Box Bayi Vs Pagar Bayi, Manakah yang Lebih Bermanfaat untuk Bayi Anda?

Box Bayi Vs Pagar Bayi, Manakah yang Lebih Bermanfaat untuk Bayi Anda?

Memiliki box bayi maupun pagar bayi merupakan salah satu hal yang cukup sangat bermanfaat bagi bayi, terlebih lagi jika bayi sudah mulai besar dan sudah bisa tengkurap dan merangkak tentunya box bayi maupun pagar bayi sangat bermanfaat bagi Bunda yang sering meninggalkan anak untuk sekedar memasak ataupun menonton tv agar bayi tidak jatuh kemana-mana.

Menggunakan box bayi, selain membuat bayi dilatih untuk tidur mandiri, box bayi pun banyak yang didesain khusus untuk sebagai tempat penyimpanan di bagian bawah, sehingga Bunda pun tak perlu susah payah mempersiapkan lemari untuk bayi, karena banyak box bayi yang satu paket dengan tempat penyimpanan khusus untuk bayi.

Menggunakan pagar bayi pun sangat bermanfaat ketika bayi Anda sudah pintar merangkak. Dengan menggunakan pagar bayi, Bunda pun tidak perlu khawatir bayi akan pergi kemana, karena pastinya mereka akan bermain di wilayah yang sudah dibatasi oleh pagar bayi.

Dari segi harganya pun, box bayi dan pagar bayi ini memiliki harga yang cenderung hampir sama, sehingga tentunya Bunda akan semakin bingung untuk menentukan manakah yang lebih bermanfaat dalam waktu jangka panjang untuk bayi, apakah pagar bayi ataukah box bayi?

1. Box Bayi

Box Bayi Vs Pagar Bayi, Manakah yang Lebih Bermanfaat untuk Bayi Anda?

Box bayi merupakan salah satu yang biasanya akan dipersiapkan bagi Bunda untuk Bunda beli ketika bayi akan segera lahir kedunia ini. Namun pada kenyataanya, malah bayi akan sering tidur satu kasur bersama dengan ibunya karena bayi tentunya harus menyusui langsung pada payudara Ibu.

Sehingga jarang sekali box bayi akhirnya dapat terpakai dan bermanfaat dalam jangka waktu yang lama. Biasanya ukuran box bayi pun bervariasi, namun umumnya box bayi memiliki ukuran 150 cm x 60 cm.

Enaknya menggunakan box bayi adalah, ketika Bunda akan beraktivitas apapun, bayi cukup ditaro di box bayi dan diberikan mainan, biasanya dia akan tengkurap atau merangkak kearah luar. Namun tidak perlu khawatir karena bayi akan tetap disana dan tidak takut bayi akan jatuh.

Akan tetapi berhubung ukuran lebarnya cukup kecil hanya 60 cm, biasanya bayi kurang leluasa melakukan pergerakan apalagi jika usianya mulai membesar. Biasanya dia akan mudah merasa bosan dan ujung-ujungnya box bayi hanya dijadikan untuk tempat mandi atau waslap saja.

2. Pagar Bayi


Biasanya beberapa Bunda awalnya tidak terpikir untuk membeli pagar bayi karena harganya yang cukup mahal. Namun pagar bayi sendiri memiliki manfaat jangka panjang untuk bayi, yakni bayi dapat merangkak dengan leluasa sesuai dengan area yang Bunda buat hingga ia besar atau balita.

Biasanya, dalam satu pack pagar bayi yang sudah dirakit akan menghasilkan luasan pagar bayi dengan ukuran 1,2 m x 1,2m. Namun enaknya menggunakan pagar bayi, Anda bisa modif sedemikian rupa sehingga pagar bayi bisa mencakup luas hingga 2m.

Caranya adalah Anda cukup tempelkan pagar pada salah satu dinding rumah Anda. Dengan demikian, otomatis pada bagian dinding tidak perlu dikenakan pagar karena sudah tertutupi dan tidak takut bayi akan pergi kemana-mana.

Bunda pun dapat bermain di area pagar bayi yang dilapisi matras bayi. Atau bisa juga Bunda lapisi menggunakan karpet dari bahan busa agar bayi lebih aman dan senang berada dalam area bermainnya. Bayi akan merasa memiliki area sendiri dan lebih bahagia setiap harinya.

Dengan area yang luas, Bunda pun bisa masuk kedalam bersama dengan bayi Bunda, dan bisa menyusui disana karena areanya luas. Dan area dalam pagar bayi pun bisa jadi rumah kedua bagi bayi selain kasur Bunda.

Namun, kebersihan pagar bayi maupun box bayi perlu ditingkatkan, agar tidak ada bakteri yang bersarang dia area permainan bayi. Dan kesimpulan yang bisa diambil diantara kedua peralatan bayi yang cukup menguras kantong Bunda, yang terbaik dan bisa bermanfaat jangka panjang adalah pagar bayi, karena bisa digunakan dari bayi masih kecil hingga ia dewasa nanti.

Sedangkan untuk box bayi biasanya bayi akan kesulitan bergerak ketika ia mulai tumbuh besar dan area bermainnya semakin sempit sehingga ia merasa tidak nyaman. Kalau menurut Bunda dirumah, manakah diantara keduanya yang lebih bermanfaat untuk bayi Anda? 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

7 Komentar untuk "Box Bayi Vs Pagar Bayi, Manakah yang Lebih Bermanfaat untuk Bayi Anda?"

  1. Ga pake box ataupun magar juga boleh. Lebih bebas lagi.

    BalasHapus
  2. Kalau dari segi keamanan mungkin lebih aman yang pagar bayi ya mbak soalnya ada dibawah atau sejajar lantai sedangkan box bayi kebanyakan lebih tinggi dari lantai. pagar bayi efesiensi juga lebih nyaman untuk ibu dan anak

    BalasHapus
  3. Mulai melirik pagar bayi. Tapi kalo beli sepaket dgn kasurnya ?

    BalasHapus
  4. Pengen. Tapi sempit disinimah hahhaha lucu banget beb keduanya butuh klo udahnga butuh bisa dikasih ke. Sodara atau dijual ya beb

    BalasHapus
  5. Menurutku pribadi, lebih multifungsi pagar bayi.
    Disana si kecil bisa lebih bebas bergerak sambil aktif melatih saraf motoriknya.

    BalasHapus
  6. Pagar bayinya lucu...bunda dan kakak-kakak ngumpul aman di dalam, lega...beda ya kalo box bayi, cuma buat si pemiliknya sendiri...:)

    BalasHapus
  7. aku gak pakai keduanya mba. aktivitas nya dikasur aja sama dilantai, terserah bayi nya deh mau merangkak kemana. hehe..

    tapi ngeliat foto nya mba vika, lucu juga ya kayaknya kalo pakai pager bayi. jadi gak kabur kemana2 bayi nya. mungkin nanti anak kedua, aku bakalan pakai pager bayi. #eaa *udah mikir anak kedua aja, padahal satu aja pingin pingsan* hahaha

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel