihan!

Halo good people, siapa sih disini yang menyukai makanan yang memakai sambal sebagai makanan pelengkapnya? Banyak dari sebagian besar orang pasti menyukai sambal untuk membuat segar lidah Anda.

source perutgendut.com
Ada beberapa jenis sambal yang terkenal di Indonesia, seperti sambal bawang, sambal terasi bahkan sambal-sambal yang lainnya. Pernahkah Anda mendengar sambal dabu dabu khas Manado yang membuat lidah menohok dan ketagihan?

Sambal dabu dabu adalah salah satu sambal yang berasal dari Sulawesi Utara, tepatnya di kota Manado. Sambal ini sudah terkenal seantero Indonesia sebagai bahan pelengkap ikan bakar ataupun ikan goreng. Caranya yang mudah membuat banyak orang selalu mencoba membuat sambal dabu dabu ini.

Dan hasilnya, banyak sekali orang yang membuat sambal dabu dabu ini sebagai pelengkap untuk makan ikan agar rasanya lebih lezat dan menohok.

Dengan adanya sambal dabu dabu, makanan pun akan terasa lebih segar, pedas dan membuat lidah Anda ketagihan dibuatnya. Banyak yang bertanya-tanya bagaimana sih cara membuat sambal dabu-dabu khas Manado ini? Sangat mudah ya good people, jika Anda ingin mencobanya silahkan simak bahan-bahannya dibawah ini yaaa..


Bahan-Bahan Membuat Sambal Dabu-dabu Khas Manado

1. Cabai merah besar diiris berbentuk bulat sebanyak 5 buah atau lebih sesuai dengan selera Anda

2. Cabai rawit hijau kecil diiris kecil-kecil dan berbentuk irisan bulatan sebanyak 10 buah atau lebih sesuai dengan selera Anda

3. Bawang merah mentah diiris tipis sebanyak 3-6 buah

4. Irisan tomat merah dipotong kotak-kotak agar bentuknya bagus dan isian tomat dibuang saja 1 bh atau sesuai selera

5. Irisan tomat hijau dipotong kotak-kotak dan dalaman tomat dibuang saja 1bh atau sesuai selera

6. Perasan jeruk nipis secukupnya, atau bisa memakai perasan jeruk nipis setengah buah saja

7. Garam secukupnya sesuai dengan selera Anda

8. Gula pasir secukupnya sesuai dengan selera

9. Minyak yang sudah dipanaskan 2-4 sdm

Cara Membuat Sambal Dabu Dabu

1. Siapkan wadah bersih dengan ukuran sedang, masukan potongan cabai merah besar, cabai rawit hijau kecil, bawang merah, tomat merah dan juga tomat hijau kedalam wadah yang kering dan bersih.

2. Lalu masukan garam dan gula pasir kemudian aduk hingga merata

3. Setelah itu, masukan perasan jeruk nipis hingga teraduk dan tercampur semuanya dan setelah selesai, masukan minyak yang sudah dipanaskan kedalam wadah hingga tercampur rata.

4. Sambal dabu-dabu siap dihidangkan diatas ikan bakar atau ikan goreng kesukaan Anda.

Bagaimana ladies, mudah bukan cara membuatnya? Jika Anda ingin mencobanya, silahkan praktekan di rumah Anda yaa! Karena caranya yang sangat mudah, tentunya tidak banyak menghabiskan waktu Anda untuk membuat sambal ini.

Karena Anda tidak perlu banyak tenaga untuk menguleg sambal ini. Cukup dipotong dadu saja bawang merah, tomat, dan cabai, Anda akan mendapatkan sambal dabu dabu yang bikin menohok dan ketagihan.

Jangan lupa juga sebelum membuat sambal dabu dabu, Anda harus mempersiapkan makanan utamanya. Rekomendasi saya adalah Anda cukup membuat ikan bakarnya dulu dengan mudah dan melihat resepnya disini.

Jika ikan bakarnya sudah ready, Anda tinggal membuat sambal dagu dagu yang cukup mudah dan membuat lidah Anda segar! Untuk masalah harga, tidak usah khawatir ya ladies. Jika Anda membuat resep sesuai dengan tulisan diatas, Anda akan mendapatkan 3 sampai 4 porsi sambal dabu dabu dengan modal dibawah 10 ribu rupiah. Sangat murah, bukan?

Selamat mencoba yaaa.. Mari berkreasi membuat masakan terlezat untuk orangtua dan keluarga yang sangat Anda cintai.




3 komentar:

  1. ini sambl kesukaan saya nih mbak, tapi biasanya pas makan di rumah makan sih. Belum pernah nyoba bikin sendiri di rumah. Nanti akan saya coba bikin sambelnya dirumah deh, ternyata ya gak ribet amat. Hehe

    BalasHapus
  2. Beb aku ngacay bayanginnya, dari dulu liat ikan kembung bakar di Padang suka ada sambal acar kayak.gini oh namanya dabu-dabu, baik akan aku coba hahahha

    BalasHapus
  3. Ini salah satu sambal yang paling saya suka, tapi ga tahu cara membuatnya,
    Eh disini ada resep nya, thanks mba resep nya :D

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..