Pengen Bisnis MLM? Sebelum Memulai Bisnis MLM, Ketahui Dulu 3 Hal Ini!


Bisnis MLM atau Multi Level Marketing merupakan sistem bisnis dengan penjualan produk yang menggunakan jaringan. Pada umumnya yang membedakan bisnis ini dengan bisnis lain adalah proses upline dan downline dimana membutuhkan kerja keras untuk mencari dan mendapatkan banyak jaringan agar produk yang dijual dapat laku di pasaran.

Bisnis MLM memang memiliki keuntungan yang besar, namun tidak menutup kemungkinan banyak orang yang telah menjalankan bisnis ini mengeluh karena besar juga kekurangan dari bisnis MLM.
Bagi Anda yang mau merintis bisnis ini, ketahui dulu 3 hal penting berikut.

1. Banyak Pilihan Produk

Bisnis MLM memang menawarkan proses mudah dan cepat dimana Anda hanya membutuhkan biaya pendaftaran untuk merintis bisnis ini. Selain itu, produk bisnis MLM yang ditawarkan ke pasaran beragam misalnya produk kecantikan, pakaian, minuman, produk minyak kayu putih, produk kesehatan, dan masih banyak pilihan lainnya tergantung seberapa besar jaringan yang ada miliki untuk menjual produk bisnis Anda.

Produk yang ditawarkan pun merupakan produk unik yang kadang tidak Anda temukan di tempat lain. Namun untuk menjalankannya butuh usaha dan kerja keras. Karena tidak semua orang percaya akan produk dari bisnis MLM apalagi kalau kualitas yang ditawarkan rendah dengan harga mahal.

2. Tidak Bertahan Lama

Dengan proses upline dan downline ternyata hal ini membuat banyak pebisnis MLM yang merasa rugi. Jika Anda tidak mempunyai downline dalam bisnis MLM, tentu saja Anda akan sulit mendapat keuntungan yang menjadi target Anda.

Biasanya, upline mendapat keuntungan dari downline. Downline sama halnya dengan Anda harus mencari dan mendapat target market baru. Dikarenakan hal tersebut pebisnis MLM memutuskan untuk mengakhiri bisnis ini.

3. Kecil Keuntungan Besar Kerugian

Produk MLM dikenal belum tentu ada manfaatnya. Selain produk, tahukah Anda bahwa sebagian besar anggota MLM memang hanya diperas karena harus membayar biaya pendaftaran yang cukup besar dengan kualitas produk yang rendah dan belum tentu ada manfaatnya.

Jadi, buat Anda yang berencana untuk bergabung dengan bisnis MLM atau menjadi produsen produk MLM, pikirkan dengan matang. Masih banyak peluang bisnis lain yang dapat Anda coba. Saat ini dapat Anda lihat dengan inovasi waralaba atau startup business.

Banyak keuntungan yang diperoleh dan bahkan memberikan dampak yang baik bagi pasaran bisnis. Hanya dengan modal yang cukup, Anda dapat mencoba suatu bisnis yang sudah tentu menjanjikan prospek keuntungan bagi Anda. Semoga bermanfaat !

Berlangganan update artikel terbaru via email:

5 Komentar untuk "Pengen Bisnis MLM? Sebelum Memulai Bisnis MLM, Ketahui Dulu 3 Hal Ini!"

  1. Oh gitu sis, ku belum pernah join MLM heheh tfs yaa

    BalasHapus
  2. Pernah ikutan bisnis MLM, sebatas pergaulan saja, nggak enak ama yang ngajak hehe

    BalasHapus
  3. Jadi ingat pas zaman kuliah dulu, diajak teman ikut presentasi mlm. Walau ngerasa dijebak, palin gak dapat ilmu bagaimana cara mlm itu bekerja.

    BalasHapus
  4. Saya lebih baik memilih bisnis Konvensional saja dari pada bisnis MLM, saya sudah pernah ikut bisnis MLM alhasil menurut saya itu tidak menguntungkan bagi saya. setelah kita ngajak orang masuk eh banyak yang keluar karna ga sanggup, kemudian nama yang mengajak pun jadi tercoreng.

    kalau di pikir-pikir lebih banyak yang rugi dari pada yang sukses, yang sukses mungkin bisa dihitung pakai jari...

    lebih baik bisnis yang umum sepeti membuat ruko untuk disewakan, jualan makanan, buka restran, buka studio foto dan lain lain itu jauh lebih oke..

    BalasHapus
  5. Terkadang tingginya harga produk yang dipasarkan dalam bisnis MLM, lebih tinggi daripada produk serupa dengan merk yang beredar di pasaran umum.

    Mungkin karena itu salah satu alasan MLM jadi kurang diminati.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel