Bagaimana Pendapat Anda ketika Rina Nose Melepas Hijab? - ratutips.com

Latest

ratutips.com

Website tentang Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

IBX58B944EDA0AEC

Senin, 13 November 2017

Bagaimana Pendapat Anda ketika Rina Nose Melepas Hijab?


source Kumparan.com


Setelah mengalami pergulatan batin, presenter Rina Nose akhirnya memutuskan untuk melepas hijab yang telah membalut kepalanya selama satu tahun belakangan ini.

Pada Kamis (9/11) lalu, Rina akhirnya pertama kali muncul di media sosial dan juga di layar kaca tanpa mengenakan hijab lagi. Sebelumnya, ia sempat bungkam mengenai alasan mengapa dirinya melepas hijab. Namun, beberapa waktu lalu, Rina akhirnya bersedia untuk buka suara.

Di bawah ini, kumparan (kumparan.com) telah merangkum beberapa ungkapan yang dilontarkan Rina mengenai keputusannya melepas hijab.

1. Keputusan Pribadi

Pemilik nama lengkap Nurina Permata Putri ini mengaku pilihannya untuk melepas hijab adalah keputusannya pribadi. Ia sama sekali tidak mendapatkan paksaan dari siapapun. Setelah mencari ilmu agama dan informasi dari berbagai sumber, Rina akhirnya mantap dengan keputusannya itu. Rina juga membantah semua rumor yang menyebutkan bahwa ia menanggalkan hijab karena masalah hidup yang tengah ia hadapi.

"Ini murni keputusan pribadi, bukan karena ada masalah di rumah atau apa. Saya tekankan di sini, saya tidak memiliki masalah apapun," ucapnya baru-baru ini.

2. Sudah Berencana Untuk Melepas Hijab Sejak 5 Bulan yang Lalu

source kumparan.com
Mungkin banyak orang yang mengira bahwa keputusan Rina untuk melepas hijabnya terlalu cepat dan mendadak.

Tapi kenyataannya tidak demikian. Pergolakan batin yang dirasakan pelantun lagu 'Maju Mundur Cantik' itu sudah ada sejak beberapa bulan yang lalu. Keinginan untuk melepas hijab pun juga sudah ada sekitar lima bulan yang lalu.

Namun Rina tak ingin tergesa-gesa. Ia masih terus memantapkan hati, dan juga berkonsultasi kepada orang-orang terdekatnya untuk keputusan yang cukup berat tersebut.

"Sekitar enam, tujuh bulan yang lalu, dan keinginan untuk melepas hijabnya itu sekitar lima bulanan lalu yah. Setelah mencari berbagai macam ilmu, bukan hanya ilmu agama saja. Aku baca ilmu filsafat, dan menemukan keyakinan dengan Tuhan yang meciptakan aku," ujarnya.

Sebelumnya, pada bulan Juni lalu, kumparan sempat bertemu dengan Rina dan ngobrol santai terkait keputusannya untuk memakai hijab. Saat itu Rina berujar bahwa memutuskan untuk hijrah dan memakai hijab, juga bukan keputusan yang mudah. 

Butuh waktu lama hingga akhirnya presenter berusia 33 tahun ini sampai pada titik keyakinannya untuk menutup aurat. Meski belum menemukan kebenaran atas semua pertanyaan yang selama ini berkecamuk di dalam kepalanya. Kala itu Rina hanya mengaku bermodalkan keyakinan dan kepercayaan. 

September 2016, menjadi bulan baru bagi Rina Nose yang memutuskan berhijab. 

"Biasanya orang kalau udah percaya, ya udah dia akan melakukan apapun meskipun dia belum tahu apa yang sebenarnya. Aku percaya sama Alquran, aku percaya ini kewajiban, aku percaya ini perintah Allah, jadi aku ikuti," ungkapnya kepada kumparan.

3.  Sudah Mendapatkan Persetujuan dari Keluarga untuk Melepas Hijab


Pelantun lagu 'Ayang Mbeb' ini telah mendapatkan persetujuan dari keluarga untuk keputusannya melepas hijab. Hal ini dikarenakan, ia telah mendiskusikan keinginannya tersebut sejak jauh-jauh hari.

Tak disangka, ternyata keluarga Rina dapat menerima keputusannya dengan baik. Karena mereka yakin, meskipun harus melepas hijab, namun rasa kasih sayang antar sesama manusia akan tetap ada sampai kapanpun. Tidak akan pernah berubah, meski Rina berhijab maupun tidak berhijab. 

"Orangtua, keluarga aku sudah tahu lama. Karena hal ini sudah aku diskusikan dengan orangtuaku juga. Mereka menyerahkan semua keputusannya ke aku. Mereka lebih paham cara berpikir aku, lebih demokrat , enggak memaksa, mengekang dan harus menjadi perpecahan keluarga. Karena kami tahu, intinya kasih sayang sesama manusia. Kami saling menghargai setiap keputusan yang ada," jelasnya.

4. Sudah Melakukan Umroh untuk Memantapkan Hati

Sebelum benar-benar yakin kepada keputusannya untuk melepas hijab, presenter D'Academy tersebut ternyata sempat menjalani ibadah umrah. Selain untuk beribadah, Rina juga ingin menguatkan hatinya dan mencari jawaban (kembali) atas semua pertanyaannya selama ini. 

Di sanalah pergolakan batin kembali dirasakan oleh Rina. Sampai pada akhirnya mantan istri Ridwan Federani Anwar ini yakin, untuk berbuat kebaikan atau mendapat pahala, bukan berarti kita harus berfokus kepada satu titik saja.

Hal yang ia yakini adalah, meskipun ia melepas hijabnya, namun masih banyak kegiatan positif lain yang bisa dilakukan untuk berbuat kebaikan antar sesama manusia atau dengan Tuhan.

"Orang –orang bilang, 'Wah, kamu tidak mematuhi perintah Allah, itu (hijab) sudah wajib hukumnya' Ya, iya, memang itu ada di kitab dan saya pun baca, bahkan mungkin tentang perintah berhijab, saya lebih banyak membaca dibanding mereka," kata Rina.

"Tapi balik lagi, saat di sana saya punya keyakinan, Tuhan itu maha penyayang, maha baik. Jadi apapaun keputusan saya, saya yakin beliau yang lebih tahu," lanjutnya.

5. Merasa Tertekan Dengan Berbagai Komentar Negatif dari Netizen

Rina yakin keputusannya untuk melepas hijab, akan mendapatkan begitu banyak tanggapan di media sosial. Baik yang positif ataupun negatif.

Dan akhirnya, ketakutannya itu pun terjadi. Ribuan orang berbondong-bondong membanjiri kolom komentar media sosial miliknya dan melontarkan berbagai kalimat-kalimat yang dirasa Rina cukup menyayat hati.

Hal tersebut membuat presenter D'Academy ini merasa cukup terancam dengan keberadaan netizen.
"Agama itu sejatinya untuk membuat kedamaian, ketentraman hati. Bukan untuk menimbulkan ketakutan dan rasa terancam. Nah, saat ini saya melihatnya netizen yang telah melakukan syariat agama dengan baik justru membuat saya takut, membuat saya terancam," kata dia.

"Jadi saya seperti diadili, kaya begini misalnya 'Kau berdosa, saya kecewa, saya tidak suka dengan kamu lagi'. Seolah-olah, saya melakukan sebuah kesalahan yang bepengaruh besar terhadap dunia, begitu," sambungnya.

Sebetulnya, jika boleh mengulang kembali ke belakang, tanda-tanda Rina Nose untuk 'mengakhiri' semua pertanyaan dalam hidupnya, sudah mulai terlihat sejak beberapa bulan lalu.

Hal tersebut terungkap melalui setiap postingan di fotonya dengan kalimat-kalimat yang ia tulis sebagai keterangan foto. 
source kumparan
"Ini bukan akhir dari perjalanan spiritual saya. Saya hanya mencoba untuk berpikir kritis dan mencari tahu tentang segala hal. Tidak perlu semua orang menyukai saya, dan saya tidak takut dibenci. Karena hanya aku yang tahu tujuanku," tulis Rina dalam bahasa Inggris, pada salah satu foto yang ia unggah pada 18 Oktober lalu.

Pendapat Penulis Tentang Rina Nose Melepas Hijab

Setiap orang memiliki fase-fase tersendiri untuk siap dan mampu pada tahap yang akan dilaluinya. Tidak semua orang dapat mengikuti apa yang Anda inginkan, dan begitupun sebaliknya. Anda tidak mau kan dihakimi jika Anda posisinya sebagai Rina Nose atau wanita lain yang melepas hijab?

Sejatinya, semua keputusan yang diambil setiap orang haruslah kita hargai. Dengan memberikan masukan yang baik, tidak menyinggung orang lain itu akan lebih baik. Terkadang, netizen terlalu berapi-api dan terbawa emosi ketika mengomentari sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginannya, padahal, tidak semua orang satu pendapat dan satu pemikiran dengan Anda.

Intinya, kita harus tetap hargai keputusan beliau. Dan kita sebagai penonton dan netizen yang baik, cukup berdoa yang terbaik untuk beliau, dan janganlah saling mengumbar aib apalagi kejelekan sesama manusia, toh kita semua belajar menjadi pribadi yang lebih baik, bukan?

Setiap manusia pasti melalui fase galau, lepas pake hijab, dan itu pun pernah dirasakan oleh banyak wanita, tidak hanya Rina Nose, karena setiap orang mencari jati dirinya. Dan tugas kita sebagai manusia cukup mendoakan yang terbaik untuknya. Salam

Sumber Artikel ini diambil dari kumparan.com




16 komentar:

  1. Waah...
    Agak syerem juga sama keputusannya.
    Sangat disayangkan dan semoga Allah membimbing kembali sebelum semuanya terputus.

    BalasHapus
  2. Manusia itu pada dasarnya bersifat dinamis. Artiinya hari ini bilang a tidak ada jaminan besok atau lusa bakal bilang a bisa saja bilang b. Rina nose juga manusia, wajar saja kalo ia melepas hijabnya, namanya juga manusia

    BalasHapus
  3. itu semua urusan dia sama Tuhan, kita gak bisa nyinyirin dia, tentu ada pergolakan batin yang bikin dia ambil keputusan ini

    BalasHapus
  4. menurutku berhijab pilihan masing-masing y mbak. pdhl rina nose berhijab jd lebih cakep ya ....kok dilepas..mungkin belum mantep ya :)

    BalasHapus
  5. Hihi diriku juga belum istiqomah sih sis, masih banyak kewajiban lain yang sama mulia nya misal tidak nyakitin hati orang baik langsung atau via sosmed ;) semoga kita senantiasa kuat dalam iman ;)

    BalasHapus
  6. sayang banget sih menurut aku dilepas gitu.
    cantik padahal doi pake hijab

    BalasHapus
  7. iyalah, doa yg terbaik aja buat Rina. apapun itu keputusannya, pasti sudah dipertimbangkan baik2 :)

    BalasHapus
  8. Dia manusia dewasa tentunya sudah memikirkannya baik baik. Kalaupun ada yg kecewa itu wajar karena apapun langkah /keputusan kita, gak akan pernah bisa membuat semua orang senang. Yang penting kecewa sewajarnya saja, selebihnya utk introspeksi diri sendiri saja. Itu jauh lbh baik.

    BalasHapus
  9. intinya sih.. semoga Allah tidak mencabut HIDAYAH-nya dari kita semua.

    BalasHapus
  10. apa yang dirasakan dan dipikirkan dari kedalam hati Rina Nose dengan keputusan membuka hijab tentu hanya dia dan Allah Taalla yang mengetahui, tapi pasti akan ada hikmah yang dalam yang kelak akan didapatkannya atas keputusannya tersebut....mendingan nyantey kaya dipantey aja ah sayah mah

    BalasHapus
  11. Doa saya, semoga beliau kembali berhijab. “….. Barang siapa yang mengingkari hukum-hukum syariat Islam sesudah beriman, maka hapuslah pahala amalnya bahkan di akhirat dia termasuk orang-orang yang merugi”. (Al-Maidah ayat 5) Udah gitu aja....

    BalasHapus
  12. Sebagai netizen kita memang cukup menghargai keputusan Rina. Apalagi saya juga belum berhijab, mana bisa menghujat orang yang lepas kerudung. Nanti malah jadi senjata makan tuan.

    BalasHapus
  13. Apapun keputusannya, doakan yang terbaik untuk Teh Rina.
    Sebenarnya sayang banget sih, kalau dilepas gitu, terlepas udah dapet ijin orangtua. Yang namanya menutup aurat bagiku wajib hukumnya bagi perempuan dalam islam.

    BalasHapus
  14. Apapun keputusan yang beliau ambil
    mungkin sudah yang terbaik buatnya
    apa lagi kluarga mendukung
    doakan saja yag terbaik

    BalasHapus
  15. Setiap kita sedang mengalami proses untuk menuju. Keputusannya dulu dari belum berjilbab lalu berjilbab ternyata bukan keputusan final. Terbukti sekarang dilepas. Maka, keputusannya sekarang melepasnya kembali tentu juga belum final selama jatah hidup masih berlangsung. Bisa jadi besok atau lusa akan dipakai lagi ketika hasil pemikiran, perenungan, dan gejolak jiwanya memutuskan untuk memkai lagi. Demikian segala keputusan bagi kita semua. Itulah penting bagi kita untuk terus memohon agar dikaruniai kekuatan dan keputusan terbaik. Sampai ajal menjelang.

    BalasHapus
  16. Mungkin dia punya alasan tersendiri yang kuat :D

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..