Rekomendasi Mainan Anak Perempuan untuk Merangsang Kecerdasan Anak

Terkadang, menjadi seorang ibu baru pastinya akan menemukan banyak hal hal baru yang harus dipelajari. Mulai dari bagaimana cara membuat mpasi untuk anak, bahkan memilih mainan anak perempuan untuk merangsang kecerdasan anak.

Berbeda jika Anda sudah memiliki banyak anak, pastinya sudah memiliki pengalaman dalam memilih mainan anak yang bisa merangsang kecerdasan anak. Lalu bagaimana jika Anda baru memulai kehidupan baru menjadi new mom?

Pastinya membaca artikel ini sangat bermanfaat bagi Anda yang masih kebingungan dalam memilih mainan untuk anak perempuan. Karena mainan anak perempuan tentunya berbeda dengan mainan anak laki-laki. Dan bukan itu saja, membeli mainan pun harus jelas biaya dan juga manfaat yang akan dirasakan untuk si kecil dalam merangsang perkembangan anak perempuan Anda untuk menjadi lebih cerdas lagi.

Yuk baca artikel ratutips mengenai rekomendasi mainan anak perempuan yang terbukti dapat merangsang kecerdasan anak.

1. Buku Dongeng Anak

Rekomendasi Mainan Anak Perempuan yang Merangsang Kecerdasan Anak

Buku dongeng anak merupakan salah satu rekomendasi mainan anak perempuan yang sangat bermanfaat, mulai dari anak masih bayi hingga sudah balita.

Membiasakan diri mengenalkan buku sebagai mainan bagi anak tentunya sangat memiliki dampak baik bagi anak. Anak akan terbiasa menyukai sesuatu yang berbau buku. Bahkan, di usia golden kids ini, anak akan dibiasakan membaca buku agar sampai dewasa nanti, ia suka membaca buku dan menjadi anak yang pintar karena menyukai buku.

2. Mainan Masak Masakan

Tak jauh berbeda dengan buku dongeng anak sebagai salah satu rekomendasi mainan anak perempuan, mainan masak masakan juga bisa termasuk salah satu mainan yang dapat mengedukasi anak untuk menyukai hal yang berbau masak-masakan.

Anda bisa mengajarkan anak cara membuat sesuatu dan memasak. Sehingga ketika anak Anda cukup umur untuk mencoba memasak, ia akan menyukai hal tersebut bahkan bisa menjadi hobi baru setelah ia dewasa kelak.

Karena segala sesuatu akan dimulai selagi ia masih kecil. Jika ketika kecil ia sering diajarkan untuk memasak masakan sendiri, biasanya ia akan mencoba memasak hal hal kecil, dan kewajiban Anda sebagai ibu untuk mendampingi dan mendidiknya.

Mainan masak-masakan pun sangat mampu merangsang kecerdasan anak, membuat anak mengetahui proses bagaimana membuat masakan. Mengetahui detail dan prosesnya, sehingga ketika sudah besar ia sudah memiliki gambaran bagaimana cara memasak dan mengikuti prosesnya.

3. Mainan Lego

Rekomendasi Mainan Anak Perempuan yang Merangsang Kecerdasan Anak

Mainan ini tidak khusus ditujukan pada anak laki-laki saja, namun mainan lego ini pun bisa digunakan oleh anak perempuan lho. Bahkan pengalaman saya dahulu ketika kecil, mainan lego ini sangat menyenangkan dan tidak pernah ada kata bosan dalam merakitnya.

Karena mainan ini bisa jadi apa saja sesuai dengan kehendak si anak. Mainan lego ini terbukti dapat merangsang kreativitas anak dalam membuat sesuatu dan mengubahnya.

Hal ini sangat berpengaruh pada kecerdasan anak. Anak yang pintar dan cerdas biasanya akan menyukai mainan yang bersifat detail seperti mainan lego ini.

Selain bermanfaat, harganya pun murah dan juga bisa digunakan sampai anak Anda sudah besar nanti.

4. Mainan Barbie dan Boneka

Rekomendasi Mainan Anak Perempuan yang Merangsang Kecerdasan Anak

Membiasakan anak perempuan bermain barbie akan membentuk karakter sang anak menjadi sangat memerhatikan penampilan alias feminin. Hal ini sangat berpengaruh baik pada karakter sang anak perempuan, karena memperkuat kodratnya sebagai perempuan.

Biasanya, mainan barbie ini akan dimainkan dengan cara diajak ngobrol, bahkan diganti kostum barbienya sesuai dengan tema mainan anak di waktu tersebut.

Mainan barbie ini bisa menumbuhkan rasa feminim pada anak perempuan, dan sangat baik untuk perkembangannya di masa depan.

Selain itu, Anda pun bisa memberikan boneka hewan sebagai salah satu boneka yang bisa melatih anak perempuan untuk menyukai alam sekitar dan berkomunikasi. Anda bisa memberikan boneka yang ia suka, misalnya jika ia menyukai kucing. Anda bisa memberikan boneka kucing yang bisa berbicara dan merekam pembicaraan.

Biasanya anak perempuan akan antusias dengan boneka yang bisa mengeluarkan suara, karena ia merasa memiliki teman baru ketika ia bermain dan melatih ia menyukai sesuatu dan berkomunikasi dengan baik.

5. Mainan Puzzle

Rekomendasi Mainan Anak Perempuan yang Merangsang Kecerdasan Anak

Mainan anak perempuan yang merangsang kecerdasan anak selanjutnya adalah mainan puzzle. Anda bisa memberikan mainan puzzle ini mulai dari yang termudah sesuai dengan usianya. Dan jangan sampai Anda memberikan mainan yang terlalu banyak mikir, karena ditakutkan anak tidak mampu dalam menyelesaikan permainan tersebut yang bisa membuat mood anak Anda menjadi tidak baik.

Berikanlah mainan puzzle dengan tingkat kesulitan yang sesuai dengan usianya, agar anak perempuan Anda dapat memecahkan mainan tersebut dengan benar.

Selain membantu dalam kecerdasan anak, mainan puzzle ini harganya pun cukup terjangkau.

Penutup

Sebenarnya masih banyak lagi mainan anak perempuan yang bisa merangsang kecerdasan anak. Salah satunya adalah mainan congklak. Namun saat ini mainan semakin berubah dan memang Anda pun sebagai orangtua harus mengikuti perkembangan zaman agar anak Anda pun semakin cerdas sesuai dengan usianya.

Latihlah terus anak perempuan Anda untuk menyukai mainan mainan yang memang dikhususkan untuk perempuan untuk dapat melatih perkembangan imajinasi dan kognitifnya. Hal ini dilakukan agar anak perempuan Anda semakin cerdas karena dilatih oleh mainan yang dapat membantu dalam menambah kecerdasannya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang masih bingung dalam memilih rekomendasi mainan anak perempuan yang dapat membuat anak Anda cerdas dan juga bermanfaat.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Komentar untuk "Rekomendasi Mainan Anak Perempuan untuk Merangsang Kecerdasan Anak"

  1. Ehh, Lego juga yah mbak?
    Bukannya itu buat cowok cowok ajaa?

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel