13 Resep Masakan Rumahan Murah Meriah, Enak dan Mudah Dibuat

13 Masakan Rumahan - Membuat masakan rumahan merupakan tantangan tersendiri bagi Bunda yang sering memasak dirumah. Karena selain harus berinovasi mengenai resep masakan rumahan yang ada, juga Anda harus dituntut untuk serba bisa memadukan antara resep masakan satu dengan lainnya.

Contoh masakan rumahan paling enak dan juga murah meriah adalah sayur sop. Cara membuatnya pun sangat mudah. Biasanya, sayur sop akan semakin enak jika Anda memilih teman sayuran lain sebagai menu makanan sehari-hari.

Anda bisa membuat menu ayam goreng sebagai pelengkap masakan rumahan. Anda pun bisa membuat sambal bawang atau sambal goreng sebagai pelengkap menu masakan rumahan Anda.

Lalu, apa saja sih resep masakan rumahan paling murah meriah, enak dan juga mudah dibuat? Biasanya para ibu-ibu akan kehabisan ide sehingga bingung ingin membuat masakan rumahan apalagi yang berbeda namun murah.

Kali ini, ratutips akan merangkum mana saja masakan rumahan yang enak dan juga murah meriah. Namun sangat mudah dibuat ketika Anda sedang sibuk bekerja maupun mengurus anak dirumah.

Supaya tidak penasaran, yuk simak terus artikel mengenai 13 resep masakan rumahan hingga selesai.

1. Telur Dadar

13 Resep Masakan Rumahan Murah Meriah, Enak dan Mudah Dibuat

Telur dadar merupakan salah satu masakan rumahan yang paling mudah dibuat dan juga paling murah. Anda cukup bermodal 2 telur ayam, kemudian tambahkan bumbu pelengkap seperti garam dan penyedap rasa.

Lalu, Anda bisa langsung goreng di wajan hingga matang. Anda bisa menambahkan bawang merah, bawang daun, cabe rawit sebagai pelengkap telur dadar.

Dengan demikian, Anda tak perlu susah payah mengolah masakan rumahan dengan waktu yang sangat lama. Cukup 10 menit saja, sajian telur dadar bisa Anda sajikan di meja makan untuk keluarga kecil Anda.

Namun, jika Anda ingin sajian lain dari menu utama telur, Anda bisa coba resep membuat telor balado atau resep membuat fuyunghai sebagai ide lain dari membuat masakan rumahan yang murah meriah, enak, dan juga mudah dibuatnya.

2. Sayur Sop

Menu masakan rumahan selanjutnya yang paling mudah dibuat adalah sayur sop. Anda cukup membeli bahan sayur sop sebanyak 5 ribu rupiah. Kemudian Anda tinggal potong-potong semua bahan. Lalu didihkan air, masukan satu per satu sayuran yang sudah ada, dimulai dari wortel, kentang, buncis dan kol.

Lalu masukan bumbu pelengkap lain, sehingga rasa sop ini sangat enak dan juga segar. Anda bisa menambahkan sambal bawang sebagai teman makan sayur sop jika Anda doyan pedas.

Namun jika Anda tidak doyan pedas, Anda bisa membeli kerupuk atau membuat ayam goreng sebagai pelengkap masakan rumahan Anda.

Dengan demikian, walaupun harganya terbilang murah dan mudah dibuat, sajian sayur sop ini sangat enak dan juga menyegarkan lidah. Apalagi jika Anda menikmati sayur sop ini dalam keadaan hangat-hangat.

3. Ayam Goreng

Ayam Goreng merupakan masakan rumahan paling praktis dan juga paling enak. Hampir setiap ibu-ibu tidak melupakan menu ayam goreng ini sebagai menu pada masakan rumahan sehari-harinya.

Cara membuatnya yang cukup mudah, membuat resep ayam goreng ini diminati banyak emak-emak. Anda cukup membeli ayam yang sudah dipotong sebanyak 1/2 kg. Lalu beli juga bumbu racik ayam goreng jika Anda malas meng-uleg.

Tak perlu khawatir akan rasanya, sebab rasa ayam yang menggunakan bumbu racik pun tak kalah jauh berbeda dengan bumbu buatan Anda sendiri.

Anda tinggal menambahkan daun salam dan sereh untuk membuat ayam semakin wangi dan juga enak. Lalu ungkep hingga air habis. Dan goreng ayam tersebut hingga keemasan

Dan jadilah menu ayam goreng enak tanpa perlu susah payah meracik bumbu ungkepnya. Anda bisa menambahkan menu sop sebagai teman makan ayam goreng dan juga sambal goreng bawang sebagai menu pelengkap untuk masakan rumahan Anda.

Jika Anda sudah bosan dengan menu ayam goreng, ada baiknya Anda mencoba resep membuat swike ayam yang enak dan tidak bosan dilidah.

4. Krecek Super Enak

13 Resep Masakan Rumahan Murah Meriah, Enak dan Mudah Dibuat

Masakan rumahan selanjutnya yang sering orang lupakan adalah menu krecek super. Ini merupakan menu masakan rumahan yang paling enak dan mudah dibuat. Hanya saja Anda perlu bekerja keras membeli kerupuk kulit. Karena tidak semua tukang sayur menjual keripik kulitnya.

Krecek super enak ini sangat mudah bahan-bahannya. Anda cukup merebus beberapa telor. Lalu menggoreng tahu secukupnya. Ditambah menggunakan kerupuk kulit sebagai bahan pelengkap krecek super enak ini.

Bumbu nya juga sangat mudah. Anda cukup siapkan bawang merah, bawang putih, cabe dan bumbu pelengkap lainnya untuk membuat bumbunya. Lalu tumis hingga wangi, tambahkan air, dan masukan beberapa bahan utama.

Jika Anda penyuka pedas, Anda bisa tambahkan beberapa cabe rawit untuk menambah rasa pedas dari bumbu krecek. Atau jika Anda malas ulek bumbu, Anda bisa membeli bumbu jadi di supermarket terdekat di rumah Anda.

Jika Anda masih penasaran dengan krecek ini, saya lampirkan resep membuat krecek super enak dan juga sederhana bagi Anda yang ingin mencoba membuatnya.

5. Perkedel Kentang

13 Resep Masakan Rumahan Murah Meriah, Enak dan Mudah Dibuat

Nah resep masakan rumahan selanjutnya yang murah meriah dan juga enak adalah perkedel kentang. Anda mungkin akan berpikir apa saja resep dari bahan utama kentang dan mungkin resep ini akan terlupakan.

Padahal membuat perkedel kentang ini selain enak dilidah, juga sangat mudah dibuat. Anda cukup siapkan setengah kilogram kentang, ditambah 2 butir telor dan bumbu rahasia lain agar rasa perkedel ini sangat enak dan juga gurih.

Anda bisa membuat sayur asam sebagai pelengkap menu perkedel kentang pada masakan rumahan Anda. Dengan demikian, selera makan Anda semakin tinggi dan makanan pun akan habis tak sersisa.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa lihat resep membuat perkedel kentang yang enak dan mudah dibuat.

6. Sayur Asem

Sayur asem ini merupakan salah satu sayur yang paling mudah kedua setelah sayur sop. Anda bisa membuat sayur asem ini menjadi salah satu masakan rumahan pilihan yang paling mudah dibuat.

Anda cukup membeli sayuran untuk membuat sayur asem sebanyak 5 ribu rupiah, dan jangan lupa membeli bumbu racik sayur asem agar pekerjaan Anda memasak sayur asem semakin mudah.

Anda tinggal potong-potong seluruh sayuran, masukan kedalam air mendidih dalam panci. Lalu terakhir masukan saja bumbu racik sayur asem.

Test rasanya, jika berasa terlalu asam. Anda bisa tambahkan sedikit gula dan sesuaikan rasanya dengan selera lidah Anda.

Dan jadilah menu sayur asem yang enak dan juga segar. Dan jangan lupa sajikan goreng tempe yaaa untuk menu masakan rumahan agar selera makan semakin enak dan nikmat.

7. Goreng Tempe dan Tahu

Jangan pernah menyepelekan kandungan gizi dari tempe dan tahu, karena tempe dan tahu merupakan sumber protein terbaik dengan harga yang murah. Bahkan ada beberapa dokter yang menyarankan tahu sebagai cemilan untuk yang sedang menjalankan promil. Karena kandungan protein yang baik yang terkandung didalamnya.

Biasanya, goreng tempe dan tahu ini sangat sering dibuat emak emak milenial sebagai teman makan sayur maupun teman makan ayam goreng.

Biasanya, kedua masakan rumahan ini akan dimasak sebagai teman makan sayur asem juga. Anda tinggal membuat sambal terasi saja, masakan rumahan Anda akan semakin nikmat dengan harga yang murah juga.

Anda cukup memotong tempe dan tahu sesuai selera, lalu tambahkan air garam dan rendam beberapa saat. Setelah itu, Anda tinggal goreng dan makan deh dengan lauk lain yang Anda buat.

Perut kenyang, membuatnya mudah, dan juga tak membuat uang Anda cekak.

8. Udang Saus Padang

13 Resep Masakan Rumahan Murah Meriah, Enak dan Mudah Dibuat

Resep masakan rumahan selanjutnya yang bikin lidah bergoyang karena menunya berbeda adalah udang saus padang. Melihat resep masakan rumahan ini, banyak emak-emak ataupun pemula sudah mulai kabur duluan, karena sulitnya membuat bumbunya.

Namun ternyata, mengolah udang dengan bumbu saus padang tidak sesulit yang Anda bayangkan. Caranya pun cukup mudah, lho. Anda tinggal membeli seperempat udang besar yang sudah dibersihkan. Lalu rendam dengan air garam dan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya.

Anda bisa uleg ataupun beli bumbu udang saus padang yang sudah jadi. Namun, jika Anda ingin membuat bumbunya sendiri dirumah, Anda cukup siapkan bawang merah, bawang putih, cabe, garam dan bumbu lain.

Lalu Anda tumis hingga wangi, masukan udang dan tambahkan bumbu aromatik seperti daun salam dan sereh.

Cukup tunggu hingga bumbu meresap, udang saus padang pun siap Anda santap dengan menu masakan rumahan lainnya.

Untuk Anda yang penasaran mengenai resepnya, Anda bisa baca resep membuat udang saus padang Ala d'cost dengan harga yang murah dan mudah dibuat.

9. Sayur Lodeh

Resep masakan rumahan yang paling mudah dibuat adalah sayur lodeh. Sayur ini merupakan sayur termudah dari cara membuatnya. Cara mengolahnya hampir sama dengan membuat sayur sop dan juga sayur asam.

Namun, perbedaan antara membuat sayur lodeh dan sayur asam adalah dari santan dan juga terongnya. Jika sayur asam tidak menggunakan terong sebagai menu sayurannya.

Berbeda dengan sayur lodeh yang wajib menggunakan terong dan santan sebagai sayuran dan bumbu pelengkapnya.

Anda bisa membeli sayuran lodeh, lalu beli juga bumbu racik lodeh agar Anda tidak sulit membuat bumbunya.

Lalu masukan sayuran ketika air sudah mendidih. Setelah sayuran setengah matang, Anda bisa masukan bumbu racik sayur lodeh kedalam panci.

Setelah dirasa cukup sesuai rasanya dengan selera Anda, kecilkan api kompor. Masukan santan kara kedalam panci. Aduk-aduk sebentar. Matikan kompor.

Anda bisa membuat sayur lodeh, goreng tempe, tahu, dan sambal bawang sebagai menu masakan rumahan yang enak dan mudah dibuat.

10. Tumis Kangkung

Masakan rumahan selanjutnya yang murah dan mudah dibuat adalah tumis kangkung. Anda cukup membeli satu iket kangkung dengan harga 3 ribu rupiah. Lalu potong-potong beberapa bawang merah, bawang putih, dan juga cabe merah agar warnanya bagus.

Lalu panaskan wajan yang sudah diberi minyak, tumis bumbu dan masukan kangkung kedalam wajan. Perlu diingat dalam memotong kangkung. Ada baiknya Anda belah setiap kangkung agar terhindar dari cacing yang sering bersarang di kangkung.

Cuci baik-baik kangkung sebelum Anda masak. Dan setelah dicuci, ada baiknya rendam sebentar dengan air garam agar jika ada hewan yang menempel, ia bisa mati sebelum Anda tumis.

Masakan rumahan kangkung bisa Anda bumbui dengan bawang merah, atau bisa Anda buat dengan menggunakan saus tiram.

Semuanya tergantung dari kesukaan Anda membuatnya. Yang terpenting, cara membuatnya mudah dan juga murah.

11. Capcay

Masakan rumahan selanjutnya adalah membuat capcay. Anda cukup membeli sayuran capcay yang ada di tukang sayur, lalu Anda potong-potong sesuai selera.

Kemudian Anda tinggal uleg bawang merah, bawang putih, dan merica. Tumis bumbu hingga wangi, lalu masukan beberapa sayuran capcay kedalam wajan. Tunggu beberapa saat hingga sayuran matang.

Anda bisa tambahkan air jika suka. Lalu test rasa, dan sajikan capcay dalam keadaan setengah matang agar warnanya tetap indah dan bagus.

Anda bisa tambahkan cabe rawit jika Anda suka capcay pedas. Namun, biasanya saya suka menambahkan bumbu kobe pedas agar rasa capcay semakin enak dan juga pedas.

12. Sayur Bayam

Resep masakan rumahan selanjutnya yang murah meriah dan juga mudah dibuat adalah sayur bayam. Anda tinggal membeli satu ikat sayur bayam. Kemudian potong-potong sesuai selera.

Siapkan bumbu pelengkap seperti potongan bawang putih, daun bawang, tomat dan cabe merah sebagai pelengkap sayur bayam.

Panaskan air hingga mendidih. Masukan bayam kedalam air mendidih. Setelah dirasa cukup matang, masukan bumbu pelengkap lain ditambah gula, garam dan penyedap rasa.

Test rasa, jika dirasa sudah sesuai, matikan kompor dan sayur bayam siap disajikan dengan perkedel kentang atau ikan goreng sebagai menu tambahannya.

Selalu diingat jika Anda membuat sayur bayam, ada baiknya jangan pernah Anda hangatkan lagi sayur bayamnya. Karena zat besi yang terkandung dalam bayam akan menjadi racun jika air bayam dihangatkan kembali.

Jadi sebaiknya Anda memasak sayur bayam di pagi hari dan sebisa mungkin habiskan di malam hari tanpa perlu dihangatkan kembali.

13. Ikan Goreng atau Bakar

13 Resep Masakan Rumahan Murah Meriah, Enak dan Mudah Dibuat

Masakan rumahan terakhir yang paling mudah dibuat dan tak kalah enak dengan menu lain adalah ikan goreng dan ikan bakar. Bahkan menurut saya, membuat ikan bakar tak sesulit membuat ayam goreng. Karena membuat ikan goreng atau bakar tidak melalui tahap ungkep untuk membumbuinya.

Cukup dioles-oles bumbunya, lalu diamkan 10 menit. Ikan goreng pun jadi dan bisa disantap dengan sayur asem atau sayur bayam sebagai menu pelengkapnya.

Bahkan, ikan bakar pun mudah juga dibuat. Anda cukup marinate ikan menggunakan jeruk nipis dan garam. Goreng setengah matang, lalu lanjut bakar ikan menggunakan kecap dan bumbu tambahan lainnya.

Ikan bakar pun siap disantap tanpa perlu susah payah pergi ke restoran. Jika Anda ingin resep ikan bakar yang lebih detail, Anda bisa membaca resep ikan gurame bakar yang enak dan mudah dibuat.

Dan saya jamin cara membuatnya mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Penutup

Sebenarnya, ada beberapa resep masakan rumahan lain yang mudah dibuat. Namun pada artikel ini, saya tulis beberapa resep umum yang paling murah dan mudah dibuat.

Dan jika Anda mempunyai waktu senggang dan ingin mencoba ide masakan rumahan lain, Anda bisa mencoba membuat ikan kakap kuning sederhana, ceker kuah mercon atau membuat wagyu steak dirumah. 

Sekian artikel mengenai 13 resep masakan rumahan yang murah meriah, enak, dan mudah dibuat. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi Anda dalam membuat masakan rumahan. Untuk Anda yang menyukai masakan padang, Anda wajib membaca 7 masakan padang paling enak dan bikin lidah bergoyang. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan selamat mencoba dirumah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

10 Komentar untuk "13 Resep Masakan Rumahan Murah Meriah, Enak dan Mudah Dibuat "

  1. wah bener juga ya kak, resep masakan ini memang sering banget untuk menu masakan sehari hari di rumah, karena memang harga bahan bahan nya terjangkau oleh masyarakat indonesia ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak zunif, makan sederhana tapi rasanya nikmat

      Hapus
  2. mantap tak perlu modal banyak untuk menikmati hidangan yang istimewa

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak gaperlu mewah2 yang penting nikmat yaa

      Hapus
  3. Kayakny dari semua menu diatas, krecek itu yang perlu saya cobain saat Lebaran ini dengan isian yang bisa diganti/variasi hahaha. Makasih Kakak Vika :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. krecek enak banget kak tuteh,, apalagi kalau ditambahin potongan cabe orange enak banget pastinya kak

      Hapus
  4. jago masak nih kak winda, jadi pengen belajar banyak nih sama kakak agar saya bisa jadi cheed handal dan bisa saingin cheef juna :D

    BalasHapus
  5. Aku paling suka capcay dan kabita udang saus padang euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. capcay emang paling enak dan juga menyehatkan ya kak sandraa...

      Hapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel