Tahap Perkembangan Janin yang Harus Bunda Ketahui - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Jumat, 09 November 2018

Tahap Perkembangan Janin yang Harus Bunda Ketahui

Tahap Perkembangan Janin yang Harus Bunda Ketahui

Menurut para dokter kandungan, bayi yang berada dalam rahim itu dapat tumbuh dan berjalan dengan cepat lho. Yap benar sekali, bayi akan belajar banyak hingga melakukan berbagai aktivitas sejak dari kandungan seperti tertawa, menangis, dan lain sebagainya.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang perkembangan janin bayi, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini sebagai berikut :

Tahap Perkembangan Janin Pada Usia 1 Bulan

Dalam perkembangan janin di bulan pertama ini, sebenarnya calon buah hati Anda masih dalam bentuk embrio yang ukurannya sangat kecil seperti kacang hijau. Dengan embiro yang sebesar kacang hijau tersebut, terkadang membuat bunda seakan-akan merasa belum hamil.

Sejatinya tidak ada hal yang terlalu signifikan, namun Bunda disarankan untuk membantu perkembangannya dengan cara mengonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya akan nutrisi asam folat seperti telur rebus, ikan salmon, kacang-kacangan, umbi-umbian, sayuran hijau, dan lain sebagainya.

Tahap Perkembangan Janin Pada Usia 2 Bulan

Pada usia 2 bulan ini, embrio dalam rahim Bunda akan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dengan kata lain, embrio tersebut akan akan berubah menjadi janin yang tentunya merupakan cikal bakal calon buah hati Bunda. Adapun mengenai beberapa perkembangan yang terjadi pada embrio, yakni terbentuknya system jaringan kulit, system indera yang sudah mulai terbentuk, serta bagian siku dan lengannya juga sudah mulai terbentuk.

Selain itu, bagian organ tubuh dan jaringan tubuh janin juga sudah mulai terbentuk sehingga hal itu dapat memicu perubahan hormon pada ibu hamil, yang hasilnya akan menimbulkan beberapa gejala seperti morning sickness, perubahan fisik Bunda, dan lain sebagainya.

Tahap Perkembangan Janin Pada Usia 3 Bulan

Setelah memasuki usia 3 bulan, maka perkembangan janin yang ada di dalam rahim Bunda akan sangat terasa, sehingga bobot dan ukuran janinnya semakin bertambah besar. Tak hanya itu saja, pergerakan halus yang dilakukan oleh janin tersebut sudah dapat Bunda rasakan dengan jelas lho.

Bagian sel-sel syaraf janin sudah mulai terhubung pada system syaraf otak, serta system organ juga sudah mulai terbentuk sedikit demi sedikit, sehingga ia dapat menjalankan fungsinya sesuai porsi masing-masing. Meski demikian, pembentukan organ luarnya masih terlihat samar-samar.

Tahap Perkembangan Janin Pada Usia 4 Bulan

Ini dia tahap yang paling ditunggu-tunggu oleh semua ibu hamil. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, di usia 4 bulan ini janin sudah diberi nyawa oleh Sang Pencipta sehingga jenis kelaminnya sudah mulai terbentuk tahap demi tahap.

Tak hanya itu saja, di usia 4 bulan ini juga akan ditandai dengan adanya perkembangan system organ janin mulai berbentuk dan berfungsi. Dengan demikian, maka tak heran jika Bunda akan semakin merasakan kehidupan lain yang ada didalam perutnya.

Tahap Perkembangan Janin Pada Usia 5 Bulan

Saat memasuki usia 5 bulan, maka berat badan dan ukuran tinggi janin akan jauh mengalami perubahan. Menurut para dokter kandungan, di usia 5 bulan ini janin memiliki berat sekitar 290 gram dan tinggi sekitar 25 – 26 cm. Dalam tahap perkembangan janin di usia 5 bulan ini sejatinya sudah cukup terlihat jelas, dimana system organ tubuh bagian luar dan dalam akan mulai terbentuk sehingga dapat berfungsi dengan optimal menuju bentuk yang sempurna.

Itulah beberapa tahap perkembangan janin mulai dari usia 1 bulan hingga 5 bulan. Di samping itu, Bunda juga jangan sampai lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan, serta menjaga kesehatan selama masa kehamilan.

7 komentar:

  1. Sungguh beruntung sekali para wanita,sebab bisa mengandung.tpi ngomong2 dedek bayinya namanya siapa yach.... ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...nama baby ada terselip di artikel. Saya pernah baca artikel teh Vika pernah menyebutkannya, dan sayapun lupa...hehehe

      Hapus
    2. Artikel yang mana yach, ? :)

      Hapus
  2. Aku bersyukur pas hamil Gen benebener belajar kebayang klo ngga makin stress n bingung

    BalasHapus
  3. oh, usia janin 1-5 bulan sangat penting ya?
    nambah wawasan…. bermanfaat.
    thank you for sharing

    BalasHapus
  4. Mantapp...trims banget dikasih ilmu mbak hehe, mumpung belum nikah hehe

    BalasHapus
  5. Awal2 kehamilan dikatakan saat2 yg menentukan tumbuh kembang janin sampai pembentukan organ2 tubuh sehingga konsultasi ke dokter ato tenaga medis lain harus tetap dijalankan

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..