Rekomendasi Mainan Bayi 1 Tahun yang Mampu Mengasah Kecerdasan Anak

Mainan bayi merupakan salah satu kegemaran anak yang sudah mulai beranjak besar. Tidak seperti mainan bayi dibawah 1 tahun yang bisa diberikan mainan gantung saja.

Mainan bayi 1 tahun bisa ditingkatkan kembali levelnya sesuai dengan kemampuan bayi. Ketika bayi sudah menginjak umur 1 tahun, ada baiknya Anda memberikan mainan yang juga mampu mengasah kecerdasan otak anak Anda.

Apa sajakah itu? Dan berapa kisaran harganya? Baca artikel ratutips hingga selesai yaa!

1. Mainan Bayi Puzzle Dapat Merangsang Hafalan Anak


Memberikan mainan puzzle selain merangsang hafalan sang anak, juga Anda sebagai orangtua memperkenalkan bentuk bentuk dari puzzle tersebut.

Anda bisa memberikan puzzle dari yang paling mudah terlebih dahulu. Seperti puzzle angka dan juga huruf.

Mainan puzzle seperti itu mampu merangsang hafalan anak dan kreatifitas anak. Sehingga anak tidak hanya fun saja, melainkan sambil belajar karena Bunda ketika mengajarkannya secara tidak langsung menyebutkan huruf huruf beserta angka tersebut.

Sehingga sang anak pun akan terbiasa mendengar hal tersebut dan ketika sudah besar ia tidak akan kesusahan menghapalkan huruf dan angka karena sudah terekam di memorinya.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan puzzle bentuk dan juga hewan hewan yang sudah ia kenali. Sehingga memudahkan bayi untuk mencerna bahasanya dan juga mudah menghafalnya.

Jangan memberikan puzzle dengan tingkat kesulitan yang rumit. Berikan secara bertahap sesuai dengan kemampuan sang anak.

Karena perkembangan setiap anak tentunya berbeda dan tidak bisa disamaratakan.

2. Mainan Bayi 1 Tahun. Mari Berolahraga Ringan!

Mengajari anak bermain sambil berolahraga memang sangat menyenangkan. Anda bisa memberikan mainan bola ataupun bola basket untuk mengajarkan ia pentingnya sehat dan berolahraga.

Sehingga anak sudah terbiasa dengan bermain fisik untuk melatih kecerdasannya.

Anda bisa mengajak ia di taman untuk sekedar main bola bersama selama beberapa menit. Ini tentunya akan mengasah otak dan keterampilan sang anak.

Sehingga anak akan menyukai dan tidak bosan berdiam diri dirumah saja.

3. Berikan Mainan Bayi yang Bisa Mengeluarkan Musik

Memberikan mainan bayi 1 tahun seperti piano dan mainan yang bisa mengeluarkan musik tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri bagi anak Anda.

Kenalkanlah pada suara-suara yang mengajarkan anak Anda pada kebaikan. Contohnya adalah sepefti membiasakan anak mendengarkan lagu lagu menyenangkan. Ajak juga anak Anda untuk sekedar bernyanyi bersama dan memperkenalkan suara suara yang bisa ia kenali di lingkungan sekitar.

Dengan demikian, anak Anda akan lebih respect terhadap sekitar dan juga merangsang kecerdasannya.

Kesimpulan

Sebenarnya, banyak sekali mainan bayi 1 tahun yang bisa Anda beli. Seperti contohnya adalah mainan mobil mobilan. Akan tetapi, untuk aspek mencerdaskannya agak sedikit kurang karena tidak memacu anak untuk berkreativitas karena hanya sekedar duduk saja.

Berbeda dengan mainan puzzle atau bermain bola. Anak akan dilatih untuk belajar menyelesaikan masalah dan melatih ia untuk semakin cerdas dalam merespon sesuatu.

Bagaimana Bunda, apakah artikel ini cukup membantu Anda yang masih kebingungan dalam membeli mainan bayi 1 tahun?

Anda bisa mencoba membeli lego ketika bayi sudah semakin mahir dalam bermain puzzle. Karena lego pun baik untuk melatih kecerdasan anak.

Apakah ada rekomendasi lain yang Bunda tahu dan bisa melatih kecerdasan anak? Silahkan komentar dibawah ini ya. Terimakasih!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

7 Komentar untuk "Rekomendasi Mainan Bayi 1 Tahun yang Mampu Mengasah Kecerdasan Anak"

  1. Saya uda ngumpulin semuanya mb vik, anakku suka yang puzzle tapi kadang bosenan juga dia, jadi kudu banyak dikasi alternatif mainan

    BalasHapus
  2. Pas banget Teh, baby girl kami lagi usia2 diajak main begini

    BalasHapus
  3. Poin no.3 kesukaan arfan banget mba vik, mainan yang bisa berbunyi2 gitu. terutama alat musik seperti drum, gitar, gamelan tu favorit anak ku banget

    BalasHapus
  4. Noted ah besok kl dh punya dedek bayi. Hhh

    BalasHapus
  5. Yang main puzzle itu aman dan bermanfaat bagi intelijensia. Saya suka yang itu.
    Tapi yang merangsang pertumbuhan otot bayi memang harus di pilih hati hati

    BalasHapus
  6. Aku juga kebanyakan beliinnya Lego kayu utk anakku pas setahunan. Paling seneng mereka kalo disuruh nyusun2 puzzle gini. Trus si Kaka paling suka dibeliin buku bergambar. Dia pasti betah mandangin gambar2nya lama mba. Kalo mainan yg mengeluarkan musik merka seneng jg , tp LBH suka kalo terpasang jadi 1 di sepedanya. Kalo terpisah gitu lgs bosen.

    BalasHapus
  7. Kalau anak saya waktu 1 tahun saya beri mainan yang sifatnya mengarah ke religius mbak

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel