Kapan Saat yang Tepat untuk Mengunjungi Dokter Alergi Anak?

Kapan Saat yang Tepat untuk Mengunjungi Dokter Alergi Anak?
Coutesy : pixabay


Memiliki anak kecil berarti Anda harus banyak membaca dan menerima informasi-informasi seputar kesehatan karena anak kecil masih memiliki tubuh yang rentan akan sakit. Contohnya apabila terjadi kondisi dimana anak mengalami gangguan kesehatan seperti gangguan pencernaan ataupun gangguan pernafasan yang terjadi berulang terutama setelah ia mengkonsumsi atau bersentuhan dengan sesuatu, maka kemungkinan anak Anda mengalami reaksi alergi. Untuk lebih memastikan hal tersebut sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter alergi anak agar mendapatkan informasi yang jelas dan tepat.

Mungkin Anda masih ragu apakah gangguan kesehatan yang dialami anak ada hubungannya dengan kasus alergi. Berikut ini adalah beberapa informasi yang dapat Anda pergunakan sebagai dasar pengetahuan mengenai alergi:

•    Alergi dapat terjadi pada manusia tanpa mengenal batasan umur.
•    Reaksi alergi akan terus berulang apabila terkena paparan atau kontak dengan zat pencetus alergi.
•    Metode menghilangkan alergi adalah dengan mengetahui apa zat pencetus alergi tersebut.

Apabila anak Anda mengalami gejala-gejala seperti berikut ini, mungkin itulah saatnya Anda harus memeriksakannya ke dokter anak ahli alergi sehingga data dipastikan apakah putra atau putri Anda mempunyai alergi terhadap sesuatu:

•    Gangguan kulit seperti gatal, merah, bentol-bentol hingga melepuh.
•    Gangguan pencernaan meliputi mual, muntah, diare, sembelit setelah mengkonsumsi suatu zat makanan.
•    Gangguan pernafasan seperti pilek atau pernafasan tersumbat.

Gejala-gejala tersebut terus berulang pada saat anak memakan bahan makanan tertentu ataupun bersentuhan dengan suatu zat atau cuaca.

Jika anak Anda sudah mengalami gejala alergi yang berulang, meski dapat menghilang dengan sendirinya sebaiknya Anda mengajaknya untuk mengunjungi dokter alergi anak agar dapat mengetahui dan kenali alergi dengan pasti apa zat pencetus alergi yang anak Anda derita. Mengetahui zat pencetus alergi sangat penting agar anak dapat menghindari zat pencetus tersebut sehingga tidak mengalami reaksi alergi terus menerus. Pengetahuan akan alergi juga dapat menjadi bahan informasi bagi Anda dan anak Anda karena ada alergi tertentu yang diturunkan atau bersifat genetic seperti alergi zat makanan. Karenanya jangan ragu untuk mendapat informasi detail mengenai alergi jika memang diperlukan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

9 Komentar untuk "Kapan Saat yang Tepat untuk Mengunjungi Dokter Alergi Anak?"

  1. Wah tipsnya sangat bermanfaat sit, makasih ya^^

    BalasHapus
  2. ikut IBlogNetwork juga yah mba???

    BalasHapus
  3. Yang paling saya inget soal alergi ini, kalau tubuh kelelahan. Dulu sempat muncul alergi dingin, lantaran badan terlalu capek banyak begadang. Sekarang malah kapok gak mau begadang lagi. Ingat sayang badan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sayangilah badan.. kalau gejala alergi muncul, dicoba konsultasikan pada dokter alergi agar semua penyakit dapat teratasi.

      Terimakasih dan semoga bermanfaat :)

      Hapus
  4. Mengenali alergi memang penting sekali ya supaya nggak salah diagnosa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mbk.. Semangt untuk mencegah alergi mbak 😊

      Hapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel