Cara Mengkompress Gambar Menggunakan Snipping Tools dan Paint - ratutips.com | Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

Latest

Senin, 18 Februari 2019

Cara Mengkompress Gambar Menggunakan Snipping Tools dan Paint

Cara Mengkompress Gambar Menggunakan Snipping Tools dan Paint

Mengkompress gambar untuk postingan di blog atau mengecilkan ukuran file gambar untuk postingan blog merupakan salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan, mengingat jika terlalu besar file gambar yang Anda masukan ke blog tentunya akan berpengaruh pada performa website Anda.

Website Anda akan menjadi loading alias lelet, bahkan page size Anda menjadi besar sehingga pengunjung tidak betah untuk singgah berlama-lama di blog Anda karena loading blog Anda semakin lama. Dengan demikian, bounce rate semakin besar yang akan berpengaruh pada menurunnya DA dan PA Anda.

Untuk menyiasati bagaimana cara mengkompress gambar secara cepat tanpa menambahkan aplikasi tambahan di laptop kesayangan Anda, ada dua cara untuk mengkompress gambar hingga beberapa puluh KB saja, yakni menggunakan aplikasi snipping tools dan aplikasi paint bawaan dari Windows. Lalu, bagaimana cara kerja kedua aplikasi tersebut?

1. Kompress Gambar Menggunakan Snipping Tools

Kompress gambar atau mengecilkan file gambar menggunakan snipping tools masih sangat sedikit orang yang tahu. Biasanya, orang akan tahu fungsi snipping tools untuk mengcapture gambar di laptop. Padahal, ada satu kegunaan snipping tools, yakni mengkompress dengan tidak sengaja sehingga file gambar akan semakin ringan namun tetap bagus dan tidak pecah.

Caranya adalah, Anda tinggal buka aplikasi snipping tools di windows Anda, kemudian buka terlebih dahulu file gambar yang akan Anda kompress, lalu Anda tinggal klik New di aplikasi snipping tools.

Dan kemudian Anda tinggal drag sebesar gambar yang akan Anda kompress. Setelah selesai, Anda save di folder baru lalu buktikan sendiri seberapa kecil file gambar Anda dari sebelum dan sesudahnya. Jika Anda masih kebingungan bagaimana cara mengkomporess gambar menggunakan snipping tools, Anda bisa cek video tutorialnya dibawah ini.

2. Kompress Gambar Menggunakan Paint

Cara mengkompress gambar tanpa melalui aplikasi yang rumit atau aplikasi tambahan lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi paint bawaan windows. Seperti yang kita ketahui bahwa aplikasi paint selalu ada di windows berapapun. Jadi Anda tidak perlu download aplikasi tambahan untuk kompress gambar.

Cara mengkompress gambar menggunakan paint sangat mudah, yakni Anda tinggal buka file gambar lewat paint, atau open with paint. Kemudian setelah gambar terbuka di aplikasi paint, Anda tinggal klik resize saja. Di tab percentage nya, Anda cukup ubah dari 100 persen menjadi berapa persen yang Anda inginkan. Contohnya menjadi 30 persen. Setelah itu klik save as dan simpan gambar baru yang sudah diperkecil dari 100 persen menjadi 30 persen.

Lalu Anda tinggal buktikan sendiri perbandingan besaran file dari awal dan setelah diresize alias dikompress di aplikasi paint. Dan dibawah ini ada tutorial perbedaan kompress picture menggunakan aplikasi snipping tools dan paint, dan mana diantara keduanya yang lebih cepat mengkompress gambar.


Sebenarnya, ada beberapa aplikasi tambahan untuk kompress picture tanpa merusak gambar, contohnya menggunakan PNG Gauntlet. Namun, Anda harus download aplikasi tersebut terlebih dahulu dan menggunakannya lebih rumit ketimbang dua aplikasi diatas. Dan ada juga cara kompress gambar secara online juga. Akan tetapi, saya hanya menuliskan dua aplikasi termudah versi saya yang bisa Anda gunakan di laptop tanpa aplikasi tambahan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

9 komentar:

  1. Tapi kalo resize pake snipping tool hasilnya jadi elek lho T.T

    BalasHapus
  2. Kalau kompres pakai itu kwalitas gambar nya gimana mbak. Apa masih tetap jernih atau jadi buram

    BalasHapus
  3. Ternyata sangat mudah ya mengkompress gambar pakai paint cukup diresize ukurannya dari 100% jadi beberapa persen..oh ya biar ngga berat ukuran gambarnya kira kira berapa KB apakah 1 MB masih terlalu besar?

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas sharing tips compress gambarnya mbak, terutama menggunakan aplikasi bawaan dari OS . Ini tips yang penting karena sering dibutuhkan untuk upload file gambar secara online yang biasanya ada batas maksimal ukuran file gambarnya, misalnya ukuran gambar maksimal 500 KB atau 100 KB.

    Di OS laptop saya (Windows 7) ada aplikasi Microsoft Picture Manager. Saya rasa ini juga salah satu aplikasi bawaan dari OS nya. Saya biasanya meng-compress gambar dengan menggunakan aplikasi itu. Semoga bisa bermanfaat juga tips tambahan saya hahaha :))

    Eh mau nanya juga mbak, ngerekam video layar komputernya pakai aplikasi apa ya mbak?

    BalasHapus
  5. perlu sekali agar blog tidak terlalu loadingnya

    BalasHapus
  6. Foto emang wajib dikompress dulu ya Teh biar blog kita loadingnya nggak lama, banyak caranya seperti yg diuraikan di artikel ini, kalau saya sendiri biasanya kirim foto lewat WhatsApp ke anak saya nnt suruh dia kirim balik

    BalasHapus
  7. Awalnya rajin kompres lama2 malash hahhaha tapi baru tau lho sis 2 ini

    BalasHapus
  8. ya saya juga kalo gk mau repot install aplikasi lain biasanya pake yg ada aja, pernah juga make msoffice image hehe

    BalasHapus
  9. Terima kasih tipsnya Ratu Tips Kakak Vika huehehe. Saya juga sering pakai Paint bawaan Windows, jadi mudah sekali. Kadang ya pakai Photoscape :D

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..