Tips Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat secara Alami - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Selasa, 06 Desember 2016

Tips Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat secara Alami

Wajah dengan bekas jerawat yang susah hilang

Jerawat dan bekas jerawat tentunya akan mengganggu penampilan kita, selain akan membuat kita menjadi tidak percaya diri, tentulah penampilan akan menjadi kurang bagus jika kita ditumbuhi jerawat di beberapa bagian wajah, seperti di hidung, pipi, dahi ataupun di dagu.

Seperti artikel sebelumnya yang membahas mengenai Penyebab Timbulnya Jerawat dan Cara Mengatasinya, berikut akan saya tulis bagaimana cara dan tips untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami.

1. Jangan Pernah Memijit Jerawat
Sebenarnya untuk menghilangkan jerawat dengan cara memencet atau memijit jerawat, itu akan mengakibatkan infeksi yang mendalam pada wajah kita sehingga bekas jerawat akan susah menghilang. Impact dari terbiasanya kita memijit jerawat akan berakibat bertambahnya jerawat di sekitar tumbuhnya jerawat pertama. 

Kok bisa seperti itu yaa? Itu karena pijitan kita pada jerawat yang belum matang. Jerawat yang belum matang jika kita tekan, itu berakibat nanah tidak dapat keluar pada permukaan wajah kemudian nanah bersama bakteri jerawat menyebar pada epidermis permukaan lain. Dan akhirnya munculah jerawat lain di sekitaran tumbuhnya jerawat pertama.

'
Jika membiasakan diri memencet jerawat, akan berakibat tumbuhnya jerawat lain di sekitarnya.


2. Gunakan Masker Bengkuang untuk Mengikis Bekas Jerawat agar Tidak Memerah
Menggunakan masker bengkuang adalah solusi terbaik untuk mengikis bekas jerawat tersebut. Jika kita membiasakan diri menggunakan masker bengkuang satu minggu sekali dan rajin pemakaiannya, insyaalah akan membuat wajah kita menjadi lebih bersih dan lebih putih. Dan bekas jerawat pun sedikit demi sedikit akan menghilang dengan sendirinya.

3. Menggunakan Krim Malam SPF- 25
Saya pernah memakai krim malam pada jerawatnya saja, biasanya efeknya ada dua. Yang pertama adalah jerawat akan membesar dan akhirnya cepat mengering, yang kedua jerawat menjadi langsung mengering keesokan harinya. 

Itu tergantung dari kondisi wajah dan kondisi jerawatnya. Akan tetapi krim malam ini biasanya membantu untuk mempercepat proses tumbuhnya jerawat. Timbulnya jerawat biasanya dalam 3-4 hari. dan jika menggunakan krim malam, karena membuat jerawat cepat matang, maka proses munculnya jerawat hingga jerawat mengecil bisa menjadi 2 hingga 3 hari lamanya

4.  Membiasakan Diri Memakai Sabun, Pembersih, dan Penyegar 
Mengapa diwajibkan membersihkan wajah menggunakan pembersih dan penyegar juga? Fungsi dari pembersih adalah untuk mengangkat kotoran dan sel-sel mati yang tidak dapat terangkat oleh sabun biasa saja. 

Dan fungsi penyegar adalah untuk memberikan efek dingin pada wajah terutama pada jerawat agar cepat kering.  Karena jika jerawat kering akan mempercepat proses penyembuhan jerawat itu sendiri. Selain itu, penyegar berfungsi untuk menutup kembali pori-pori agar terhindar dari menyumbatnya debu dan kotoran pada wajah.


Contohnya jika kamu selesai melaksanakan wisuda, pastinya wajah kita menggunakan make-up yang tebal. Saya jamin make-up tersebut tidak bisa kita bersihkan hanya dengan menggunakan sabun. Perlu membersihkan sampai ke dalamnya menggunakan Pembersih dan Penyegar

5. Membiasakan Diri Minum Air, Buah-Buahan, dan Sayuran
Dengan membiasakan diri untuk melakukan pola hidup sehat, kamu akan terbiasa minum air putih dan sering mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Memakan makanan seperti gorengan, makanan pedas, kacang-kacangan, ice cream, dan coklat yang berlebihan akan mengakibatkan munculnya jerawat.

Biasakan untuk menahan diri dari godaan makanan yang membuat rusak wajah kita. Mengkonsumsi makan tersebut boleh, asal jangan berlebihan. Tipsnya dengan cara membuat jadwal menu makanan. Contohnya makan ice cream satu bulan sekali tiap tanggal 1, makanan pedas dua minggu sekali, dan makan coklat seminggu sekali dsb.

6. Olahraga itu Penting, Tubuh Sehat Wajahpun Sehat
Dengan membiasakan diri untuk menerapkan pola hidup sehat dengan melakukan olahraga tiap minimal satu minggu sekali, dengan cara berlari mengelilingi kompleks, angkat beban, lari ditempat, dan hal kecil lainnya setidaknya akan membuat badan kita sehat. Olahraga berfungsi untuk membakar lemak, dan melancarkan peredaran darah. Dengan keluarnya keringat ketika olahraga, itu adalah satu cara untuk mengeluarkan kotoran dalam tubuh kita. Selain akan mendapatkan tubuh sehat, wajah pun akan sehat dan cerah.

 Olahraga angkat badan menjadi salah satu upaya untuk menerapkan pola hidup sehat agar wajahpun sehat dan terhindar dari jerawat

7. Gunakan Bahan-Bahan Dibawah ini Untuk Menghilangkan Jerawat :

a. Dengan Menggunakan Bawang Putih
Pernah saya mencoba menggunakan bawang putih untuk mengecilkan jerawat, dan alhamdulilah ada efek kecil yang didapatkan setelah menggunakan bawang putih pada jerawat kita. Caranya adalah :
- Siapkan 1/4 siung bawang putih, bisa ditumbuk atau langsung kita oleskan pada jerawatnya saja. 
- Kemudian tunggu 15-30 menit (akan ada efek panas dan bau bawang putih)- Bilas menggunakan air hangat.

b. Menggunakan Baking Soda dan Pasta Gigi
Ada dua cara mengecilkan jerawat menggunakan baking soda atau pasta gigi :
- Ambil secuil pasta gigi dan langsung oleskan pada wajah, atau
- Cara kedua menggabungkan pasta gigi dan baking soda lalu dioleskan pada wajah.

Sebenarnya saya kurang merekomendasikan memakai baking soda, karena jika dioleskan pada wajah yang sensitif akan membuat wajah memerah dan iritasi.

c. Menggunakan Air Jeruk Nipis/ Lemon
- Setelah wajah dalam keadaan bersih, oleskan jeruk nipis yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian kemudian dioleskan pada jerawatnya saja. 
- Tunggu 15-30 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat.

Untuk cara ini ada sebagian orang yang merasakan perih ketika dioleskan jeruk nipis pada wajah. Jangan mengoleskan jeruk nipis ke seluruh wajah, karena bisa mengakibatkan kekeringan pada seluruh wajah. Oleskan perasan jeruk nipis tersebut hanya pada jerawatnya saja.

d. Menggunakan Ketimun
Memakai ketimun pada wajah akan memberikan efek dingin pada wajah terutama pada wajah yang berjerawat. Caranya dengan memotong tipis ketimun tersebut, lalu ketimun tersebut ditempelkan pada wajah yang berjerawat, tunggu beberapa saat hingga terasa dingin, kemudian basuh menggunakan air hangat.

Baca Juga :
Review Pembersih dan Penyegar Sari Ketimun

e. Menggunakan Lidah Buaya
Selain berfungsi untuk menyuburkan rambut, lidah buaya berfungsi untuk mempercepat penyembuhan pada jerawat. Caranya adalah kerok isi daging lidah buaya, kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat. Tunggu 15-30 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Ada beberapa bahan alami yang banyak digunakan juga untuk menghilangkan jerawat, seperti menggunakan kayu manis, menggunakan madu, menggunakan cuka apel, menggunakan putih telur dsb. Akan tetapi yang saya sebutkan diatas, selain mencari bahannya susah, ada beberapa pula yang sudah saya praktekan, tapi tidak ada hasil sama sekali. 

Kesimpulan
Intinya adalah, mengobati jerawat memang gampang gampang susah, yang harus kita kenali adalah kita harus tahu penyebab utama mengapa kita ditumbuhi jerawat, baru kemudian kita cari solusinya.

Contoh kasus : Tahun 2011 ketika saya masih kuliah, saya sering sekali tergoda ketika teman saya menggunakan kosmetik merk A yang lagi trend pada saat itu, sedangkan saya dari tahun 2008 hingga tahun 2011 menggunakan kosmetik merk B. Setelah satu bulan saya menggunakan kosmetik merk A (ikutan temen), ternyata wajah saya langsung hancur, tumbuh jerawat dari asalnya jerawat kecil, kemudian menjadi tumbuh jerawat besar.

Hal tersebut membuat saya pernah dibully, akan tetapi saya terus berpikir, hal apa yang membuat saya menjadi seperti ini. Setelah saya pikir, saya sudah mengganti kosmetik saya. Dan saya berpikir lagi, tidak mungkinsaya menjadi berjerawat gara-gara kosmetik karena teman sayapun pakai merk tersebut malah semakin cantik.

Akan tetapi, dengan terus berdoa dan berusaha, akhirnya saya tahu jawabannya. Kosmetik yang dipakai seseorang belum tentu cocok dengan kulit kita, dan begitupun sebaliknya. Kemudian satu bulan kemudian saya mengganti lagi kosmetik saya menggunakan kosmetik merk B yang sudah saya pakai selama 3 tahun. And finally, wajah saya mulai berkurang jerawatnya, dengan rutin membersihkan wajah dan tidak lagi mengganti kosmetik karena godaan teman saya. Dan akhirnya jerawat sudah jarang muncul dan saya sembuh dari jerawat.

Intinya tetap bersabar, ikhlas, dan berdoa, jika kita sudah berusaha sebaik mungkin untuk menghilangkan jerawat, akan tetapi belum juga menemukan solusinya. Solusi terakhir adalah mencoba berkonsultasi dengan dokter kulit agar mendapatkan solusi terbaik untuk kulit wajah kamu.

Sekian terimakasih. Semoga bermanfaat :)

Artikel Terkait :









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..