Lebih Baik Blogwalking atau Membalas Komentar di Blog Anda Sendiri? - ratutips.com | Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

Latest

Rabu, 27 Februari 2019

Lebih Baik Blogwalking atau Membalas Komentar di Blog Anda Sendiri?

Lebih Baik Blogwalking atau Membalas Komentar di Blog Anda Sendiri?

Blogwalking atau biasa dikenal dengan bermain ke rumput tetangga alias membaca blog orang lain lalu kemudian berkomentar merupakan salah satu kewajiban bagi setiap blogger sebagai salah satu silaturahmi antar sesama blogger.

Bahkan, tak hanya itu saja, fungsi blogwalking pun selain untuk silaturahmi sebagai sesama blogger, juga sebagai tempat untuk menaruh backlink. Dengan demikian, dengan seringnya blogwalking ke beberapa blog yang sudah memiliki DA dan PA yang tinggi, otomatis blog Anda pun akan sering diliat oleh banyak orang kemudian akan sering orang mampir untuk membaca artikel di blog Anda.

Lantas, jika Anda pekerja yang sangat sulit membagi waktu antara mengelola website sendiri dengan pekerjaan, lalu diberikan dua pilihan. Manakah yang lebih baik antara blogwalking atau membalas komentar di blog Anda sendiri? Tentu jawaban semua blogger pastinya ingin selalu bisa blogwalking dan membalas komentar di blog sendiri.

Namun, yang jadi kendala adalah jika waktu Anda terbatas untuk membalas komentar di blog Anda. Manakah yang akan Anda utamakan? Membalas komentar di blog atau langsung saja blogwalking pada blogger yang sudah berkomentar di blog Anda? Karena saya termasuk golongan yang agak sulit waktunya, tentunya saya lebih memilih blogwalking pada blogger yang sudah berbaik hati berkomentar di blog saya, walaupun saya merasa banyak salah dan mohon maaf sebesar-besarnya jika saya jarang membalas komentar Anda di blog saya.

Namun, sebisa mungkin saya pun akan selalu blogwalking alias membalas dengan mengomentari artikel yang Anda buat di blog kesayangan Anda. Mengapa saya memilih lebih baik blogwalking ketimbang membalas komentar di blog sendiri? Saya rasa jawabannya hanya satu. Setiap orang yang berkomentar pastinya ingin dibalas dikomentari dengan bahasa yang baik. Bahkan jika ada waktu, saya pun akan bom komentar di blog tersebut.

Namun kendala lagi dan lagi hanya masalah waktu. Mungkin ada sebagian emak-emak blogger yang sudah cukup sibuk dengan mengurus bocah dirumah, jadinya saya pun sangat mengerti sulitnya mencari waktu untuk sekedar blogwalking saja. Saya sangat appreciate akan hal itu.

Saya pun meminta maaf kepada semua blogger yang sudah baik hati memberikan komentar di blog saya, dan tidak bisa saya balasa satu-satu. Semoga Allah yang membalas kebaikan kalian. Namun yang jelas, saya sebisa mungkin akan selalu blogwalking pada teman yang sudah baik memberikan komentar pada saya. Dengan demikian, dengan seringnya blogwalking pun, wawasan menjadi sangat luas, banyak inspirasi yang didapat dan bahkan ilmu yang didapatpun semakin banyak.

Saya pun agak terheran dengan salah satu blogger senior yang sangat baik membalas komentar di blognya sendiri hingga ratusan komentar. Bahkan masih bisa blogwalking pada blog yang sudah meninggalkan komentar di blognya. Saya sangat bangga dan saya pun akan meniru manajemen waktunya, sehingga bisa mengelola dan membalas komentar teman-teman blogger hingga ratusan komentar.

Bagaimana dengan Anda? Manakah yang akan Anda utamakan di sela kesibukan yang tidak pernah surut? Apakah Anda akan mengutamakan blogwalking terlebih dahulu atau membalas komentar di blog Anda sendiri? Terimakasih sudah membaca artikel ini!

21 komentar:

  1. Saya tetap pilih kedua duanya , dlm wkt 24 jam pasti ada sisa waktu. Biasanya pada jam istirahat. Dan yg paling mudah kalau menggunakan hp. Jd bisa di manapun berada. Bahkan di sela waktu sibuk pun bisa sambil nyicil satu persatu.

    BalasHapus
  2. Sesempetnya aja sih klo saya mah heheu makasih udah nulis ini mba Vika

    BalasHapus
  3. Kalau saya tergantung waktu kalau nggak sibuk yaa BW lebih suka..😄😄

    Tetapi biar sibuk berapa komentator diblog akan tetap saya kunjungi secara step by step..😄😄

    BalasHapus
  4. manage waktu, i can relate mba hehe.. belum bisa bagi waktu yang pas juga antara kuliah sama dunia blogging
    kalau aku sih lebih ke main di blog temen-temen blogger deh mba.. tapi sebisa mungkin pengen juga balesin komen di blog yg masuk

    BalasHapus
  5. Ohh, kuampuni eh# salah, maksudku kumaafkan, eh# salah lagi ..., lagian ngga mungkin kan kak Vika bikin kesalahan ke aku hahaha ..
    Kak Vika itu selalu rajin mampir berkomentar di artikelku, terimakasih untuk itu ya, kak :)

    Mengenai mengatur manajemen waktu antara kegiatan bw balik dan membalas komentar di artikel sendiri, aku pribadi melakukan dengan cara begini, kak :
    Kalau aku punya waktu luang, aku akan langsung balas komentar yang masuk terus dilanjut bw balik ke post yang bersangkutan.
    Tapi kalo aku lagi ngga punya banyak waktu luang, aku langsung bw ke pengomentar yang masuk dan menunda membalas komentar yang masuk di postku.

    BalasHapus
  6. Kalau saya akan dahulukan ngemil dan minum teh dulu biar kuat, sehingga bisa balas koment di blog saya dan blogwalking.

    mana yang utama tergantung, Mbak. kalau saya bukanya via computer maka saya jawab dulu koment diblog saya, tapi kalau buka via hape saya blogwalking dulu. :)

    BalasHapus
  7. Aku terapin semua
    Balas di blog sendiri iya, blogwalking dan ngomen balik juga

    Agak ribet sih memang, jadinya aku atur.
    Blogwalking nya hanya setelah ngepost postingan baru aja.

    Jadi hari ini khusus buat update doang
    Besok nya bales2 blogwalking satu-satu
    Kalo belum kebales semua nanti bisa dilanjutin di kasur pake hape doang. Jadi lebih gampang sejak aku bikin daftar link blogger aktif itu tuh hehehe

    Jadi nya nggak terlalu ngebebanin deh, palingan malesnya aja kadang2 hehe ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mirip seperti yang saya lakukan juga gitu sob

      Hapus
  8. Kalau aku, balas komentar dan langsung cus keliling blog tetangga hehe. Sambil baca-baca sambil komentar, sambil ngemil eh habis deh jajan satu kaleng kwkwkw...

    Aku blom lama juga gabung dblog, dan ternyata dunia blog itu seru. Banyak temen juga, jadi makin betah hehehe

    BalasHapus
  9. Sebaiknya seimbang kalau ada waktu ya, Mbakyu. Tapi tergantung masing2 Blogger juga. Kadang tidak semua komentar mesti dibalas.

    Kalau untuk blogwalking bagi saya sendiri merupakan hobi. Karena saya senang membaca, dengan blogwalking banyak pengetahuan baru yang saya dapat. Bila semua itu berimbas pada kunjungan balik, saya anggap itu sebagai bonus.:)

    BalasHapus
  10. aku sih pengennya dua2 nya mbaa.. bales komentar + bw balik juga. kan bisa dicicil per hari nya. hehe..

    aku juga salut bgt mba sama mom blogger yg mengaku sibuk bgt sama urusan rumah tangga dan anak2 nya tp masih bisa bls komen + bw balik juga. kadang suka bertanya2.. cara ngatur waktu nya gmn yaa? apa dia merelakan jadwal tidur nya kali yaa..

    BalasHapus
  11. Saya memilih keduanya; blogwalking dan membalas komentar. First of all ya blogwalking, lalu mulai membalas komentar. Kadang dipisah, hari ini cuma bisa blogwalking, besok baru bales komentar. Mana-mana suka hehehe. Semoga tali silaturahmi ini tetap terjalin. Amin.

    BalasHapus
  12. Dua-duanya saja teh Vika. Tergantung mana yang duluan terjadi...hehehe

    BalasHapus
  13. aku selalu bw mbak karena sering terhibur kalau baca postingan sahabat

    BalasHapus
  14. aku kalo lagi padat, ngebalesin comment + blogwalking balik... Kalo ada waktu lebih baru deh blogwalking ke orang2 lain, gausa banyak2 5 blog sehari aja cukuup

    BalasHapus
  15. Kalau saya dua-duanya, blogwalking dan balas komentar :D
    Kalau disuruh milih, mana yang paling penting. Penting dua-duanya :D

    BalasHapus
  16. Saya lagi berusaha melakukan keduanya, walaupun time management nya masih kacau krn kesibukan tapi berusaha utk lebih aktif bw lagi dan tentunya membalas komen.

    BalasHapus
  17. Saya mendahulukan balas komentar di blog sendiri kalau ada komentar berupa pertanyaan kalau ngga ada paling dilongok doang terus blokwalking..

    BalasHapus
  18. Saya mendahulukan balas komentar di blog sendiri kalau ada komentar berupa pertanyaan kalau ngga ada paling dilongok doang terus blokwalking..

    BalasHapus
  19. nice info atas postingan ini. saya baru saja ngeblog kembali setelah vakum. dan untuk saat ini, dua poin diatas saya usahakan dua2nya dilakukan.

    BalasHapus
  20. Kalau saya biasanya keduanya,,,,balas dulu komentar lanjut blogwalking,,,,jadi semua saya lakukan satu satu hehehe

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..