Ini Dia 3 Fungsi Air Purifier dan Cara Kerjanya

Fungsi Air Purifier dan Cara Kerjanya


Memperoleh udara yang bersih saat kita berada di kota besar memang cukup sulit, tak heran bila air purifier adalah andalan agar Anda memperoleh udara yang bersih di rumah. Lalu, apakah fungsi air purifier ini sebenarnya, dan apa pentingnya memiliki air purifier? Berikut penjelasannya dibawah ini.

Air Purifier dan Cara Kerjanya

Polusi udara adalah salah satu dari 5 penyebab yang dapat menurunkan tingkat kesehatan. Salah satu pilihan alat yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi resiko kesehatan adalah air purifier. Alat ini bisa digunakan jika Anda tinggal di tempat yang memiliki kualitas udara yang buruk.

Terlebih lagi jika Anda memiliki keluarga perokok aktif, fungsi air purifier ini untuk meminimalisir asap rokok dan bau di dalam rumah. Bahkan, bukan hanya meminimalisir asap dan bau, alat ini dapat membunuh bakteri dan virus yang menyebar lewat udara.

Cara Kerja Air Purifier

Air purifier merupakan alat yang digunakan untuk membersihkan udara yang akan Anda hirup. Berbeda dengan AC, alat ini tidak mendinginkan udara, namun hanya untuk membersihkan udara sehingga udara yang Anda hirup bebas dari polusi.

Bahkan dengan menggunakan air purifier, alergen yang menyebabkan alergi bisa dihilangkan, dan Anda tidak perlu cemas terkena penyakit asma atau penyakit lain. Cara kerja alat ini sangat sederhana saat dinyalakan, udara yang berada di dalam ruangan tersedot dengan kipas di belakang alat. Nantinya udara akan disaring dengan menggunakan filter. Setelah udara disaring, udara akan dikeluarkan lagi dari depan, sehingga udara yang keluar tentunya bebas polusi.

Fungsi Air Purifier

Berikut ini beberapa fungsi yang dimiliki oleh air purifier, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Mengurangi Jamur

Alat ini memiliki fungsi untuk mengusir jamur yang nantinya akan menjadi sumber penyakit. Kemampuan yang dimiliki air purifier telah dibuktikan dengan tes yang dilakukan oleh JFRL atau Japan Food Research Laboratories.

2. Dapat Menghilangkan Bau yang Tidak Sedap

Alat ini dapat menghilangkan bau yang tak sedap, bahkan kemampuannya telah dibuktikan dengan tes oleh Japan Spinner Inspecting Foundation. Uji ini dilakukan untuk mengetahui tingkat efektivitas air purifier sebagai penghilang bau dengan mempergunakan 6 tingkatan bau.

3. Menghilangkan Virus dan Bakteri. 

Fungsi dari air purifier yang lain ialah sebagai penghilang bakteri dan virus. Penelitian yang dilakukan oleh Retroscreen Virology adalah, dengan cara memasukkan virus di kotak serta menghitung aktivitas virus setelah alat ini dinyalakan.

Kriteria Air Purifier Terbaik

Agar air purifier yang Anda beli merupakan air purifier terbaik, berikut beberapa kriteria yang dimiliki oleh air purifier terbaik, antara lain adalah :

1. Dapat Memproduksi Udara Bersih 

Debu yang berada di sofa, bau dan bulu hewan merupakan sumber polusi yang bisa membahayakan seluruh anggota keluarga. Air purifier yang baik bukan hanya melepaskan partikel udara kotor di dalam prosesnya. Air purifier terbaik dapat memproduksi udara bersih serta menyehatkan penghuni rumah.

2. Menggunakan HPA untuk Filternya

Pastikan Anda membeli air purifier yang memiliki filter HEPA. Dengan sistem HEPA ini, penyaringan akan dilakukan lebih efektif sehingga polutan yang membahayakan tubuh akan ditangkap, partikel halus yang tidak dapat difilter oleh filter air akan dimaksimalkan dengan menggunakan air purifier HEPA.

3. Memiliki Nilai CADR atau Clean Air Delivery Rate Tinggi

CADR merupakan kemampuan alat untuk mendistribusikan dan memproduksi udara bersih hingga ke seluruh ruangan. Jika nilai yang CADR yang dimiliki semakin tinggi, intensitas penyaringannya menjadi semakin cepat. Alat yang terbaik paling tidak memiliki CADR sebesar 17 hingga 20, angka ini sudah sesuai dengan standar uji internasional.

4. Memiliki Fitur Humidifying

Adanya fitur ini akan memberi fungsi tambahan untuk menjaga kelembapan ideal, sehingga kelembapan yang berada di dalam ruangan nilainya 50 hingga 60 persen saja. Jika dilihat secara sederhana, alat terbaik dapat difungsikan untuk air humidifier.

Melihat fungsi air purifier ini, pilihlah alat yang benar-benar dapat diandalkan untuk hunian Anda. Jika Anda ingin melakukan pembelian air purifier, salah satu tempat yang direkomendasikan adalah Bhinneka.com. Toko online paling besar di Indonesia ini sering memberikan promo diskon menarik bagi penggunanya. Harga air purifier murah pun bisa Anda dapatkan Bhinneka.com. Jadi, segera lakukan pembelian air purifier pilihan Anda agar keluarga Anda sehat dan bebas dari bakteri dan polusi udara.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

5 Komentar untuk "Ini Dia 3 Fungsi Air Purifier dan Cara Kerjanya"

  1. Nice info kak... Jadi nambah pengetahuan nih... Heheheh

    BalasHapus
  2. Alat purifier ini cocok banget digunain di perkotaan besar padat polusi kayak Jakarta ya, kak.

    Bentuk dan warna alatnya stylist :)

    BalasHapus
  3. Semoga nanti beli ini buat di rumah hehehe. Tengkyuuuu informasinya Kakak Vika!

    BalasHapus
  4. NICE ARTIKEL mantap tambah pengetahuan

    BalasHapus
  5. Air Purifier bgs sekali manfaatnya, di kota besar yg sudah terpolusi dan semakin jarang pohon cocok nih

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel