Lowongan Kerja dengan Keterangan Tidak Berhijab, Diskriminasikah? - ratutips.com | Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

Latest

Jumat, 04 Januari 2019

Lowongan Kerja dengan Keterangan Tidak Berhijab, Diskriminasikah?

Lowongan Kerja dengan Keterangan Tidak Berhijab, Diskriminasikah?

Saya sering sekali mendapati beberapa lowongan kerja yang mewajibkan pelamarnya untuk tidak berhijab. Sedangkan, saya sendiri merupakan salah seorang wanita muslim yang berhijab, walaupun saya juga masih jauh dari kata sempurna dalam agama saya dan masih banyak sekali kekurangannya. Dulu saya masih ingat ketika ada tawaran pekerjaan yang mengharuskan lepas hijab. Akan tetapi, di pengumuman pekerjaannya memang tidak tertera bahwa si perusahaan menginginkan karyawannya untuk tidak berhijab.

Banyak sekali teman saya pun yang akhirnya lepas hijab demi sebuah pekerjaan, dikarenakan kesulitan mencari pekerjaan dan mencari uang untuk menghidupi keluarganya dan membahagiakan orangtuanya. Banyak juga yang akhirnya melepas hijab, lalu setelah beberapa tahun bekerja, akhirnya memutuskan untuk berhijab kembali.

Sebenarnya, sah-sah saja jika perusahaan menginginkan karyawannya untuk tidak berhijab dengan alasan estetika. Namun, yang sedikit disayangkan adalah jika dalam pengumuman lowongan pekerjaan tersebut dituliskan keterangan tidak berhijab, tentunya banyak pihak yang merasa dibedakan atau istilahnya adalah di-diskriminasi. Lantas, apa sih pengertian dari diskriminasi?

Diskriminasi adalah perlakuan yang kurang adil atau tidak balance yang dilakukan seseorang terhadap individu maupun kelompok. Biasanya kategori kurang adilnya bisa berbagai macam bentuk, seperti membedakan ras, suku, agama, kelompok dsb. Dan menurut saya sendiri, jika ada pengumuman lowongan kerja dengan keterangan tidak berhijab nyatanya bisa dikategorikan membeda-bedakan kelompok yang mengakibatkan banyak orang yang merasa tidak diadili dalam mencari pekerjaan.

Saya pun ketika membaca lowongan kerja dengan keterangan tidak berhijab, nyali langsung menciut karena saya bukan termasuk kriteria karyawan yang perusahaan tersebut cari. Namun, saya pun tidak menyalahkan pihak manapun dalam hal ini, karena tentunya setiap orang memiliki pandangan tersendiri dalam melakukan pencarian calon pekerja.

Mungkin bisa saja, perekrut tersebut ingin lebih mem-filter dan menyesuaikan dengan keinginan owner dari perusahaan. Dan ingin agar kita pun tidak perlu capek-capek melamar pekerjaan ke instansi tersebut jika memang Anda tidak masuk dalam kriterianya. Ada baiknya juga melakukan hal ini, karena kita bisa memilah lowongan mana yang bisa menerima keadaan dan kualifikasi sesuai dengan keahlian dan kemampuan Anda.


Namun, kekurangannya adalah tidak semua orang bisa menerima perbedaan tersebut. Ada banyak juga yang merasa apa yang salah dengan hijab. Mengapa kriterianya terlalu men-desperate-kan seseorang, dan masih banyak hal lain. Semua kembali lagi pada Anda yang merespon hal tersebut. Apakah Anda bisa menerima, atau Anda merasa didiskriminasi dengan hal ini.

Semuanya kembali lagi pada individu masing-masing. Yang terpenting, tetaplah Anda sebagai pencari kerja yang selalu berpikir positif dalam mencari pekerjaan. Jika memang pekerjaan tersebut menginginkan karyawannya untuk tidak berhijab, maka Anda tak perlu susah payah melamar pekerjaan ke instansi tersebut dan pastinya mengurangi kesibukan Anda dalam mencari pekerjaan dan lebih men-seleksi mana saja pekerjaan yang masuk dan menerima kriteria Anda.

Anda tidak perlu wasting time karena tahu bahwa kriterianya tidak masuk pada kualifikasi Anda. Semangat selalu dalam mencari pekerjaan yang dapat mendukung apapun yang Anda inginkan. Semangat mencari kerja!

14 komentar:

  1. Kalau menurut saya sich, kita ambil hikmahnya saja Mbak, mungkin disana bukan jalan rezeki kita, sebab dunia tak selebar daun kelor, rezeki ada dimana2 ..... :) Tapi mempertahankan hijab adalah sebuah kewajiban agar wanita selamat dunia akhirat. :) ( kok saya jadi ceramah yach,hahahah.... )

    BalasHapus
  2. saya pernah waktu itu diterima kerja, eh ternyata syarat nya harus lepas hijab. langsung saya tolak lah itu. cari kerja tempat lain aja.

    dan ternyata karyawan2 disana, kalau di kantor mereka lepas hijab nanti pas diluar mau pulang baru dia pakai hijabnya. miris banget yaa..

    BalasHapus
  3. itu hak perusahaan ya, tapi ada bagusnya lho mbak, dikasih tau lebih dulu sebelum masuk ke pekerjaan itu

    BalasHapus
  4. Tapi memang lebih bagusnya sudah diberi keterangan tidak berhijab. biar nanti tidak ada waksangka lagi jika gagal mengikuti test.

    BalasHapus
  5. jangankan itu, yang kerja di salon langgananku padahal notabene pelanggannya cewe gak di bolehin pake hijab.

    BalasHapus
  6. Sayang banget kalo harus buka hijab karena kerjaan...cari perusahaan yang lebih baik kebijakannya deh, yang ga ngatur "gituan"...dan pasti tidak akan memberikan 'pressure' di tempat kerja.
    Kita bekerja bukan hanya sekedar karena uang, tapi adalah aktualisasi diri

    BalasHapus
  7. Kalau menurut saya, sebaiknya abaikan saja kalau memang tidak diperkenankan berhijab, sebab masih banyak perusahaan lain yang lebih menghargai privacy pegawaainya dengan memperbolehkan bekerja pakai hijab, mungkin rejekinya berada di tempat lain :)

    BalasHapus
  8. itu adalah pilihan agar tidak salah dalam memasuki sebuah pilihan...maksudnya dengan memberikan embel-embel "tidak berhijab" secara tidak langsung mengkategorikan isi pekerjaan,,,terlebih dahulu, masa iya misal cafe mau mempekerjakan orang berhijab kan tidak menghargai jadinya...menurutsaya "tidak diskriminatif" tp kembali ke deskripsi pikiran masing2

    BalasHapus
  9. Kalau sekarang saya kira bukan diksriminasi, tetapi lebih pada kebutuhan perusahaan. Ada baiknya memang di awal diinfokan bahwa kriteria yang diinginkan tidak berhijab. Jadi, tidak ada wasting time bagi wanita berhijab untuk melamar di tempat tersebut.

    BalasHapus
  10. ya pindah ke tempat lain aja yah.

    BalasHapus
  11. kita jadi tahu wah perusahaan ini sepertinya tidak cocok buat saya karena bagi muslimah adalah wajib

    BalasHapus
  12. Dih masih ada yaa pekerjaan yang membatasi seperti itu, hadehhh :(

    BalasHapus
  13. Mempertahankan hijab itu wajib, menurut saya, kalau memang tidak bisa bekerja di suatu tempat karena berhijab, cari yang lain saja dan tetap semangat! Allah SWT punya rencana terbaik untuk kita semua hehehehe :D

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..