Menyapih Anak Akan Sukses dengan 3 Trik Ini



Menyapih anak merupakan suatu kondisi pada ibu menyusui dimana ia akan memberhentikan pemberian air susu ibu alias ASI kepada bayinya yang sudah berusia 2 tahun.


Biasanya, hal ini akan terjadi sangat dramatisir. Karena Anda selain akan kewalahan memberikan pengertian kepada anak untuk tidak menyusui lagi. Juga Anda pun akan kesakitan jika langsung menyapih anak secara tiba-tiba.


Lantas, bagaimana cara menyapih anak agar sukses dan ibu nya pun minim dari terjadinya pembengkakan akibat menyapih secara tiba-tiba?


Yuk simak artikel ratutips untuk mengetahui lebih lanjut mengenai 3 trik ini.


1. Pengertian Pada Anak : Mulai Usia Anak 18 Bulan dan Pengalihan Perhatian

Melakukan pendekatan pada anak dan pengertian merupakan satu satunya cara terbaik agar anak Anda bisa berhenti menyusui dengan ikhlas dan no drama.


Akan tetapi, ada dari sebagian ibu yang kewalahan ketika anaknya sulit lepas dari menyusui walaupun berbagai cara dilakukan.


Banyak yang memberikan berbagai jenis daun untuk membuat rasa asi menjadi pahit sehingga bayi menjadi enggan menyusu.


Bahkan beberapa ibu berhasil menyapih dengan mencoret coret payudara menggunakan lipstick agar anak takut menyusu.


Semua cara bisa Anda lakukan tergantung dari kondisi Anda beserta anak Anda. Jika cara pertama sulit dilakukan, tentu cara lain pun bisa dilakukan dan terbukti ampuh membuat anak tidak lagi mau menyusu.


Selain cara diatas, mengurangi intensitas menyusui dengan pengalihan terbukti dapat mengurangi frekuensi menyusui. Anda bisa mengalihkan perhatiannya dengan mengajak bermain ketika bayi meminta asi. Atau memberi susu kotak untuk membuat anak lupa untuk menyusu asi.


2. Menyapih Anak : Dikompress Air Dingin

Ada beberapa artikel yang menyarankan untuk menyapih anak tanpa bengkak dengan dikompress menggunakan air hangat. 


Namun ada juga yang menyarankan untuk kompress air dingin untuk mengurangi pembengkakan.


Tentu kedua hal ini tidak ada yang salah, namun tentu hasilnya berbeda.


Jika Anda mengompress payudara menggunakan air hangat, payudara biasanya akan semakin membesar dan produksi asi akan meningkat.


Kompress air hangat pun membantu payudara agar tidak sakit. Namun, kompress hangat pun bisa membantu menyapih anak dengan mengeluarkan sisa air asi ketika sedang dikompress.


Biasanya air sisa asi yang tersisa akan keluar begitu saja tanpa perlu Anda pumping. Namun biasanya payudara akan sembuh sendiri dan tidak mmproduksi asi dengan durasi yang agak lama.


Bisa hingga 2 minggu semenjak Anda menyapih anak.


Cara kedua adalah dengan mengompress payudara dengan air dingin. Hal ini bertujuan agar payudara tidak membengkak dan menghambat produksi asi.


Tapi hal ini bisa membuat beberapa ibu mengalami gejala mastitis. Namun, hampir 90 persen cara ini berhasil asal Anda menyapih anak secara bertahap agar produksi asi secara alami mengalami penurunan.


Anda pun bisa memasukan daun kol kedalam frezeer hingga dingin. Lalu, tempelkan seperti bra payudara agar payudara cepat mengecil dan tidak memproduksi asi lagi.


3. Menyapih Anak Paling Sukses, Menggunakan Daun Kacang Panjang

Jika cara kedua sangat sulit dilakukan dan payudara masih bengkak dan tidak kunjung sembuh.

Menggunakan daun kacang panjang menjadi solusi terbaik bagi Anda yang menyapih secara mendadak.

Anda bisa praktekan hal ini setelah menyapih anak di hari pertama.

Caranya adalah, tumbuk belasan daun kacang panjang hingga keluar airnya. Lalu balurkan air daun beserta daunnya pada payudara Anda dan tunggu 10 hingga 30 menit sampai kering sendiri.

Bilas payudara menggunakan air dingin. Perlu diketahui bahwa tidak disarankan membilas menggunakan air hangat karena akan memicu pembengkakan lagi.

Lakukan hal tersebut tiga kali sehari dalam periode 3 hari. Lalu, lihat hasilnya. Sebagai informasi, penulis akhirnya melakukan cara ini ketika dalam kurun 1  minggu payudara tak kunjung mengecil dan tetap bengkak.

Akhirnya setelah 3 hari berturut-turut payudara akhirnya mengecil dengan sendirinya.

Anda bisa memesan daun kacang panjang di toko daun daunan yang ada di pasar. Biasanya, Anda bisa menemukan dengan mudah atau memesannya.

Kesimpulan

Sekian tiga trik menyapih asi tanpa drama dan paling mudah dilakukan. Jika Anda ingin mencoba cara paling mujarab.

Point ketiga adalah solusinya. Namun jika Anda ingin menyapih secara alami, coba saja untuk membiarkan payudara secara alami agar sembuh sendiri.

Namun pastikan sebelumnya Anda sudah melakukan penyapihan secara terencana untuk menghindari pembengkakan pada payudara atau meminimalisir terjadinya mastitis.

Ketika penyapihan dilakukan, pastikan juga Anda menggunakan bh yang didalamnya ditambahkan handuk tipis untuk menyerap asi yang keluar ketika Anda menyapih anak.

Semoga dengan cara diatas, Anda bisa sehat dan sukses menyapih anak dengan cara paling mudah dilakukan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Komentar untuk "Menyapih Anak Akan Sukses dengan 3 Trik Ini"

  1. Wah makasih banyak mami, ini berguna banget kalau tiba saatnya aku buat nyapih baby A nanti, sekarang masih semangat mengASIhi hehhee

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel