Apa Saja Kekurangan Gojek Online? Berikut Penjelasannya

Apa Saja Kekurangan Gojek Online? Berikut Penjelasannya

Gojek Online - Saat ini, sudah banyak sekali yang menjadi pelanggan setia dari layanan Gojek online sebagai sarana kemudahan di bidang transportasi. Jelas saja, sebab kehadiran jasa Gojek ini memberikan banyak keunggulan jika dibandingkan dengan memanfaatkan jasa ojek pengkolan yang telah ada sejak jaman dahulu.

Mulai dari kemudahan mendapatkan dan menggunakan aplikasi, cepat, tarif yang murah, nyaman dan juga lebih aman dari risiko terjadinya penipuan dari pengemudi. Hal ini dikarenakan histori perjalanan akan terekam dan menjadi catatan yang bisa menjadi barang bukti saat terjadi penyimpangan atau sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Namun tahukah Anda masih ada beberapa kekurangan yang dimiliki Gojek online ini. Apa sajakah itu? Berikut ini ratutips akan menjabarkan 9 daftar kekurangan menggunakan Gojek online yang wajib Anda tahu.

1. Pengemudi Tidak Selalu Profesional

Pada dasarnya, kesempatan menjadi pengemudi Gojek online terbuka bagi siapa saja. Baik laki-laki maupun wanita, tua ataupun muda, berparas bagus ataupun biasa saja. Termasuk Anda juga bisa mendaftarkan diri sebagai pengemudi Gojek online.

Tentunya Anda tahu, setiap orang memiliki gayanya masing-masing, mulai dari potongan rambut, cara berpakaian sampai cara bersikap dan bertutur kata.

Mengingat hal ini, tentulah setiap orang memiliki kualitas pelayanan yang berbeda terhadap konsumennya, seperti para pengemudi Gojek online ini.

Anda tidak bisa selalu mengharapkan pelayanan prima dari pengemudi Gojek, baik dari segi kerapian pakaian, aroma pakaian yang wangi, sikap dan bahasa terhadap konsumen. Meski sudah dilakukan proses seleksi pengemudi, namun tetap saja semuanya tidak bisa disamaratakan kalau berbicara urusan sikap dan sifat. Karena itu kodrati dari watak atau karakter dari masing-masing orang.

Pelayanan bisa menjadi sangat bervariasi antara pengemudi Gojek online yang satu dengan yang lainnya. Meski proses seleksi sudah dilakukan semaksimal mungkin mungkin mendapatkan calon pengemudi yang professional dan berkualitas. Namun tentunya tidak semua rencana berjalan dengan sempurna.

2. Motivasi Pengemudi yang Berbeda dalam Bergabung dengan Layanan Gojek

Setiap pengemudi memiliki tujuan dan motivasi yang beragam, dengan berbagai alasan untuk mendaftarkan diri sebagai pengemudi Gojek online.

Bahkan bisa juga yang mendaftarkan diri sebagai driver tidak biasa menjadi supir. Namun karena tertarik untuk mengais rezeki melalui aplikasi ini tanpa berfikir panjang langsung mendaftarkan diri.

Tentunya orang yang belum biasa menyetir akan memberikan layanan kualitas yang berbeda, jika dibandingkan dengan orang yang memang sudah kesehariannya berprofesi sebagai tukang ojek.

3. Tidak Semua Driver Paham Jalanan Ibukota

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tidak semua orang yang mendaftar sebagai Gojek online memang sudah pernah menjadi tukang ojek.

Kebanyakan orang yang berprofesi sebagai tukang ojek akan lebih paham jalan daripada driver yang belum terbiasa.

Sebagian pengemudi hanya mengandalkan aplikasi yang menuntun kemana arah yang harus dituju secara bertahap hingga sampai ke lokasi yang dituju. Padahal Anda sebagai penumpang terkadang lebih paham jalan mana yang harus dilewati untuk sampai ke tujuan Anda.

Sehingga biasanya hal ini akan cukup memakan waktu yang lama dan sampai ditujuan pun agak sedikit terhambat karena driver tidak tahu jalanan ibukota.

Tipsnya adalah Anda bisa memberitahu jalan mana yang cepat. Anda pasti akan tahu dan paham driver yang Anda tumpangi apakah ia hafal jalan atau tidak. Anda bisa menanyakan langsung.

Jika driver gojek online yang Anda order tidak tahu mengenai jalan, Anda bisa mengarahkannya agar Anda pun tetap mendapatkan efisien waktu dan tidak banyak waktu yang terbuang sia-sia dijalan karena mengitari jalan yang salah.

4. Kendala Teknis Aplikasi

Setiap aplikasi tentunya terkadang mengalami gangguan server maupun terkendala oleh jaringan internet bagi aplikasi yang membutuhkan koneksi ke jaringan internet. Tidak terkecuali aplikasi Gojek online juga memiliki risiko tersebut.

Ketika server sedang bermasalah atau sedang mengalami down, biasanya akan sedikit menghambat kebutuhan Anda menggunakan jasa Gojek online ini.

Sama halnya ketika Anda berada pada lokasi yang memiliki kelemahan jaringan internet, tentunya akan sangat kesulitan untuk terhubung ke jaringan dan melakukan pemesanan Gojek Online tersebut.

5. Tantangan dari Ojek Konvensional

Tidak dapat dipungkiri, sebagian besar masyarakat merasa senang dengan kehadiran Gojek online. Namun ada beberapa pihak yang sampai saat ini tidak suka atau bahkan menentang kehadiran Gojek online. Salah satunya adalah dari para tukang ojek pengkolan.

Jelas saja, dengan hadirnya layanan Gojek online yang dinilai lebih mudah dan murah akan bersaing dengan ojek pengkolan yang masih menggunakan sistem jaman dulu dimana calon penumpang harus datang ke pangkalan secara langsung untuk mendapatkan layanan.

Berbeda dengan layanan Gojek online yang bisa Anda lakukan setiap saat, kapan saja dan dimana saja hanya dengan memanfaatkan aplikasi dan jaringan internet menggunakan ponsel pribadi. Lalu mamang gojek dengan sigap akan menjemput Anda di lokasi tujuan tanpa perlu Anda jalan kaki ke pangkalan lagi seperti yang dilakukan jaman dahulu.

Perbedaan ini tentunya membuat sebagian tukang ojek pengkolan merasa tersaingi dan dirugikan oleh kehadiran Gojek online tersebut.

Namun saat ini sepertinya ojek pengkolan sudah bisa mulai menerima kehadiran gojek online. Hanya ada di beberapa daerah saja yang masih awam mengenai gojek online ini.

6. Tidak Bisa Memilih Driver

Bagi Anda yang suka pilih-pilih dalam menggunakan jasa ojek, di dalam layanan Gojek online Anda tidak bisa berbuat demikian. Anda tidak bisa memilih driver mana yang Anda pesan untuk menjemput.

Aplikasi gojek online hanya menyediakan informasi mengenai tarif ataupun informasi keberadaan ada atau tidaknya Gojek online di sekitar Anda.

7. Tidak Bisa Pindah Tujuan

Tidak seperti memanfaatkan jasa ojek pengkolan yang bebas Anda suruh untuk putar arah atau mengubah tujuan di tengah-tengah perjalanan sesuka hati. Dalam menggunakan jasa Gojek online tidak bisa mengubah tujuan sesuka hati Anda.

Ketika Anda sudah di atas motor pengemudi Gojek yang dipesan, maka Anda akan diantar kemana lokasi yang sudah dipesan sebelumnya. Meskipun di tengah perjalanan memiliki minat untuk menuju ke tujuan lain ataupun beberapa hal seperti panggilan mendadak untuk menuju ke tempat lain, Anda tetap tidak bisa menyuruh pengemudi Gojek untuk berputar arah sesuka hati.

Sebab aplikasi ini mencatat histori perjalanan Anda hingga sampai ke lokasi tujuan. Jika pengemudi langsung saja menuruti kemauan penumpang untuk menuju arah yang berbeda dari tujuan yang sudah dipesan sebelumnya berarti pengemudi Gojek online ini telah menyalahi aturan yang berlaku.

8. Data Pribadi Tersebar

Ketika Anda ingin memanfaatkan layanan aplikasi transportasi online maka aplikasi akan meminta Anda untuk memasukan data diri, sebut saja nomor ponsel. Nomor inilah yang akan digunakan driver untuk menghubungi Anda sebagai calon penumpang. Secara langsung pengemudi akan memiliki nomor ponsel Anda.

Pengemudi yang tidak sportif bisa memanfaatkan nomor ponsel yang Anda masukan dengan tujuan pemesanan layanan Gojek online saja bisa saja driver menghubungi Anda di lain waktu dalam keperluan yang berbeda di luar kebutuhan layanan Gojek online. Seperti yang Anda tahu, saat ini banyak terjadi modus tujuan yang jauh dari perkiraan pada umumnya.

Tujuan awal mengisi nomor ponsel pada aplikasi untuk keperluan transportasi saja bisa menyimpang ke dalam bentuk lain. Tentunya hal ini dapat merugikan Anda.

Sebaiknya, Anda harus lebih berhati-hati jika sikap dan cara bahasa pengemudi selama perjalanan mengajak Anda berbincang terdengar aneh dan tidak umum.

9. Tidak Semua Tempat Menyediakan Jasa Gojek 

Tidak semua tempat memiliki layanan Gojek online ini, sebut saja daerah pedesaan atau daerah terpencil. Jika di daerah perkotaan para pengemudi Gojek online sudah tersebar secara merata ke berbagai penjuru kota, namun daerah pedesaan masih jarang ditemui layanan Gojek tersebut.

Dibalik adanya beberapa kekurangan dari jasa layanan gojek ini, tentunya ada juga 10 daftar keunggulan layanan gojek ketimbang layanan transportasi lainnya. Karena setiap aplikasi atau layanan pasti ada kekurangan dan kelebihannya.

Jika Anda penggemar gocar atau grabcar, Anda wajib baca artikel mengenai 5 keunggulan gocar dan grabcar, mana yang terbaik dan termurah. Sehingga Anda bisa membandingkan keunggulan diantara keduanya. Agar Anda bisa memutuskan mana layanan perjalanan terbaik untuk aktivitas sehari-hari Anda.

Sudah tahu kan apa saja risiko dan kekurangan menggunakan layanan Gojek online ini? Dengan mengetahui beberapa informasi risiko Gojek online di atas bisa menjadikan Anda lebih berhati-hati ketika memanfaatkan jasa Gojek online ini.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui kekurangan dari layanan gojek online ini. Untuk Anda yang sering pesan makanan, Anda wajib baca artikel mengenai keunggulan gofood versus grabfood beserta perbandingan harga dan diskonnya.

Dengan mengetahui perbandingan mana yang lebih murah, tentunya Anda akan lebih hemat dalam penggunaan layanan transportasi ini. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Jika bermanfaat, silahkan Anda share.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

14 Komentar untuk "Apa Saja Kekurangan Gojek Online? Berikut Penjelasannya"

  1. Memilih driver tentu bagian dari kenyamanan ya, Mbak, tapi sayangnya ga bisa milih, hehe...

    BalasHapus
  2. di tempat saya kayaknya belum ada Ojek Online Mbak, kalau ada biasanya bakal kena oceh ojek Pengkolan, hahahha......

    BalasHapus
    Balasan
    1. balas sendiri ahh.... :)

      Hapus
    2. wkwwkwk.. desperate gitu kang Nata

      Hapus
    3. namun keuntungannya masih lebih banyak mba

      Hapus
  3. Terimakasih panduannya memilih layanan transportasi onlinenya, kak Vika.

    BalasHapus
  4. Saya banyak ngeliat kemudahannya aja, kesulitannya jarang sih, pokoknya merasa terbantu banget dengn adanya ojek online :)

    BalasHapus
  5. Semoga, kedepan layanan ojek online semakin baik lagi. Karena diakui atau tidak ojek online ini sangatlah diperlukan untuk mobilitas kita. Untuk point no 1 saya pernah mengalami, punya pengalaman gak enak terhadap salah seorang driver. Tapi ya itu tidak membuat kapok kalau mendesak kemana2 tetep pakai ojek online..ini menjadio bukti bahwa ojek online sudah menjadi bagian dari hidup kita dan sulit untuk dipisahkan dari keseharian

    BalasHapus
  6. Keamanan data pengguna, itu sih yg harus diwaspadai gojek, poin no 8 diatas salah satu isu yg bisa muncul terkait keamanan data pengguna ... Karena yaa seolah secara tidak sadar kita "dipaksa" (dalam tanda kutip, untuk memberikan no hp ...

    Terutama cewek sih, bahaya kalo jd sasaran modus hahaha

    BalasHapus
  7. Walaupun masih banyak kekurangannya, aku tetep lebih prefer naik ojek online daripada ojek pangkalan mom, lebih nyaman dan praktis dari segi apapun hahaa

    BalasHapus
  8. Kalo pas dapat driver yang tidak menguasai jalanan repot juga.

    BalasHapus
  9. saya belum pernah nikmati ojek online cuma ojek biiasa

    BalasHapus
  10. utk tidak paham jalan mungkin sdh teratasi dgn maps mbak, tapi kalo mau cpt dan konsumen jg tau jalan mungkin bsa bantu nunjukin jalan yg cepet hehe.

    BalasHapus
  11. sha pernah tuh, dapetnya mobil apa terus yang dateng mobil dan platnya beda (kan serem yaaa)

    terus pernah juga drivernya linglung gatau jalan, yang mana sha juga gatau jalannya hahahaha

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel