Review Microlax Supp untuk Memperlancar BAB Pada Bayi - ratutips.com | Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

Latest

Kamis, 20 Desember 2018

Review Microlax Supp untuk Memperlancar BAB Pada Bayi

Review Microlax Supp untuk Memperlancar BAB Pada Bayi

Tepat di hari kemarin untuk kesekian kalinya Cassie belum juga BAB setelah 8 hari lamanya. Antara was-was sebagai ibu, saya pun merasa salah karena kurang makan berserat akhir-akhir ini. Saya merasa terlalu banyak makan protein dan karbo, sedangkan sayurannya sangatlah kurang.

Sedangkan, bayi yang diberikan ASI ekslusif wajib sang ibu makan makanan yang berserat, seperti sayuran dan buah-buahan. Jika Bunda kurang makanan berserat, pastinya akan berpengaruh pada intensitas bab pada bayi.

Saya sempat berkonsultasi dengan berbagai dokter yang praktek di rumah sakit terkenal di Bogor. Namun, memang berbeda-beda memberikan solusinya. Ada beberapa dokter yang bilang bahwa bayi asi masih aman tidak bab hingga 20 hari, namun ada juga dokter yang menyarankan agar bayi bisa bab minimal seminggu dua kali.

Saya pun sempat dibuat bingung, apakah baby C masih termasuk dalam kategori normal atau termasuk sembelit atau konstipasi. Puncaknya kemarin di tanggal 19 Desember 2018, tepat dimana ia berusia 3 bulan lebih 5 hari, ia tidak mendapati bab hingga 8 hari lamanya. Berbagai cara saya lakukan, seperti memijat perutnya, memakan buah pepaya, bahkan minum susu beruang dan yogurt agar baby C lekas bab.

Namun, semua cara tersebut tidak berpengaruh. Baby C tetap tidak pub dan tidak terlihat tanda-tanda bab. Menurut dokter, jika bayi tidak terlihat kondisi rewel dan menangis diakibatkan susah bab, itu menandakan memang bayi belum mau untuk bab. Akan tetapi sore kemarin, Baby C tumben banget menangis kencang, sedikit rewel, tidak mau menyusui dan juga perutnya terlihat membesar.

Tentunya saya sebagai orangtua agak kaget melihat baby C menangis dan terlihat tidak nyaman. Hingga pukul 8 malam pun, baby C masih menangis dan tidak mau menyusu. Akhirnya saya pun segera menelpon salah satu rs di bogor dan alhamdulilah dokternya sedang praktek hingga pukul 9 malam.

Saya langsung cus menuju rumah sakit tempat dimana dokter sedang praktek. Dengan perasaan was-was, saya coba selalu tenang dan dengan begitu baby C pun terlihat anteng dan lebih tenang, tidak menangis dan tidak rewel.

Sesampainya di rumah sakit, akhirnya baby C masuk ke ruangan dokter dan mulai diperiksa oleh dokter spesialis anak disana. Saya sebutkan keluhan baby C, lalu dokterpun cek bagian perut Cassie, cek matanya, serta bagian mulutnya.

Dan akhirnya saya tau penyebab baby C tidak bab, yakni saya yang kurang makan berserat dan kurang minum air putih. Ternyata, pada bayi yang mengkonsumsi asi ekslusif, sangat berpengaruh kesehatannya tergantung dari apa yang dimakan oleh Ibunya. Saya merasa berdosa karena terlalu jarang makan sayuran.

Saya setiap hari makan buah-buahan, dan ternyata buah-buahan saja tidak cukup. Minum pun sangat berpengaruh pada kualitas asi. Dengan terpenuhinya sayuran setiap harinya, buah-buahan, dan juga air putih sebanyak 2 liter, insya allah akan memperlancar bab pada bayi.

Akhirnya baby C diberikan Microlax Supp yang diaplikasikan melalui dubur bayi, dan juga 2 jenis obat yang diminum langsung dan dicampur dengan air putih matang. Sesampainya dirumah, saya pun langsung membuka microlax supp khusus untuk bayi dengan takaran 1/2 tub.

Caranya adalah, masukan microlax pelan-pelan, kalau bisa sih ketika bayi sedang tidur agar tidak banyak pergerakan dan bayi tidak menangis. Setelah memasukan kedalam dubur, lalu tekan tub microlax hingga terasa obatnya masuk pada dubur bayi. Setelah itu, pelan-pelan keluarkan tub microlax dengan posisi masih dipencet, agar isi microlax tetap tertinggal dalam dubur bayi. Kemudian setelah keluar, pantat bayi ditutup kembali agar cairan microlax tidak keluar lagi.

Kira-kira dalam hitungan menit, baby C terbangun sebentar dan terlihat sedang mengejan. Dan alhamdulilah, akhirnya baby C pecah telor dan bab tidak kurang dari 10 menit setelah pemberian microlax supp.

Terkadang, hal kecil seperti ini tetap harus Bunda waspadai, karena bayi tidak bisa berbicara. Mungkin dia menangis karena kesakitan sulit bab. Dan ternyata, tidak semua cara alternatif bisa dilakukan pada setiap bayi. Ketika cara alternatif sudah sangat sulit dilakukan dan tidak berpengaruh pada bayi, konsultasi pada dokter pun merupakan salah satu solusi tepat untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan dan mencegah penyakit sedari dini.

Penggunaan microlax supp sangat dianjurkan jika bayi sulit bab hingga 1 minggu lamanya. Untuk dosisnya sendiri, biasanya harus sesuai dengan intruksi dokter dan jangan gegabah dalam pemberian obat ini tanpa anjuran dokter. Biasanya, selain pemberian microlax, dokter akan memberikan obat tetes untuk memperbaiki sistem pencernaan dan suplemen yang berisi bakteri baik agar bayi bisa lancar bab.

Dan hingga saat ini, microlax supp sangat ampuh untuk membuat bayi menjadi bab. Dalam hitungan menit setelah pemakaian, baby C langsung bisa bab dan tidak rewel lagi. Untuk Anda yang mengalami hal yang sama, microlax supp sangat aman digunakan pada bayi, namun takaran dan dosisnya harus disesuaikan oleh anjuran dokter ya. Semoga bermanfaat!

7 komentar:

  1. abis bw dan baca cerita sakit perut di bromo. Sekarang baca microlax. Kok hari ini bahasannya feses semua hahaha

    BalasHapus
  2. makaish mba vika informasinya, bermanfaat sekali mba

    BalasHapus
  3. Microlax ini bisa buat orang dewasa juga mom, dulu alm.ayahku pernah pakai ini hihihi

    BalasHapus
  4. ughh kirain org dewasa aja yg pake microlax, ada buat bayi jg yah ternyata, hmm

    BalasHapus
  5. waaa, konstipasi.. enggal damang ya dede C.. Lega bgt pasti ya mom debay nya bs pup heheh... Ayo segeraaa penuh2in lagi kulkasnya sama sayur n buah hehehe. aq prnah bc memang masi normal klo debay asix ngga bab sampe 3-5hari, karena asix langsung diserap sempurna jd ngga ada yg terbuang k usus besar hehe.. tp asa khawatir ya kalau sampai smggu nggak bab, mau ga mau akhirnya konsul ke dokter...

    BalasHapus
  6. Kasihan baby C, moga2 ga terulang lagi yaa, selama mama mau nyantap sayur dan buah...untung ada microlax supp

    BalasHapus
  7. Semoga babynya baikan mba.
    Ngalamin jg dengan anak ke 3 kami, sempat langganan dengan obat itu

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..