Berbagai Posisi Menyusui Yang Baik


Agar proses menyusui lancar tentunya diperlukan pengetahuan mengenai cara menyusui bayi yang benar dan dipraktekan serta berlatih saat bayi sudah lahir. Selain itu mencari posisi menyusui bayi senyaman mungkin juga akan membantu proses menyusui yang lancar. Berikut ini beberapa posisi yang nyaman untuk ibu dan bayi.


1. Cradle Hold

Gendong bayi di pangkuan, tummy to tummy, dengan menggunakan salah satu lengan sama dengan sisi payudara menyusui untuk menopang kepala dan tubuh bayi. Jadi, jika Bunda menyusui bayi di sebalh kiri, maka lengan yang digunakan untuk menopang kepala dan tubuh bayi adalah lengan kanan.


2. Football Hold

Posisi ini dilakukan dengan mengapit bayi di samping tubuh di bawah lengan, menghadap ke atas dan memanjang. Baringkan bayi di sepanjang lengan dan arahkan kepalanya ke payudara. Jika ibu menyusui pernah menjalani operasi caesar, posisi ini akan lebih terasa nyaman.


3. Lying-Down (Berbaring)

Gendong bayi dengan berbaring di samping tubuh ibu menyusui di tempat tidur. Posisikan mulut bayi sama atau sedikit lebih rendah dari puting payudara. Gunakan salah satu tangan Bunda untuk membantu mendorong punggungnya agar mulutnya mencapai puting dan lingkarkan lengan lainnya di sekeliling tubuh bayi.


4. Laid-Back (Bersandar)

Menyusui bayi dengan posisi ini, memungkinkan ibu bersandar pada sudut 45 derajat dengan tubuh bayi yang diletakkan bersandar di tubuh bagian depan Bunda untuk menyusui. Namun sebelum menyusui dengan posisi ini, ada yang perlu diingat, Bunda.

Anda harus memiliki bayi yang sehat dan cukup bulan. Tempat tidur harus bebas dari gangguan, atau bahaya, termasuk orang lain, hewan peliharaan, dan selimut. Dan yang terakhir, sangat berbahaya untuk menyusui sambil tertidur di tempat tidur atau bahkan di kursi dengan bayi yang baru lahir.


5. Upright (Duduk Tegak)

Dalam posisi ini, buat bayi dengan cukup umur duduk tegak, menghadap payudara. Tahan tubuh bayi dengan lengan di sisi yang sama saat bayi menyusu, dan tahan payudara dengan tangan lainnya.


6. Cross Cradle

Posisi ini hampir sama dengan cradle hold, tapi lengan yang digunakan untuk menopang bayi berlawanan dengan payudara bayi menyusu. Jadi, jika bayi menyusu di payudara kiri, bayi akan di sebelah kiri, namun tangan yang dipakai untuk menopang tubuh bayi adalah tangan kanan.


Selain kenyamanan posisi, bayi juga perlu meraa nyaman dengan apa yang dia gunakan. Misalnya pada penggunaan popok. Bunda bisa menggunakan popok bayi Merries yang lembut dan nyaman di kulit bayi. Popok Merries memiliki 3 lapisan bersirkulasi serta berdaya serap tinggi sehingga aman dan nyaman untuk bayi.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Komentar untuk " Berbagai Posisi Menyusui Yang Baik"

  1. Aku dulu cuma sebulan sih menyusui, trus kena babyblues dan ga mau nyentuh si bayi. Tapi rasanya pas masih nyusuin aku pake model yg football hold itu. Tapi jujurnya tetep lebih banyak asi di pompa, trus kasih lewat DOT ke si baby 🤣.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel