5 Cara Memperbaiki Diri Agar Menjadi Manusia yang Lebih Baik dari Sebelumnya

5 Cara Memperbaiki Diri Agar Menjadi Manusia yang Lebih Baik dari Sebelumnya

Cara memperbaiki diri agar menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya terkadang dipandang orang sebagai salah satu hal yang remeh dan terkesan so agamis dan so baik. Banyak juga lingkungan yang tidak mendukung ketika Anda ingin menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya.

Banyak pepatah yang bilang, "Catch your dream, dont waste your time". Itulah sekiranya pepatah yang saya selalu ingat dalam benak saya. Sebisa mungkin tidak menyia-nyiakan waktu dengan selalu memperbaiki diri.

Lalu bagaimana cara memperbaiki diri agar menjadi manusia yang lebih baik dengan berbagai godaan dunia yang semakin hingar bingar ini? Kembali lagi kepada kekuatan iman Anda sendiri.

Apakah Anda mampu memperbaiki diri lebih baik lagi atau sebaliknya. Semua tergantung dengan Anda. Anda memperbaiki diri, maka kualitas diri di mata Allah akan lebih baik. Selain itu juga, orang-orang akan semakin menghargai Anda.

Dan sedikit-demi sedikit, teman yang merasa tidak baik pun pergi, dan mendekatlah lingkungan yang baik dan teman yang baik untuk Anda. Pantaskanlah diri Anda untuk bisa memperbaiki diri. Dengan demikian, Anda akan semakin menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Cara Memperbaiki Diri

1. Selalu Bersyukur

Salah satu cara memperbaiki diri agar menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya adalah selalu bersyukur atas apa yang sudah Allah berikan untuk Anda. Ingatlah, kesehatan pun merupakan suatu rezeki yang tak ternilai harganya.

Terkadang, beberapa orang akan diuji dengan sakit agar ia ingat artinya bersyukur dan biasanya seseorang akan memperbaiki dirinya ketika ia sedang diuji dengan rasa sakit atau dari harta.

Bayangkan saja jika Anda diberi satu penyakit saja yang tidak terlalu parah, Anda berobat pun bisa habis berjuta-juta untuk pengobatannya. Padahal, Anda mencari uang pun dengan susah payah.

Lalu coba berkacalah pada diri Anda, apakah Anda sudah menjadi pribadi yang selalu bersyukur? Jika belum, coba perbaiki diri Anda dengan selalu bersyukur atas apa yang Anda punya selama ini.

Memperbaiki diri dengan selalu bersyukur menjadi salah satu cara agar Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Ketika ada rezeki sekian, Anda terus bersyukur, dan memperbaiki diri dengan selalu beribadah dan shalat tahajud agar doa mudah dikabulkan oleh Allah.

Ingatlah, agar Anda bisa selalu bersyukur kepada Allah. Salah satunya adalah jangan pernah melihat keatas, karena jika Anda selalu melihat keatas tidak akan ada habisnya Anda mengejar kebahagiaan dunawi.

Selalu melihat kebawah, karena masih banyak orang yang lebih sederhana dari Anda, masih banyak orang yang tidak seganteng atau secantik Anda. Dan masih banyak orang yang tidak diberikan anggota tubuh yang lengkap dan lain sebagainya merupakan salah satu cara memperbaiki diri untuk selalu bersyukur dan belajar mencintai diri sendiri.

2. Lingkungan yang Baik dan Teman yang Baik

Cara memperbaiki diri selanjutnya ialah berteman dengan seseorang yang memiliki visi dan tujuan yang sama. Dengan demikian, Anda akan terbawa ke arah yang lebih baik lagi. Bahkan, Anda bisa sama-sama saling mengingatkan dalam kebaikan.

Teman yang benar-benar baik, tentunya akan mengarahkan Anda kejalan yang lebih baik, dengan cara memperbaiki diri setiap harinya.

Anda berteman dengan tukang selingkuh, sekuat-kuatnya iman Anda, pasti akan terbenak di pikiran Anda untuk melakukan hal yang sama.

Berbeda jika Anda berteman dengan orang yang sholeh, selalu setia terhadap pasangannya. Pastinya tidak akan pernah terbesit di pikiran Anda untuk menghianati istri Anda yang sangat Anda cintai.

Salah satu cara memperbaiki diri selanjutnya adalah selalu me-review sifat dan sikap yang selama ini salah. Saling mengingatkan dalam kebaikan akan memudahkan Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke harinya.

Selain itu, lingkungan baik pun sangat mendukung Anda yang sedang berusaha memperbaiki diri. Lingkungan baik, akan menghindarkan Anda dari godaan yang membuat Anda semakin jauh darinya, sehingga Anda pun akan sulit untuk memperbaiki diri.

Lingkungan yang baik, selain akan membawa Anda kearah yang lebih baik, juga akan membawa Anda menuju ciri-ciri orang sukses.

3. Mampu Menahan Emosi dan Bersabar

Ingatlah selalu hadist yang berkata bahwa, "Orang yang kuat bukanlah orang yang pandai bergulat, namun orang yang kuat adalah orang yang pandai menahan hawa nafsu ketika marah". Itulah kiranya salah satu hadist yang saya ingat sampai saat ini.

Bahwa sesungguhnya menahan emosi dan selalu bersabar merupakan salah satu cara memperbaiki diri agar semakin baik lagi dan menjadi pribadi yang baik.

Kebayang jika Anda tidak dapat menahan emosi, Anda bukannya akan mendapatkan teman, namun akan mendapatkan banyak musuh dimana-mana.

Mendapatkan musuh sangat mudah, cukup Anda pukul orang, maka bertambahlah musuh Anda. Namun, mendapatkan teman yang baik dan belajar untuk menahan emosi dan bersabar merupakan salah satu cara memperbaiki diri kearah yang lebih baik dan positif.

4. Visi Misi Hidup yang Terarah

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa dunia hanyalah sementara, karena akan ada dunia kekal tempat dimana Anda akan hidup abadi, yakni di akhirat. Tentukan tujuan hidup Anda, apakah Anda hanya ingin hidup bahagia di dunia saja, atau di akhirat juga.

Dengan mengetahui visi misi hidup Anda, Anda akan tahu akan dibawa kemana hidup Anda saat ini. Apakah ingin mencoba bahagia dunia dan akhirat atau di dunia saja.

Ketika Anda sudah memiliki visi misi hidup yang terarah, Anda pun akan tersadar dan berpikir untuk menjadi pribadi yang lebih baik dengan selalu memperbaiki diri setiap harinya. Apa yang masih kurang pada diri Anda, akan Anda rubah dan perbaiki.

5. Beribadah dan Perdekat diri Pada-Nya

Salah satu cara memperbaiki diri yang terakhir adalah beribadah dan perdekat diri pada yang Maha Kuasa. Dengan selalu beribadah dan memperdekat diri pada Sang Pencipta, otomatis Anda akan selalu mengingat dalam kebaikan.

Ingin selalu memperbaiki diri dengan selalu menanamkan sifat kebaikan dalam diri. Salah satunya adalah dengan selalu bersabar, bersyukur, dan selalu memaafkan orang yang telah mendzalimi Anda.

Beribadah menjadi satu-satunya cara memperbaiki diri dan intropeksi diri. Bersimpuhlah memohon ampun jika ada kesalahan yang pernah dilakukan. Dan berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Dengan selalu beribadah dan perdekat diri kepada Allah SWT, keimanan Anda akan semakin kuat. Dengan demikian, Anda pun akan selalu ingin menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Memperbaiki diri pun salah satu ciri ciri orang yang sukses. Karena orang sukses akan selalu memperbaiki diri jika ada kekurangan dan kesalahan yang ia buat. Sehingga akan terlihat, orang sukses selalu memiliki kepribadian yang lebih baik ketimbang orang yang tidak sukses dan tidak pernah mau memperbaiki dirinya.

Semoga artikel mengenai cara memperbaiki diri agar menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya dapat menginspirasi Anda untuk terus bebenah diri dan memperbaiki diri agar selalu baik dimata Allah dan juga dimata manusia. Semoga bermanfaat


Berlangganan update artikel terbaru via email:

5 Komentar untuk "5 Cara Memperbaiki Diri Agar Menjadi Manusia yang Lebih Baik dari Sebelumnya"

  1. bila kita selalu dekat kepada Nya maka itu adalah wujud rasa syukur kita kepada Allah dan insya Allah segala langkah kita akan di tuntun kearah kebaikan

    BalasHapus
  2. mantap kak selain memperbaiki hubungan dengan sesama manusia, harus memperbaiki hubungan dengan Allah SWT, agar balance ya kak dan bisa lebih baik dari pribadi sebelumnya ;)

    BalasHapus
  3. Point nomor 2 itu banyak ada benarnya, kak. Lingkungan itu ikut mempengaruhi seseorang.
    Contohnya yang pernah kualami, punya teman yang auranya negatif, sedikit-sedikit hal apapun jadi masalah besar .., sampai-sampai aku jadi mudah tersulut emosi menanggapi kata-katanya dan berujung jadi keributan.
    Lama kelamaan aku jadi malas buat berkomunikasi lagi dengannya.
    Lebih baik menjauh dan hidup tenang.

    BalasHapus
  4. Selalu bersyukur, point pertama dan memang yang utama. Dengan bersyukur, kita jadi lebih 'tahu' dan 'sadar'. Dulu guru kami pernah berceramah tentang harus selalu bersyukur; apabila kecelakaan dan kita mengalami luka ringan, harus bersyukur kita tidak mengalami luka berat, dan seterusnya dan seterusnya.

    BalasHapus
  5. biar kita bisa lebih dekat kapada yang diatas ya kak, sehingga bisa jadi pribadi yang baik untuk diri sendiri, orang lain

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel