8 Ciri Ciri Orang Sukses, Apakah Anda Salah Satunya?

8 Ciri Ciri Orang Sukses, Apakah Anda Salah Satunya?

Ciri ciri Orang Sukses - Menjadi orang yang sukses merupakan impian semua orang. Apalagi jika Anda termasuk salah satu ciri ciri orang sukses dunia dan akhirat, pastinya Anda akan bahagia selalu dalam hidupnya.

Orang yang sukses tidak serta merta hanya dilihat dari seberapa banyak harta yang Anda punya, namun ciri ciri orang sukses dapat terlihat dari perkembangan Anda dari tahun ke tahunnya.

Banyak yang sudah pesimis duluan dan merasa rendah diri karena tidak memiliki modal untuk menjadi orang sukses. Padahal, menjadi orang sukses tidak hanya dari segi financial saja, namun orang sukses akan terlihat dari sikap dan perilaku yang mencerminkan suatu kebaikan.

Jika dalam dirinya saja selalu negatif thinking dan suudzon dan selalu melihat ke belakang, pastinya itu bukan pertanda bahwa Anda merupakan ciri ciri orang sukses.

Lantas, apa saja ciri ciri orang sukses? Apakah Anda salah satunya yang akan kami sebutkan dibawah ini? Yuk perbaiki diri untuk mencapai kesuksesan di usia sedini mungkin.

Ciri Ciri Orang Sukses

1. Kerja Keras dan Kerja Cerdas

Mengapa saya sebutkan kerja keras di point pertama yang menjadi ciri ciri orang sukses? Orang sukses tidak bisa Anda sulap langsung menjadi sukses. Ia akan melalui tahapan kerja keras dan kerja cerdas yang luar biasa dalam waktu yang tidak sebentar.

Terkadang, kerja kerasnya seseorang yang memiliki ciri ciri orang sukses. Ia tak pernah mengenal waktu untuk terus bekerja hingga larut malam. Setiap harinya selalu mengupdate dan menguprade ilmu.

Selain itu juga, ciri ciri orang sukses akan terlihat bahwa ia kerja cerdas. Kerja keras di era milenial saja tidak cukup. Banyak strategi dan riset yang harus Anda lakukan agar Anda bisa sukses.

Salah satu contoh pekerjaan yang saat ini digemari adalah menjadi blogger. Untuk mendapatkan penghasilan dari blogger hingga puluhan juga, kerja keras menulis artikel saja tidak cukup.

Anda harus kerja cerdas melebihi blogger yang menulis hanya sekedar hobi, yakni dengan menentukan tema apa yang akan Anda ambil, bagaimana riset pembaca yang paling sering membaca blog Anda. Dengan begitu, semua akan lebih tertarget dan pastinya penghasilan pun akan semakin besar.

Tanpa kerja cerdas, apapun hasil yang Anda lakukan tidak akan pernah membuahkan hasil yang maksimal.

2. Mandiri

Ciri ciri orang sukses selanjutnya adalah ia selalu hidup mandiri dan tidak pernah bergantung kepada orang lain. Sikap mandiri seseorang dapat terbentuk dari lingkungan dan juga pendidikan karakter oleh orangtua.

Jika anak terbiasa mengalami masa "sulit" dari kecil, ia akan terbiasa membangun persepsi pada dirinya bahwa saya harus mengerjakan sesuatu secara mandiri dan tidak tergantung pada orang lain.

Anda bisa melihat contoh kecil orang yang mandiri di tempat pekerjaan Anda. Orang yang mandiri, tidak akan pernah meminta tolong dalam mengerjakan apapun yang ia anggap ia dapat mengerjakannya.

Dengan demikian, pekerjaan apapun akan ia lakukan. Dan positifnya, dengan ia terbiasa mengerjakan pekerjaan A, B dan C. Akan menambah kualitas dan value dirinya. Ia akan semakin mahir dalam melakukan pekerjaan apapun dan pastinya ilmu semakin bertambah setiap harinya.

Bahkan sekelas direktur pun, jika ia terbiasa mandiri sedari dini. Ia akan membuat kopi sendiri, membuat dokumen sendiri. Bahkan urusan fotokopi berkas pun ia akan kerjakan sendiri tanpa meminta bantuan sekertaris.

Berbeda dengan seseorang yang tidak mandiri dan selalu bergantung kepada orang lain. Mau mengerjakan sesuatu pun ia sepertinya sangat berat dan rugi untuk melakukannya, sehingga ia tidak mendapatkan banyak ilmu dalam pekerjaanya.

3. Disiplin Waktu

Ciri ciri orang sukses selanjutnya adalah ia sangat disiplin waktu. Ini akan terlihat sedari kecil, dan tentunya seseorang yang disiplin waktu terbentuk dari lingkungan rumahnya. 

Apakah ia tukang tidur sampai siang. Apakah ia selalu bangun subuh dan langsung membantu pekerjaan rumah dan mengerjakan usahanya. Anda pun akan bisa membedakan ciri-ciri orang sukses dari disiplin tidaknya ia dalam mengatur waktu alias management waktu.

Jika untuk mengurus waktu saja tidak bisa, apalagi dalam mengurus usaha besar dan mengembangkannya? Pasti sangat sulit untuk dapat sukses dan berkembang.

4. Memiliki Impian dan Selalu Optimis

Ciri ciri orang sukses selanjutnya adalah dari cara bicaranya. Orang sukses akan selalu berbicara positif dalam dirinya. Optimis akan dapat sukses semuda mungkin. 

Dengan selalu optimis dan selalu berkata positif, maka secara tidak langsung, pikiran bawah sadar akan membentuk apa yang Anda pikirkan sehingga menjadi kejadian nyata yang akan Anda alami.

Untuk itu, selalu berpikiran positif merupakan salah satu kunci dan ciri ciri orang sukses. Untuk Anda yang ingin sukses semuda mungkin, salah satu caranya adalah dengan membaca buku the secret.

Anda akan terbangun dan termotivasi membaca buku tersebut, dan pelan-pelan hilangkanlah pikiran negatif dalam hati Anda.

Dengan begitu, aura positif akan menyebar di lingkungan Anda, akan mendorong Anda untuk menjadi sukses seperti yang Anda impikan.

4. Pendengar yang Baik dan Pemberi Solusi Terbaik

Salah satu ciri-ciri orang sukses selanjutnya adalah ia bisa menjadi pendengar yang baik dan selalu memberikan solusi terbaik bagi Anda. Mungkin Anda sering mendengar istilah, bertemanlah dengan orang yang sukses, maka Anda pun akan terbawa menjadi orang yang sukses.

Atau ada salah satu hadist yang menyatakan bahwa persahabatan itu mencuri tabiat. Ketika Anda berteman dengan orang yang sering mengeluh, ya Anda akan terbawa menjadi si pengeluh dan tak pernah bersyukur.

Namun, jika Anda berteman dengan orang yang selalu memberikan solusi yang baik, berpikiran positif, selalu support ke arah lebih baik. Pastinya Anda pun akan menjadi seperti yang Anda inginkan.

Orang yang sukses akan terlihat dari isi bicaranya setiap kali berbincang dengan Anda. Setiap apa yang dikatakannya adalah daging dari pemecahan suatu masalah. Anda akan selalu tenang dan nyaman didekatnya. Dan Anda pun akan terbawa ke arah yang lebih baik.

5. Bersyukur, Berpikir Positif dan Selalu Bahagia

Ingatlah, bahwa bahagia itu bukan Anda cari, akan tetapi Anda ciptakan sendiri kebahagian tersebut. Contoh kecilnya saja ada satu keluarga yang sering berjauhan dan LDR. Suami bekerja di luar pulau, sedangkan sang istri bekerja di dalam pulau.

Ketika salah satunya berpikir negatif dan tidak merasa bahagia memiliki suami yang jauh, maka ia tidak akan bahagia dalam pernikahannya. Namun, jika sang istri atau sang suami berpikir positif dan mengatakan saya bahagia dengan keadaaan saat ini, maka Anda sedang menciptakan kebahagiaan itu sendiri.

Begitulah kiranya contoh ciri ciri orang sukses yang selalu bersyukur dan bahagia. Biasanya, ketika orang selalu bahagia dan bersyukur, maka rezeki akan mengalir, otak dan pikiran selalu jernih. Dan pastinya kesuksesan akan mendekati orang yang selalu bersyukur dan bahagia.

6. Pintar dalam Mengelola Keuangan

Sifat yang saya sebutkan diatas tidak cukup untuk menjadikan seseorang sukses atau tidak. Biasanya, satu ciri ciri orang sukses lainnya yang akan terlihat adalah pintar dalam mengelola keuangan.

Ketika seseorang sudah pintar mencari uang, tidak semua orang juga pintar mengelola uang. Jika Anda hanya pintar mencari uang namun tidak dapat mengelolanya, uang akan habis bagai butiran debu.

Anda tidak dapat mengelola uang tersebut menjadi satu investasi atau usaha yang terlihat. Orang sukses akan pintar mencari peluang. Uang tersebut akan digunakan untuk dikelola dan selanjutnya digunakan untuk membangun kerajaan bisnisnya.

Walaupun tidak semua orang tahu, apakah ia ingin menjadi pekerja atau pengusaha. Namun setidaknya, ciri ciri orang sukses akan terlihat asetnya dari tahun ke tahun apakah akan bertambah atau tidak.

Biasakan sedari dini untuk hidup hemat dan mempostkan setiap keuangan. Contohnya saja Anda harus memiliki target menabung perbulan sekian. Untuk investasi sekian, untuk usaha sekian. Sehingga semua terlihat terencana dan terorganisir.

7. Memiliki Target dalam Hidupnya

Ciri ciri orang sukses akan terlihat bahwa ia memiliki target dalam hidupnya. Contohnya saja pada tahun 2020 ia akan mencoba membuka usaha JNT di dekat rumahnya. Sehingga ia harus hidup hemat dalam 3 tahun kedepan untuk merealisasikan target dalam hidupnya.

Orang sukses akan selalu komitmen dan target dengan apa yang ia inginkan. Berbeda dengan yang tidak memiliki target, ia akan let it flow dan menjalani hidup ini sesuai dengan garis takdir yang Allah berikan.

Padahal Anda pun tahu bahwa Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, kecuali kaum tersebut yang mengubahnya.

Ketika Anda ingin sukses, ya silahkan berusaha. Ya jika Anda ingin hidup datar-datar saja tanpa ada perkembangan yang berarti, silahkan saja foya-foya tanpa perlu memiliki target dalam hidup.

8. Belajar, Berdoa, Berusaha, Beribadah, Besyukur

Ciri ciri orang sukses terakhir adalah memiliki kriteria 5B, yakni belajar, berdoa, berusaha, beribadah dan bersyukur.

Jika orang terus menerus belajar, tanpa berdoa, dan berusaha. Sama aja dengan nol. Semua saling bersinergi satu sama lain. Jika Anda bersyukur, berdoa, belajar dan berusaha tanpa beribadah. Maka itu sama saja tidak akan ada hasilnya.

Lakukan 5B tersebut dalam kehidupan Anda, insya allah kesuksesan akan mendekati Anda. Beribadah dan berdoa pun salah satu ikhtiar agar semua doa Anda dapat dikabulkan. Melakukan shalat tahajud pun akan mempermudah doa Anda dikabulkan oleh Allah, karena banyak sekali keutamaan shalat tahajud selain yang saya sebutkan diatas.

Jika Anda ada waktu luang pun, biasakan diri untuk selalu melakukan shalat duha ditengah kesibukan Anda, agar rezeki mengalir bak air terjun yang mengalir. Sehingga Anda pun menjadi salah satu ciri-ciri orang sukses dunia dan akhirat.

Sebenarnya, masih banyak sekali ciri ciri orang sukses. Namun, saya jabarkan ciri ciri orang sukses diatas hanya sebagian umum saja. Yuk berlomba-lomba untuk menjadi salah satu ciri ciri orang sukses, agar keluarga Anda selalu bahagia dan penuh syukur.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

25 Komentar untuk "8 Ciri Ciri Orang Sukses, Apakah Anda Salah Satunya?"

  1. Waduh saya minus satu tentang disiplin waktu saya suka ngaret dan di ntar ntar mngkin hrs mulai membiasakan diri disiplin waktu
    Moga aja semua yg membaca artikel ini dan penulis nya selalu sukses amin

    BalasHapus
  2. Mudah2an aku salah satu dari banyaknya orang yg sukses ya mom.

    BalasHapus
  3. Wah... Aku baru mulai blogging.
    Semoga sih bisa jadi blogger yang sukses juga.
    Nggak harus sukses karena uang, tapi sukses jadi blogger yang konsisten.

    Sukses untuk Kakak.

    BalasHapus
  4. sepertinya ane belum masuk ciri ciri diatas, karena ane belum sukses, kadang malu juga sama orang tua, karena ane masih di subsidi oleh beliau :D

    BalasHapus
  5. Ya saya setuju nih mba, suka banget baca profilnya orang sukses dan memang mereka itu memang melakukan ke 8 poin tersebut, ibadahnya yg gaj tinggal itu juga yang bikin saya salut

    BalasHapus
  6. Mudah-mudahan dan terus selalu membiasakan diri aku untuk selalu melaksanakan kriteria diatas ...
    Hari gini siapa sih yang ngga pengin jadi orang sukses ya, kak ...
    Semoga jalan untuk itu diberi kemudahan olehNya.

    BalasHapus
  7. Saya kesulitan di disiplin waktu sis saya cenderung suka menunda-nunda waktu

    BalasHapus
  8. haloo mba vik..
    lama banget nih gak kesini.. hehehe..

    kayaknya yang no, 6 aku banget deh.. haha (pede)
    semoga aku bisa jadi orang sukses jugaa.. amiinn..

    BalasHapus
  9. ane harus berubah untuk bisa lebih baik agar bisa sukses dengan cara mempraktekkan tips diatas, makasih kak buat informasinya ;)

    BalasHapus
  10. sepertinya saya sedang menuju ke arah sana mbak,,,
    Aamiin...............

    BalasHapus
  11. Duh, tak ada satupun yang melekat di saya mba. Gmn dong biar sukses nih

    BalasHapus
  12. Setuju mom, makasih sharingnya semoga kita senantiasa sukses selalu ya!

    BalasHapus
  13. Wahahah semoga saya bisa sukses juga, tapi sukses lulus kuli uyah tepat waktu wuehehe :D

    BalasHapus
  14. nomer enam saya jago mbak, lebih jago lagi kalo suruh nabung sih sebenernya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha, nabung untuk kehidupan kedepannya yaa :D

      Hapus
  15. Dari semua point di atas, disiplin waktu itu yang saya masih sulit hahaha kecuali ada suatu tekanan besar yang membikin saya harus betul-betul limabelas menit sebelum waktunya. Itu mungkin karena saya insomnia ya, Kak Vika :(

    BalasHapus
  16. semoga kita semua kelak bisa sukses ya kak, dan kalau sudah sukses jangan lupakan teman teman sesama blogger

    BalasHapus
  17. Tok tok... yang punya rumah ke mana nih ?

    BalasHapus
  18. walah harus banyak belajar biar ada di ciri2 ini hehehehe

    BalasHapus
  19. Wahhh mantap banget nih, harus selalu belajar yang banyak agar bisa sukses seperti ini.. Terima kasih ilmu dan sharingnya :D

    BalasHapus
  20. Disiplin waktu dan mengelola keuangan jadi 2 hal yang sulit buat saya, apalagi kalau hari minggu, jujur bawaanya pengen nempel di kasur mulu, hadeh....
    Sekarang sih masih berusaha untuk memgurangi kebiasaan buruk tersebut dan belajar berinvestasi

    BalasHapus
  21. Disiplin waktu dan mengelola keuangan jadi 2 hal yang sulit buat saya, apalagi kalau hari minggu, jujur bawaanya pengen nempel di kasur mulu, hadeh....
    Sekarang sih masih berusaha untuk memgurangi kebiasaan buruk tersebut dan belajar berinvestasi

    BalasHapus
  22. Waahh nomor 3,4, Dan 5 Gw banget tuh...Cuma di nomor 6 Terkadang saya masih susah berboros2 Ria...Heemm!! Perlu dilarat memang...😄😄

    Mungkin tulisan kiat Sukses diatas bisa jadi pelajaran buat saya pribadi untuk merubah dari sesuatu yang kurang menjadi bertambah lebih baik..😄😄 Thanks yaa sudah berbagi kiat menarik..😄😄

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel