Hindari 5 Hal Ini Bisa Membuat Anda Tidur Nyenyak Saat di Pesawat ! - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Selasa, 04 Juli 2017

Hindari 5 Hal Ini Bisa Membuat Anda Tidur Nyenyak Saat di Pesawat !


Beberapa orang diantara Anda pasti sering memanfaatkan waktu perjalanan di pesawat dengan tidur. Namun, ada juga beberapa penumpang yang justru sulit untuk tidur di pesawat.

Wah, kira-kira kenapa ya Anda tidak bisa tidur saat berada di pesawat? Mungkin secara tidak sadar, Anda telah melakukan empat hal seperti berikut ini.

Hindari 5 Hal ini Bisa Membuat Anda Tidur Nyenyak Saat di Pesawat !

Minum Kopi

Minum kopi jadi hal pertama yang sebaiknya Anda hindari saat berada di pesawat terbang. Karena dengan meminum kopi, hal tersebut justru akan  membuat mata Anda terjaga dan membuat Anda susah tidur. Jadi, saat pramugari menanyakan pesanan minum, tahanlah keinginan Anda untuk menyeruput nikmatnya segelas kopi.



Godaan minum kopi memang susah banget ditolak bagi si penyuka kopi, terlebih lagi jika ada penumpang  lain yang memesan kopi dan aroma kopi tersebut tercium oleh Anda. Pastinya membuat Anda sulit untuk menolak nikmatnya segelas kopi.

Tahukah Anda? Bahwa faktanya kopi dapat membuat Anda sulit tidur memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Satu gelas kopi bisa mengandung 95 miligram kafein. Tetapi sangat mengherankan ketika melihat banyak penumpang yang memesan kopi, bahkan saat mereka ingin tidur. Jadi, intinya janganlah meminum kopi saat Anda mendambakan tidur di pesawat.


Lalu minuman apa sih yang tepat yang mampu membuat Anda tidur berkualitas?
  1. Pesanlah air bersuhu normal, seperti teh herbal, atau susu hangat. Hati-hati dengan tawaran teh celup karena teh dapat mengandung 55 miligram kafein.
  2. Hindari juga minuman bersoda dan cokelat yang akan mencekoki Anda dengan kafein dan gula. Hmm, mau tidur aja susah ya!

Stop! Memandangi Layar Gadget

Hayo Anda pasti sering kelamaan memandangi handphone. Terjebak pada layar gadget merupakan kesalahan kecil yang sadar atau tidak sadar sering Anda lakukan.

Layar smartphone, tablet, dan laptop memancarkan cahaya biru yang mengganggu hormon tidur tubuh. Berdasarkan data yang dilansir dari berbagai situs, berikut ulasannya mengapa Anda tidak diperkenankan untuk terus-menerus memandangi layar gadget :

“Sejatinya, cahaya biru mengganggu produksi melatonin di otak kita,” kata Director of Behavioral Sleep Medicine di New York’s Montefiore Health System, Shelby Harris.

“Melatonin membuat kita mengantuk, tapi perlu situasi gelap agar berfungsi. Dan cahaya biru mengurangi melatonin lebih kuat dari cahaya putih biasa,” tambahnya.

Jika Anda tidak dapat menenangkan pikiran Anda, cobalah membaca buku.

“Membaca saat terbang adalah salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan agar bisa tidur,” kata Pengarang Clinical Psychologists and Wellness, Ben Michaelis.

“Itu (membaca) membantu mengistirahatkan pikiran Anda, dan membuat Anda merasa santai dan menjauhkan Anda dari keramaian dan kesibukan perjalanan.”



Tanpa Persiapan

Jangan harap Anda dapat tidur nyenyak dan berkualitas tanpa membawa peralatan yang tepat.
“Sebelum terbang, bawa seperangkat alat tidur kecil dan masukkan dalam tas punggung Anda,” rekomendasi Pakar Tidur Bersertifikasi dan Pendiri Situs Good Night Sleep, Alanna McGinn.

“Penutup telinga dan penutup mata bisa membantu mengurangi gangguan,” tambahnya.

Pakar lainnya menyarankan bawa headphone peredam suara, kaus kaki tebal, dan bantal leher (beberapa lebih suka menggunakannya di bawah dagu daripada di belakang leher), selimut, sikat gigi dan pasta gigi, dan tempat soft-lens Anda jika diperlukan.

