Bibir Bayi Bunda Kering? Ini Solusi Cara Mengatasi Bibir Kering - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Rabu, 07 November 2018

Bibir Bayi Bunda Kering? Ini Solusi Cara Mengatasi Bibir Kering

Bibir Bayi Bunda Kering? Ini Solusi Cara Mengatasi Bibir Kering

Salah satu masalah umum yang kerap kali dialami bayi baru lahir adalah bibir kering atau pecah-pecah. Masalah ini memang bukan sesuatu yang serius, tapi bisa jadi membuat Bunda merasa tidak nyaman saat bayi menyusu di payudara. Lalu, adakah cara mengatasi bibir kering yang aman pada bayi?

Kenali Penyebab Bibir Kering Pada Bayi Anda

Ada beberapa penyebab bibir bayi baru lahir  terlihat kering. Faktor kebiasaan bayi, kurangnya asupan minum ASI, dan juga faktor lingkungan memengaruhi kelembaban bibir bayi. Salah satu penyebab utama bibir kering pada bayi adalah karena bayi mengalami dehidrasi.

Bayi baru lahir bisa saja kurang menerima asupan ASI karena ASI bunda belum banyak keluar dari payudara. Terutama pada hari-hari awal setelah kelahiran sang bayi. Kurangnya asupan vitamin tertentu pada bayi juga dapat menyebabkan bibir bayi kering atau pecah-pecah.

Kondisi cuaca juga sangat berpengaruh pada kelembaban kulit bayi. Cuaca yang panas dan kering makin memperburuk kondisi bibir kering pada bayi. Hilangnya kelembaban kulit, menjadi faktor utama yang menyebabkan bibir buah hati Bunda menjadi kering.

Selain itu, perhatikan apakah bayi Bunda memiliki kebiasaan menjilati bibirnya. Bila iya,  maka bisa jadi itu salah satu faktor yang membuat bibir bayi tambah kering. Bibir kering pada bayi memang bukan salah satu kondisi yang harus terlalu dikhawatirkan. Tapi hal ini bisa jadi penyebab adanya masalah kesehatan pada bayi Bunda jika kondisi bibir kering terus terjadi dalam waktu cukup lama.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Bibir Kering Pada Bayi?

Bibir kering pada bayi tidak hanya membuat bayi tidak nyaman, tapi juga Bunda. Salah satu cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi bibir kering pada bayi adalah dengan mengoleskan ASI pada bibir bayi dengan menggunakan jari Bunda. ASI dipercaya tidak hanya dapat memberikan kelembapan ke bibir bayi Bunda, tapi juga mencegah terjadinya  infeksi pada bibir bayi yang pecah-pecah.

Selain itu, Bunda juga bisa mengoleskan minyak kelapa murni (VCO) ke bibir bayi. Minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat yang juga terkandung dalam ASI. Selain untuk mengatasi bibir kering pada bayi, VCO juga dapat meredakan rasa perih, nyeri, atau sakit setelah menyusui bayi, Bunda bisa mengoleskan minyak kelapa pada puting payudara.

Lalu, Bagaimana Pencegahannya?

Selain mengobati, pencegahan juga perlu dilakukan agar bibir bayi tidak terus kering. Hal pertama yang harus Bunda lakukan adalah memastikan bayi mendapatkan asupan ASI yang cukup. Semakin sering bayi menyusu, semakin banyak juga ASI yang diproduksi payudara Bunda. Selain mengatasi bibir kering, hal ini dapat mendorong kelancaran pemberian ASI ke bayi.

Kelembapan ruangan juga perlu dipastikan tidak terlalu kering dan dijaga. Usahakan suhu di dalam rumah Bunda tidak terlalu kering dan panas. Hal ini dapat menjaga kelembapan kulit dan bibir bayi. Jika bayi harus keluar rumah di saat cuaca sedang terik atau berangin, selalu lindungi wajah bayi dengan kain yang ringan agar angin atau panas tidak langsung mengenai wajah bayi.

Memang untuk mengatasi bibir kering pada bayi berbeda dengan cara mengatasi bibir kering pada orang dewasa. Pada bayi, kita butuh perhatian khusus sebab bayi pada dasarnya belum bisa mengkonsumsi makanan yang beragam. Beda dengan orang dewasa. Walau demikian, bibir kering bukanlah sesuatu yang berbahaya bila kita tangani dengan baik.

1 komentar:

  1. Bagusnya pakai minyak kelapa hijau atau kelapa yg kuning mbak ?

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..