Tips dan Cara Mengatasi Batuk Ringan Pada Bayi Tanpa Obat - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Selasa, 16 Oktober 2018

Tips dan Cara Mengatasi Batuk Ringan Pada Bayi Tanpa Obat

Tips dan Cara Mengatasi Batuk Ringan Pada Bayi Tanpa Obat

Halo sahabat ratutips semua, bagaimana keadaannya? Semoga keadaan mommy-mommy disini semua diberikan kesehatan untuk bayi dan juga ibunya, serta diberikan rezeki yang berlimpah ruah. Amin yaa robbal alamin.

Mempunyai bayi merupakan anugerah dari Allah yang Maha Esa, apalagi jika Anda baru mempunyai anak pertama yang dinanti-nantikan, pastinya belum mempunyai banyak pengalaman dalam mengurus bayi.

Rasa takut dan cemas jika tidak bisa mengurus bayi dengan benar, bahkan dihinggapi kecemasan karena takut bayi sakit merupakan salah satu kekhawatiran sang Ibu yang baru saja memiliki anak.

Seperti saya yang saat ini mempunyai bayi yang berusia kurang lebih 1 bulan, tentunya memiliki bayi lucu merupakan momen indah yang tidak dapat dilupakan. Namun, saat ini bayi saya yang sedang lucu-lucunya, sedikit memiliki kendala, yakni dalam satu harinya ada satu hingga dua kali ia batuk dan membuat saya dan suami sebagai orangtua cukup khawatir dan cemas.

Bertanya pada orangtua tentu saja sama dengan memberi beban pada orangtua. Akhirnya saya langsung bergegas ke rumah sakit untuk mengetahui bagaimana cara dan tips mengatasi batuk pada bayi baru lahir atau bayi dibawah 6 bulan.

Dan ternyata penanganan untuk bayi pastinya tidak memerlukan obat. Jadi ada beberapa teknik mengatasi batuk pada bayi yang cukup ampuh menurut saya dan sudah dipraktekan. Alhamdulilah, bayi sudah tidak pernah batuk lagi. Dan semoga dijauhkan dari berbagai macam penyakit. Tips mengatasi batuk pada bayi telah saya ulas dibawah ini ya!

1. Tengkurapkan Bayi

Menurut dokter, cara terbaik untuk mengatasi batuk pada bayi adalah menengkurapkan bayi pada matras atau selimut yang empuk dengan catatan, kepala bayi dimiringkan ke kanan atau kekiri, dan yang terpenting adalah hidung dan mulutnya tidak tertutupi oleh apapun.

Setelah keadaan bayi sudah tengkurap, yang selanjutnya dilakukan adalah mengetuk-ngetuk bagian punggung atas secara halus dan lembut menggunakan kedua jari kanan kita. Hingga lendir keluar atau bayi merasa lebih lega.


2. Memiringkan Bayi ke Kanan atau ke Kiri

Opsi kedua, jika mom yang ada di rumah agak khawatir menengkurapkan bayi, alternatif lain adalah dengan memiringkan bayi ke kanan atau ke kiri, lalu mengetuk-ngetuk bagian punggung atas bayi hingga bayi merasa lega atau lendirnya keluar.

Hal tersebut sudah saya lakukan, dan alhamdulilah bayi sudah tidak pernah batuk lagi. Dan cara diatas cukup mudah dilakukan setelah bayi dalam keadaan tenang dan sudah tidak menyusu lagi.

3. Memberikan ASI Seoptimal Mungkin

Tambahan lain selain cara diatas menurut dokter adalah, memberikan asi sebanyak yang bayi inginkan. Karena, bayi akan menangis jika ia lapar dan membutuhkan asi, dan sebaliknya bayi akan tidur jika kebutuhan asinya terpenuhi. Hal ini dilakukan untuk membentuk antibodi pada tubuh sang bayi.

Dengan diberikan asi yang mencukupi, bayi akan sembuh seiring berjalannya waktu. Dan bayi pun akan cepat pulih dari sakitnya.

Itulah tips dan cara mengatasi batuk pada bayi tanpa obat-obatan, karena bayi yang usianya dibawah 6 bulan tidak direkomendasikan untuk diberikan obat. Semoga mom yang sudah membaca artikel ini diberikan kesehatan pada bayi dan juga sang Ibu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!



4 komentar:

  1. Bener sih mbak, terkadang saya yang takut kalau gk sembuh sembuh. Karena itu lebih sering langsung dikasih obat.
    Habis baca ini jadi dapat pencerahan saya. Makasih

    BalasHapus
  2. Ternyata batuk ringan pada bayi nggak selalu harus dikasih obat,... baru tau nih.

    BalasHapus
  3. Selamat yach Mbak, si bayinya sudah Lahir, Laki2 atau perempuan ? siapa namanya ?
    Mudah2an pinter ngeblog juga yach, seperti ibunya, heheheh...... :)

    BalasHapus
  4. Iya, batuk debay (aplg yg br lahir) bs karena tggorokannya masih berlendir, tp itu mekanisme yg normal selama ngga sampai demam... Seiring pertumbuhan debay, pernafasannya akan tumbuh optimal jg.
    Oiya mau nambahin lg tips nya mommm, klo kata dr Apin SpA yg famous thea hehehe banyakin peluk & gendong heheu...

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..