Jika Anda tak memiliki penutup mata, kacamata hitam bisa digunakan sekaligus berfungsi sebagai tanda: "Jangan ganggu!”


Salah Pilih Tempat Duduk

Jika Anda terjebak di kursi tengah di antara dua orang asing, maka tentunya Anda hampir mustahil bisa tidur dengan nyenyak.

Mengapa demikian? Misalkan, Anda berada di sisi luar, Anda akan terus terbangun karena teman sebangku Anda perlu pergi ke toilet atau saat pramugari harus memberikan pelayanan pada mereka.

Posisi duduk yang paling enak jika terjebak diantara dua orang asing adalah posisi duduk di dekat jendela.  Anda akan mendapatkan dinding untuk bersandar, jendela yang dapat ditutup, dan kemewahan dari kesendirian.

Meski ada posisi duduk yang terbaik atau tidak. Intinya gunakan sabuk pengaman. Anda bisa gunakan sabuk pengaman di atas selimut atau jaket agar pramugari tak perlu membangunkan Anda untuk memastikan Anda sudah aman.


Salah Pilih Waktu

Anda sebaiknya menghindari mengambil penerbangan ketika mata Anda masih segar dan terjaga.
Jadi sebelum Anda cari tiket pesawat promo ada baiknya memilih waktu penerbangan yang tepat.

Penerbangan pagi buta adalah pilihan yang tepat selama Anda tak mengonsumsi kopi. Atau Anda dapat memilih penerbangan yang mendarat tepat saat waktu tidur.



Kesimpulan

Jadi Anda sudah tahu kan hal apa saja yang harus Anda hindari saat berada di pesawat terbang agar bisa mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas?

Nah, buat Anda yang bingung cari tiket pesawat dan cari hotel dengan harga terbaik dimana, temukan di Reservasi.com. Diskon tiket pesawat dan hotelnya hingga Rp1 Juta lho.

12 komentar:

  1. He..he..
    Sering banget ketiduran, apalagi posisi kursi dekat jendela pesawat. Walau pun sudah minum kopi, ternyata serangan ngantuk lebih kuat he..he..

    BalasHapus
  2. kalo diperjalanan jarang tidur..apalagi kalo cuma sejam atau dua jam..., rasanya rugi gak menikmati..heheheh

    BalasHapus
  3. Jadi pengen naik pesawat deh liburan ke luar kota heheh tfs ya sis

    BalasHapus
  4. mau gampang tidur di pesawat? terbanglah sesuai dengan waktu tidur kalian, alhasil akan mudah tertidur :) semoga bermanfaat..
    Main juga mba ke artikel baru saya : Pantai indah di Thailand

    BalasHapus
  5. Wah..kalau menghidari kopi sepertinya masih bisa teh, walaupun kopi sudah kesukaan dan teman akrab untuk segala aktifitas saya, yupss memanfaatkan waktu buat tidur saat diperjalanan juga perlu setelah pesawat lepas landing..

    Ngomong2 mbak admin orang sunda ya...

    BalasHapus
  6. Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir batin teh, terlambat gak masalahkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik terlambat kata orang daripada tidak sama sekali,,,wkwkwk eh aku kok gini ya ceramahin orang padahal anak ingusan bau kencur,,hihi

      Hapus
  7. tipsnya bener banget. nambah satu lagi dari pengalaman; mudah2an dapet temen di samping tempat duduk yang ga banyak ngobrol. biar tidur nyenyak selama perjalanan :)

    BalasHapus
  8. Wah.. jarang naek pesawat... tapi thanks tipsnya, beberapa bisa diterapkan di atas ranjang pas mau tidur..

    BalasHapus
  9. Kalo saya lebih udah tidur baik itu naik pesawat atau naik kendaraan lain, tapi tidurnya pu tidur ayam. Berarti kalo seperti itu sarannya kebalik ya hehe, minumlah kopi

    BalasHapus
  10. tergantung jarak penerbangannya mbak, kalau bentar, takutnya kebablasan tidur nya , hehehe.

    eh mbak, tema blog standar ya ?

    BalasHapus
  11. Ini bermanfaat sekali, bagiku yang belum pernah naik pesawat. Karena belum ada keperluan..hehe
    Setidaknya nanti kalau naik pesawat bisa dihindari ke-5 hal ini..

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..