Cara Mudah Menyembunyikan Data Privasi Anda Menggunakan Password - ratutips.com | Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

Latest

Selasa, 26 Februari 2019

Cara Mudah Menyembunyikan Data Privasi Anda Menggunakan Password

Data privasi merupakan salah satu komponen penting yang harus dijaga. Terlebih jika Anda memiliki banyak data-data di laptop yang tidak seharusnya orang tahu, alangkah lebih baik data tersebut disembunyikan dan menggunakan password agar tidak semua orang tahu mengenai data tersebut.

Terkadang, ada beberapa data umum yang boleh orang lain tahu, namun ada beberapa data yang tidak boleh ada yang tahu. Misalkan saja jika Anda memiliki anak kecil yang berusia 6 tahun yang sudah bisa menggunakan laptop. Setidaknya, simpan beberapa data bahkan film action kekerasan yang Anda sukai dengan cara disembunyikan menggunakan password agar anak Anda tidak ikut menontonnya.

Kebayang jika data privasi Anda dilihat oleh banyak orang dengan tidak sengaja bahkan oleh anak Anda. Oleh karena itu, wajib hukumnya menyembunyikan data privasi menggunakan password agar orang lain tidak tahu.

Nah, lalu bagaimana cara menyembunyikan data privasi Anda menggunakan password di laptop? Caranya sangat mudah, Anda cukup memiliki aplikasi Win RAR di laptop Anda. Dengan demikian, segala file atau data Anda bisa Anda sembunyikan menggunakan aplikasi tersebut, yakni ketika akan membuka data, akan diminta password sesuai dengan yang Anda tulis. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Siapkan data yang ingin Anda hide dan digunakan password.

2. Buat folder baru yang mainstream digunakan dan tidak membuat orang penasaran ingin membukanya. Contoh foldernya adalah folder "PROGRAM".

3. Lalu setelah dibuat folder baru, drag semua data Anda pada folder PROGRAM tersebut.

4. Lalu klik kanan pada folder PROGRAM, lalu klik Add to Archive.

5. Disana Anda akan menemukan tab Advance, lalu klik set password.

6. Masukan password yang Anda inginkan dengan inisial yang unik. Lalu save.

7. Lalu nanti akan ada file baru bernama PROGRAM.rar yang bisa Anda buka filenya menggunakan password yang Anda gunakan.

Begitulah kira-kira cara mudah menyembunyikan data privasi Anda menggunakan password. Dan Anda pun jangan lupa, untuk menghapus data folder sebelumnya. Karena sistem RAR, dia akan mengcopy data tersebut, sehingga Anda harus menghapus data sebelumnya yang ada di folder PROGRAM.

Sangat mudah bukan caranya? Jika Anda masih kebingungan, dibawah ini ada tutorial untuk Anda mempraktekan cara menyembunyikan data privasi menggunakan password pakai aplikasi Win RAR. Selamat mencoba !


5 komentar:

  1. sangat mudah tapi kalau belum tau bingung juga..apalagi kalau data sebelumnya ngga dihapus jadi tambah bingung,,

    BalasHapus
  2. Betul itu, harus dibuat password untuk mengunci file data pribadi.
    Kalau ngga bisa bocor data-data penting milik pribadi.
    Meski begitu kita juga wajib mengingat dengan baik kombinasi password, kalau perlu mencatat di buku kemudian buku disimpan hanya kita yang tau.

    BalasHapus
  3. bener perlu diamankan jangan sampai ada file yang didelete secara tidak sengaja

    BalasHapus
  4. kalau lupa paswordnya, gimana bukanya kembali Mbak ? bisakah menjebol paswordnya dengan menggunakan Tongkat Ajaib ?

    BalasHapus
  5. Data pribadi selain disamarkan dgn nama folder yg umum juga penting kita kunci, cuma jangan sampai lupa passwordnya atau lupa naruh kodenya yg tercatat di buku

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..