15 Cara Menghilangkan Jerawat dan Rekomendasi Skincare Terbaik

Cara Menghilangkan Jerawat - Jerawat pada dasarnya adalah suatu masalah yang kerap dialami oleh wanita. Namun siapa sangka ternyata sekarang pria juga mengalami hal yang sama. Masalah satu ini sudah menjadi problematika yang cukup meresahkan bagi banyak orang karena bisa mengurangi rasa percaya diri.

Anda sendiri bisa membayangkan bagaimana rasanya ditumbuhi jerawat dengan jumlah yang banyak pada wajah. Tentunya selain mengganggu pada penampilan, rasa percaya diri pun semakin berkurang. Lalu apakah ada cara menghilangkan jerawat dalam waktu yang cepat tanpa harus mengeluarkan biaya besar?

Ya, tentu saja ada yakni dengan cara yang alami. Selain tidak perlu mengeluarkan banyak biaya cara yang satu ini juga cocok untuk Anda yang tidak memiliki cukup waktu karena kesibukan sehari-hari.

Sebelum Anda tahu cara untuk menghilangkan jerawat sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebab dari tumbuhnya jerawat. Di bawah ini terdapat beberapa penjelasan mengenai penyebab dari masalah jerawat.


1. Penggunaan Perawatan yang Berlebihan

Tahukah Anda, bahwa pemakaian spot treatment yang berlebihan seperti salicylic acid atau yang dikenal dengan benzoyl peroxide ternyata dapat menjadikan kulit terasa lebih kering. Secara tidak langsung hal ini menjadikan produksi dari minyak semakin bertambah dan menimbulkan tumbuhnya jerawat.

Bahan aktif yang ada di dalamnya pada dasarnya memang akan memberikan efek seperti membakar kulit apabila dipakai terlalu sering atau terus-menerus. Selain itu hal ini juga akan menjadikan jerawat.

Mungkin Anda ingin jika jerawat cepat sembuh dengan cara menghilangkan jerawat yang satu ini. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena bisa memberikan efek samping seperti yang sudah dijelaskan di atas. Oleh sebab itu, sebelum memakai produk spot treatment tersebut sebaiknya Anda berpikir lagi akan dampak yang akan diterima meskipun pada dasarnya memang mengobati jerawat.

2. Pemakaian Produk Rambut

Berdasarkan pendapat dari beberapa dokter produk rambut seperti halnya pomade atau puncher dengan bahan dasar minyak, bisa menjadi salah satu penyebab tumbuhnya jerawat. Mengapa? Sebab kandungan bahan yang ada didalamnya memiliki sifat menyumbat pori-pori atau comedogenic.

Jika Anda tidak menggunakan produk tersebut, maka bisa jadi penyebabnya berasal dari produk shampo yang digunakan. Cobalah untuk menggunakan jenis shampo yang tidak mengandung serta paraben.

3. Hormon

Umumnya jerawat akan muncul ketika sedang datang bulan, bukan? Nah dua sampai tiga hari setelah masa tersebut wanita biasanya akan mengalami menopause. Akibatnya produksi minyak pun jadi berlebihan.

Selain itu juga ada proses pergantian dari sel kulit mati yang mulai melambat, sehingga hormon androgen yang ada di dalam tubuh menjadi bakteri dari penyebab jerawat. Bakteri ini dikenal dengan propion bacterium Acnes. Bisa jadi perkembangbiakan dari bakteri ini juga meningkat sehingga meskipun Anda melakukan berbagai cara mengatasi jerawat, masalah tumbuhnya jerawat akan tetap muncul.

4. Alergi Pada Makanan

Alergi pada suatu makanan juga bisa menjadi salah satu penyebab tumbuhnya jerawat. Pasalnya alergi ini bisa menjadikan kulit membengkak dan kemerahan. Proses tersebut bisa menjadi salah satu pemicu bakteri semakin berkembang biak.

5. Menyentuh Wajah Menggunakan Tangan

Menyentuh wajah dengan tangan menjadi salah satu penyebab jerawat yang paling sering dilakukan oleh sebagian banyak orang. Pasalnya bakteri maupun kotoran yang menempel pada tangan dapat menyumbat pori-pori kulit wajah, sehingga menyebabkan kulit wajah rentan untuk berjerawat.

Selain kebiasaan ini, benda-benda yang kerap menempel pada wajah misalnya handphone make up dan juga keringat bisa menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.

Cara menghilangkan jerawat kali ini adalah dengan mengurangi kebiasaan menyentuh wajah menggunakan tangan. Sebaiknya Anda menggunakan tisu wajah untuk menyentuh wajah. Rajin menggunting kuku atau membersihkan kuku yang sudah panjang.

Anda juga harus rutin menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan. Jauh lebih baik lagi jika beberapa benda yang kerap Anda gunakan misalnya handphone, alat make up handuk dan beberapa benda lainnya dibersihkan secara berkala sehingga tidak menyebabkan tumbuhnya jerawat.

6. Rambut Kotor

Tidak semua orang memiliki kebiasaan keramas setiap hari. Ada juga beberapa orang yang hanya akan keramas dua kali dalam seminggu atau juga malah ada yang keramas 1 minggu hanya satu kali.

Terlepas seberapa sering Anda keramas, hal yang terpenting adalah Anda melakukan keramas dengan rutin. Terutama bagi Anda yang memiliki jenis rambut tipis, berponi, dan panjang.

Sebab kebiasaan jarang keramas selain menjadikan rambut bau maupun lepek ternyata juga dapat menyebabkan kotoran yang ada pada rambut bisa menempel ke wajah. Akibatnya kulit pun menjadi rentan untuk berjerawat. Jika memang memungkinkan, Anda bisa mencuci rambut dengan rutin. Selain itu sebaiknya Anda menghindari pemakaian produk rambut pada daerah dahi.

7. Terlalu Sering Cuci Muka

Salah satu cara mengatasi jerawat adalah dengan menjaga kebersihan wajah. Dengan alasan tersebut mungkin Anda akan menjaga kebersihan wajah dengan terlalu sering mencuci wajah. Namun siapa sangka ternyata terlalu sering mencuci wajah akan menjadi pemicu dari tumbuhnya jerawat. Sebab mencuci wajah terlalu sering bisa menjadikan kulit iritasi dan semakin sensitif.

Pada dasarnya wajah akan memproduksi minyak guna melembabkan serta melindungi wajah. Sedangkan terlalu sering mencuci muka menggunakan sabun justru bisa menyebabkan Acne. Yakni sebuah keadaan yang mana jerawat tumbuh karena adanya reaksi terhadap zat di dalam sabun maupun pembersih
.
Bahan kimia yang terdapat pada cairan pembersih wajah ternyata dapat membunuh bakteri bakteri baik. Padahal bakteri tersebut secara alami akan melindungi kulit wajah dari serangan bakteri jahat. Terkadang cairan pembersih maupun sabun muka tertentu tidak dapat membedakan jenis bakteri yang baik dan jahat. Oleh sebab itu, terlalu sering mencuci wajah jadi penyebab jerawat sering dilakukan oleh sebagian besar orang.

Cara mengatasi jerawat untuk permasalahan kali ini adalah cukup mencuci wajah dua kali dalam sehari menggunakan air dengan sabun yang sesuai pada kondisi kulit. Apabila wajah tergolong berjerawat maka sebaiknya hindari pemakaian scrub wajah sebab nantinya akan menyebabkan iritasi.

8. Mencuci dengan Cara yang Tidak Tepat

Mungkin saja Anda sudah menggunakan segudang produk untuk membersihkan wajah, namun wajah tak kunjung terasa membaik dan jerawat pun tumbuh semakin banyak. Bisa jadi tumbuhnya jerawat itu terjadi karena salah dalam mencuci muka. Produk pembersih wajah yang Anda gunakan tidak menjadi jaminan kulit akan bersih dan terbebas dari kotoran.

Anda hanya perlu mencuci tangan hingga bersih sebelum melakukan pembersihan pada wajah. Jika Anda salah satu orang yang memiliki poni panjang, sebaiknya ikat rambut dahulu sebelum mencuci wajah.

Beberapa hal tersebut akan menjadikan Anda merasa lebih nyaman untuk mencuci wajah.

Cara menghilangkan jerawat pada penyebab kali ini adalah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu setelah menggunakan make up. Pakailah jenis pembersih khusus yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Setelah itu masuk pada tahap kedua yakni mencuci muka dengan sabun.

Pijat wajah secara lembut selama beberapa detik kemudian bilas hingga bersih menggunakan air yang mengalir. Apabila Anda mencuci wajah  memakai handuk  maupun waslap, perhatikan juga mengenai kebersihannya. Bakteri yang terdapat di handuk akan berpindah menuju wajah dan malah menjadi salah satu penyebab jerawat.

Satu hal yang perlu diingat, jangan pernah menggosokkan handuk pada wajah ketika mengeringkan muka. Sebab hal ini bisa mengancam elastisitas dari kulit wajah. Biarkan saja wajah mengering dengan sendirinya. Biasakan cukup menepuk-nepuk muka menggunakan handuk bersih. Tepuk-tepuk kain atau handuk dengan gerakan dari atas ke bawah.

9. Kebiasaan Mengorek serta Memencet Jerawat

Jauh lebih baik jika Anda meninggalkan kebiasaan ini. Pasalnya memencet jerawat justru tidak akan menghilangkannya,  namun akan menjadikan kerusakan serta bekas luka di kulit wajah. Bahkan, sudah banyak dermatologis menyatakan bahwa Anda tidak boleh memencet jerawat sebab dapat melukai kulit wajah apabila sembarangan pencet jerawat.

Ketika Anda memencet jerawat, nantinya justru melunakkan kulit, dan menjadikan jaringan kulit sangat rentan sobek. Pakailah jenis pengobatan yang tepat sebagai salah satu cara mengatasi jerawat dan juga mengurangi timbulnya bekas luka.

10. Menggunakan Jenis Kosmetik yang Salah

Dampak penggunaan kosmetik yang kurang tepat bisa juga menyebabkan penyumbatan pada pori-pori serta penumpukan komedo. Hal satu ini menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Apabila Anda memiliki jenis kulit yang mana memang rentan untuk berjerawat, sebaiknya pilih saja jenis kosmetik dengan label khusus.

Label yang dimaksud di sini yakni untuk kulit berminyak serta berjerawat Pastikan jika semua kosmetik yang Anda pilih juga mempunyai label non-komedogenik sebagai salah satu syarat yang menunjukkan jika produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori kulit.

Cara Menghilangkan Jerawat Cepat, Ampuh dan Mudah

Mengingat terdapat banyak sekali faktor yang mana menjadi penyebab tumbuhnya jerawat seperti yang telah disebutkan diatas. Tentu saja Anda harus tahu solusi atau cara mengatasi jerawat agar pertumbuhannya tidak berkelanjutan. Di bawah ini ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan masalah jerawat membandel. Langsung saja simak ulasan lengkapnya yuk!

1. Lidah Buaya

Salah satu jenis bahan alami yang dapat Anda pakai untuk menghilangkan masalah jerawat yakni lidah buaya. Yang mana kandungan Polifenol di dalamnya berperan untuk membasmi jerawat di kulit.

Selain itu kandungan tersebut juga dipercaya dapat menghilangkan masalah jerawat secara menyeluruh apabila digunakan secara teratur. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah Anda dapat mengambil gel yang ada pada di dalam lidah buaya, lalu aplikasikan di wajah seperti masker.

Diamkan kira-kira 20 hingga 30 menit. Jika sudah selesai, maka segera bilas wajah menggunakan air bersih.

2. Putih Telur

Kandungan enzim jenis lysonzim yang ada pada putih telur ternyata juga bisa Anda pakai sebagai salah satu bahan guna menghilangkan jerawat dengan ampuh. Cara mengatasi jerawat kali ini Anda dapat memisahkan putih telur dengan bagian kuningnya. Anda pun dapat menambahkan air perasan dari jeruk lemon.

Selanjutnya oleskan dengan merata di seluruh wajah. Diamkan kira-kira 15 hingga 20 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

3. Bawang Putih

Kandungan zat sulfur sudah dipercaya dapat menghilangkan jerawat secara cepat. Sebagai mana zat ini juga dapat Anda temukan pada bumbu dapur yakni bawang putih. Memang ini sangat sederhana sebab biasanya Anda menggunakannya untuk bumbu masakan sehari-hari.

Caranya pemakaiannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu mengambil satu siung bawang putih, lalu potong jadi beberapa bagian. Jika sudah, tempelkan ke jerawat maupun bekas jerawat. Tunggu hingga kira-kira 15 menit lalu bersihkan.

4. Mentimun

Selain mempunyai kandungan antioksidan tinggi, mentimun ternyata juga mengandung vitamin serta asam amino. Kandungan tersebut juga bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara mengatasi jerawat dengan cara alami. Anda pun cukup  memakai mentimun sebagai masker di kulit yang berjerawat dengan teratur.

5. Air Lemon

Buah lemon mempunyai beberapa kandungan yang baik untuk mengatasi masalah jerawat, salah satunya adalah kandungan asam askorbat. Asam askorbat dalam lemon sangat ampuh Anda pakai untuk menghilangkan jerawat yang membandel di kulit.

Selain itu, buah lemon juga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan bekas dari jerawat di kulit. Caranya juga sangat mudah, ambil satu buah lemon lalu peras. Kemudian gunakan perasan dari air jeruk lemon dengan langsung mengoleskannya pada wajah yang berjerawat. Biarkan saja selama 10 hingga 15 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

6. Madu

Madu ternyata banyak dipakai sebagai bahan dalam perawatan kulit yang alami alami. Dimana kandungan yang ada didalamnya juga mampu digunakan sebagai salah satu cara mengatasi jerawat secara ampuh. Anda dapat memakai madu untuk masker jerawat secara rutin setiap hari.

7. Tomat

Kandungan vitamin A serta C yang ada di dalam tomat juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan alami. Caranya juga sangat mudah Anda hanya perlu mengambil satu buah tomat lalu dipotong jadi dua bagian. Oleskan ke wajah dengan merata. Diamkan saja kira-kira selama 20 hingga 30 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

8. Pepaya

Kandungan enzim papain pada buah pepaya ternyata dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan wajah berjerawat. Anda dapat memakai buah ini untuk masker alami sebagai penghilang jerawat pada kulit wajah Anda.

9. Cuka Apel

Cuka apel mempunyai kandungan antiseptik yang alami sebagai salah satu bahan yang mampu membunuh bakteri sebagai penyebab dari jerawat. Apabila Anda hendak memakai bahan ini secara rutin, maka masalah yang saat ini sering dihadapi seperti kulit berjerawat langsung dapat diatasi secara mudah serta cepat.

Caranya hampir sama dengan cara menghilangkan jerawat yang ada diatas. Anda hanya perlu mengambil 1 hingga 2 sendok cuka apel lalu oleskan pada bagian wajah berjerawat menggunakan kapas bersih.

Jika sudah, diamkan saja kira-kira selama 2 sampai 5 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

10. Es Batu

Apabila Anda ingin menghilangkan jerawat hanya dalam waktu yang singkat, maka cara menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan es batu. Sebagaimana sudah diketahui jika es batu cukup mampu mengurangi peradangan yang ada di kulit wajah yang mengalami masalah jerawat.

Caranya juga sangat mudah, Anda cukup mengoleskan es batu di wajah yang berjerawat hingga beberapa kali.

11. Alpukat

Alpukat juga kerap digunakan untuk masker kulit yang mana ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat dengan alami. Kandungan vitamin E yang ada di dalamnya menjadikan kulit lebih lembut serta mampu mengurangi peradangan di kulit berjerawat.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengambil daging dari buah alpukat. Setelah itu haluskan sampai bisa menjadi masker. Jika sudah, Anda pun dapat menambahkan satu sendok makan madu.

Oleskan ke wajah dengan merata. Diamkan saja kira-kira selama 20 sampai 30 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

12. Pasta Gigi

Bagi Anda yang saat ini bingung dan sedang mencari cara yang tepat untuk menghilangkan masalah jerawat dengan waktu satu malam, maka pasta gigi dapat menjadi solusi yang ampuh. Dimana beberapa kandungan di dalamnya seperti hidrogen, fluorin, serta triclosan dipercaya cukup ampuh untuk mencegah timbul iritasi di kulit.

Selain itu, pasta gigi pun mempunyai sifat mengeringkan jerawat meradang. Anda dapat langsung mengoleskan sedikit pasta gigi pada bagian jerawat. Jika sudah diamkan saja selama 10 hingga 20 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

13. Kulit Jeruk

Bukan hanya buah jeruk saja yang dapat dimanfaatkan, ternyata kulit dari buah jeruk yang umumnya langsung dibuang oleh banyak orang ini juga mempunyai kandungan vitamin A serta C dan flavonoid yang mana dipercaya dapat digunakan untuk salah satu cara mengatasi jerawat batu yang ada pada kulit.

Caranya sangat mudah, jemur saja kulit jeruk sampai kering. Jika sudah langsung tumbuk kulit jeruk kering hingga halus. Tumbukan dari kulit jeruk kering tadi dapat Anda tambah dengan sedikit air.

Jika sudah jadi langsung saja oleskan ke wajah seperti hanya pemakaian masker. Diamkan saja kira-kira selama 15 hingga 20 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

14. Yogurt Plain

Selama ini Anda mungkin saja hanya tahu jika manfaat dari yogurt yakni untuk melancarkan pencernaan serta program diet. Nyatanya, yogurt juga menjadi salah satu bahan yang alami sebagai penghilang jerawat. Karena memiliki mengandung asam alfa hidroksi, bakteri baik dan asam laktat.

Berkaitan pada hal ini, Anda wajib memilih jenis yogurt yang tidak memiliki rasa atau plain.
Berikut ini adalah cara mengatasi jerawat menggunakan Yogurt adalah sebagai berikut.

Campurkan dua sendok makan bahan yogurt tanpa rasa dengan satu sendok makan bahan madu.

Jika sudah langsung saja aduk sampai rata.

Oleskan ke wajah sampai merata ke semua bagian.

Diamkan saja kira-kira selama 10 hingga 15 menit.

Bilas wajah memakai air hangat.

Kini menghilangkan masalah jerawat pun tidak wajib dilakukan menggunakan cara yang mahal atau pergi ke salon. Anda pun dapat dengan mudah memakai beberapa bahan alami seperti yang ada di atas sebagai cara mengatasi jerawat secara alami ampuh serta cepat pada kulit wajah Anda.

Selain itu, apabila Anda rutin memakai cara alami tersebut setiap hari, bukan hal yang tidak mungkin jika masalah kulit berjerawat dan bekas jerawat yang mana sebelumnya sulit dihilangkan juga bisa dengan mudah.

Di bawah ini juga adalah beberapa rekomendasi produk jerawat yang murah dan mudah Anda temukan di pasar lokal Indonesia.

15. Tomat

Tomat adalah salah satu buah yang mengandung dan kaya akan vitamin C tinggi. Sehingga tomat tidak bermanfaat untuk menyembukan sariawan saja, melainkan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat secara ampuh dan cepat.

Anda cukup iris tipis tomat, kemudian Anda tempelkan pada bagian wajah yang berjerawat. Tunggu hingga air tomat meresap pada kulit. Lalu bilas wajah menggunakan air hangat hingga bersih.

Produk Pilihan Untuk Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

1. Bioaqua Acne Rejuvenation Cream

Bagi sebagian besar orang yang memiliki kulit berjerawat, sangat dianjurkan untuk melakukan perawatan dengan menggunakan produk yang tepat. Tujuannya adalah agar cepat sembuh.

Nah kali ini Anda bisa menggunakan cara mengatasi jerawat yakni dengan pemakaian produk Bioaqua Acne Rejuvenation Cream yang mana dipercaya dapat menanggulangi masalah jerawat.

Produk ini menjadi produk yang terpercaya sebagai solusi untuk mengurangi jerawat dan juga luka bakar. Bahkan masalah bintik gelap juga bisa diatasi dengan mudah.

Selain itu, produk satu ini juga dipercaya dapat menghapus nodahitam di wajah dengan mudah tanpa harus menimbulkan iritasi pada wajah. Bagi yang memiliki masalah komedo tetap wajib menggunakannya sebab bisa mengurangi masalah komedo.

Ketika diaplikasikan ke wajah pun tidak akan terasa lengket. Jadi Anda pun akan tetap merasa nyaman. Produk ini dapat memudarkan bintik hitam karena bekas jerawat dengan jangka waktu cepat.

Jika Anda memang mau menggunakannya silahkan bersihkan wajah terlebih dahulu lalu keringkan secara sempurna. Selanjutnya cukup mudah yakni oleskan ke daerah wajah yang diinginkan sambil pijat hingga cream terserap sempurna.

Sebaiknya pakai produk ini tiga kali dalam sehari selama 28 hari. Dengan begitu kulit wajah nantinya akan terkesan lebih sehat. Produk dapat Anda beli dengan kisaran harga Rp 45.000.

2. Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel

Brand kecantikan yakni Nature Republic memang telah berhasil menyajikan produk Aloe Vera Soothing Gel sebagai salah satu produk kecantikan paling best seller dan banyak diminati wanita Indonesia.

Kepopuleran dari produk ini dikarenakan bahan yang digunakan adalah bahan alami dari lidah buaya sehingga akan sangat aman ketika digunakan pada kulit wajah sebagai cara mengatasi jerawat.

Produk ini juga mampu menghilangkan masalah jerawat dan juga mengatasi mata lelah. Selain itu Anda juga bisa memakainya sebagai perawatan untuk rambut serta mencegah iritasi pada kulit. Baik sekali dipakai sebagai pelembab serta make-up base. Lebih unik lagi, produk ini bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering.

Bahan alami yang ada di dalam aloe vera dari Nature Republic diambil secara langsung pada perkebunan aloe vera yang ada di kawasan California. Menariknya lagi, aloe vera gel sudah memiliki sertifikat yakni California Certified Organic Farmes.

Dengan begitu dapat diartikan jika bahan yang ada dalam produk ini sangat aman bagi kulit wajah. Harga di pasaran sekitar Rp. 110.000 namun bisa naik turun tergantung permintaan pasar.

3. Been Pink Acne Series

Bagi Anda yang membutuhkan perawatan kulit berjerawat maka boleh saja mulai melirik produk satu ini. Apa lagi kalau bukan produk Been Pink Beauty Series yang mana sangat ampuh untuk mengatasi masalah jerawat. Produk ini pun dikenal sebagai salah satu produk yang sangat best seller sebagai cara mengatasi dan menghilangkan jerawat.

Selain dapat digunakan untuk mengatasi jerawat, produk satu ini pun dapat Anda gunakan untuk memutihkan wajah. Komposisi yang ada di dalamnya sangat ringan, produk ini pun mudah menyerap ke kulit. Produk yang sangat dijamin aman sebab telah mempunyai label yang berasa dari pihak BPOM.

Di dalam satu paket ini terdapat produk lightening day cream, kemudian night cream, produk whitening toner serta calming cream. Selain itu, satu paket juga biasanya ditambah dengan produk acne totol sebagai obat mengobati jerawat.

Anda pun akan mendapatkan tas serta brosur ketika membeli produk dengan harga diatas Rp 170.000.

4. Esene Acne Cream

Untuk jenis wajah yang berjerawat, sebaiknya percayakan saja ke produk berikut ini. Produk Acne Cream satu ini menjadi salah satu pilihan produk yang paling bagus dalam mengatasi jerawat membandel.

Produk ini mengandung beberapa bahan yang alami serta bertekstur lembut. Jika digunakan dengan rutin dapat menjadikan kulit terawat serta bebas dari masalah jerawat.

Produk dari Esene untuk masalah jerawat mampu mengontrol minyak berlebih, sehingga jerawat pun jadi tidak betah bertahan dan berlama-lama pada kulit. Bekerja dengan maksimal, produk ini pun mampu mengatasi masalah noda hitam yang disebabkan karena bekas jerawat.

Bersihkan wajah Anda dengan menggunakan Esene Face Cleanser. Kemudian selanjutnya pakai oles cream dengan tipis serta merata ke seluruh wajah. Pakai rutin di malam hari agar Anda bisa mendapatkan hasil maksimal.

Produk dengan harga kisaran Rp 209.000 ini dapat Anda beli di beberapa marketplace terpercaya.

5. Tje Fuk Whitening Cream

Selain beberapa produk yang telah disebutkan di atas sebagai produk cara mengatasi jerawat. Anda juga dapat mempercayakan masalah kulit jerawat ke produk Tje Fuk Skin Care Cosmetics. Bahan yang digunakan di dalamnya adalah bahan alami.

Bahkan proses pengolahannya juga menggunakan teknologi yang canggih ala Jepang dan telah diakui oleh dunia. Bagaimana menarik bukan? Produk satu ini tidak mengandung bahan merkuri sehingga aman untuk wajah Anda.

Pakai produk Tje Fuk Whitening Cream sebagai produk untuk mengencangkan kulit wajah serta mendapat kulit wajah yang lebih cantik. Produk ini dapat menghilangkan kadar minyak berlebih pada wajah.

Masalah flek hitam serta garis kerutan di wajah juga bisa dengan mudah di atas. Anda bisa memakai produk ini sebagai perlindungan kulit dari berbagai macam polusi. Satu produk Tje Fuk Whitening Cream di dijual dengan kisaran harga Rp 234.000.

6. Mineral Botanica Acne Care Night Cream

Produk Mineral Botanica Acne Care Night Cream adalah krim malam yang dapat mengatasi masalah jerawat. Cream malam ini dapat mengatasi kelebihan kadar minyak di wajah. Dan akhirnya produk ini juga mampu mengatasi masalah jerawat dan menutrisi kulit dengan lebih baik.

Produk ini memiliki kandungan ekstrak adansonia serta antioksidan yang mana sangat mampu untuk memperbaiki sel kulit yang sudah rusak. Wajah Anda nantinya akan terasa lebih cerah serta halus setelah rutin menggunakan krim wajah satu ini.

Tekstur yang diberikan sangat terasa ringan di wajah, jadi bisa membuat Anda nyaman ketika memakainya. Produk ini dapat Anda beli dengan kisaran harga Rp 50.200.

7. Garnier Jenis Pure Active Acne-Care Whitening Cream

Cara mengatasi jerawat yang selanjutnya juga bisa menggunakan produk dari Garnier. Produk kecantikan ini telah mengeluarkan serangkaian produk yang ada digunakan untuk atasi masalah jerawat.

Garnier Pure Active Acne-Care Whitening Cream merupakan salah satu paling efektif. Produk ini dapat membuat wajah Anda terbebas dari 12 permasalahan jerawat.

Selain itu kandungan whitening vitamin dan perlindungan UVA serta UVB menjadikan produk ini patut untuk memperoleh acungan jempol. Selain itu kandungan perlite dan slicylic acid di dalamnya terbukti ampuh untuk membasmi jerawat.

Masalah kulit kusam yang diakibatkan karena noda bekas dari jerawat juga bisa tersamarkan. Pori wajah yang tersumbat dan komedo juga bisa tersingkir hanya menggunakan pemakaian produk satu ini.

Anda bisa membeli produk satu ini dengan harga yang sangat murah yakni kisaran Rp 18.900 saja.

8. Tabita Skin Care Acne Cream

Tabita Skin Care Acne Cream dapat Anda gunakan sebagai salah satu produk yang sangat cocok sebagai cara mengatasi jerawat. Produk ini memang sangat pas Anda gunakan sebagai produk perawatan kecantikan kulit wajah yang nantinya bisa membuat wajah terlihat lebih awet muda. Anda pun akan memiliki jenis kulit yang sehat, mulus, dan cerah, pastinya juga bebas dari jerawat.

Selain itu, produk ini sangat cocok digunakan untuk membasmi jerawat yang sangat membandel dengan pemakaian yang sangat mudah. Anda cukup mengoleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Produk ini dapat digunakan secara bersamaan dengan beberapa paket produk Tabita Skin Care yang lainnya.

Pakai produk Acne Cream Tabita Skin Care ketika akan tidur di malam hari. Selain itu Anda juga bisa menggunakan produk Nightly Cream pada paket Tabita Skincare. Produk satu dapat Anda beli dengan kisaran harga Rp 210.000 pada beberapa market place.

9. Tea Tree Oil dari The Body Shop

Salah satu produk popular acne yang banyak digunakan oleh wanita sebagai cara mengatasi jerawat yang sangat ampuh. The Body Shop ini dikenal berasal dari bahan-bahan alami dan tentunya sangat baik untuk masalah kecantikan.

Jadi bagi Anda yang memiliki jenis kulit berjerawat, produk Tea Tree Oil dari The Body Shop ini wajib dimasukan ke dalam list belanjaan Anda. Tea Tree Oil pada dasarnya sudah sejak lama dipercaya memiliki khasiat untuk membunuh bakteri dan juga memberikan efek purifiying secara maksimal dalam melawan jerawat.

10. Mario Badescu Produk Drying Lotion

Satu lagi produk atau obat jerawat yang paling baik untuk mengatasi masalah jerawat adalah produk yang satu ini dan tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Mario Badescu dengan Drying Lotion sendiri telah diformulasikan menggunakan sejumlah bahan yang ampuh dalam mengatasi jerawat, yang mana dimulai dari bahan Salicylic Acid, Sulfur, serta Calamine.

Semua kandungan yang ada di dalamnya sangat ampuh untuk mengangkat impurities pada wajah Anda ketika tertidur di malam hari.

11. Bija Trouble Gel Cream dari Innisfree

Rangkaian series Bija yang berasal dari brand Innisfree ini dapat Anda andalkan sebagai produk dan cara mengatasi jerawat yang paling mudah. Produk ini dapat membasmi jerawat yang memerah dan meradang pada kulit Anda.

Ada banyak sekali varian acne solutions yang berasal dari produk Innisfree yang mana bisa Anda pilih. Salah satunya yakni Innisfree Bija Cica Gel.

Formula yang ada di dalamnya berasal dari bahan Centella Asiatica yang mana empat kali dapat melindungi kulit dari masalah jerawat serta memiliki efek yang menenangkan pada kulit ketika digunakan. Tekstur gel yang ada di dalamnya cocok untuk jenis kulit yang berminyak dan berjerawat.

12. Centella Blemish Cream dari COSRX

Tidak cuma terkenal dengan adanya produk rangkaian produk eksfoliasinya, COSRX kini juga memiliki obat jerawat yang mana dapat Anda gunakan andalkan sebagai cara mengatasi jerawat.

COSRX Centella Blemish Cream ini dibuat dengan campuran bahan natural yang mana mampu menyembuhkan masalah jerawat sekaligus bekasnya. Krim jerawat ini sifatnya non-oily serta mampu menjaga dan melindungi lapisan kulit dari polusi.

13. Posay Effaclar Duo dari La Roche

Brand skincare yang satu ini menjadi salah satu produk yang sangat terkenal memiliki kualitas premium pada masing-masing setiap produknya. Jika Anda memiliki budget lebih, maka tidak ada salahnya memilih produk satu ini. La Roche-Posay Effaclar Duo wajib masuk ke wishlist Anda.

Hal istimewa didalamnya adalah adanya kandungan Benzoyl Peroxide dan Lipo-Hydroxy Acid, yang mana ukurannya sangat mikro sehingga mampu meresap secara sempurna ke dalam pori serta bisa lebih efektif dalam membasmi masalah jerawat dan juga komedo sampai ke bagian dasarnya.

Hasilnya bisa Anda lihat pada jangka waktu tiga hari saja. Fantastis, bukan?

14. Acnederm Acne Spot Treatment dari Wardah

Masih merasa kesal dengan masalah jerawat? Jika iya, maka Anda juga bisa menggunakan rangkaian produk lokal yakni Acnederm yang berasal dari Wardah. Salah satunya jenis produk Wardah yang paling ampuh untuk masalah jerawat adalah Acnederm Acne Spot Treatment Gel.

Gel yang satu ini membantu Anda mengatasi jerawat dengan adanya formulasi bahan Triclosan, Salicylic Acid, Aloe Vera serta Allantoin yang ada di dalamnya. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan gel ke wajah yang berjerawat.

15. Sealing Jell dari Acnes

Brand satu ini tak kalah populer dengan rangkaian produknya lain sebagai salah satu cara mengatasi jerawat. Bingung mau menggunakan produk Acnes yang mana? Bagi Anda yang memiliki masalah jerawat pada wajah, maka tidak ada salahnya untuk mencoba produk Acnes yang Sealing Jell untuk opsi pertama.

Kandungan sopropylmethylphenol, Asam Salisilat, Sulfur dan Stearyl Glycyrrhetinate di dalamnya menjadi salah satu paduan sempurna sebagai produk untuk mengobati masalah jerawat. Produk ini pun dapat Anda pakai sebelum melakukan make up.

Nah, itu dia beberapa produk kecantikan yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah jerawat yang susah dihilangkan. Cara alami sudah ratutips sebutkan diatas beserta beserta beberapa produk yang cocok untuk kulit berjerawat.

Dengan begitu, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengurangi konsumsi makanan yang menjadikan penyebab tumbuhnya jerawat lebih mudah. Berikut beberapa jenis makanan yang perlu dikurangi konsumsinya.

Makanan yang Perlu Dibatasi Untuk Mengatasi Jerawat

1. Kacang

Jika Anda menyadari apabila kulit yang dimiliki adalah salah satu jenis kulit yang sangat mudah berjerawat, maka jauh lebih baik jika mulai dari sekarang kurangi berbagai macam faktor yang menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Cara mengatasi jerawat memang sangat diperlukan, namun Anda juga harus bisa menghindari penyebab jerawat, sehingga hasil yang akan diperoleh juga akan lebih maksimal.

Salah satu penyebab yang mana paling banyak memicu jerawat muncul, yakni berasal dari beberapa jenis makanan. Apa yang sudah Anda konsumsi juga bisa menjadi salah satu pemicu tumbuhnya jerawat apabila sembarangan atau tidak berhati-hati dalam mengkonsumsi beberapa makanan.

Hal pertama yang wajib untuk Anda lakukan untuk mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat adalah mengurangi konsumsi beberapa jenis kacang-kacangan. Makanan pada dasarnya mengandung banyak lemak.

Kacang memiliki kandungan androgen yang nantinya dapat menyebabkan produksi minyak wajah lebih meningkat.

Oleh sebab itu, apabila dikonsumsi secara berlebih maka akan membuat kulit wajah mengeluarkan minyak dengan jumlah yang banyak dan menjadikan pori-pori tersumbat, akhirnya menimbulkan tumbuhnya jerawat.

2. Kuning Telur

Telur adalah salah satu jenis makanan yang sangat sering Anda konsumsi. Memang variant telur ada banyak jenisnya, mulai dari jenis telur puyuh sampai jenis telur bebek dan bahkan telur ayam yang mana biasa dikonsumsi.

Bahan pangan ini memang tidak diragukan lagi, bahkan memiliki banyak nilai gizi tinggi dan menjadi salah satu sumber protein tinggi.

Namun sebaiknya jangan konsumsi telur dengan berlebihan, sebab nantinya dapat menjadikan proses penyembuhan jerawat yang ada pada wajah semakin lama. Bagian paling memicu tumbuhnya jerawat yakni bagian kuning telur.

Meskipun rasanya memang nikmat, namun lemak yang ada di dalamnya juga banyak. Hal ini dapat menjadikan penyebab timbulnya jerawat.

3. Gorengan

Sore hari pada dasarnya memang jadi waktu yang paling enak bagi Anda untuk makan gorengan lengkap dengan cabai rawit. Apalagi kala itu hujan sedang datang, sudah dapat pasti makanan gorengan satu ini bisa jadi sajian godaan yang sangat sempurna.

Namun bagi Anda yang tidak menginginkan wajahnya berjerawat, makan gorengan sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi.

Dalam gorengan terdapat kandungan aneka lemak yang tidak sehat dan pastinya jika terlalu banyak dapat membahayakan bagi kulit wajah. Pori-pori wajah nantinya akan lebih sering berminyak, dengan begitu debu serta kotoran akan semakin mudah menempel. Selanjutnya pori-pori pun akan tersumbat serta timbullah jerawat pada wajah Anda.

4. Mie Instan

Siapa sih yang tidak suka makan dengan mi instan? Rasanya memang sangat enak dan pastinya akan begitu menggoda sebagai sajian makanan yang sering dikonsumsi. Namun seperti telah diketahui bersama, mi instan ini adalah salah satu jenis makanan yang kurang baik bagi kesehatan tubuh terutama kesehatan kulit.

Didalam mi instan terdapat zat aktif yang mana dapat memicu beberapa jenis kondisi kesehatan kulit. Mi instan yang satu ini apabila dikonsumsi dengan berlebihan maka nantinya dapat memicu pertumbuhan dari jerawat.

Oleh sebab itu, apabila Anda jika ingin bebas dari masalah jerawat segera batasi jumlah konsumsi dari mi instan.

5. Roti Putih

Sarapan menggunakan roti memang terasa paling nikmat. Roti juga mengandung gula serta pati. Kedua bahan ini membutuhkan waktu lama pada saat dicerna tubuh. Pada saat kadar gula yang ada di dalam darah naik, maka dapat memicu produksi dari hormon androgen.

Selanjutnya hormon pun dapat memicu kulit menghasilkan minyak dengan jumlah yang banyak, sehingga pada akhirnya menjadi penyebab jerawat.

Sebaiknya mulai dari sekarang hindari untuk banyak makan roti putih. Kebanyakan makanan dengan lemak berlebih dapat menjadikan kulit wajah mudah berjerawat. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mulai untuk konsumsi makanan lainnya yang lebih sehat, seperti sayuran serta buah dan juga ubi jalar yang mana nantinya akan menjadikan kulit wajah jadi lebih sehat lagi.

Bagaimana, sudah puas dengan beberapa paparan di atas? Selain cara mengatasi jerawat, ada lagi ulasan mengenai jenis jenis jerawat. Kira-kira jenis jerawat mana yang saat ini Anda alami?

Daripada Anda penasaran, yuk simak ulasan yang ada di bawah ini.

Mengenal Jenis-Jenis Jerawat

1. Jerawat Batu

Mungkin Anda sering merasa kesal jika muncul jerawat sebiji pada wajah. Jika ukuran jerawat tersebut masih tergolong kecil, mungkin Anda masih bisalah untuk mentoleransinya.

Namun bagaimana jadinya jika jerawat yang ada pada wajah berukuran besar meski hanya satu saja? Apalagi apabila letaknya berada pada bagian wajah. Hal ini pun pastinya akan menjadi sesuatu yang sangat mengganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri Anda.

Jerawat batu pada dasarnya merupakan salah satu jenis jerawat yang cukup sulit untuk dihilangkan. Sifatnya jerawat batu apabila ditekan oleh jari Anda akan terasa besar dan juga mengeras. Rasanya sakit pada saat Anda mencoba menekan bagian walaupun hanya pelan.

Jerawat ini sangat perlu untuk dilakukan perawatan secara khusus agar segera teratasi. Anda bisa berkunjung ke dokter ahli agar dapat menghilangkan serta merawat jerawat satu ini.

2. Jerawat Nasi

Jenis jerawat pada dasarnya beragam dan tergantung dari apa yang menjadi penyebabnya. Jerawat nasi salah satunya yang akan muncul karena kulit berminyak dan faktor hormon. Bisa juga dikarenakan faktor kebersihan dari kulit wajah.

Jerawat yang ini terbentuk karena adanya tumpukan dari sel kulit mati. Yang mana bentuknya berupa benjolan berukuran kecil pada wajah dan ketika dipencet akan mengeluarkan cairan putih keruh sangat mirip nasi. Oleh karena itu, jerawat yang satu ini kerap disebut dengan nama jerawat nasi.

Diantara kedua jenis jerawat memang beragam tergantung dari seseorang dan penyebab adanya jerawat. Namun, yang sangat perlu diberikan perhatian khusus adalah jika Anda memiliki jerawat batu.

Karena jerawat batu sangat lama dan sulit untuk lekas sembuh. Nah, jika Anda sudah membaca artikel ini mulai dari mengenali jerawat, penyebab munculnya jerawat, serta makanan yang harus dihindari.

Anda sebaiknya membaca juga 5 cara mudah menghilangkan bekas jerawat versi saya dalam sekejap. Sehingga ketika Anda sudah sembuh dari jerawat menggunakan cara diatas, Anda tinggal menghilangkan bekas jerawatnya.

Semoga dengan berbagai macam informasi mengenai jerawat tadi tidak hanya menambah wawasan bagi Anda, namun juga memudahkan Anda yang sedang bermasalah dengan jerawat.

Anda juga bisa membaca cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan bedak dingin, atau masker green mask sprirulina yang terbukti ampuh menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat.

Jika artikel ini bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

26 Komentar untuk "15 Cara Menghilangkan Jerawat dan Rekomendasi Skincare Terbaik"

  1. wah banyak juga nih alternaif alami untuk hilangkan jerawat, bisa saya coba satu satu nih kak,, kebetulan wajah saya banyak jerawat dan bekas jerawat nih ;)

    BalasHapus
  2. ini sangat perlu diperhatikan oleh teenager remaja supaya bisa menghindari jerawat, kalau dah tua nggak jerawatan lagi seperti saya

    BalasHapus
  3. ow,, ternyata Shampo/ pomade/ minyak rambut juga bisa ber hubungan dengan adanya jerawat ya mbak.

    BalasHapus
  4. Banyak juga yaa solusi penghilang jerawat...Dan ternyata hanya dengan bahan alami atau sejenis buah..😄😄

    Bersyukur saya tidak punya jerawat...Tetapi plek sama komedo sedikit ada jadi terkadang suka nggak nyaman yaa sering juga pencet wajah dicermin..😂😂😂😂

    BalasHapus
  5. Ak banyak alergi pada makanan sih makanya muncul muncul truss, terkadang ngeselin juga makan dikit muncul, makan banyak juga muncul.. serba salah jadinya

    BalasHapus
  6. ya ampun mbak, lengkap buanget nih artikelnya. kl aku sendiri lg jerawatan gara2 lagi konsumsi obat hormon, huhu
    emg kok natrep, sealing gel acnes manjuur banget buat kempesin jerawat..

    BalasHapus
  7. Bener mbak, sangt benar sekali kalau minyak rambut itu bikin jerawat, saya kalau udah pakai mintak rambut pasti jerawatan, makanya sampai sekarang saya ga pernah pakai minyak rambut lagi, meskipun ada yang water base tetap ga mau pakai.

    kalau untuk menanggulanginya saya pernah pakai pasta gigi, saya biarin dalam semalaman, besok pagi udah hilang, ajaib banget,

    tapi kalau sekarang saya pakai tea tree facial wash thebodyshop, saya pakai yang ini aja dari rangkaian skincare saya supaya jerawat ga muncul. kalau sekarang sih, bekasnya masih ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serius nih pake pasta gigi ? duh anak saya nih problem banget dengan jerawatnya

      Hapus
  8. Dari ke 15 pilihan bahan alami diatas, ada satu tambahan yang mungkin bisa direkomendasikan dan belum dicantumkan diatas..., kentang, kak.

    Irisan tipis kentang atau bisa juga diparut setelahnya ditempelkan di jerawat, bisa bikin kulit bersih dari jerawat.

    Hal ini pernah dipraktekkan oleh adikku dan banyak teman-temanku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ,kentang juga bisa mas ya,..luar biasa baru tahu saya

      Hapus
  9. Wahh lengkap banget penjelasannya, bisa di coba salah satunya mudah mudahan berhasil soalnya aku lagi banyak banget jerawatnya

    BalasHapus
  10. Saya jerawatan sejak SMP hingga kerja. Setelah nikah langsung sembuh😘😘😘

    BalasHapus
  11. Wahhh lengkap banget mami, thank you. Kalau aku lebih suka pakei cara alami kek telur atau esbatu drpd pakai obat jerawat

    BalasHapus
  12. Jadi ingat dulu waktu smp kulit berjerawat karena salah kosmetik. Pengobatannya dengan madu dan kulit telur. Lumayan bisa bikin kempes,

    BalasHapus
  13. Ternyata lidah buaya nggak cuma utk penyubur rambut ternyata bisa buat menghilangkan jerawat,.... Kalau bawang putih serbaguna sekali ya Teh, bisa buat macam2 termasuk mengobati jerawat, utk masuk angin katanya nelan satu siung bawang putih katanya juga bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, teteh yang satu ini memang luar biasa sayapun baru tahu bahwa lidah buaya bisa untuk menghilangklan jerawat,..keren dah pokoknya, cuma busuk kalau lidah buaya yah,..ha-ha

      Hapus
  14. Kakak... Terima kasih sharingnya... Aku juga merasa bersalah karena kurang menjaga kebersihan wajah, jadi tiba-tiba berjerawat kalau lagi waktunya. Tapi, aku termasuk jarang berjerawat sih. Mungkin karena aku bantu dengan makan-makanan yang sehat dan jarang begadang.

    Oh ya Kak...
    Mau tanya juga, dari pada aku salah tangkep. Part "Penyebab Jerawat - nomor 6 - Rambut Kotor". Nah, di situ kakak nulisnya kurang lebih begini "Tidak semua orang orang memiliki kebiasaan keramas setiap hari. Ada juga beberapa orang yang [hanya keramas dua kali dalam sehari] atau juga malah..."

    Nah, yang aku bingungkan kata-kata "...hanya keramas dua kali dalam sehari..." Itu gimana ya Kak? Setiap mandi keramas dong berarti Kak? Atau mungkin maksud kakak mau nulis "...hanya keramas dua hari sekali..." Karena saya sendiri terbiasa keramas dua hari sekali.

    Terima kasih sharingnya dan salam Kak.

    BalasHapus
  15. Kalau saya lagi ada jerawat, paling di kasih tea tree oil.

    BalasHapus
  16. Oh, saya kira makin sering cuci muka makin hilang jerawat.. :v

    BalasHapus
  17. wah, infonya lengkap benar,...luar biasa, dukupas dan ditulis secara lengkap tanpa batas, baru kali ini saya tahu tips menghilangkan jerawat yang luar biasa, bahkan dengan putih telurpun ternyata bisa ya teh,..baru tahu saya, dan yang lebih mengejutkannya lagi menggunakan air es pun ternyata bisa juga untuk menghilangkan jerawat,...ilmunya bermanfaat bener dah,..mantap

    BalasHapus
  18. Wahhh ak baru tau banget nih menyentuh wajah dengan tangan ternyata bisa menyebabkan timbulnya jerawat yaa, apalagi ak sering banget ak pecahin gitu :v, wahhh besok besok harus dikurangi nih :(

    BalasHapus
  19. Aku jarang sekali perawatan jerawat mungkin dulu masih minim informasi klo pun ada kaya obat saya lebih suka nggak lebih suka yg alami 😃
    Padahal dulu ada jerawat cm dibiarin aja begitu

    BalasHapus
  20. Masha Allah... susah ya :( kok kalo cowo santai santai aja.. jerawatan apa engga hehe

    Fakhrezy

    BalasHapus
  21. Berdasarkan pengalaman saya sendiri sih, saya kan hobi banget olahraga contohnya berlari, nah kalau saya rutin berlari itu jerawat pasti ga muncul muncul deh, tapi kalau udah mulai jarang berlari pasti beberapa numbuh lagi. Jadi, perbanyak olahraga mungkin bisa mencegah timbulnya jerawat kaya saya ini, yang pasti setelah lakukan aktivitas diluar jangan lupa buat membersihkan muka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang harus sering-sering jaga kebersihan muka ya gan,..tapi kalau udah lewat masanya biasanya enggak pengaruh lagi

      Hapus
  22. Di samping rajin membersihkan muka dgn produk yg tepat (tiap org beda2 ada yg cocok produk A atau B), sy rasa rajin2 aj sauna, itu facial alami dan juga donor darah, ada penelitiannya lho untuk menghaluskan kulit. Mantap infonya

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel