Tips Menghilangkan Biang Keringat Pada Bayi - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Rabu, 10 Oktober 2018

Tips Menghilangkan Biang Keringat Pada Bayi

Tips Menghilangkan Biang Keringat Pada Bayi

Halo new mom semua! Apa kabarnya hari ini? Semoga di hari Kamis yang penuh dengan kebahagiaan ini, kita semua diberikan kesehatan dan rezeki yang melimpah. Amiiin.. Banyak sekali ibu ibu yang khawatir dengan adanya biang keringat pada bayi. Karena hal tersebut pastinya membuat beberapa ibu khawatir karena terdapat banyak ruam-ruam pada bayi yang berwarna merah.

Termasuk saya pun adalah salah satu ibu yang sedikit khawatir, karena pada minggu ketiga bayi saya terdapat beberapa biang keringat yang ada di bagian lipatan-lipatan bayi, seperti pada lengan, kaki, leher dan juga wajah.

Banyak yang merekomendasikan menggunakan beberapa bahan alami yang dapat mengatasi biang keringat. Namun, saya ingin tetap memastikan dan bertanya pada dokter anak, bagaimana tips mengatasi dan menghilangkan biang keringat pada bayi. Dan setelah ditarik kesimpulan, ini dia beberapa tips untuk mengatasi dan menghilangkan biang keringat pada bayi sebagai berikut :

1. Menggunakan Air Dingin yang Bersih

Bayi saya saat ini terdapat sedikit biang keringat pada wajahnya yang mulus, dan semua ibu pun ingin mendapati bayinya putih bersih kembali. Dan setelah berbincang dengan dokter anak, solusi terbaik agar biang keringat pada wajah hilang adalah dengan membasuh wajah menggunakan air matang yang bersih.

Atau bisa juga Anda basahi kapas steril menggunakan air dingin yang bersih, kemudian tepuk-tepuk ringan pada wajah bayi agar biang keringat tidak memerah dan cepat menghilang. Tidak disarankan menggunakan bedak pada wajah, karena selain membuat pori-pori wajah bayi tertutup, juga takut terhisap oleh bayi yang mengakibatkan tersumbatnya aliran pernapasan bayi.

2. Menggunakan Krim yang Mengandung Zinc

Banyak sekali yang menyarankan agar biang keringat tersebut diberikan atau ditaburkan bedak agar cepat mengering dan menghilang, namun saran terbaik agar biang keringat pada bayi menghilang adalah menggunakan krim atau lotion bayi yang mengandung zinc. Saya disini tidak bisa menyebutkan merk karena sama saja saya promosi.

Hal ini sudah saya buktikan pada bayi saya, yang terdapat biang keringat pada lipatan lehernya. Kemudian setelah beres mandi, bayi diolesi krim yang mengandung zinc, dan keesokan harinya alhamdulilah biang keringat sembuh dan tidak memerah lagi.

3. Menggunakan Minyak Zaitun atau Sabun Mandi yang Cocok

Ada beberapa bidan yang bilang bahwa untuk menghilangkan biang keringat pada bayi adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Dan bisa jadi biang keringat muncul selain karena bayi kegerahan, juga tidak cocok dengan sabun mandinya.

Saran terbaik adalah gunakan sabun mandi dengan ph yang sesuai dengan kulit bayi, dan selain itu juga jangan terlalu banyak menggunakan sabun bayi, karena kulitnya masih sensitif pada bahan-bahan kimia.

4. Pilih Pakaian yang Menyerap Keringat dan Hindari Udara Panas dan Lembab

Pemilihan pakaian menjadi salah satu penyebab bayi terdapat biang keringat. Selain diwajibkan memilih pakaian yang menyerap keringat, juga hindari bayi dari udara yang panas dan mengakibatkan keringat semakin banyak.

Saya sempat menanyakan, apakah penggunaan AC diperbolehkan bagi bayi, dan jawabannya adalah diperbolehkan asal disesuaikan dengan temperatur udaranya, jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin dan AC tidak langsung terkena pada bayi.

Bagaimana tips mengatasi biang keringat pada bayi, cukup membantu Anda bukan? Tips diatas bisa Anda praktekan, dan semoga bisa membantu Anda dan bayi untuk mengatasi biang keringat dan bayi sehat walafiat tanpa kekurangan suatu apapun. Selamat mencoba!

5 komentar:

  1. Nice tips mom, dulu gen pake bedak aja

    BalasHapus
  2. Belum punya bayi sih
    Tapi punya banyak ponakan bayi. Harus tau tips ini nihh

    Thanks for sharing mbak!

    BalasHapus
  3. Saya bukan mom boleh khan teh baca artikel ini buat menambah wawasan hihihi..

    Biang keringat emang harus cepat diatasi kalo nggak kasian adek bayi nnt gagal...

    BalasHapus
  4. Kalau saya lebih mengutamakan poin keempat. Pilih pakaian yang menyerap keringat.

    BalasHapus
  5. kalau menurut saya sich,,,, si biang hadir ketika anti body si baby belum meningkat,setelah meningkat maka, si biangnya nanti lenyap sendiri, :)

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..