Yuk Biasakan Gaya Hidup Sederhana untuk Mencapai Financial Freedom di Masa Tua! - ratutips.com | Tips dan Tutorial yang Bermanfaat untuk Anda

Latest

Jumat, 01 Maret 2019

Yuk Biasakan Gaya Hidup Sederhana untuk Mencapai Financial Freedom di Masa Tua!

Yuk Biasakan Gaya Hidup Sederhana untuk Mencapai Financial Freedom di Masa Tua!

Di era milenial ini, orang cenderung mengikuti alur teknologi yang semakin maju. Maka tak jarang orang berlomba-lomba untuk mengikuti gaya hidup hedon alias mewah dengan penghasilan yang tidak seberapa alias pas-pasan.

Sebenarnya, sangat mudah bagi kita dan juga Anda tentunya untuk membiasakan diri memilih gaya hidup sederhana untuk mencapai financial freedom di masa tua. Apa sih yang dimaksud dengan financial freedom? Financial freedom bisa diartikan sebagai waktu atau momen ketika Anda cukup duduk manis sambil menikmati income yang setiap harinya bertambah tanpa perlu Anda bekerja dengan susah payah. Dengan demikian, Anda akan menikmati masa tua tanpa perlu merepotkan keluarga bahkan anak Anda sekalipun.

Mengapa saya mengajak Anda semua membiasakan hidup sederhana? Karena masa tua Anda tidaklah harus selalu bergantung kepada anak di masa yang akan datang. Akan ada saatnya Anda harus hidup mandiri dan tinggal leyeh-leyeh menikmati hidup di masa tua nanti.

Membiasakan gaya hidup sederhana dan mewah tentunya terbiasa dari segi lingkungan, orang terdekat, bahkan orangtua Anda sendiri. Jika Anda tidak dibiasakan sedari dini untuk hidup sederhana, maka yang akan Anda rasakan akan selalu kekurangan bahkan memiliki banyak hutang karena mengikuti gaya hidup masa kini.

Biasakanlah untuk mengatur uang gaji bulanan dengan membiasakan menginvestasikan uang sedari muda, menabung secara rutin setiap bulannya, bahkan merintis usaha dari muda sehingga ketika tua nanti, Anda tinggal memetik hasilnya.

Jika Anda sukses menerapkan gaya hidup sederhana ketika muda, bisa saja Anda pensiun di umur 40 bahkan 45 tahun Anda tinggal menikmati hasil dari kerja keras yang Anda buat semasa muda. Bagaimana cara membiasakan hidup sederhana untuk mencapai financial freedom secepatnya? Yuk simak tulisan dibawah ini.

1. Pintar Mengatur Uang dan Makan Seadanya

Mengatur uang dengan baik tentunya harus Anda lakukan sebaik mungkin. Dengan mengatur gaji bulanan dengan baik, Anda tentunya akan bisa mencapai financial freedom secepatnya. 

Selain wajib pintar dalam mengatur keuangan, Anda pun harus bisa membiasakan diri untuk makan seadanya. Budget makan Anda tentunya bisa Anda push jika Anda terbiasa makan sederhana bahkan seadanya. Dua lauk dalam satu hari pun tidak masalah jika gizi yang Anda makan dapat terpenuhi. Begitu pula dengan membiasakan makan seadanya, tentunya banyak cost money yang bisa Anda hemat lalu uang tersebut bisa Anda gunakan untuk investasi emas misalnya. Dengan demikian, Anda sedikit demi sedikit menabung, untuk masa tua Anda yang bahagia.

Memang, hal tersebut tidaklah mudah jika Anda dikelilingi oleh teman-teman yang terbiasa makan di cafe mahal atau makan murah aja tidak mau. Sebenarnya, membiasakan makan dirumah pun atau bekal ke tempat kerja sangat efektif menghemat uang Anda, sehingga uang Anaa bisa ditabung untuk Anda investasikan sedari dini.

2. Membeli Sesuai yang Dibutuhkan, bukan yang Diinginkan

Semakin banyaknya olshop yang ada, dengan diiringi semakin majunya era digital saat ini. Menbuat banyak orang semakin ingin terus berbelanja padahal barang tersebut tidak sepenuhnya sangat dibutuhkan, malah hanya diinginkan saja. Ketika sudah dibeli, barang tersebut dibiarkan begitu saja dan jadi mubadzir.

Kebiasan berbelanja sesuatu yang tidak terlalu penting pun perlu Anda hindari jauh-jauh. Dan biasakan niatkan dalam diri lebih baik Anda menabung ketimbang membeli barang yang tidak terlalu Anda perlukan.

Godaaan baju bagus yang harganya sampai jutaan, padahal baju yang Anda punya sangat banyak, tentunya sangat menguras keuangan Anda. Oleh karena itu biasakan untuk tidak membeli sesuatu yang tidak terlalu penting, karena hal tersebut sangat menguras keuangan Anda dan Anda pun malah terlibat banyak hutang karena mengikuti gaya hidup mewah.


3. Menggunakan Asuransi Jiwa dan Investasi

Sedini mungkin mengunakan asuransi merupakan hal yang sangat penting, apalagi jika Anda memiliki pekerjaan yang beresiko tinggi terjadi kecelakaan. Setidaknya, Anda pun harus memiliki asuransi jiwa dan mengikuti berbagai investasi yang dibayar perbulan sehingga ketika mencapai umur 50 tahun, ada uang investasi Anda yang bisa Anda nikmati ketika hari tua tiba.

4. Menggunakan BPJS Ketenagakerjaan

Menggunakan BPJS ketenagakerjaan pun sangat membantu sekali bagi Anda para pekerja untuk mendapatkan uang pensiun Anda. Dengan menyisihkan sebagian uang yang Anda peroleh ketika bekerja untuk membayar bpjs, maka lama-kelamaan tabungan pensiun Anda akan membesar dan cukup membantu keuangan Anda ketika Anda sudah tua.

Dengan demikian, Anda bisa mencapai financial freedom semuda mungkin. Dan pastikan untuk Anda bekerja keras serta berusaha selagi muda dengan menerapkan gaya hidup sederhana untuk mendapatkan masa tua yang bahagia tanpa merepotkan orang lain. Semoga bermanfaat!

15 komentar:

  1. Setuju sama semua yang ditulis di atas. Makan seadanya dalam pengertian begini; dulu saya sering banget makan di luar rumah dan ke kafe, tapi sekarang semua harus dibatasi karena uangnya dipakai untuk menabung ini itu. Manfaatnya sudah dirasakan ... memang belum financial freedom sih tapi setidaknya setiap kali ada keperluan mendadak, Insha Allah duitnya juga ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahh itu juga yang sering saya lakukan, dulu boros banget kalo soal uang. Tapi pas makin kesini kesini jadi lebih hemat dan pintar pintar menggunakan uang. Jadi uang yang ada digunakan dengan hal hal yang memang dibutuhkan dan diperlukan,

      Hapus
  2. Mau nahan buat gak belanja berlebihan itu sesuatu banget kak. Harus pinter nyelipin uang buat nabung. Supaya gak kegoda sama olshop hihi

    BalasHapus
  3. Untuk nahan buat gak belanja berlebihan itu sesuatu banget kak. Kudu pandai nyelipin uang supaya gak kegoda sama olshop hehehe

    BalasHapus
  4. terimakasih tipsnya mbak
    masa muda bukan untuk foya-foya tapi perisapan untuk masa tua biar gak menyesal

    BalasHapus
  5. Yang nomor 2 mbak, koq ya susah banget, banyak yang diinginkan daripada yang dibutuhkan..;(

    BalasHapus
  6. saya berdoa semoga bisa hidup seadanya sis, mau makan ada, mau shopping ada mau trvelling ada uang

    BalasHapus
  7. Gaya hidup seerhana, makan sederhana, rumah sederhana..kapan kaya nya? :D

    BalasHapus
  8. Betul sekali Dari 4 yang sudah disebutkan diatas..Karena semakin bertambah umur Finansial kita pun tak seperti dulu. Pasti akan ada banyak pengeluaran..

    Intinya kesemuanya itu perlu diterapkan sejak dari sekarang..😄😄

    BalasHapus
  9. Betul sekali mbak, harus disiplin dan bisa menahan diri terhadapa "godaan" apalagi kalau sudah buka sosmed...timeline isinya menggoda semua, so, harus kekep dompet

    BalasHapus
  10. Setuju dgn poin2 diatas. Kalau saya sih udh hidup berhemat krn yg buat hidup boros blum ada hehehe

    BalasHapus
  11. cita-cita aku banget mba vik bisa mencapai financial freedom.
    tapi kayaknya susah yaa meski udah hemat. Gaji dari kantor aja gak cukup, mesti punya usaha lain, nabung yg banyak. kerja keras mumpung masih muda yaaa..

    BalasHapus
  12. Setuju buat ga ngerenpotin anak di masa tua

    BalasHapus
  13. Masih sulit membedakan mana kebutuhan mana keinginan mom, udh hobby belanja sih, susah banget nih ngeremnye

    BalasHapus
  14. Gw walopun gaji naik, makan gw tetep sederhana. Makanya bisa nabung banyak.

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..