10 Tips Membangun Rumah Minimalis yang Nyaman dan Mudah Dilakukan

Tidak semua orang menyukai desain rumah yang besar dan luas, banyak di antaranya lebih suka dengan desain rumah minimalis yang terlihat lebih simpel dan unik. Apalagi bagi yang persediaan lahannya tidak terlalu luas, tentunya desain rumah minimalis menjadi pilihan tepat dan cerdas.

Nah, bagi Anda yang ingin membangun rumah minimalis impian dengan ukuran kecil namun tetap nyaman, berikut 10 tips membangun rumah minimalis yang perlu Anda tahu.

1. Tentukan Konsep Rumah

10 Tips Membangun Rumah Minimalis yang Nyaman dan Mudah Dilakukan

Sebelum membangun rumah idaman Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan konsep rumah minimalis yang akan Anda bangun. Hal ini akan berkaitan dengan apa saja kebutuhan yang harus dipersiapkan untuk membangun rumah, seperti material yang digunakan, ukuran ruangan, hingga bagian finishing bangunan.

Hal ini harusnya dikonsep secara matang sebelum membangun rumah agar terjadi kesesuaian antara harapan dengan hasil akhir rumah Anda. Tentunya sesuaikan juga dengan budget yang Anda miliki.

Jangan paksakan membuat konsep yang terlalu tinggi namun tidak sesuai dengan budget Anda.
Sebaiknya dalam membangun rumah minimalis ini, jangan sampai terjadi perubahan konsep ataupun merubah desain ketika sudah dalam pembangunan kecuali demi keamanan bangunan.

Sebab, perubahan desain ataupun konsep di tengah pembangunan rumah minimalis dapat mempengaruhi kesiapan budget Anda.

2. Tentukan Pengukuran dengan Seksama

Tips kedua yang perlu Anda tahu sebelum membuat rumah minimalis adalah menentukan pengukuran dengan seksama. Pengukuran lapangan sangat penting dilakukan, sebab berkaitan banyak hal dalam proses pembangunan, seperti ukuran ruang yang akan dibangun sesuai fungsinya, ukuran elemen-elemen yang ada di dalam ruang beserta penempatannya seperti jendela, pintu, kaca, kusen dan sebagainya.

3. Membagi Area Bangunan dan Disesuaikan dengan Ketinggian Tanah

Sebelum pembangunan dilakukan, perhatikan juga ketinggian tanah yang akan menjadi lokasi bangunan. Hal ini diperuntukkan bagi Anda yang memiliki lokasi bangunan dengan elevasi ketinggian yang berbeda-beda.

Dalam kondisi seperti ini, Anda perlu membuat perencanaan pembagian lokasi menjadi beberapa bagian agar dapat dibuat sarana pendukung seperti tangga.

4. Tentukan Material Untuk Lantai

Saat struktur bangunan sudah mulai berdiri, hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan dalam membuat rumah minimalis yang nyaman dan menarik adalah tidak lupa juga menentukan material untuk lantai yang cocok dengan desain rumah minimalis Anda.

Interior yang satu ini sangat mempengaruhi estetika ruangan Anda nantinya. So, tidak boleh salah memilih warna ataupun kualitas yang awet dan tahan lama ya.

Dalam memilih keramik lantai pilihlah keramik yang memiliki unsur material yang kuat dan berkualitas agar tetap awet dan tahan lama. Pertimbangkan juga tentang warna dan corak lantai yang sesuai dengan desain rumah minimalis Anda. Namun tetap berpegang pada budget yang sudah disiapkan.

Anda bisa menemukan ide lain untuk material lantai, seperti penggunaan lantai vinyl agar dekorasi rumah minimalis Anda terlihat mewah. Atau dengan dekorasi lantai lain yang tak kalah indah dengan lantai vinyl atau pun marmer.

5. Tentukan Finishing Untuk Dinding yang akan Digunakan

Dalam proses ini sepertinya cukup menguras budget Anda. Maka dari itu, kebijakan sikap Anda dalam menentukan tips rumah minimalis yang kelima ini sangat diperlukan, berkaitan dengan jenis material yang akan Anda gunakan beserta finishingnya.

Apabila Anda mempersiapkan budget yang lebih, Anda bisa menggunakan bahan-bahan finishing seperti marmer, wallpaper, granit ataupun panel kayu. Namun, apabila budget yang Anda siapkan terbatas, bahan-bahan yang lebih sederhana seperti plaster dinding, beton yang expose, bata yang diekspos dan sebagainya bisa menjadi pilihan hemat yang recommended untuk rumah minimalis Anda.

Sebagai tips tambahan, ketika membuat desain rumah minimalis usahakan tidak terlalu banyak menggunakan penyekat seperti dinding masif yang cenderung dapat menyamarkan konsep rumah minimalis ini.

Selain itu, penambahan dinding masif juga akan menambah biaya. Beberapa ruang bisa disatukan keberadaannya meskipun fungsinya berbeda-beda seperti ruang tamu yang fungsinya disatukan dengan ruang keluarga. Ruang makan yang disatukan dengan dapur, kamar tidur yang disatukan dengan ruang belajar, dan masih banyak lagi beberapa ruang berbeda yang dapat disatukan.

Apabila keberadaan penyekat terpaksa harus digunakan, pakailah penyekat yang sifatnya tembus pandang seperti kaca ataupun penyekat lain yang tidak masif. Agar unsur minimalis dan unik desain rumah minimalis Anda tetap terlihat jelas dan semakin menarik.

Selain itu, meski dengan ukuran yang minimalis, ruangan terasa lebih lapang untuk digunakan.

6. Memilih Elemen Kamar Mandi Secara Satu Kesatuan

Cara menciptakan rumah minimalis dengan perencanaan yang matang dan benar tidak melupakan faktor kesatuan interiornya. Kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang memiliki banyak elemen yang tetap harus dijaga kesatuannya.

Beberapa elemen kamar mandi seperti shower, bathtub, wastafel, ataupun kloset sebaiknya memilih perpaduan bentuk, bahan maupun warna yang menyatu antara yang satu dengan lainnya. Anda bisa melihat inspirasi kamar mandi dengan gaya kontemporer yang sedang hits saat ini.

Agar walau sebenarnya ruangan kamar mandi Anda memiliki ukuran yang kecil, namun tetap nyaman digunakan dan terasa luas dengan perpaduan elemen-elemen yang tepat di dalamnya. Selain itu, ruangan ini juga akan cukup menguras budget Anda, sehingga perlu dipikirkan dengan matang dan benar.

7. Manfaatkan Ruangan Semaksimal Mungkin

Tentunya sebelum melakukan proses pembangunan rumah minimalis ini Anda sudah melakukan perencanaan yang sedetail mungkin dan serinci mungkin. Namun terkadang masih berhadapan dengan masalah teknis dan struktur bangunan yang kurang maksimal.

Dalam menghadapi persoalan seperti demikian, harus ada pemikiran cerdas dalam menata ruang agar tetap terlihat elegan dan istimewa.

Anda bisa menggunakan ruang-ruang sisa yang masih kosong dan belum terpikirkan sebelumnya untuk dijadikan sebagai ruang yang lebih bermanfaat seperti tempat lemari serbaguna, dressing table, ruang kerja kecil, ruang penyimpanan, rak buku ataupun dan rak mainan dan sebagainya.

8. Pastikan Memilih Paket Warna Cerah

Tips selanjutnya untuk membuat desain rumah minimalis yang simpel dan nyaman adalah penentuan warna cat yang akan digunakan. Sebaiknya untuk desain rumah dengan ukuran yang minimalis akan lebih cocok dengan warna-warna cerah atau warna-warna muda yang manis.

Karena warnanya yang netral akan memudahkan Anda untuk memadukannya dengan pilihan warna lain. Dampak positif lainnya juga akan membuat ruangan rumah Anda terlihat lebih luas dari ukuran yang sebenarnya kecil. Selain itu, nilai keindahan ruang juga akan langsung terlihat nyata dengan perpaduan warna-warna cerah ini.

9. Buatlah Pengeluaran Ekstra Untuk Dapur

Jika Anda sudah berkeluarga dan mempunyai anggota keluarga yang cukup banyak, dapur merupakan salah satu ruang utama yang perlu mendapat perhatian khusus. Buatlah dapur dan ruang makan Anda menjadi ruangan yang istimewa dan menarik. Karena di ruangan ini Anda akan menikmati keindahan makan bersama keluarga tercinta.

Pemilihan dan pembuatan kitchen set pun menjadi salah satu cara agar rumah minimalis Anda semakin nyaman dan enak dipandang. Untuk saat ini, pemilihan finishing kitchen set pun beragam. Anda yang menggunakan finishing HPL yang memiliki harga lebih murah.

Namun, bagi Anda yang memiliki budget lebih, penggunaan finishing cat duco pun akan menimbulkan kesan mewah pada rumah minimalis Anda.

10. Memaksimalkan Faktor Kenyamanan

Tips yang terakhir dalam membangun rumah minimalis impian adalah dengan memaksimalkan faktor kenyamanan di rumah Anda. Hal ini dilakukan setelah rumah impian Anda sudah berdiri sempurna.

Dalam memaksimalkan kenyamanan Anda bisa menambahkan aksesoris dan berbagai furniture sesuai keinginan dan kebutuhan.

Itulah 10 tips membangun rumah minimalis impian yang nyaman, mudah, dan maksimal indahnya. Dengan rumah yang nyaman, tinggal bersama keluarga tercinta akan semakin indah dan istimewa.

Anda juga bisa membaca 5 desain rumah minimalis 2 kamar bagi Anda yang memiliki rumah type 36, 39 dengan luas bangunan 60 meter atau 72 meter. Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkan space ruangan dengan lebih baik dan indah, sehingga rumah minimalis Anda akan semakin nyaman dan indah dilihat.

Nah bagi Anda yang ingin mendapatkan inspirasi desain rumah minimalis, dibawah ini ada video khusus bagi Anda yang ingin menciptakan hunian rumah minimalis.

Sehingga Anda semakin nyaman dirumah! Selamat menonton videonya hingga selesai!



Berlangganan update artikel terbaru via email:

71 Komentar untuk "10 Tips Membangun Rumah Minimalis yang Nyaman dan Mudah Dilakukan"

  1. Memilih elemen kamar mandi nih yang paling menantang, banyak pilihan dan style-nya, bisa untuk sekedar bebersih saja atau mau untk berlama2 dikamar mandi (retreat)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh kama-lama dikamar mandi ngapain tuh teh,...he-he 😂😂

      Hapus
    2. Belum update lagi nih ya mbak

      Hapus
  2. Satu lagi mbak, duit yang banyakkkk

    Jangankan bangun rumah, renovasi kamar mandi doang bisa bikin semaput kalo duitnya ngepas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaha ..
      Betul juga, yaa ..

      Memang betul, sekarang harga material dan beaya tukang udah ngga murah.
      Renov ruangan sedikit saja bisa membutuhkan dana yang ngga sedikit .

      Hapus
    2. Aku kok juga lebih cenderung menyukai rumah model minimalis dibandingkan rumah besar.

      Simple juga rasanya hangat ditempati :)

      Hapus
    3. Iya mas, tumah minimalis memang keren banget ya kelihatannya,..jadi pengen buat aja,..he-he 😁

      Hapus
    4. Iya nih, di rumah pengen renovasi kamar mandi masih belum jadi-jadi. Eh, depan kamar mandi malah bocor sekarang gara-gara abis musim hujan.

      Hapus
  3. cocok ini kak untuk pasangan yang baru membangun mahligai rumah tangga, biar bisa hidup mandiri ya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh bener bannget, jadi makin adem dah :D

      Hapus
  4. wah jadi pengen nih punya rumah sendiri, walaupun kecil sepertinya nyaman ya kak daripada tinggal di kost atau di rumah kontrakan yang harus bayar tiap bulan :D

    BalasHapus
  5. Bujet musti disesuaikan juga mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kata bang daya bajet adalah segalanya hehehe

      Hapus
  6. semua namnya minimalis tapi biayanya tetap besar bu gimana tuh

    BalasHapus
  7. bujet dan cara membayarnya benar sekali mesti dipikirin juga. dan lebih cepat lebih baik dalam hal memiliki rumah. makin lama makin mahal soalnya.

    BalasHapus
  8. Membayangkan rumah minimalis enak juga ya Teh kalau bersih2 rumah jadi nggak cape

    BalasHapus
  9. Yang paling utama adalah harus nyaman teh ya,..rumah minimalis ini identik dengan style dan gaya rumah yang trendy,..kecil tapi keren,..sangat disarankan sekali untuk kita yang low budget tapi ingin tampil dengan hunian yang terlihat elegan,..ea 😀

    BalasHapus
  10. Jaman sekarang renovasi rumah aja butuh biaya besar apalagi bangun rumah kalau ngga dipikirkan masak-masak bisa berhenti di tengah jalan

    BalasHapus
  11. Keluarga di rumah pengen banget renovasi rumah dan emang merenovasi rumah itu perlu dipikirin mateng-mateng, termasuk budget-nya karena takutnya nanti belum selesai tapi budget belum ada lagi dan bakal susah nih.

    Terima kasih Kak sharingnya...

    BalasHapus
  12. suka style rumah yg simple tapi cozy... cuma itulah.... perlukan ongkos yg banyak juga tuuuu... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak modalnya yaa buat bangun yang seperti itu

      Hapus
  13. Luas tanahku 60, saat ini masih bangunannya masih asli tipe 22, ini lagi bingung banget ngedesain buat nambah bangunan, tanahnya ga luas soalny ahahha

    BalasHapus
  14. Semoga saya ada rezeki bisa membuat rumah sendiri amin
    Nanti bs diterapkan nih tips diatas jauh jauh hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantappp nih bisa bangun rumah sendiri, semoga terwujud deh ya hhe

      Hapus
  15. kalo aku mencoba utk memanfaatkan jasa desain interior nih mbak hehe supya mereka bsa ngasih masukan. tapi rekomendasi dari blog ini oke juga :D
    smga nanti bsa bangun rumah sendiri

    BalasHapus
  16. info bagus nih,, posting juga atuh tentang tips membangun rumah tangga yang sakinah mawadah warohmah hhhhe

    BalasHapus
  17. Sedikit tips, coba bikin dulu di Minecraft, siapa tau bisa cocok dengan selera wokwokwokwoowk :D

    BalasHapus
  18. Wah cocok ini diterapkan di tempat saya yang memang suka sama yang minimalis tapi nyaman, soalnya kalau yang maksimal ribet dan harganya hem mantab

    BalasHapus
  19. Rumah minimalis merupakan rumah idaman ak banget, tidak terlalu mencolok tapi nyaman untuk ditempati :D

    BalasHapus
  20. akkk jadi pengen berumahtangga kan, mbak.. wkwkwk
    ini emg penting banget sih kl mau bikin rumah

    BalasHapus
  21. Semoga aku segera dimampukan punya rumah. Insya Allah mau bikin yang minimalis namun manis plus bermanfaat maksimal. Aamiin.

    BalasHapus
  22. Wow Incredible ideas, bisa diterapin nich untuk di rumah. Namun karena rumah kecil jadi ada beberpa part pwnting aja yang coba mau diterapin, nice idea. Makasih banyak.

    BalasHapus
  23. Pengen punya rumah bertema vintage-modern simpel minimalis. ealah ribet amat temanya

    BalasHapus
  24. saya masih bingung nih,,,saya punya tanah sempit terus mau nentuin tipe hunianya apa ya kira2 modelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangunan dibuat meninggi saja, mas Alfan.

      Aku pernah lihat tayangan di televisi tentang rumah minimalis yang dibangun di lahan sempit ... dengan kepiawaian arsitekturnya rumah imut itu hasilnya sangat menarik.
      Keren banget !

      Hapus
  25. Setuju banget nih. Kalau mau minimalis harus siap konsepnya. Karena kalau gak kesannya bisa jadi berantakan :)

    BalasHapus
  26. rumah minimalis keluarga harmonis! eaaak impian banget. hehehe

    BalasHapus
  27. Rumah desain minimalis saat ini memang sudah menjadi opsi yg menarik bagian sebagian orang.

    Banyak faktor mengapa orang memilih desain minimalis.Misalnya, karena budget yg lebih minim, lebih mudah dirawat, lebih cepat dalam pembangunannya dan mulai banyaknya inspirasi desain untuk rumah minimalis.

    Paling gampangnya kalo mau bangun rumah minimalis, ya cari inspirasi terus langsung konsultasi dengan pembangunnya.

    BalasHapus
  28. desain rumah minimalis emang selalu jadi idaman :)

    BalasHapus
  29. Ga sia-sia memang mampir kesini, karena dalam waktu dekat ini memang saya ada rencana untuk membangun rumah. disini disediakan beberapa tips membangun rumah minimalis seperti yang saya inginkan, karena sekarang jaman nya rumah yang minimalis.

    Terimakasih ya, saya mau nabung dulu buat bangun rumahnya :)

    BalasHapus
  30. saya juga punya tanah yang ga luas2 banget apalagi mentok kedepan setengah meter udah jalan umum...cocokmain kesini banyak referensi

    BalasHapus
  31. Kalau saya yang saya tentukan tanahnya dulu mbak, hehehe dah kebeli apa belum :D

    BalasHapus
  32. Rumah saya juga deisgn minimalis wong emang kecil dan type studio.
    Dan untuk permainan warna saya lebih memilih Monochrome color.
    enaknya rumah minimalis ga ribet bersih2nya.

    BalasHapus
  33. Minimalis tapi mewah,
    Minimalis tapi murah hehe

    BalasHapus
  34. Saya masih memikirkan rumah favorit seperti apa

    BalasHapus
  35. Bagus2 juga nih tips nya.., kebetulan lahan saya sangat sempit....

    BalasHapus
  36. Rumah bergaya minimalis sekarang sedang booming. Jadi pengen juga nih punya rumah minimalis..

    BalasHapus
  37. Duh jadi pengen cepet2 pindah ke komplek sebelah deh hehhe

    BalasHapus
  38. Saya sebenarnya suka rumah yang sedang aja, tidak terlalu besar karena repot mengurusnya, juga jangan terlalu kecil. Tapi biarpun kecil kalo bisa mengurus dan mengelola juga jadi bagus ya mbak.😃

    BalasHapus
  39. Wah, lama nih belum ada update terbaru, apa mbak Vika lagi sibuk ya..😄

    BalasHapus
  40. Sudah lama nggak main kesini karena kesibukan wkwk, makin sukses websitenya mbak

    BalasHapus
  41. Aduh banyak amat yak yang harus di tentukan dalam membangun rumah, hehee..

    Tapi memang bukan pekerjaan mudah sih makanya perlu perencanaan yang matang dalam membuat konsep rumah yang baik.

    Tips yang sangat useful, thanks sudah berbagi.

    BalasHapus
  42. Dengan rumah yang simple seperti ini jadi enak buat dipandang dan ditata, jadi tidak terlalu banyak barang tapi tetap mengisi ruangan yang ada.. Jadi tidak terlihat kosong dan tidak terlihat banyak barang juga, Minimaliss emang paling banyak orang menerapkannya., apalagi kayak raditya dika hehe

    BalasHapus
  43. Aku juga termasuk penyuka rumah berdesain minimalis 🙂.
    Apalagi bentuk depannya hanya berbentuk kotak simpel tanpa ada tambahan hiasan seperti pilar.

    BalasHapus
  44. Halo.
    Datang lagi aku di artikel keren ini.

    Apa kabar, kak Vika ?

    BalasHapus
  45. Kayaknya beberapa tips bisa aku pake nih. Rumahku tuh ukurannya mungil dan minimalis banget. Cuman setelah ibu diajak tinggal serumah, perabotan ibu yg gede2 pada dipindahin kerumah juga. Jadi kerasa sempit gitu. Kayaknya pengen beres2 aja tapi nunggu waktu yg tepat nih.

    BalasHapus
  46. Bagus nih buat referensi, nice post kak.

    BalasHapus
  47. Memang gak mudah ternyata memadukan desain rumah idaman bertipe minimalis, kalau cukup uang pastinya akan lebih mudah jika kita pakai jasa arsitek ya mba

    BalasHapus
  48. Seharusnya minimalis lebih memperhitungkan keuang, biar gak boncos ..

    ituu deh yang paling saya sarankan hehehe

    BalasHapus
  49. Kalo bisa penuhi 10 hal itu + banyak duid, kayaknya bakal punya istana sendiri kita, yak😅😅😂😂

    BalasHapus
  50. Kunci membangun rumah minimalis ada di furniture sebenernya. mau ukuran ruangannya kayak gimanapun, mau layoutnya macem2. asal furniturenya bisa menyesuaikan, dan kamu bisa milih furniture yang tepat dan dekorasi ruangan yang bagus, udah sih cukup banget.. apalagi kalau ada Promo Furniture murah kayak di Toko ACE Hardware

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel