Virus Flu Singapura: Penyebab dan Cara Penyembuhannya


Virus flu singapura. Seperti namanya, mungkin akan banyak orang yang menyangka virus ini tersebar dari negeri Singapura.

Padahal, penyakit virus flu singapura merupakan istilah baru dari penyakit infeksi kaki, tangan dan mulut. Yang mengakibatkan penderitanya mengalami ruam seperti bentol atau gatal gatal dalam jumlah yang banyak di area mulut, kedua tangan, dan kedua kaki.

Dan biasanya, penyakit ini menyerang pada anak dibawah 5 tahun.

Gejala Awal Virus Flu Singapura

Gejala awal dari penyakit ini adalah biasanya anak akan mengalami demam hanya 1 hari. Kemudian biasanya keesokan hari setelah demamnya turun, akan muncul ruam seperti gigitan nyamuk yang makin lama semakin banyak dan berwarna merah.

Biasanya, banyak orangtua yang tidak ngeuh dan tidak menyadari bahwa anaknya terkena virus flu singapura. Akan tetapi setelah 2 hingga 3 hari setelah demam, biasanya orangtua akan menyadari ketika ruam semakin banyak dan merah'merah seperti luka merah akibat disundut oleh rokok yang terdapat di sekitar area mulut, tangan dan juga kakinya.

Berbeda sekali dengan campak yang tidak timbul. Virus flu singapura ini sangat membuat banyak titik titik luka di setiap telapak kaki hingga tangannya.

Jika sudah begini, sudah dipastikan bahwa anak mengalami virus flu singapura dan harus sesegera mungkin diobati.

Biasanya, dokter akan memberikan obat antibiotik, salep kulit, dan obat untuk menghilangkan jamur.

Karena virus ini pun menyebabkan sariawan pada mulut bayi yang berakibat bayi kesulitan makan dan minum sehingga bisa saja dehidrasi pun terjadi.

Penyebab Anak Tertular Virus Flu Singapura

Sebagai tambahan, virus ini sangat menular apalagi pada anak yang 7 hari pertama terkena virus ini.

Sebagai pengalaman saja, anak saya pun tertular virus ini karena teman sekolahnya ada yang terkena virus flu singapura.

Sebaiknya, jika anak sudah terkena flu singapura. Memang sebaiknya dirawat dirumah agar penyakitnya tidak menyebar dan menular kepada orang lain.

Akan tetapi jika ada hal yang membuat anak harus tetap bersekolah. Sebaiknya tetap bersekolah namun gunakan masker mulut dan dijaga kebersihannya ketika ia sedang bersin dan batuk.

Karena penularan virus ini dimulai dari udara dan juga dari air liur penderita.

Pencegahan dari Berbagai Virus

Biasanya, ketika musim hujan telah tiba. Memang anak sangat rentan terkena virus ini maupun penyakit lain. Pencegahannya adalah biasakan anak untuk selalu menjaga kebersihan dirinya sendiri.

Dan jangan membiasakan memasukan mainan kedalam mulut. Karena hal itu bisa saja menjadi perantara virus masuk ke tubuh anak Anda.

Sebagai pencegahan, Anda bisa memberikan banyak multivitamin pada balita seperti Imboost Kids, Apyalis, atau suplemen makanan agar ia tetap makan dengan baik.

Sehingga kekebalan tubuhnya meningkat. Atau membiasakan memberikan madu dan air hangat di pagi hari agar anak senantiasa sehat dan kebal terhadap penyakit dan juga virus.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

8 Komentar untuk "Virus Flu Singapura: Penyebab dan Cara Penyembuhannya"

  1. Lihat judulnya kirain ada pandemi flu baru seperti virus Corona, ternyata hanya penyakit flu biasa ya.

    Tapi biarpun begitu, flu Singapura harus diobati biar cepat sembuh.

    BalasHapus
  2. anaknya temen ku pernah nih kena flu singapura. badannya panas dan ruam-ruam sebadan kayak cacar gitu bentuknya. ngeri juga ya virus ini.. mudah2an arfan dan anak mba vik juga dijauhi dari berbagai penyakit ya mbaaa..

    oya, btw akhirnya terjawab sudah rasa penasaran ku tentang pak ganang.. hihi.. kalau tau kmrn sering ke puspiptek, ketemuan kita mbaaa.. hehe

    BalasHapus
  3. antibody dan imun diri sendiri emang kunci utama nih mba utk terhindar dari virusnya

    BalasHapus
  4. Ya ampun. Makin banyak dan makin aneh-aneh aja penyakit yang muncul ya..Belum lagi hilang Ncorona... Eh ini lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi flu Singapura ngga seganas virus Corona sih bang Aul.

      Hapus
  5. info yang sangat bermanfaat. terimakasih

    BalasHapus
  6. Meski sering denger virus flu singapura ini, alhmdulillah di tempatku blm ada yg kena. Eh semoga ga akan ada, tetep jag kesehatan dan pola hidup sehat ya mbak Vik

    BalasHapus

Terimakasih atas waktunya.. Terimakasih sudah membaca artikel ini.. Silahkan tinggalkan komentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel